X

Webinar itu apa? Simak Penjelasannya!

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet. Berikut ini kita akan membahas mengenai keuntungan yang diperoleh, beberapa jenis yang bisa kamu terapkan sesuai dengan hasil akhir yang kamu tuju hingga cara kerja yang perlu kamu pelajari terlebih dulu.

Apa Saja Fungsi dari Webinar?

Itu berarti juga mengetahui apa saja fungsinya. Berikut beberapa fungsi yang bisa Anda peroleh saat menggunakannya:

  • Sebagai tempat dalam mengumpulkan leads

Layaknya mengumpulkan sebuah anggota dengan sebuah kesamaan, maka seperti halnya web seminar yang membuat Anda bisa mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan Anda. Penontonlah yang merupakan orang yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang sedang Anda tawarkan.

  • Membantu Anda dalam mengumpulkan feedback

Jika Anda ingin mengetahui seperti apa hasil dari promo atau campaign yang sudah dilakukan, maka buatlah kuesioner. Kemudian, jika Anda juga membutuhkan sebuah inovasi terbaru maka Anda bisa menyiapkan pertanyaan yang relevan sehingga penonton bisa memberikan jawaban mereka dengan cepat.

  • Media promosi produk maupun jasa yang sangat efektif

Apabila Anda memilih menggunakan webinar untuk memberikan informasi mengenai campaign terbaru atau peluncuran produk, maka jangan lupa untuk senantiasa memberikan kualitas materi yang bagus.

  • Efektif dalam menunjukkan keunggulan bisnis

Selain Anda dapat membagikan materi yang cukup bermanfaat, Anda juga bisa membagikan informasi mengenai keunggulan produk yang Anda miliki. Hal ini berarti tidak ada masalah jika Anda menyelipkan sebuah iklan di tengah materi. Terlebih jika Anda menggunakannya sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Manfaat yang Diperoleh

  1. Manfaat bagi pemasar

Sebagai seorang pemasar yang ingin menjaring leads atau ingin mempromosikan sebuah produk, maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Salah satunya, Anda bisa menyebarkan informasi dengan lebih mudah dan cepat.

2. Manfaat bagi peserta

Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah berbagai ilmu dari beberapa sumber. Anda bahkan bisa menghadirinya secara online dimana pun Anda inginkan. Pasalnya, hal ini merupakan cara tepat untuk menggali beragam informasi yang Anda butuhkan. Dengan banyaknya topik yang disediakan oleh pembuat, maka Anda tentu bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan jelas.

Apa Saja Jenis-jenis Webinar?

Dalam menggunakannya, jangan sampai Anda salah membedakannya. Pasalnya ada beberapa jenis video yang disalahpahami seagai sebuah webinar. Pasalnya ada beberapa istilah lain yang dipahami sebagai apa itu webinar yang berbeda yang mungkin belum Anda ketahui. Diantaranya:

  • Web broadcast

Merupakan sebuah siaran web yang berbeda dengan webinar. Pasalnya dengan web broadcast seseorang bisa menghadiri hingga ribuan atau lebih pengguna. Berbeda dengan yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan atau ratusan orang pengguna saja.

  • Web conference

Merupakan sebuah telekonferensi yang juga berbeda dengan webinar. Pasalnya, jika dilihat dari sisi arah komunikasi maka umumnya hanya dilakukan dalam satu arah saja. Berbeda dengan telekonferensi yang umumnya penonton dapat memberikan pertanyaan lewat pembicaraan mereka.

Jenis-jenis Webinar

Jangan sampai salah membedakan, ada beberapa jenis video yang sering disalahpahami sebagai webinar. Seorang Wikipediawan pecinta bahasa Indonesia, Ivan Lanin, pernah membagikan tweet mengenai dua istilah lain yang dipahami sebagai webinar;

Web broadcast (webcast) yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “siaran web” berbeda dengan webinar berdasarkan jumlah penonton karena webcast dapat “dihadiri” oleh ribuan orang atau lebih, jauh lebih banyak ketimbang yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang.

  • Web conference

Atau video conference yang dalam bahasa Indonesia adalah telekonferensi (telekon) juga berbeda dengan web conference yang lain, jika dilihat dari arah komunikasi, karena webinar biasanya terjadi dari satu arah sedangkan peserta dalam telekon biasanya dapat melakukan diskusi dengan pembicara.

Dari beberapa istilah di atas, agar Anda tidak semakin salah paham mengenai apa itu webinar maka berikut beberapa jenis yang bisa Anda ketahui:

  • The Lead-Generation or Sales

Jenis yang satu ini umumnya sering digunakan oleh para pemasar dalam meningkatkan leads. Webinar ini umumnya memungkinkan peserta untuk mendaftarkan diri dan email pada website. Barulah nantinya panitia dapat memberikan akses webinar pada materi atau modul yang ingin dijalankan.

Namun jika memilih webinar yang satu ini, pastikan Anda tidak hanya mencari jumlah peningkatan leads namun juga berikan informasi yang benar-benar berguna. Pasalnya, webinar ini berfungsi untuk memberikan informasi serta pemahaman bagi pesertanya.

  • The One-Off For-Profit

Bagi Anda para pemasar yang ingin mencari sebuah keuntungan melalui webinar, maka bisa memilihjenisnya. Hal ini karena setiap peserta yang ingin mengikutinya diharuskan untuk membayar terlebih dahulu. Adapun kelebihan yang didapat adalah pembicara dengan topik yang berkualitas serta profesiona. Tentu saja setiap peserta akan mendapatkan ilmu sesuai jumlah uang yang mereka keluarkan. Bagi Anda yang ingin memilih webinar ini, maka ada baiknya untuk mempersiapkan kualitas ilmu sesuai dengan harga yang ditawarkan.

  • The Multi-Module or Series

Webinar ini umumnya dapat dikatakan sebagai jenis webinar terbaik. Pasalnya, hal ini terdiri dari lebih satu episode dengan topik yang dipilih bisa dijelaskan secara komprehensif. Lebih dari itu, para peserta juga bisa memperoleh topik tambahan dengan cara mengajukan pertanyaan. Dalam memilih webinar jenis ini, apapun topik yang Anda pilih pastikan peserta benar-benar mendapatkan manfaat di akhir sesinya. Dengan begitu, mereka tidak menghadiri webinar secara cuma-cuma.

Dengan memilih webinar sebagai media berbagi informasi, maka Anda tidak perlu bertatap muka secara langsung. Meski begitu, Anda tetap bisa mengadakan sebuah seminar dengan jumlah peserta yang melebihi target perkiraan. Untuk itu, sebelum menjalankannya, Anda perlu mempekirakan dahulu seperti apa cara dalam menyusun hal ini agar berhasil menarik target dengan tepat sasaran.

Setelah Anda berhasil menyusun konsepnya, maka pastikan juga Anda sudah menyiakan profil untuk meyakinkan para peserta yang nantinya akan mengikutinya. Apapun jenis webinar yang Anda jadikan pilihan, perlu diingat bahwa semuanya perlu dipersiapkan dengan matang sehingga Anda dapat menghadirkannya dengan hasil akhir yang maksimal.

Jadi, apakah Anda siap untuk mengadakan kelas-kelas webinar? Anda bisa mulai menyiapkannya agar mendapatkan target yang sesuai dengan kebutuhan. .

Memilih Media Webinar

Mengingat webinar adalah web seminar yang diadakan melalui sambungan internet, saat ini ada berbagai aplikasi live streaming video yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Sesuaikan terlebih dulu berdasarkan topik, pembicara, waktu dan durasi nya, serta jumlah peserta yang kamu harapkan. Setelah itu, pilih salah satu dari berbagai platform yang terdiri dari media sosial hingga aplikasi seperti berikut:

  • YouTube Live
  • Facebook atau Instagram Live

Alur Kerja Webinar

Tanpa harus bertatap muka, kamu bisa mengadakan suatu seminar yang bisa saja dihadiri oleh lebih dari jumlah target seminar yang kamu perkirakan. Namun, kamu harus bisa memperkirakan bagaimana caranya agar kamu bisa menyusun suatu webinar yang berhasil menarik target sasaran. Oleh karena itu, kamu harus memahami terlebih dulu bagaimana alur kerjanya.

Ketika menghadiri sebuah seminar, kamu harus mendatangi lokasi tertentu di mana seminar tersebut diadakan. Selain memakan waktu untuk menghadiri seminar, terkadang juga menghabiskan biaya untuk ongkos ke tempat seminar. Tapi, dengan kamu bisa memangkas ongkos untuk datang ke tempat seminar tersebut diadakan, namun konsekuensinya, kamu harus menyediakan koneksi internet yang cepat.

Beberapa hal yang perlu kamu sediakan untuk menghadiri webinar adalah:

1.      Perangkat elektronik seperti laptop/komputer.
2.      Email aktif untuk mendaftarkan dan menerima link yang mengarahkanmu ke video.
3.      Koneksi internet stabil dan cepat beserta aplikasi browser (Chrome, Safari, Mozilla Firefox).
4.      Headset/speaker.

Setelah itu, ikuti langkah berikut:

1.      Melakukan pendaftaran webinar di website terkait.
2.      Salin link yang akan mengarahkanmu ke video saat webinar berlangsung. Biasanya link ini terlampir di email konfirmasi, cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar webinar.
3.      Catat jadwal penyelenggaraan webinar, jika perlu, buatlah pengingat di ponsel atau laptopmu.
4.      Jangan lupa kamu harus “hadir” saat webinar berlangsung. Persiapkan catatan jika perlu.

Tak hanya hemat waktu dan biaya yang kamu habiskan untuk mendatangi venue seminar, kamu juga bisa memilih sendiri di mana kamu ingin menghadiri webinar ini, asal jangan lupakan koneksi internet yang cepat dan stabil ya. Tak hanya itu, hasil rekaman yang kamu peroleh juga bisa kamu putar ulang jika ada beberapa poin yang terlewatkan.

Tingkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR. Laporan kehadiran bulanan yang dihasilkan secara otomatis memungkinkan karyawan Anda menggunakan waktu mereka untuk tugas-tugas yang lebih mendesak dan datang pada hari gajian. Tidak hanya lebih cepat untuk perusahaan Anda, itu pasti lebih akurat. Yuk, gunakan Jojotimes untuk management perusahaan anda!

Hayyu Anindita:

This website uses cookies.