Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKNB)?

proses payrollTiap insan yang bekerja di industry keuangan wajib paham apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank, terlepas dia bekerja di bank atau bukan bank. Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKNB) adalah perusahaan yang terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang pada dasarnya menjalankan fungsi peminjaman kepada masyarakat dan berbeda dengan bank dalam arti tidak dapat menerima simpanan dari masyarakat.

LKNB ini menawarkan berbagai layanan perbankan tetapi tidak memiliki lisensi perbankan. Mereka tidak tunduk pada peraturan perbankan tapi diatur dalam peraturan OJK tersendiri. Sejak masa pandemic dengan dukungan teknologi digital masa kini, LKNB telah berkembang cepat dalam jumlah dan jenis yang beragam dan memainkan peran kunci dalam memenuhi permintaan kredit yang tidak terpenuhi oleh bank tradisional. Contoh LKNB ini termasuk fintech (pinjaman online), leasing, dana pasar uang, perusahaan asuransi, dana lindung nilai, dana ekuitas swasta dan pemberi pinjaman P2P.

Sama seperti bank, LKNB memberikan pinjaman tetapi tidak seperti mereka, mereka tidak secara langsung mengambil simpanan dari masyarakat. Mereka meminjam dari bank dan menjual surat berharga yang merupakan sekuritas keuangan jangka pendek, yang dibeli oleh reksa dana utang atau dengan kata lain mendapatkan pendaan (funding) dari bank.

Lembaga Keuangan Bukan Bank dan Bank

LKNB melengkapi bank dengan menyediakan infrastruktur untuk mengalokasikan sumber daya surplus kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan dana dan tidak bisa di dukung oleh bank konvensional. Selain itu, LKNB juga memperkenalkan persaingan dalam penyediaan layanan keuangan. Sementara bank mungkin menawarkan serangkaian layanan keuangan sesuai paket produk keuangan mereka, LKNB bisa lebih fleksibel dengan memisahkan dan menyesuaikan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan klien tertentu.

LKNB ini menawarkan sebagian besar jenis layanan perbankan, seperti fasilitas pinjaman dan kredit, pendanaan pendidikan swasta, perencanaan pensiun, perdagangan di pasar uang, Sertifikat Pembiayaan Berjangka dan kewajiban lainnya. Lembaga-lembaga ini juga menyediakan manajemen kekayaan seperti mengelola portofolio saham dan nasihat tentang kegiatan merger dan akuisisi.

Jumlah perusahaan keuangan non-perbankan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir karena perusahaan modal ventura, perusahaan ritel dan industri telah memasuki bisnis pinjaman. Lembaga non-bank juga sering mendukung investasi di bidang properti dan menyiapkan studi kelayakan, pasar atau industri untuk perusahaan. Namun mereka biasanya tidak diperbolehkan untuk mengambil simpanan dari masyarakat umum dan harus mencari cara lain untuk mendanai operasi mereka seperti menerbitkan instrumen utang. Berikut ini secara umum perbedaannya:

  • LKNB tidak memiliki lisensi perbankan meskipun mereka menyediakan layanan perbankan.
  • LKNB tidak dapat menerima giro.
  • LKNB tidak dapat mengeluarkan cek yang ditarik sendiri.

Jenis LKNB :

Koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam rupanya menjadi salah satu jenis dari LKBB yang cukup populer di Indonesia. …

  • Perusahaan asuransi. …
  • Pasar modal. …
  • Perusahaan pegadaian. …
  • Perusahaan modal ventura. …
  • Leasing. …
  • Dana pensiun.

5 Keunggulan Menggunakan Pilihan Pembiayaan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Bukan Bank LKNB

Terkadang kebutuhan dana segar sangat mendesak diperlukan untuk membantu bisnis bangkit. Apakah pendanaan diperlukan untuk pemasaran, periklanan, manufaktur, atau peralatan, kebutuhan akan pembiayaan sering kali menjadi kunci keberhasilan. Bank biasanya merupakan solusi pertama untuk bisnis yang mencari pembiayaan, tetapi di era digital seperti saat ini semakin banyak usaha kecil dan menengah beralih ke penyedia keuangan alternatif.

Jadi apa sebenarnya yang menarik dari pinjaman menggunakan jasa lembaga keuangan bukan bank tersebut? Berikut lima keunggulan pembiayaan usaha non bank:

  1. Proses Aplikasi Jauh Lebih Sederhana. Aplikasi pinjaman bank bisa memakan waktu berhari hari lamanya
  2. Persyaratan Kredit Lebih Fleksibel, keputusan kredit lebih cepat
  3. Relatif lebih mudah dalam mendapatkan keputusan kredit

Peran LKNB:

Lembaga Keuangan Bukan Bank memainkan berbagai peran dalam sistem keuangan suatu negara dan membantu pembangunan ekonomi dengan berbagai cara. Beberapa fungsinya antara lain:

  • Lembaga Keuangan Bukan Bank mempromosikan pertumbuhan keuangan inklusif suatu negara dengan memenuhi kebutuhan kredit bagi masyarakat yang non bankable.
  • Mereka membantu usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui layanan keuangan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Mereka membantu dalam pengembangan ekonomi secara keseluruhan dengan menyediakan bahan bakar untuk transportasi, penciptaan lapangan kerja, penciptaan kekayaan, kredit bank di daerah pedesaan dan dengan mendukung bagian masyarakat yang lebih lemah secara finansial.
  • Mereka memainkan peran penting menyalurkan sumber daya keuangan yang langka untuk pembentukan modal.
  • Mereka memberikan bantuan keuangan dan bimbingan kepada pelanggan dalam hal-hal yang berkaitan dengan asuransi.
  • Mereka menyediakan layanan yang berkaitan dengan pinjaman dan uang muka, akuisisi saham, obligasi, saham, surat utang, sekuritas yang diterbitkan oleh pemerintah atau otoritas lokal atau sekuritas lain yang serupa, leasing, sewa-beli, bisnis asuransi, bisnis chit.
  • Mereka melengkapi bank dalam memenuhi kebutuhan keuangan yang meningkat dari sektor korporasi dan dalam membantu sektor yang tidak terorganisir dan peminjam lokal kecil.

Selain fungsi-fungsi ini, Lembaga Keuangan Bukan Bank memainkan beberapa peran lain juga sebagai berikut:

  • Mereka mengubah tabungan menjadi investasi, sehingga membantu dalam mobilisasi sumber daya.
  • Mereka memiliki ketentuan untuk kredit jangka panjang dan kredit khusus.
  • Mereka membantu dalam menarik hibah asing dan dalam mengembangkan pasar keuangan dengan melayani perusahaan perkotaan dan pedesaan yang miskin dan memainkan peran pelengkap dalam inklusi keuangan. Perusahaan keuangan ini membawa keragaman yang sangat dibutuhkan ke pasar dengan mendiversifikasi risiko, meningkatkan likuiditas di pasar sehingga membawa efisiensi dan meningkatkan stabilitas keuangan.
  • Mereka berfungsi sebagai instrumen pemerintah dengan memutus lingkaran setan kemiskinan.

Dalam hal tingkat pertumbuhan year-on-year, sektor Lembaga Keuangan Bukan Bank bahkan bisa mengalahkan sektor perbankan dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian setiap tahun.

Mereka menawarkan kredit yang lebih murah kepada pelanggan dibandingkan dengan bank sehingga uang yang dipinjamkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank lebih tinggi daripada sektor perbankan.

Sejak awal, Lembaga Keuangan Bukan Bank telah berkontribusi lebih banyak pada pinjaman infrastruktur daripada bank.

Lembaga Keuangan Bukan Bank bekerja sama dengan pemerintah untuk mengangkat masyarakat. Mereka mengubah simpanan dari masyarakat umum menjadi modal industri yang meningkatkan permintaan tenaga kerja dan sebagai hasilnya menciptakan kesempatan kerja. Ini berfungsi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kesimpulan:

Lembaga Keuangan Bukan Bank terus memainkan peran klasik dalam kisah pertumbuhan suatu negara. Pendanaan yang diterima dari perusahaan-perusahaan ini adalah modal penting yang digunakan oleh banyak individu dan pemilik bisnis UMKM untuk melangkah cepat. Sektor perbankan selalu menjadi bidang bisnis yang paling penting karena kredibilitasnya dalam membantu manufaktur, pertumbuhan infrastruktur dan bahkan menjadi tulang punggung uang individu, tetapi meskipun demikian, Lembaga Keuangan Bukan Bank memainkan peran penting dan kehadiran mereka membantu ekonomi tumbuh dengan benar dan terarah.

Nah agar karyawan di Lembaga Keuangan Bukan Bank merasa nyaman dalam bekerja, perusahaan sebaiknya menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan efisiensi bekerja dan memonitor aktivitas karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan.

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Ada beragam fitur unggulan yang disematkan pada aplikasi HRIS JojoTimes, di antaranya Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS Location via Geotagging, Biometric Face Recognition dan lainnya. Tentunya, fitur-fitur unggulan tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencapai perkembangan yang signifikan.

Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.