X

Kereta Bandara di Indonesia Beserta Beragam Faktanya

Pada artikel kali ini Jojonomic akan membahas beragam fakta kereta bandara di Indonesia. Saat ini kita memiliki 4 kereta Bandara yang telah beroperasi, KA Bandara Minangkabau, KA Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, KA Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) atau Railink dan KA Bandara Kualanamu, Medan.

Berikut adalah fakta-fakta terkait KA Bandara di Indonesia:

KA Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta)

Peresmian

Dilansir dari travel.kompas.com, Kereta Bandara Soekarno-Hatta diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/1/2018). Usai peresmian, Jokowi bersama rombongan pejabat langsung menjajal kereta bandara tersebut. Jokowi dan para menteri mengambil gerbong paling depan.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ada juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Tarif Rp 70.000

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan awalnya Kementrian Perhubungan menetapkan tarif sekali perjalanan kereta bandara Rp 100.000. Namun, Presiden Joko Widodo merasa harga tersebut terlalu mahal untuk dijangkau masyarakat. Maka biaya langsung ditetapkan oleh Presiden dengan harga Rp 70.000.

Waktu Tempuh

Karena memiliki jalur khusus, waktu tempuh kereta bandara ini hanya 40 – 55 menit. Waktu tempuh ini terbilang cukup cepat, sehingga Anda dapat terhindar dari macet dan perjalanan menjadi lebih nyaman.

Mengangkut 272 Penumpang dengan Fasilitas yang Lengkap

Dalam satu rangkaian, terdapat enam kereta yang dapat mengangkut 272 penumpang. Kereta ini berangkat setiap 30 menit sekali.

Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara, pengisi daya ponsel (charging port), serta toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang, dan juga ada empat layar TV LED untuk hiburan sekaligus memberikan informasi posisi kereta.

Setiap 30 Menit Sekali

Dilansir dari hai.grid.id, Akan ada 42 perjalanan kereta bandara selama uji coba. Sebanyak 21 perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan 21 perjalanan dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta ke Stasiun Sudirman Baru.

Kereta bandara pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.40 WIB. Kereta bandara pertama berangkat dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta pukul 06.10 WIB.

Sementara perjalanan terakhir kereta bandara dari Stasiun Sudirman Baru berangkat pukul 21.40 WIB dan kereta terakhir dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta pukul 23.10 WIB

Pembelian Tiket Online dan Offline

Kanal pembayaran tiket KA Bandara ini bisa secara offline via vending machine atau online via aplikasiRailink dan reservation.railink.co.id.

Vending machine hanya melayani pembelian tiket langsung pada hari yang sama dan paling lambat 10 menit sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan pembelian via mobile apps dan online booking maksimal untuk 7 hari ke depan dan paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan.

KA Bandara Minangkabau

Dibangun Sejak 2018

KA bandara yang sudah beroperasi sejak 1 Mei 2018 tersebut diberi nama KA Minangkabau Ekspres. Dengan kereta bandara ini diharapkan penggunaan mobil pribadi bisa dikurangi agar kemacetan terurai. “Kenapa kereta dibangun di Jakarta Kota ke bandara? Karena kita ingin mengurangi mobil pribadi. Kita ingin orang naik transportasi massal, busway, kereta, sebentar lagi ada MRT dan LRT. Tanpa itu pasti di seluruh dunia pasti akan macet. Di Sumatra Barat, khususnya di Kota Padang, kita ingin hal yang sama,” terang mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Tarif Hanya Rp 10.000

Tarif yang ditetapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai pengelola yakni sebesar Rp 10.000 untuk jarak jauh dari pusat kota menuju bandara ataupun sebaliknya.

Waktu Tempuh

KA Minangkabau Ekspres ini akan melayani masyarakat dari Stasiun Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau. Waktu tempuh perjalanan KA Minangkabau Ekspres kurang lebih 30 menit. Waktu tempuh ini lebih cepat jika di bandingkan dengan moda transportasi jalan raya dengan yang memiliki waktu tempuh 45 menit hingga 1 jam pada akhir pekan. Setiap harinya disiapkan sepuluh perjalanan kereta.

KA Bandara Kualanamu


Kereta Banda Pertama

Merupakan kereta bandara pertama yang beroperasi di Indonesia. Kereta ini mulai tahun 2013 dengan tarif sebesar Rp 100.000. Selain itu, kereta yang berangkat dari Stasiun Besar Medan ini juga jadi kereta bandara pertama di Indonesia yang menggunakan jalur layang.

Memiliki Jalur Ganda

Dengan panjang jalur layang mencapai 10,8 kilometer (km), jalur darat 22 km (at grade) dan memiliki jalur ganda, waktu tembuh Kereta Bandara di Medan pun kini jadi lebih cepat. Makin pendeknya waktu tempuh terjadi karena dengan adanya jalur ganda, kereta tidak perlu lagi saling tunggu di stasiun untuk bergantian melintas.

Kereta Bandara Adi Soemarmo

Dibangun Sejak 2017

Proyek kereta bandara Solo mulai dibangun pada April 2017. Hal ini ditandai dengan peresmian (groundbreaking) yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Mantan wali kota Solo itu meminta proyek kereta bandara Solo tuntas pada 2018.

Panjang Rute

Panjang rel kereta yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Balapan, Solo mencapai 12,97 km dan diperkirakan akan ditempuh dalam waktu 20 menit. Selain rute Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan, akan ada rute Bandara Adi Soemarmo-Yogyakarta dan Bandara Adi Soemarmo-Kutoarjo.

Tarif Kereta

Tarif tiket KA Solo Ekspres untuk rute Solo Balapan-Kutoarjo pp sebesar Rp40 ribu, sedangkan untuk rute Solo Balapan-Kutoarjo sebesar Rp 30 ribu dan Yogyakarta-Kutoarjo Rp 30 ribu.

Fasilitas Kerta

Fasilitas yang disediakan di dalam kereta Bandara Solo ini cukup lengkap. Tempat duduknya terbuat dari busa polyurethane yang empuk dan sesuai dengan anatomi tubuh. Konfigurasi tempat duduk 2-2 yang bisa diatur saling berhadapan maupun searah. Di dalam kereta ini juga ada area kursi khusus difabel dengan pengikat untuk kursi roda.

Setiap gerbong memiliki toilet ramah lingkungan. Rak bagasi berada di dinding samping ruang penumpang. Setiap gerbong dilengkapi dengan televisi layar datar. Ada kamera pengawas (CCTV) untuk menjaga keamanan penumpang. Kereta ini juga dilengkapi dengan colokan listrik dan koneksi internet nirkabel (wifi).

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!

Uri Tanoto:

This website uses cookies.