X
    Categories: Technology

Aplikasi Software untuk Membuat Tanda Tangan Elektronik Terbaik

Dokumen tidak lagi harus diisi di atas kertas untuk mengikat secara hukum, software untuk membuat tanda tangan bisa membantu. Semakin banyak bisnis yang tidak menggunakan kertas, mengirim dan menandatangani dokumen penting seperti kontrak secara elektronik. Namun, untuk melakukannya, Anda memerlukan aplikasi eSign.

eSign atau aplikasi tanda tangan elektronik memungkinkan Anda menandatangani dokumen secara resmi secara digital. Tapi, sebelum menyelam, ada perbedaan penting yang harus dibuat. Tanda tangan elektronik hanyalah tanda tangan Anda yang diketik, digambar, atau ditambahkan secara digital pada dokumen. Secara teori, Anda dapat menambahkan satu dengan ratusan aplikasi, dari Microsoft Word hingga Photoshop, tergantung pada cara pengaturannya. Mereka masih bisa mengikat secara hukum.

Tanda tangan digital

Tanda tangan digital adalah jenis khusus dari tanda tangan elektronik. Ini adalah yang dibuat menggunakan aplikasi eSign khusus. Mereka menggunakan kriptografi untuk melindungi dokumen dan juga menyematkan detail seperti alamat email Anda, kapan dan di mana Anda menandatangani dokumen apa pun, dan perangkat apa yang Anda gunakan untuk melakukannya. Ini menciptakan “sidik jari” yang membuat dokumen itu unik dan jejak kertas yang dapat diverifikasi secara independen jika, katakanlah, pernah ada kasus pengadilan. Mereka jauh lebih aman dan diakui secara hukum di seluruh dunia.

Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin sedang mencari cara untuk menandatangani dokumen yang baru saja dikirimkan kepada Anda secara elektronik atau ingin mengirim dokumen untuk ditandatangani secara digital oleh kontraktor dan mitra bisnis lainnya. Apa pun itu, kami memiliki rekomendasi untuk aplikasi yang tepat untuk digunakan. Kami memilah-milah lebih dari 35 aplikasi tanda tangan elektronik—ini adalah delapan yang terbaik.

Dokumen tidak lagi harus print dan dibuat di atas kertas untuk dapat mengikat secara hukum. Semakin banyak bisnis yang tidak menggunakan kertas dan beralih secara elektronik mengirim dan menandatangani dokumen penting seperti kontrak. Untuk dapat melakukan penandatanganan ini, Anda memerlukan aplikasi eSign.

Rekomendasi Aplikasi Digital Signature Terbaik

Agar dapat mengakomodir kebutuhan akan digitalisasi, maka ada banyak aplikasi digital signature diluar sana yang bisa Anda pilih yang sesuai dengan kriteria maupun kebutuhan Anda. Penyedia perangkat lunak terpercaya juga menambahkan tingkat keamanan tambahan dengan menyediakan otentikasi dan log audit, di antara fitur-fitur andalan mereka lainnya. Simak beberapa rekomendasi populer dibawah ini.

eSign atau aplikasi tanda tangan elektronik sendiri memungkinkan Anda untuk menandatangani dokumen secara digital secara resmi. Tanda tangan digital adalah jenis tanda tangan elektronik khusus. Ini adalah yang dibuat menggunakan aplikasi eSign khusus. Dengan menggunakan kriptografi untuk melindungi dokumen dan juga menyematkan detail seperti alamat email Anda, kapan dan di mana Anda menandatangani dokumen apa pun, dan perangkat apa yang Anda gunakan untuk melakukannya.

Selain dapat menciptakan sidik jari digital yang membuat dokumen itu unik dan jejak kertas yang dapat diverifikasi secara independen jika, pernah ada kasus pengadilan. Digital signature jauh lebih aman dan diakui secara hukum di seluruh dunia. Solusi perangkat lunak eSign terbaik sendiri dapat mempermudah dan mempermudah penandatanganan dokumen digital dari jarak jauh atau di cloud.

HelloSign
HelloSign menghadirkan sudut unik ke pasar eSignature dengan menggabungkan penyesuaian, layanan pelanggan, dan harga yang fleksibel dan kompetitif. API HelloSign yang kuat memungkinkan Anda untuk menyematkan dan sepenuhnya opsi penandatanganan merek di dokumen Anda. Perusahaan ini juga mematuhi semua undang-undang eSignature utama di seluruh dunia dan menawarkan serangkaian ekstensi dan integrasi.


DocuSign

DocuSign adalah salah satu platform eSignature yang lebih terkenal di pasaran. Alat ini intuitif dan mudah digunakan serta terintegrasi dengan berbagai alat pihak ketiga untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian. Selain itu, rangkaian API memungkinkan integrasi khusus dengan sistem Anda saat ini. Selain DocuSign juga sangat menekankan keamanan, baik untuk penyimpanan data dan proses eSignature, serta memiliki banyak sertifikasi keamanan tingkat tinggi di AS dan Eropa.


Tips Memilih Aplikasi Digital Signature yang Tepat

Tanda tangan digital adalah tanda tangan yang dilakukan secara digital dan menunjukkan persetujuan pada suatu kontrak atau dokumen.

Di era sekarang, semuanya sudah bisa dilakukan secara digital, termasuk melakukan tanda tangan.

Hal ini biasanya dilakukan apabila orang yang dimintai tanda tangan sedang berada di luar jangkauan sehingga mau tidak mau harus meneken dokumen secara digital.

Untuk mempermudah kegiatan tersebut, berikut Glints akan merangkum beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital.

  • Kecepatan dan efisiensiAlasan utama untuk menggunakan e-signature seringkali adalah karena kecepatan dan kenyamanan. Jika prosesnya memakan waktu lebih lama daripada mendapatkan dokumen ditandatangani dengan tangan, tidak ada gunanya. Pastikan solusi yang Anda pilih dapat menyelesaikan berbagai hal dengan cepat.
  • Otentikasi dan keamananAnda mungkin tidak menggunakan autentikasi digital ekstensif setiap hari, tetapi tidak ada salahnya untuk memiliki opsinya. Anda tentu tidak ingin aplikasi Anda kekurangan fitur autentikasi atau keamanan tertentu saat Anda membutuhkannya. Fitur keamanan dan sertifikasi yang baik juga sering menjadi indikator tentang keterpercayaan aplikasi dan pembuatnya.
  • Multi-platformPilih solusi yang berfungsi di komputer dan platform seluler. Ini membantu Anda menandatangani dokumen penting bahkan saat Anda bepergian. Integrasi apa pun dengan rangkaian perangkat lunak perkantoran juga merupakan nilai tambah.

Kesimpulan dan Penutup

Aplikasi tanda tangan sangat berharga bagi tim Anda karena dapat menghemat waktu dan menyederhanakan proses yang sering kali berlebihan dan memakan waktu, namun penting. Selain juga bermanfaat bagi pelanggan Anda agar memudahkan mereka menandatangani kontrak dengan cepat. Disamping juga tentunya ditambah dengan kemampuan Anda untuk melacak aktivitas dan penjadwalan pengingat dan tindak lanjut.

Anda akan meningkatkan perjalanan pembeli dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menyenangkan. Serta yang paling utama tentunya digital signature tersebut dianggap sah dan dapat mengikat dimata hukum merupakan alasan penggunaan yang paling utama selain faktor efisien tadi. Jadi, identifikasi aplikasi tanda tangan yang tepat untuk kebutuhan dan tim Anda, dan mulailah menghemat waktu.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.

Hanan Kuncoro:

This website uses cookies.