X

Daftar Program Accounting Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Beragam teknologi modern pun bermunculan. Beberapa di antaranya diciptakan untuk memudahkan kinerja manusia dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam sektor bisnis terutama di dunia akuntansi.

Hal ini terlihat dengan jelas di mana kita bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan perusahaan. Mulai dari yang sederhana hanya mencakup fitur pembukuan hingga yang kompleks lengkap dengan fitur neraca, laporan laba rugi dan sejenisnya. Masing-masing aplikasi tersebut menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Beberapa di antaranya dapat Anda download dan gunakan secara gratis alias tanpa dipungut biaya sedikit pun. Namun beberapa yang lain mengharuskan Anda untuk berlangganan terlebih dahulu baru bisa menikmati fitur-fiturnya.

Tentunya hal ini tinggal disesuaikan dengan preferensi serta kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan banyak fitur akuntansi yang kompleks, tentunya Anda harus berani merogoh kocek sebagai biaya berlangganan. Sedangkan jika Anda hanya membutuhkan fitur-fitur sederhana, ada banyak pilihan software akuntansi yang gratis.

Nah, di artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan Anda tips cara memilih program accounting terbaik serta beberapa rekomendasinya. Kami akan menyajikan pada Anda kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut secara objektif. So, jika Anda penasaran, simak lengkap artikel berikut ini terus sampai habis, ya.

Tips Memilih Program Accounting Terbaik untuk Bisnis

1. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah software akuntansi seperti apa yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Keputusan menentukan perangkat ini bisa berlandaskan dari bisnis apa yang tengah dijalankan. Apakah bisnis Anda bergerak di bidang retail, manufaktur, jasa, agraris dan lain sebagainya.

Mengingat masing-masing bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda serta beberapa program akuntansi mungkin tak memiliki fitur yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

2. Pastikan tampilan software tersebut mudah dipahami

Tampilan program akuntansi memegang salah satu peranan yang cukup krusial. Di mana nantinya Anda harus terbiasa dengan tampilan tersebut untuk jangka waktu yang lama. Maka dari itu Anda juga harus memastikan bahwa tampilan software accounting yang akan digunakan cukup mudah untuk dipahami. Sebab, user interface aplikasi yang rumit hanya akan membingungkan Anda maupun akuntan perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • 0 of 500 max characters

3. Fitur integrasi pada program accounting

Beberapa perusahaan membutuhkan program accounting terbaik yang dapat diintegrasikan dengan perangkat lain. Mulai dari absensi, inventori, stok barang, payroll atau penggajian dan masih banyak lagi lainnya.

Jika sekiranya Anda juga membutuhkan sebuah aplikasi yang serupa, maka Anda harus memastikannya pada platform penyedia layanan tersebut. Apakah software yang mereka miliki dapat diintegrasikan dengan perangkat yang lain?

4. Biaya langganan

Faktor penting terakhir yang harus dipertimbangkan adalah biaya dari berlangganan software tersebut. Hal ini seringkali menjadi alasan utama seseorang pada akhirnya mau menggunakan program akuntansi tertentu.

Biasanya orang akan mencari produk dengan harga yang paling terjangkau. Namun demikian, semakin murah harga yang ditawarkan, fitur dalam perangkat tersebut pun juga terbatas. Sangat jarang Anda bisa menemukan software dengan fitur lengkap dan dibandrol harga murah.

Untuk itu, biaya menjadi salah satu hal yang sangat perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan budget atau anggaran perusahaan.

Rekomendasi Program Accounting Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

1. Zahir Accounting

Software accounting pertama yang bisa Anda jadikan pilihan ialah Zahir. Program akuntansi yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Selain karena fiturnya yang lengkap, Zahir Accounting juga menawarkan produk dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 99 ribu/bulan.

Perangkat akuntansi yang satu ini juga sudah banyak mendapatkan penghargaan. Sehingga Anda tak perlu ragu lagi soal kredibilitas dan keamanan data keuangan perusahaan Anda yang dicatat dalam aplikasi ini.

2. Jurnal

Berikutnya ada Jurnal yang merupakan salah satu brand software accounting ternama di Indonesia. Perangkat ini dapat diintegrasikan dengan berbagai macam sistem. Mulai dari perpajakan, POS hingga sistem penggajian (payroll).

Sama halnya Zahir, Jurnal juga dibekali ragam fitur yang interaktif yang cukup lengkap. Mulai dari pembukuan, monitoring stok barang dan pengeluaran, laporan keuangan, approval draf, pengelompokan transaksi keuangan, pengaturan aset dan masih banyak lagi lainnya.

Yang jelas jika Anda mencari program accounting terbaik untuk diintegrasikan pada berbagai macam sistem pendukung manajemen keuangan perusahaan, Jurnal dapat dijadikan salah satu andalan yang tak perlu diragukan.

3. SAP

Kemudian ada SAP, brand program accounting terbaik yang berasal dari Jerman dan sudah cukup tersohor. Software yang satu ini telah dipercayai oleh jutaan pelaku bisnis dari seluruh penjuru dunia. Pada tahun 2015 silam saja, SAP dikabarkan telah memiliki total lebih dari 12 juta user.

Hal ini tentu saja tak lepas dari upaya mereka dalam mengembangkan aplikasi accounting tersebut untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan kemajuan zaman. SAP terus menerus mengembangkan software buatannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah.

Perangkat lunak satu ini memiliki fitur unggulan yang diberi nama SAP S/4 HANA Finance. Yang merupakan sebuah fitur khusus untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara real-time. Tak hanya itu, dengan fitur tersebut Anda juga dapat mengelola utang piutang bisnis dengan cara yang lebih praktis. Perencanaan keuangan serta manajemen anggaran pun dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Sayangnya jika dilihat dari segi biaya, SAP memang dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Jurnal maupun Zahir Accounting. Untuk itu, software ini hanya kami rekomendasikan bagi Anda yang sudah memiliki usaha berskala besar atau memiliki berbagai cabang.

4. Accurate

Bagi Anda yang mencari software accounting dengan tampilan yang ramah pengguna dan mudah untuk dipahami, Accurate dapat dijadikan solusi. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 1998 dan terus berinovasi hingga kini dipercayai oleh ribuan penggunanya.

Yang menarik dari Accurate adalah Anda tak perlu mengeluarkan biaya maintenance software tersebut. Karena hanya perlu melakukan pembayaran sekali di depan dan selanjutnya Anda dapat menikmati fitur-fiturnya.

Sayangnya, Accurate tak dapat digunakan oleh semua divisi perusahaan. Di mana aplikasi ini hanya efektif digunakan untuk divisi yang berkaitan dengan finance. Fitur di dalam Accurate juga belum mendukung untuk perhitungan gaji, pajak dan sejenisnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa tips memilih program accounting terbaik yang bisa Anda lakukan. Kami juga telah memberikan daftar software accounting terbaik yang bisa dijadikan opsi sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Seperti yang telah kami singgung di awal, software accounting yang baik haruslah dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem kebutuhan dalam perusahaan. Salah satunya ialah sistem penggajian.

Bagi Anda yang saat ini bingung mencari sistem penggajian perusahaan yang dapat memudahkan perhitungan gaji karyawan, Jojo Payroll dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi ini didesain khusus untuk memudahkan Anda menggaji karyawan hanya dalam 5 menit lewat smartphone.

Selain itu, Jojo Payroll dapat dihubungkan dengan mesin absensi dalam perusahaan. Sehingga perhitungan gaji akan dilakukan secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Payroll dan permudah cara Anda dalam menggaji karyawan sekarang juga!

Karni Fadhillah:

This website uses cookies.