X

Surat Permintaan Barang : Definisi dan Contoh-contohnya

Tentunya dalam menjalankan roda perusahaan tidak lepas dari Surat Permintaan Barang. Meski banyak media komunikasi yang kompleks saat ini, perusahaan itu sendiri tetap harus menggunakan surat. mengapa demikian? Karena surat tersebut memiliki bukti fisik, maka bisa dijadikan bukti di kemudian hari.

Saat ini terdapat banyak jenis surat formal perusahaan – jenis surat formal yang sering digunakan perusahaan. Semua surat digunakan untuk komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Untuk komunikasi eksternal, biasanya perusahaan menggunakan jenis surat bisnis.

Definisi surat permintaan barang

Salah satu jenis surat bisnis yang sering digunakan adalah surat permintaan komoditas. Surat ini dikirimkan dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan tujuan meminta penjual untuk mengirimkan barang tertentu. Jika dilihat dari tujuan pengiriman, formulir permintaan kargo ini tidak berbeda dengan formulir pemesanan kargo.

Contoh surat permintaan barang adalah surat yang dikirimkan pembeli kepada penjual berisi pesanan barang tertentu. Ada dua alasan dikeluarkannya permintaan komoditas ini, yaitu atas kemauan sendiri atau sebagai tanggapan atas penawaran sebelumnya.

Padahal, tak sulit menulis surat permintaan barang. Namun bagi yang masih bingung, contoh form permintaan produk berikut ini semoga bermanfaat untuk Anda.

Contoh surat permintaan komputer

Permintaan setiap perusahaan akan peralatan komputer tidak bisa dihindari. Dalam rangka mendukung kinerja karyawan dan mencapai tujuan yang diharapkan, komputer memiliki banyak keunggulan. Untuk tujuan ini, jika Anda ingin membeli perangkat komputer, Anda dapat menuliskan contoh permintaan komputer seperti contoh di bawah ini.

PT SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No.4 Jl. Raya Wangi (Raya Wangi) Teh Melati Km. 3.8 Bandung 670977
Telepon 022 332769 fax. 022 332766 ponsel. 09762467925
Situs web: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com

Bandung, 1 Mei 2020

Nomor: 018 / PTSAA / DINT / 11/2020
Perihal: Permintaan pembelian barang
Lampiran: 1 (satu) file

Yang Terhormat.
Direktur Pembelian
PT Inovasi Bersama Jaya
Jalan Kayu Putih 3 Raya No. 45-47
Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Tiyarman Gulo
Jenis kelamin: Pria
NIP: 8768
Posisi: Sekretaris Dewan

Dengan ini diusulkan untuk membeli barang dalam bentuk 20 komputer dan satu set proyektor untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan kerjasama perusahaan. Untuk melengkapi permohonan pembelian komoditas ini, kami juga telah melampirkan surat ini beserta rencana review pencapaian target dan perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, kami menulis surat ini. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih, dan atas pengertiannya kami ucapkan terima kasih.

Pemohon,

Tiyarman Gulo

Contoh surat permintaan ATK

Alat tulis dan alat tulis adalah barang yang harus dimiliki oleh setiap departemen perusahaan. Jika tidak ada alat tulis dan alat tulis, pekerjaan itu mungkin tidak bisa dijalankan di kantor atau departemen. Jika Anda ingin meminta barang dari atasan atau bagian pembelian perusahaan, Anda dapat menulis surat permintaan barang tersebut, seperti yang ditunjukkan pada contoh berikut.

PT. Esensi segar abadi
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No.4 Jl. Raya Wangi (Raya Wangi) Teh Melati Km. 3.8 Bandung 670977
Telepon 022 332769 fax. 022 332766 ponsel. 09762467925
Situs web: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com

Bandung, 1 Mei 2020

Nomor: 104 / DU / PR / 11/2020
Perihal: Pengadaan Alat Tulis Kantor

Yth,
Direktur Pembelian Barang
Di tempat

Dengan hormat,

Oleh karena itu, sehubungan dengan kegiatan pelatihan yang akan datang bagi seluruh karyawan perusahaan, departemen sumber daya manusia kami bermaksud untuk meminta pembelian alat tulis kantor berupa formulir berikut:

  1. 10 kisi kertas HVS 80gr
  2. Notebook A5 50 lembar 1500 lembar
  3. 40 pulpen hitam
  4. 10 pensil 2B
  5. 10 pensil HB
  6. Penghapus hingga 15 bungkus 10 bungkus

Oleh karena itu, aplikasi untuk pembelian item dikeluarkan. Kami melampirkan perkiraan harga barang. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat kami,

Tiyarman Gulo

Contoh surat permintaan perlengkapan sekolah

Sekolah adalah lembaga pendidikan di bawah Dinas Pendidikan. Oleh karena itu, jika sekolah perlu memenuhi berbagai perlengkapan dan perlengkapan yang dibutuhkan sekolah, sekolah dapat memberikan pemberitahuan pembelian barang kepada kantor terkait (yaitu dinas pendidikan).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
SMA NEGERI 1 Kota Bandung
Jalan Asem Jawa 60, Bandung
telepon. 022-690210 faks. 022-690211

Bandung, 1 Mei 2020

Nomor: 104 / DU / PR / 11/2020
Perihal: Pengadaan Alat Tulis Kantor

Yth,
Bagian pembelian
Dinas Pendidikan Kota Bandung
Jalan Amanah 3B
Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, Penanggung Jawab SMA Negeri 1 Kota Bandung:

Nama : Tiyarman Gulo
NIP : 87345835
Posisi : Kepala SMA Negeri 1 Bandung

Saya bermaksud untuk mengajukan pembelian barang dalam bentuk berikut:

  1. Terdapat 60 meja siswa
  2. Sisa kursi 120 orang
  3. Papan putih besar, 4
  4. 3 meja
  5. 3 kursi guru

Kami mengajukan permintaan ini untuk keberadaan ruang kelas baru dan program pendukung belajar-mengajar yang rusak. Demikian surat lamaran ini benar adanya, atas waktu dan perhatiannya terimakasih.

Hormat kami,
Penanggung jawab SMA Negeri 1 Bandung,

Tiyarman Gulo

Contoh surat permintaan produk berbasis iklan

Anda dapat memperoleh informasi tentang barang yang Anda butuhkan dengan berbagai cara, seperti dari iklan, informasi dari orang lain, atau berdasarkan pemberitahuan masuk yang diterima dari perusahaan lain. Jika Anda mendapatkan informasi dari sebuah iklan, Anda bisa menulis surat permintaan barang dagangan seperti contoh di bawah ini.

Lanjutkan MERDEKA JAYA
Jl. Teluk Panyu No. 132
Bandung

Bandung, 1 Mei 2020

Nomor : 34 / PB / 18
Perihal : Permintaan barang
Lampiran : –

Yang Terhormat Direktur Kubo
Jl. Maja Pahit No.113
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan perusahaan Anda tentang produk semen berkualitas tinggi perusahaan Anda yang dipublikasikan di “Daily News” pada tanggal 30 April 2018. Dengan ini saya informasikan bahwa perusahaan kami membutuhkan semen dalam jumlah besar untuk proyek konstruksi bertingkat. Mengenai proyek kami, kami bermaksud untuk meminta sejumlah besar informasi lengkap tentang:

  1. Harga semen
  2. Cara Pembayaran
  3. pengiriman
  4. Tawarkan diskon

Jika harga yang diberikan memenuhi standar kami, maka kami bersedia memesan produk yang cukup besar dari perusahaan Anda. Kami juga berharap perusahaan Anda mendapat diskon. Silakan kirim pemberitahuan penerimaan segera, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan Anda. Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat kami,

Tiyarman Gulo

Contoh formulir pemesanan

Buku pemesanan barang sangat umum digunakan oleh setiap perusahaan. Ini bertujuan untuk membeli barang dari perusahaan lain. Jika Anda membutuhkan barang tertentu, tentunya perusahaan Anda harus terlebih dahulu mengirimkan surat pesanan ke perusahaan lain.

CV dua bersaudara
Jln. Ahmad Yani No. 110 Bandung
Telp (022) 777333 Fax (022) 688366

Bandung, 1 Mei 2020

Nomor : 101 / DS / IV / 20
Perihal : Pesanan Barang

Yang Terhormat Tuan Dicky Alamsyah
Direktur PT. lautan
Jln. Kairamat Jati (No. 20)
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai surat penerimaan No. 72 / SA / IV / 20 tanggal 27 April 2020, kami memesan barang-barang sebagai berikut:

  1. Kompor listrik 120 volt / 120 watt 5 buah @ Rp 700.000
  2. 5 buah lemari es 10b / 12V @ Rp Sanyo. 2.000.000
  3. 1 fan brand nasional @ Rp 150.000

Pembayaran akan dilakukan secara cash on delivery di kantor kami, dan alamatnya akan tertera di header. Kami berharap dapat menerima barang sebelum 7 Mei 2018. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

Tiyarman Gulo

Kesimpulan

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda, semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!

Hayyu Anindita:

This website uses cookies.