X

Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKNB)?

2. Perusahaan asuransi

Pastinya kamu juga sudah tidak asing lagi kan dengan perusahaan asuransi? Memang di Indonesia ada banyak sekali perusahaan asuransi yang populer.

Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, hingga properti.

3. Pasar modal

Dilansir dari IDX, pasar modal adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan.

Instrumen keuangan tersebut meliputi surat utang atau obligasi, saham, reksa dana, dan masih banyak lainnya.

Pasar modal juga menjadi sarana pendanaan bagi perusahaan atau institusi pemerintahan untuk kegiatan investasi. Jadi, pasar modal sangat berperan bagi perkembangan perekonomian negara.

4. Perusahaan pegadaian

Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank selanjutnya adalah perusahaan pegadaian. Tentunya lembaga yang satu ini juga sudah cukup familiar bagimu, kan?

Pegadaian adalah lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu.

Sampai kini masih banyak orang yang memilih pegadaian sebagai tempat untuk memperoleh pinjaman dana meskipun mereka harus menjaminkan suatu barangnya.

5. Perusahaan modal ventura

Menurut OJK, perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau penyertaan ke dalam perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan.

Beberapa kegiatan dari perusahaan modal ventura antara lain penyertaan saham, penyertaan pembelian obligasi konversi, serta pembiayaan atas dasar bagi hasil usaha.

6. Leasing

Perusahaan sewa guna usaha atau yang sering disebut dengan leasing juga menjadi salah satu jenis dari Lembaga Keuangan Bukan Bank.

Leasing sendiri menawarkan cara pembayaran dengan kredit atau cash khusus barang-barang tertentu. Mereka juga menggunakan sistem kontrak dengan pembelian cicilan.

Leasing juga cukup populer di Tanah Air. Masih banyak orang yang memilih mengajukan kredit misalnya untuk membeli kendaraan lewat perusahaan-perusahaan leasing.

7. Dana pensiun

Dana pensiun adalah suatu perusahaan yang kegiatannya mengelola dana pensiun dari suatu perusahaan atau instansi pemberi kerja.

Perusahaan dana pensiun akan bekerja sama dengan perusahaan atau instansi lainnya untuk menyimpan sebagian dari gaji karyawan setiap bulannya.

Kemudian, saat sudah pensiun uang yang disimpan tersebut akan dikembalikan tiap bulan kepada karyawan dan keluarganya.

Beberapa perusahaan dana pensiun yang ada di Indonesia misalnya PT Taspen hingga Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa saja fungsi dan jenis dari Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ada di Indonesia.

Pasti kamu sudah lebih tahu bahwa lembaga yang satu ini juga memiliki peran vital bagi perkembangan perekonomian di Tanah Air.

Kesimpulan:

Lembaga Keuangan Bukan Bank terus memainkan peran klasik dalam kisah pertumbuhan suatu negara. Pendanaan yang diterima dari perusahaan-perusahaan ini adalah modal penting yang digunakan oleh banyak individu dan pemilik bisnis UMKM untuk melangkah cepat. Sektor perbankan selalu menjadi bidang bisnis yang paling penting karena kredibilitasnya dalam membantu manufaktur, pertumbuhan infrastruktur dan bahkan menjadi tulang punggung uang individu, tetapi meskipun demikian, Lembaga Keuangan Bukan Bank memainkan peran penting dan kehadiran mereka membantu ekonomi tumbuh dengan benar dan terarah.

Nah agar karyawan di Lembaga Keuangan Bukan Bank merasa nyaman dalam bekerja, perusahaan sebaiknya menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan efisiensi bekerja dan memonitor aktivitas karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan.

Ada beragam fitur unggulan yang disematkan pada aplikasi HRIS JojoTimes, di antaranya Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS Location via Geotagging, Biometric Face Recognition dan lainnya. Tentunya, fitur-fitur unggulan tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencapai perkembangan yang signifikan.

Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.

Hanan Kuncoro:

This website uses cookies.