X

Apa Itu Performance Appraisal dan Manfaatnya Dalam Perusahaan

Apa Itu Performance Appraisal ?

Performance appraisal atau biasa disebut dengan penilaian kerja adalah evaluasi atau pengamatan terhadap kinerja karyawan yang dilakukan secara berkala.  Yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan kemampuan karyawan serta kontribusi yang dihasilkan untuk perusahaan. Performance appraisal merupakan salah satu kegiatan penting dalam suatu perusahaan yang memiliki tujuan dan manfaat yang besar bagi karyawan dan perusahaan.

Tujuan Performance Appraisal

Suatu perusahaan melakukan performance appraisal tentu saja memiliki tujuan tertentu yang nantinya dapat memberikan dampak baik. Berikut ini adalah tujuan mengapa dilakukan penilaian pekerjaan pada suatu perusahaan.

  • Untuk mengetahui performa kinerja dari karyawan perusahaan. Tujuan ini dirasa penting karena performa kinerja karyawan mempengaruhi kinerja dari perusahaan. Karena itu sepatutnya kinerja karyawan dipantau sehingga apabila terjadi penurunan anda dapat mengupayakan pengembangan kinerja karyaan.
  • Untuk mengetahui potensi karyawan apakah sudah sesuai dengan bidang kerja yang dijalani. Dengan melakukan penilaian kinerja maka kita juga mengetahui karyawan – karyawan yang sekiranya kurang berada dalam posisi yang tepat. Hingga nantinya anda dapat memutuskan perlu dikembangkan kinerja karyawan tersebut, atau perlunya pergantian karyawan.
  • Untuk memelihara kinerja karyawa. Dengan melakukan penilaian kinerja maka anda akan lebih mudah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja karyawan perusahaan anda. Untuk kemudian dapat anda pelihara dan kembangkan menjadi lebih baik lagi.
  • Untuk memberikan imbal balik kepada karyawan atas kinerja yang sudah dilakukan baik dalam bentuk bonus, apresiasi atau bahkan kenaikan gaji.

Jenis – Jenis Performance Appraisal

Setelah mengetahui apa itu performance appraisal, selanjutnya anda dapat mengetahui jenis atau macam dari penilaian kinerja yang ada. Berikut ini adalah macam atau jenis dari penilaian kinerja yang ada.

  • Penilaian  diri : Seusai dengan namanya, penilaian diri adalah penilaian terhadap diri sendiri. Bagaimana anda menilai kinerja dari diri anda.
  • Penilaian rekan kerja : merupakan penilaian dimana seseorang menilai cara kerja atau kinerja dari rekan kerjanya sendiri.
  • Penilaian umpan balik 360 derajat : Yaitu penilaian kerja yang didalamnya mencakup karya dengan supervisor atau menejer mereka. Salah satu contoh dari penilaian ini adalah masukan dari supervisor.
  • Penilaian yang dinegosiasikan : Penilaian jenis ini memberikan kesempatan subjek untuk melakukan presentasi evaluasi terhadap kinerja. Dengan didalamnya menyertakan mediator. Biasanya penilaian jenis ini dilakukan ketika terjadi perselisihan antara supervisor atau manager dengan bawahan.

Keuntungan Yang Didapatkan Dari Performance Appraisal

Setelah sebelumnya anda mempelajari terkait apa itu performance appraisal, tujuan dan jenis – jenisnya. Suatu perusahaan melakukan penilai kinerja karyawan tentu saja bukan tanpa alasan. Dengan melakukan penilaian kinerja dapat memberikan berbagai keuntungan. Berikut ini adalah kuntungan yang di dapatkan dengan dilakukannya penilaian kinerja.

Mendapatkan Promosi

Dengan adanya penilaian kinerja, maka supervisor atau manager akan lebih mudah untuk mengetahui kinera kryawan. Karena itu, dari hasil yang di dapatkan maka akan mempermudah mereka untuk memberikan promosi kepada karyawan. Yang sekiranya memiliki kinerja efektif akan lebih dipertimbangkan untuk mendapatkan promosi. Sedangkan bagi karyawan yang memiliki kinerja kurang efektif bisa dipertimbangkan untuk diberhentikan atau diberikan penurunan pangkat.

Kompensasi Untuk Karyawan

Hasil adari analisis penilaian kinerja karyawan dapat memudahkan perusahaan memberikan kompensasi kepada karyawan. Dari hasil penilaian kinerja karyawan dapat dengan mudah diketahui karyawan mana saja yang  memiliki kinerja di atas rata – rata dan karyawan yang kinerjanya dibawah rata- rata. Dengan hasil tersebut perusahaan dapat dengan mudah memberikan karyawan – karyawan yang sesuai untuk mendapatkan kompensasi.

Kompensasi disini yang dimaksud dapat berupa berbagai macam. Diantaranya bonus, kenaikan gaji dan tunjangan – tunjangan lainnya yang sekiranya dapat diberikan kepada karyawan yang sesuai.

Pengembangan Kinerja Karyawan

Keuntungan lainnyayang didapatkan dengan adanya penilaian kinerja yaitu pengembangan kinerja karyawan. Dari nilai yang sudah didapatkan perusahaan dapat mengetahui tingkatan kinerja karyawan apakah sudah memenuhi target atau belum. Sehingga kedepannya perusahaan dapat melakukan pelatihan kepada karyawan yang memiliki spesifikasi khusus untuk melakukan program pelatihan.

Hasilnya apabila nanti terdapat pekerjaan baru yang berbeda dari sebelumnya, perusahaan sudah dapat menentukan siapa saja yang berada didalamnya.

Evaluasi Penerimaan Karyawan

Berdasarkan data yang didapatkan dari penilaian kinerja karyawan kemudian dapat menganalisisnya. Analisis hasil penilaian kinerja karyawan dapat anda gunakan untuk mengevaluasi terkait penerimaan atau seleksi karyawan yang ada. Apakah program penerimaan dan seleksi karyawan sudah berjalan dengan baik atau tidak.

Setelah melihat catatan kinera yang ada juga, anda dapat menjadikannya sebagai rambu – rambu kedepannya. Rambu – rambu untuk memilih dan menseleksi karyawan yang seperti apa sehingga nantinya memiliki kinerja yang lebih baik lagi dari yang ada sebelumnya.

Mengefektifkan Komunikasi

Baik dalam berkerja, berorganisasi dalam suatu bisnis ataupun perkerjaan tentu membutuhkan komunikasi yang baik pula. Bisa dibilang komunikasi merupakan hal yang sangat penting dlama dunia kerja pada bisnis atau perusahaan. Karena itu salah satu keuntungan dari adanya penilaian kinera yaitu komunikasi yang terjadi dalam perusahaan semakin baik dan efektif.

Bagaimana bisa penilaian kinerja dapat mempengaruhi komunikasi yang terjadi dalam perusahaan. Dari hasil penilaian kinerja yang ada, petinggi perusahaan akan lebih memahami tingkat kinerja dari bawahan – bawahan atau karyawan yang ada. Dengan pengetahuan terkait tingkat kinerja tersebut petinggi akan lebih percaya kepada bawahan terkait kinerjanya, begitupun sebaliknya, karyawan juga semakin percaya terhadap atasan.

Dari hal tersebut menyebabkan hubungan komunikasi antara para perkerja dengan perkerja lainnya dan juga dengan atasan akan semakin efektif dan terjalin lebih baik.

Motivasi Kinerja Yang Lebih Baik

Keuntungan terakhir yang didapatkan dengan dilakukannya penilaian kinerja karyawan yaitu memberikan motivasi lebih untuk karyawan dalam meningkatkan kinerja. Dengan adanya penilaian kinerja, karyawan dan juga petinggi akan mengetahui kinerja masing – masing karyawan yang ada. Oleh karena itu tentu saja hal ini akan menadikan motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya masing – masing. Tidak hanya pada saat ini, namun dengan adanya hal ini akan menjadi motivasi bagi karyawan untuk menjadi semakin baik lagi kedepannya.

Seperti yang sudah tertulis dibagian atas. Penilaian kinerja karyawan ini tidak hanya sekali dilakukan, namun dilakukan secara berkelanjutan. Secara umum penilaian kinerja secara formal dilakukan perusahaan dalam waktu teiwulan atau tahunan. Namun dalam upayanya, penilaian ini dilakukan sepanjang tahun dengan manager atau supervisor ditugaskan untuk lebih terlibat dengan karyawan. Dengan memberikan pengetahuan terkait pemberian umpan balik pada karyawan dengan baik dan juga pencatatan kemajuan yang terjadi.

Berikut diatas anda telah mempelajari apa itu performance appraisal, macam, tujuan dan keuntungan dalam penggunaannya. JojoTimes dari Jojonomic adalah sebuah aplikasi HR dalam mempermudah absensi secara digital. Hanya absensi saja? Tentu saja tidak, terdapat banyak keuntungan dengan menggunakan JojoTimes kamu diberikan solusi untuk memonitor tim kamu secara real time.

Hanan Kuncoro:

This website uses cookies.