X

Cara Membuat Google Form Dengan Cepat Dan Efektif

Cara membuat google form tentu saja perlu untuk diketahui dan dipahami secara lebih lanjut. Terutama bagi Anda sekalian yang sekiranya membutuhkan form dari google ini untuk berbagai macma keperluan. Google form atau google formulir ini memang pada dasarnya merupakan suatu alat yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan siapa saja. Google formulir ini akan membantu setiap orang yang mungkin saja sedang melakukan perencanaan atau mungkin saja sedang ingin mengumpulkan data.

Namun tentunya cara pembuatannya hingga cara menambahkan pertanyaan pada formulir digital ini harus dipahami dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi cara mengirim formulir ini ke sasaran juga harus dipahami agar setiap orang bisa melakukan pengiriman formulir ini dengan tepat.

Manfaat Cara Membuat Google Form Yang Efektif

Mengumpulkan data

Ada berbagai macam fungsi dan manfaat ataupun kegunaan dari google form. Salah satunya adalah untuk mengumpulkan data yang datang dari berbagai macam orang atau koresponden atau sumber data. Dengan adanya sarana ini maka nantinya pengumpulan data bisa didapat dari mana saja dengan mudah.

Cenderung real time

Perolehan data yang didapat dari form yang merupakan salah satu bentuk layanan dari google ini sudah tentubakan tersimpan secara real time. Dengan kata lain data yang nantinya tersimpan cenderung bersifat akurat. Apa yang menjadi jawaban dari responden nantinya akan langsung tercatat di server dan tersimpan di storage.

Mempersingkat waktu

Proses yang harus dilalui untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang dilayangkan melaluk google form bisa dibilang cukup singkat. Sebab siapa saja bis amengaksesnya kapan saja dan dimana saja bahkan di sela-sela kegiatan. Maka apa yang dilakukan dengan menggunakan sarana form ini bisa dibilang bersifat lebih praktis.

Jaminan keamanan data

Tersimpannya data pada cloud atau drive yang juga merupakan layanan dari google rupanya cenderung bersifat aman. Jadi setiap jawaban atau data yang didapat dari form akan tersimoan di drive dengan aman. Anda tak perlu khawatir akan kehilangan data tersebut karena keamanannya bisa dijamin.

Cara Membuat Google Form Secara Detail

Buka situs form

Pembuatan google form sebenarnya sangat mudah. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka situs form. Aksesnya bisa dilakukan misalnya melalui drive dengan alamat email milik pengaksesnya

Klik tombol New

Setelah mengaksesnya dari situs drive maka Anda bisa berlanjut ke tahao selanjutnya. Yaitu melakukan klik pada tombol New yang tersedia.

Beri nama formulir

Jika memang sudah bisa membuka halaman form maka selanjutnya berilah nama formulir yang dibuat. Pemberian nama ini tentu akan mempermudah orang lain yang akan mengisi form tersebut dalam mengetahui tujuannya.

Tambahkan deskripsi

Setelah itu tambahkan pula deskripsi. Pembuatan deskripsi ini bisa diletakkan di bagian bawah nama form yang telah dibuat sehingga form semakin jelas.

Ubah setting

Bila oembuatan google form telah selesai dilakukan maka setting form bisa diubah dengan disesuaikan pada keinginan pembuatnya. Tentunya setting diubah jika seluruh pertanyaan telah dicantumkan pada form.

Langkah Menambah Pertanyaan Pada Cara Membuat Google Form

Klik tombol Untitled Question

Pembuatan sebuah google form tentu saja disertai dengan berbagai macam pertanyaan yang akan diberikan pada sasaran. Untuk menambahkan pertanyaan maka Anda bisa klik tombol Untitled Questions sebagai langkah awal.

Klik panah ke bawah

Setelah melakukan klik pada tombol Untitled Questions maka selanjutnya bisa berganti tahao yaitu klik panah ke bawah.

Klik tombol Respons

Tombol Respons juga bisa diklik bila memang sesuai dengan pertanyaan yang ingin ditanyakan. Jadi Anda bisa melihat jumlah respons yang telah masuk ke data.

Klik tombol Required

Selain itu tombol Required juga bisa diklik sehingga semakin melengkapi pembuatan form. Tombol Required ini pada dasarnya diperlukan untuk menentukan apakah responden atau sasaran pertanyaan harus menjawab suatu item pertanyaan.

Klik tombol Add Question

Selanjutnya setelah melakukan berbagai tahapa di atas maka pembuat form bisa berlanjut ke tahap klik tombol Add Questions. Hal ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk menambahkan oertanyaan yang baru.

Klik tombol Duplicate

Tombol Duplicate rupanya juga tersedia di goohle form. Tombol ini berguna bagi siapa saja yangbingin membuat salinan pertanyaan.

Langkah Lanjutan Cara Membuat Google Form Dan Mengirimkannya

Kilik tombol Send

Setelah dibuat tentu saja google form ini akan dikirimkan pada target. Maka untuk mengirimkannya bisa tekan tombol Send sehingga pengiriman form bisa berlangsung.

Kumpulkan alamat email anggota

Jangan lupa untuk mengumpulkan alamat email seluruh anggota yang akan dikirimi form yang telah dibuat. Nantinya setiao alamat email anggota bisa dimasukkan ke dalam daftar oenerima form.

Pilih metode

Langkah selanjutnya adalah memilih metode yang tepat untuk mengirimkan form. Pilihlah metode sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Anda dan disesuaikan pula dengan kebutuhan.

Masukkan alamat email

Alamat email anggota bisa dimasukkan pada kolom To. Selanjutnya bisa pula dilakukan penyesuaian pada konten subjek dan pesan sehingga pengiriman form ini bisa lebih tepat. Jangan sampai salah menuliskan alamat email yang dituju.

Klik link Insert Link

Jika memang tahapan sebelumnya telah dilakukan maka pembuat google form bisa beralih ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya yaitu klik link Insert Link. Dalam hal ini link URL juga bisa dipersingkat sehingga akan menjadi lebih mudah saat akan dicopy paste ke email atau sejenisnya.

Pemanfaatan Cara Membuat Google Form

Cara membuat google form dan cara untuk mengirimkannya bisa dipelajari oleh Anda sekalian yang membutuhkannya. Beberapa macam kepentingan mungkin membutuhkan adanya peran dari form yang bisa diakses melalui internet ini. Misalnya saja pada saat seseorang ingin melakukan survey yang dilakukan melalui media online.

Atau barangkali saat ingin diadakan kuis untuk orang lain dan pengiriman kuis ini dilakukan secara online. Maka segala sesuatu yang dilakukan secara online nantinya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan bahkan praktis. Terlebih lagi penggunaan google form tidak mengeluarkan biaya banyak sebab Anda bisa melakukannya selama jaringan internet bisa diakses.

Seperti juga saat memilih sistem keuangan perusahaan yang paling tepat. Sebaiknya serahkan saja pada ahlinya, yaitu aplikasi JojoExpense. Dengan aplikasi ini tentu saja keuangan perusahaan dapat diatur lebih baik dan bebas resiko dari adanya penipuan. Selain itu seluruh laporan keuangan akan tercatat secara otomatis dan akurat.

Semua manfaat tersebut berkat beberapa fitur andalan yang dapat ditemukan dalam JojoExpense. Mulai dari fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, hingga peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance. Jadi, jangan ragu untuk beralih menggunakan aplikasi manajemen keuangan dari Jojonomic ini. Segera dapatkan demo gratis selama 14 hari dan rasakan sendiri manfaatnya.

Aufa Atila:

This website uses cookies.