X
    Categories: Etos Kerja

Tips Mencari Pekerjaan Sampingan

Mencari pekerjaan sampingan tidak hanya di negara kita saja yang mesti dilakukan, di negara majupun juga membutuhkan itu. Setidaknya 28 juta orang Amerika yang saat ini bekerja paruh waktu termasuk remaja, mahasiswa, ibu, pensiunan, dan banyak lainnya.

Pekerjaan paruh waktu sering datang dengan hasil atau manfaat setara dengan pekerjaan penuh waktu, disini butuh strategi. Setidaknya mereka menawarkan jadwal yang fleksibel. Pekerjaan paruh waktu bisa menjadi cara yang bagus untuk bekerja sambil tetap memiliki waktu untuk membesarkan keluarga. Selain itu juga cocok untuk sampingan bersekolah, menikmati masa pension.

Anda tertarik untuk mencari pekerjaan paruh waktu? Ikuti tips ini untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang tepat untuk Anda.

Industri yang Menawarkan Pekerjaan Paruh Waktu

Hampir setiap industri mempekerjakan pekerja paruh waktu dalam kapasitas tertentu. Anda juga dapat menemukan pekerjaan paruh waktu mulai dari level pemula hingga posisi manajerial.

Beberapa industri yang terkenal menawarkan pekerjaan paruh waktu termasuk ritel, pengiriman, perawatan kesehatan. Selain itu pendidikan, layanan pelanggan, dan perhotelan juga butuh.

Ingatlah bahwa upah untuk pekerjaan paruh waktu bervariasi menurut industri dan pekerjaan. Pahami beberapa posisi yang paling menguntungkan.

Situs Terbaik untuk Menemukan Pekerjaan Sampingan

Situs web pekerjaan paruh waktu terbaik secara keseluruhan bisa dicari di internet. Situs job seeker biasanya sudah memeriksa untuk memastikan semua daftar valid, ditambah daftar banyak pekerjaan profesional.

Ada banyak portal yang menawarkan lebih dari 50 kategori dengan berbagai pilihan jadwal, dari paruh waktu hingga telecommuting hingga penuh waktu tetapi fleksibel. Situs situs tersebut juga memiliki sejumlah daftar pekerjaan dari rumah.

Melalui situs web jobseeker, Anda bisa menemukan peluang kerja-dari-rumah yang berkualitas. Tapi hati-hati, pekerjaan sampingan secara online bisa jadi rawan sengketa, jadi harus clear semua di depan. Pekerjaan mencakup berbagai industri, termasuk layanan pelanggan, teknis, administrasi, dan penulisan. Sementara sebagian besar pekerjaan membayar di atas 50 ribu per projek. Beberapa opsi dengan bayaran lebih tinggi memang ada.

Situs web pekerjaan sampingan bisa jadi menarik bagi kaum muda dan manula dengan pekerjaan musiman dan paruh waktu mereka di tempat-tempat keren, dan situs ini menampilkan halaman pekerjaan yang disebut “Lebih Tua dan Lebih Berani” untuk para pensiunan.

Dari pekerjaan offline hingga online, Anda bisa belajar menjadi professional didalamnya. Kategori meliputi administrasi, konservasi, lingkungan, pertanian, makanan dan minuman, pemandu wisata, dan banyak lagi.

Tips Mencari Pekerjaan Sampingan

Selain memeriksa situs pencarian kerja online teratas, bekali diri Anda dengan pengetahuan. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang Anda inginkan:

Pikirkan tentang jadwal Anda

Sebelum memulai pencarian pekerjaan Anda, pikirkan jadwal Anda. Jadwal kerja seperti apa yang Anda inginkan? Beberapa pekerjaan paruh waktu adalah kerja shift, yang berarti Anda harus dapat bekerja dengan jam kerja yang bervariasi. Ini mungkin ideal untuk Anda jika Anda memiliki jadwal yang fleksibel.

Namun, jika Anda hanya dapat bekerja pada jam-jam tertentu dalam sehari (atau hari-hari tertentu dalam seminggu), ingatlah ini saat mencari pekerjaan. Sebagian besar daftar pekerjaan akan memberi Anda gambaran tentang jenis jadwal yang Anda miliki. Jadi hanya berlaku untuk hal-hal yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Siap bekerja secara online

Ketika Anda melamar pekerjaan, pastikan untuk mengekspresikan fleksibilitas Anda dalam materi pekerjaan saat wawancara. Perlu juga menunjukkan bahwa Anda bersedia bekerja berapa pun jamnya, terutama jika Anda bekerja dalam shift.

Meskipun Anda tidak ingin berbohong (misalnya, jangan katakan bisa bekerja malam jika tidak bisa). Cobalah menonjolkan kemampuan Anda untuk bekerja kapan pun dibutuhkan.

Fokus pada komitmen

Banyak pekerjaan paruh waktu melihat banyak omset. Karyawan cenderung pergi dengan cepat, baik karena mereka adalah siswa yang kembali ke kelas, atau karena mereka mencari pekerjaan tetap.

Cobalah untuk menekankan dalam materi pekerjaan dan wawancara Anda bahwa Anda berkomitmen pada posisi tersebut. Perusahaan akan menghargai kandidat yang bersemangat tentang pekerjaan itu dan tidak berencana untuk segera pergi.

Tunjukkan, jangan katakan tanpa tindakan

Dalam resume dan surat lamaran Anda, hindari frasa klise seperti “bekerja dengan baik dengan orang lain.” Daripada memberi tahu boss siapa Anda, tunjukkan pada mereka. Misalnya, jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda bekerja dengan baik dengan orang lain, berikan contoh dalam surat lamaran Anda tentang proyek sukses yang Anda kerjakan.

Jika memungkinkan, gunakan angka untuk menunjukkan kesuksesan. Anda dapat mengatakan dalam resume Anda bahwa Anda mengelola anggaran kelas senior lebih dari $10.000. Informasi semacam ini akan mengesankan manajer perekrutan, dan menunjukkan siapa Anda sebagai karyawan.

Perlakukan proses ini seperti pencarian pekerjaan sampingan

Ingatlah bahwa melamar pekerjaan paruh waktu sangat mirip dengan melamar pekerjaan penuh waktu. Anda umumnya masih perlu mengirimkan resume dan surat lamaran (walaupun beberapa tempat hanya akan meminta lamaran pekerjaan dan mungkin resume, terutama jika Anda melamar secara langsung).

Anda juga ingin menanggapi wawancara dengan serius

Anda perlu meneliti perusahaan dan menyiapkan jawaban atas pertanyaan wawancara umum sebelumnya (serta jawaban atas pertanyaan wawancara kerja paruh waktu yang umum ini). Kenakan pakaian wawancara yang sesuai untuk profesional bisnis adalah tipikal, meskipun Anda dapat mengenakan pakaian kasual bisnis untuk lingkungan kerja yang lebih informal.

Dengan berpakaian yang tepat, boss akan menghargai bahwa Anda menganggap serius prosesnya. Ini akan menunjukkan kepadanya betapa Anda menginginkan pekerjaan itu.

Pertimbangkan pekerjaan sementara

Jika Anda kesulitan menemukan pekerjaan paruh waktu, pertimbangkan pekerjaan sementara. Anda dapat mencari di situs pekerjaan atau bekerja dengan agen temporer untuk menemukan posisi jangka pendek.

Beberapa dari pekerjaan ini dapat berlangsung berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan, dan terkadang Anda dapat mengubah posisi sementara menjadi posisi permanen. Beberapa di antaranya penuh waktu, tetapi yang lain paruh waktu.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.

Hanan Kuncoro:

This website uses cookies.