X
    Categories: Bisnis

Customer Relationship Management Dan Berbagai Tujuannya

Customer relationship management biasa disingkat CRM mungkin sering terdengar oleh Anda terutama yang terjun di bidang bisnis. CRM merupakan sebuah pendekatan baru yang bisa digunakan dalam mengelola hubungan korporasi atau hubungan kerja sama dengan pelanggan atau konsumen. Dalam bisnis tentu peran dari hal ini sangatlah penting sebab komunikasi yang terjalin antara pihak perusahaan dengan pihak pelanggan memang harus selalu terjalin dan perlu untuk dipertahankan. Bagaimanapun juga produk yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan hanya bisa laris di apsaran jika diterima oleh masyarakat dan dibeli oleh para konsumen. Konsumen yang terus bertahan untuk membeli produk tersebut sehingga menjadi pelanggan sudah tentu perlu dijaga relasinya. Adanya pengelolaan hubungan yang baik dengan customer atau pelanggan pada akhirnya dapat turut membantu komunikasi agar bisa berjalan secara maksimal.

Komunikasi yang berjalan dengan lancar menjadi salah satu strategi dalam pemasaran produk yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan. Tentu saja ada banyak cara untuk melakukan pengelolaan dengan berbagai konsumen atau pelanggan yang masing-masing berbeda. Adanya Customer Realtionship Management memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dengan cara memberikan nilai produk yang bersifat positif dan baik secara terus-menerus kepada pelanggan. hal tersebut pada akhirnya akan menanamkan penilaian yang positif mengenai produk yang ditawarkan di dalam benak pelanggan sehingga pelanggan akan terus membeli produk tersebut. CRM mengombinasikan beberapa hal hingga menjadi satu kesatuan yaitu kebijakan dan proses serta strategi. Tentu saja ketiga hal yang dikombinasikan ini harus saling diterapkan di dalam suatu perusahaan agar interaksi dengan pelanggan dapat berjalan dengan baik.

Dengan adanya pengelolaan hubungan yang baik maka diharapkan agar komunikasi dan pemasaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan pada para pelanggan akan selalu berjalan dengan baik. Pendekatan Customer Relationship Management ini juga diharapkan agar dapat meningkatkan loyalitas para pelanggan kepada sebuah perusahaan. Selain itu penilaian yang bersifat positif dari para pelanggan kepada produk serta perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut semakin bertambah secara terus-menerus. Di masa sekarang ini tampaknya penerapan CRM di perusahaan menggunakan teknologi informasi yang semakin canggih seiring dengan perkembangan zaman. Penerapan sistem pengelolaan relasi dengan pelanggan yang memanfaatkan teknologi dan informasi baru ini diharapkan agar dapat memberikan keuntungan tersendiri baik pada pihak perusahaan maupun pada pihak pelanggan.

Tujuan CRM Untuk Bisnis Anda

1. Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Menjaga hubungan dengan pelanggan memang merupakan bagian yang penting bagi perusahaan. Menjaga hubungan dengan pelanggan perlu dilakukan sebab hal ini menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran. Dengan adanya hubungan yang terjalin baik antara perusahaan dan pelanggan maka pendapatan perusahaan bisa mengalami peningkatan. Hubungan yang terjalin baik akan membuat konsumen atau pelanggan akan selalu memberikan penilaian tersendiri kepada perusahaan sehingga produk akan selalu laris di pasaran. Kepercayaan pelanggan baik kepada produk yang dikeluarkan maupun kepada perusahaan tidak akan berkurang. Hal inilah yang membuat perusahaan akan selalu mengalami peningkatan pendapatan karena adanya peningkatan permintaan dari pelanggan.

2. Menyediakan informasi secara lengkap mengenai pelanggan.

Pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan salah satu manfaatnya adalah dapat memberikan informasi yang lengkap mengenai pelanggan kepada perusahaan. Hal ini dapat berguna untuk memaksimalkan hubungan yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan. Biasanya penyediaan informasi mengenai pelanggan dilakukan melalui penjualan dengan cara up selling dan cross selling. Penjualan dengan cara yang demikian dapat meningkatkan keuntungan kepada perusahaan. Salah satunya adalah dengan cara mengidentifikasi dan menarik serta mempertahankan pelanggan yang tentunya dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Cara ini dianggap efektif dalam memberikan informasi mengenai pelanggan secara lengkap sehingga hubungan dengan pelanggan dapat selalu dipertahankan.

3. Menghasilkan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan.

Customer relationship management yang berarti melakukan berbagai hal untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan memang mengandung beberapa strategi di dalamnya. Segala aktivitas penjualan dilakukan dengan berbagai metode atau sistem agar dapat memperoleh informasi mengenai pelanggan. Informasi yang telah diperoleh perusahaan mengenai pelanggan dapat diintegrasikan sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada para pelanggan. Dengan adanya pelayanan yang memuaskan ini maka segala kebutuhan pelanggan akan terpenuhi. Di samping itu pelanggan juga dapat lebih menghemat waktunya dalam melakukan pemenuhan kebutuhannya.

4. Memberikan penyalur jawaban yang konsistensi kepada pelanggan.

Pelaksanaan CRM akan membuat pelanggan untuk bisa mendapatkan segala informasi dari perusahaan secara konsisten. Demikian pula dengan perusahaan tentu akan selalu dapat menyalurkan jawaban yang dibutuhkan oleh pelanggan baik mengenai suatu produk maupun mengenai hal lainnya. Prosedur pemberian informasi kepada pelanggan juga dapat berlangsung dengan baik dan kontinyu sehingga pelanggan dapat selalu memenuhi segala kebutuhannya.

Penggunaan Customer Relationship Management Dalam Bisnis

Customer relationship management memungkinkan ssebuah perusahaan untuk bisa memanfaatkan seluruh informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan. Hal ini bisa saja dilakukan melalui banyak cara seperti misalnya melalui web atau mungkin melalui call centre. Informasi mengenai pelanggan juga bisa diperoleh melalui staf pemasaran dan pelayanan pelanggan yang ada di tiap perusahaan. Customer Relationship Management haruslah dilakukan secara konsisten agar bisa memberikan pelayanan terbaikuntuk pelanggan sehingga kepercayaan pelanggan pada perusahaan akan terus meningkat.

Tidak hanya itu saja kelebihan dari Customer Relationship Management tetapi juga penerapan CRM bersifat lebih efektif. Terlebih lagi saat ini penerapan CRM bisa dilakukan dengan menggunakan media teknologi yang lebbih canggih. Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dapat dilakukan melalui website yang dapat diakses melalui internet. Atau mungkin bisa saja melalui berbagai media sosial yang saat ini semakin banyak jenisnya dan dapat diakses melalui internet. Dengan adanya sistem CRM ini maka pendapatan perusahaan akan mengalami peningkatan.

Customer Relationship Management merupakan hal penting yang bermanfaat bagi perusahaan saat dilakukan dengan optimal. Demikian halnya pembayaran payroll yang efektif dan efisien tentu akan membantu sistematisasi kerja penggajian yang lebih optimal pula. Oleh karena itu gunakan produk yang sesuai, seperti misalnya JojoPayroll. Yang mana produk ini dapat membantu pemotongan tunjangan dan pajak yang lebih akurat, kemudian termasuk mencetak slip gaji otomatis, hingga perhitungan gaji yang tepat dan sesuai.

Semua manfaat ini bisa diperoleh dengan adanya fitur menarik pada JojoPayroll termasuk fitur One-Click Generate Payroll Data, Progressive Tax Calculation, Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, dan beberapa fitur menarik lainnya. Oleh karena itu jangan merasa ragu jika ingin beralih pada produk tersebut. Segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Buktikan manfaat dan kehebatan produk yang satu ini dalam sistematisasi payroll perusahaan Anda yang lebih baik bersama JojoPayroll.

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.