Contoh Saran dalam Makalah yang Baik, Benar dan Lengkap

laporan realisasi anggaran

Contoh Saran dalam Makalah yang Baik, Benar dan Lengkap – Sebagai seseorang yang sedang berada dalam dunia pendidikan, pastinya Anda sudah pernah membuat sebuah karya ilmiah, baik itu dalam bentuk makalah ataupun skripsi. Di setiap akhir dari sebuah karya tulis ilmiah, pastinya memiliki bagian kesimpulan dan saran yang merangkum seluruh hal terkait karya tersebut. Buat Anda yang sebelumnya belum pernah menulis makalah ataupun skripsi, dipastikan artikel ini bisa cukup membantu Anda.

Kebanyakan penulis banyak yang salah dalam menulis saran dalam makalah yang mereka tulis. Lantas, bagaimana contoh saran dalam makalah yang baik dan benar? Sebenarnya penulisan saran makalah tersebut telah diatur sedemikian rupa berdasarkan panduan yang berlaku dan disusun dengan format penulisan makalah sesuai standar ketetapan yang ada.

Dan pada artikel kali ini Jojonomic akan membagikan beberapa kumpulan contoh saran dalam makalah yang baik dan benar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Saran

Printing and binding a thesis: your ultimate guide - StudyLink

Saran adalah suatu bagian dalam bab penutup dalam sebuah penulisan makalah. Pada Bagian ini terdapat di sebuah akhir paragraf dimana dengan di awali suatu serangkaian.

Sebagai contoh kesimpulan dari awal hingga akhir, saat ingin menulis saran memang tidak ada aturan khusus maupun pedoman yang berlaku. Terkadang hanya terdapat pada proses pembuatan kalimat saran setidaknya harus memperhatikan beberapa unsur yang ada.

Unsur-unsur Saran

Online Case Binding Services for Books and Thesis

Untuk membuat saran, terdapat unsur-unsur yang perlu diperhatikan:

1. Jumlah Kata

Dalam sebuah penulisan karya tulis, tentunya pembuatan saran harus dibatasi dengan jumlah minimal karater. Hal ini dilakukan agar terdapat kesetaraan antara kesimpulan yang disampaikan. Dan Batasan kata untuk membuat saran yang baik adalah lebih dari 200 kata

2. Menggunakan Kata Harapan

Pada dasarnya, saran bertujuan untuk memperbaiki makalah yang telah disusun. Oleh karena itu, dalam sub bab saran haruslah mengandung kata-kata harapan seperti “oleh karena itu”, “alangkah baiknya”, “penulis berharap”, dan beberapa kata lainnya yang memiliki maksud yang sama.

3. Memberikan Rekomendasi

Selain dengan mengharapkan makalah tersebut menjadi lebih baik, saran juga harus mengandung solusi agar nantinya pembaca lebih mudah dalam memperbaiki makalah tersebut.

Solusi tersebut dapat berupa cara mengatasi kekurangan yang ada dalam makalah yang belum dapat dilakukan oleh penulis sehingga pembaca mengetahui dengan jelas apa yang kurang dari makalah tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya.

Contoh Saran dalam Makalah

Online Case Binding Services for Books and Thesis

#1

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Di Era Globalisasi seperti sekarang ini telah banyak sekali penerapan-penerapan UUD 1945 dan Pancasila dalam bidang-bidang kehidupan, berbangsa dan bernegara mulai dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman inilah yang membuat bangsa Indonesia mengalami kemajuan yang pesat dan kebaikan yang ditujukan untuk umum

Meskipun negara Indonesia tidak sepenuhnya dapat menghindar dari era Globalisasi ini, namun masyarakat harus bisa menyesuaikan diri dan tetap beragama dan bermoral. Tentunya era Globalisasi memiliki dampak negatif jika tidak disaring sesuai dengan nilai Pancasila, parahnya lagi Globalisasi dapat menyebabkan kemunduran moral bagi masyarakatnya.

Saran

Menurut pendapat saya, di era Globalisasi ini bangsa Indonesia perlu melakukan berbagai perbaikan di segala bidang. Adapun bidang dasar yang cukup penting seperti sosial dan budaya, politik, hukum serta bidang ekonomi. Hal ini perlu dilakukan agar perubahan yang terjadi nantinya menjadi lebih baik lagi.

Kita juga perlu menanamkan penerapan nilai-nilai UUD 1945 dan Pancasila agar bangsa Indonesia tetap maju dan ciri khas dari bangsa tersebut tetap terjaga meskipun pengaruh era Globalisasi tidak dapat dihindarkan. Saya yakin bahwa bangsa ini akan memiliki kehidupan yang lebih baik jika berpegang teguh pada pedoman yang ada, walaupun jaman dan teknologi semakin canggih.

#2

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Rekonsiliasi dari makalah media islami merupakan suatu tindakan menciptakan proses penyusunan kembali tatanan masyarakat yang terpecah-pecah akibat dari pemberitaan media.

Hal ini dirasa sangat penting untuk memelihara kesatuan dan persatuan terlebih negara Indonesia bukan negara yang menerapkan hukum agama namun menerapkan pancasila dan UU dasar sebagai landasan fundamental.

Upaya implemntasi yang dilakukan dalam rekonsiliasi media islami adalah mensinergikan upaya peningkatan wacana dikusi terhadap pemuda sebagai salah satu cara memprotek radikalime agama khususnya memalui media dengan melakukan pendekatan hukum baik agama islam atau kenegaraan yang didatangkan langsung oleh para ahlinya, dengan cara seperti itulah pemahaman kepada generasi muda lebih mengenda dan akan membentuk sikap kritis yang baik tanpa serata merta menelan mentah-mentah media massa yang berkembang.

Saran

Saran yang bisa penulis berikan Perlu adanya metode penilitian lebih lanjut akan upaya peningkatan dikusi terhadap pemuda sebagai salah satu cara memaksimalakan potensi genarasi dalam membentengi  dirinya dari radikalisme agama yang berkembang.

#3

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Jaket denim atau dalam bahasa Inggris, jeans jacket, adalah jenis jaket yang tidak pernah lekang oleh waktu. Pemakaiannya pun demikian, sehingga penggunaan jaket denim disukai dari segala kalangan dan usia. Bahan jaket denim terbuat dari kain katun kasar yang tahan lasak dan tebal serta tidak mudah kusut.  Jaket ini cocok dipakai dalam acara formal atau non formal.

Jaket denim mencapai puncak popularitas tahun 1970-an. Yang berbeda dari jaket denim tiap generasinya, yaitu terletak pada model jaket. Jaket denim tahun 1970-an terkenal dengan gaya yang over size atau lebih besar. Berbeda dengan tahun 1990-an yang bergaya sedikit lebih ketat dan di atas pinggul. Kisaran harga jaket denim juga beragam tergantung dari jenis denim yang digunakan.

Dengan bahan tersebut, jaket denim memiliki cara khusus untuk merawatnya, yaitu tidak sering dicuci dengan mesin pencuci baju. Cukup direndam selama 15 menit kemudian dikucek sedikit. Ketika akan dijemur, jaket denim juga perlu dibalik bagian dalamnya agar bagian luar tidak cepat memudar. Selain itu, jaket ini jangan dijemur di bawah terik matahari langsung. Walaupun perawatannya yang cukup berbeda, jaket denim memang memiliki karakter sendiri ketika menggunakannya.

Saran

Jaket denim bisa dipakai oleh siapa saja untuk berbagai acara, baik itu laki-laki atau perempuan, orang dewasa atau anak-anak, acara formal atau tidak formal. Jika jaket denim terkena noda, maka akan susah untuk dihilangkan. Bagaimanapun, pencucian yang terlalu sering dapat merusak bahan dan bentuk jaket. Maka dari itu, diperlukan sifat telaten agar jaket denim yang dimiliki dapat tetap terlihat baru dan tahan lama.

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!