X

Lebih Jauh Mengenal Lembaga Jasa Keuangan Non Bank (LKNB)

Istilah lembaga jasa keuangan non bank mengacu pada perusahaan yang menawarkan jasa keuangan, tetapi tidak memiliki izin perbankan dan tidak dapat menerima simpanan. Perusahaan asuransi, perusahaan pialang, dan perusahaan yang menawarkan pinjaman mikro adalah contoh lembaga keuangan non-bank.

Lembaga Keuangan Bukan Bank atau yang disingkat LKBB adalah semua lembaga/badan yang melakukan aktivitas keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga dan menyalurkan dana tersebut untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan. Pengertian ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/1972.

Sama halnya dengan bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank ini juga memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian negara Indonesia. Sebab, dengan adanya LKBB ini secara otomatis konsumsi domestik akan bergerak maju dan mendorong lajunya perekonomian Indonesia. Namun, fungsi dan tugasnyalah yang membedakan antara bank dan lembaga keuangan lain non bank.

Fungsi Utama

  • Pemberian Bantuan Modal

Meskipun di bank terdapat program pembelian bantuan modal, tetapi kenyataannya hal itu menjadi salah satu fungsi diadakannya LKBB. Pemberian bantuan modal yang dilakukan oleh LKBB biasanya dalam bentuk kredit, baik untuk jangka panjang ataupun jangka pendek. Dengan adanya LKBB ini, sangat memudahkan masyarakat yang ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki modal dan tentunya dengan bunga yang sangat ringan. Meminjam modal di LKBB ini juga menjadi solusi agar Anda tidak terjerat utang yang sangat tinggi dari pihak rentenir.

Baca juga: Tip Berinvestasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

  • Mengumpulkan Dana

Memiliki fungsi sebagai pengumpul dana dari masyarakat dengan mengeluarkan dokumen berharga dan menyalurkannya kembali untuk pembiayaan investasi kepada perseorangan maupun perusahaan yang membutuhkan.

  • Mendorong Pengembangan Perekonomian Pasar Uang dan Pasar Modal

Lembaga ini juga berfungsi sebagai penggerak, penanggung, dan perantara di setiap pengeluaran dan penukaran saham-saham, surat utang, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya.

  • Menjadi Perantara

Berperan menjadi perantara bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia serta menjadi badan hukum pemerintah dalam pengadaan kredit di dalam negeri maupun luar negeri.

  • Mencari Tenaga Ahli

Memiliki fungsi sebagai perantara untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam mendapatkan tenaga ahli di bidang finansial.

  • Membuka Kegiatan Lain

Sebagai pelaksana kegiatan usaha lain di bidang keuangan. Namun, sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari menteri keuangan Republik Indonesia.

Semua yang perlu Anda ketahui tentang LKNB

Industri keuangan bukanlah yang paling mudah untuk dipahami. Ada banyak faktor dan sektor yang berbeda untuk diatasi, masing-masing dengan seperangkat aturan dan kriteria yang terlibat. Ini dapat membuat upaya untuk memahami konsep keuangan tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi memperdalam pemahaman Anda tentang elemen-elemen ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam hal keuangan, penghasilan, dan pengeluaran Anda sendiri.

LKNB adalah salah satu faktor keuangan yang sering membutuhkan wawasan lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya. Untungnya, kami di sini untuk membantu Anda dengan beberapa detail tentang lembaga keuangan non-bank sehingga Anda dapat benar-benar menilai rute keuangan mana yang harus Anda ambil.

Apa itu LKNB?

Lembaga keuangan non bank adalah perusahaan yang menawarkan jasa keuangan, tetapi tidak memiliki izin perbankan dan karenanya tidak dapat menerima simpanan. LKNB tidak diawasi oleh badan pengatur perbankan nasional atau internasional. Namun, operasi lembaga keuangan non-bank seringkali masih tercakup dalam peraturan perbankan negara tersebut.

LKNB akan memfasilitasi layanan keuangan terkait bank, tanpa menyandang status ‘bank’. Layanan ini sering kali mencakup pengumpulan risiko, penghematan kontrak, perantara pasar, dan investasi umum. Contoh perusahaan yang diklasifikasikan sebagai LKNB meliputi:

  • Perusahaan asuransi
  • Penerbit cek kasir
  • Pegadaian
  • Perusahaan pinjaman bayaran
  • Perusahaan penukaran mata uang
  • Organisasi pinjaman mikro

LKNB umumnya dipuji dalam sektor keuangan karena menawarkan lebih banyak pilihan kepada orang-orang dengan peluang dan masalah keuangan. Misalnya, merujuk pada analisa ekonom AS yang terkenal Alan Greenspan berbicara tentang bagaimana peran LKNB telah bekerja untuk memperkuat ekonomi, karena mereka memberikan “beberapa alternatif untuk mengubah tabungan ekonomi menjadi investasi modal yang bertindak sebagai fasilitas cadangan jika bentuk intermediasi utama gagal.”

Peran Lembaga Keuangan Non Bank dalam industri yang lebih luas

Bagi kebanyakan orang, bank adalah tempat pertama kali dihubungi ketika mencari bantuan keuangan atau nasihat. Namun, banyak orang juga menemukan bahwa layanan yang ditawarkan oleh bank tidak cukup memenuhi persyaratan mereka, membuat mereka bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Sementara bank cenderung menawarkan serangkaian layanan keuangan sebagai bagian dari paket kesepakatan yang jelas, LKNB memisahkan penawaran ini dan menyesuaikan layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan klien tertentu. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak dapat menemukan bantuan di bank dapat menemukannya dengan LKNB.

Peran LKNB umumnya untuk mengalokasikan sumber daya surplus kepada individu dan perusahaan dengan defisit keuangan, memungkinkan mereka untuk melengkapi bank. Dengan memisahkan layanan keuangan, menargetkan mereka dan mengkhususkan diri pada kebutuhan individu, LKNB bekerja untuk meningkatkan persaingan di sektor keuangan.

LKNB menawarkan sebagian besar jenis layanan perbankan, sering kali termasuk:

  • Pinjaman
  • Fasilitas kredit
  • Perencanaan pensiun
  • Pendanaan pendidikan
  • Menjamin saham dan saham
  • Perdagangan pasar uang
  • TFC (Sertifikat Keuangan Berjangka)
  • Manajemen kekayaan
  • Portofolio saham dan manajemen saham

Jumlah lembaga keuangan non-bank telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, karena perusahaan ritel, perusahaan industri dan perusahaan modal ventura telah memasuki bisnis pinjaman. LKNB sering berspesialisasi dalam mendukung investasi properti, mempersiapkan studi kelayakan, pasar atau industri untuk perusahaan.

Jenis layanan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan non-bank umumnya termasuk dalam salah satu dari tiga kategori, yang telah kami uraikan secara lebih rinci di bawah ini.

Lembaga Pengumpul Risiko

Ini adalah organisasi seperti perusahaan asuransi yang menanggung risiko ekonomi yang terkait dengan serangkaian faktor, termasuk penyakit, kematian, kerusakan, dan risiko kehilangan. Sebagai imbalan untuk mengumpulkan premi asuransi, organisasi-organisasi ini memberikan janji perlindungan ekonomi jika terjadi kerugian.

Ada dua jenis utama perusahaan asuransi: asuransi umum dan asuransi jiwa. Yang pertama cenderung merupakan perjanjian jangka pendek, sedangkan asuransi jiwa dapat disepakati dalam jangka waktu yang jauh lebih lama.

Investor institusi

Kategori ini mengacu pada organisasi seperti dana pensiun dan reksa dana. Ini adalah institusi yang memperdagangkan sekuritas dalam volume yang memenuhi syarat untuk komisi yang lebih rendah. Ini juga dikenal sebagai lembaga tabungan kontrak. Reksa dana dapat berupa open-ended atau closed-ended.

Lembaga Jasa Keuangan Non Bank Lainnya

Ini adalah bentuk lain dari LKNB yang menyediakan jasa keuangan seperti penyewaan aset, manajemen perusahaan, nasihat keuangan, perantara sekuritas dan pembuat pasar, yang menyediakan likuiditas.

Ini juga dapat merujuk pada pemodal sektoral khusus yang menyediakan berbagai layanan terbatas untuk sektor yang ditargetkan, seperti pemberi pinjaman real estat atau perusahaan pemberi pinjaman gaji.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.

Kesimpulan

Lembaga keuangan non bank (LKNB) adalah entitas yang menyediakan layanan seperti bank dan keuangan tertentu tetapi tidak memiliki lisensi perbankan. LKNB tidak tunduk pada peraturan perbankan namun tetap dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pengawasan oleh otoritas federal dan negara bagian yang dianut oleh bank tradisional.

Bank investasi, pemberi pinjaman KPR, dana pasar uang, perusahaan asuransi, dana lindung nilai, dana ekuitas swasta, dan pemberi pinjaman P2P adalah contoh LKNB.

Sejak Resesi Hebat hingga musim pandemic seperti saat ini, LKNB telah berkembang biak dalam jumlah dan jenis, memainkan peran kunci dalam memenuhi permintaan kredit yang tidak terpenuhi oleh bank tradisional.

Bagi calon debitur yang tidak bankable alias tidak bisa di cover bank maka solusi kebutuhan kredit adalah melalui LKNB seperti ini. Syaratnya lebih fleksibel, hanya saja calon debitur mesti hati-hati. Pastikan LKNB tempat meminjam uang tersebut sudah legal, terdaftar dan dibawah pengawasan OJK. Selain itu pertimbangkan juga besarnya angsuran, bandingkan dengan LKNB lainnya. Setelah itu cek kemampuan bayar tidap bulan. Jangan terllau memaksakan diri. Idealnya besarnya angsuran maksimal adalah sepertiga dari penghasilan bersih Anda. Jika terlalu memaksakan hutang, selain hidup serasa sempit terhimpit beban utang, juga beresiko gagal bayar dan merusak riwayat kredit Anda.

Dan bagi karyawan yang bekerja di LKNB, agar karyawan di Lembaga Keuangan Bukan Bank merasa nyaman dalam bekerja, perusahaan sebaiknya menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan efisiensi bekerja dan memonitor aktivitas karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan.

Ada beragam fitur unggulan yang disematkan pada aplikasi HRIS JojoTimes, di antaranya Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS Location via Geotagging, Biometric Face Recognition dan lainnya. Tentunya, fitur-fitur unggulan tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencapai perkembangan yang signifikan.

Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.

Hanan Kuncoro:

This website uses cookies.