Karakteristik Piramida Penduduk : Pengertian, Jenis dan cirinya

Karakteristik piramida penduduk

Istilah Karakteristik Piramida Penduduk adalah merupakan bentuk penyajian data kependudukan yang sudah dikelompokan berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. Selain itu Karakteristik Piramida Penduduk juga digambarkan berbentuk dua grafik batang yang berlawanan arah, yang terdapat dua sumbu, yaitu sumbu horizontal dan sumbu vertikal.

Dengan mengamati bentuk piramida penduduk banyak informasi yang didapat mengenai struktur kependudukan dari sebuah wilayah. Sehingga dengan begitu akan bisa memudahkan suatu negara untuk mencapai tujuannya.

Dalam artikel berikut ini kita akan bahas apa itu Karakteristik Piramida Penduduk secara lebih detail.

Pengertian Karakteristik Piramida Penduduk

Karakteristik Piramida penduduk adalah grafik yang menyajikan data penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin dan daerah suatu penduduk.Piramida penduduk bisa dikatakan sebagai dua buah diagram batang dimana satu sisi menunjukan jumlah penduduk perempuan dan sisi lainnya adalah jumlah penduduk laki – laki, dimana kedua diagram tersebut berada pada interval usia penduduk lima tahunan.

Di dalam piramida penduduk, biasa penduduk perempuan berada di sisi sebelah kanan dan penduduk laki-laki berada di sisi sebelah kiri. Serta disajikan dalam dua buah diagram batang, pada satu sisi menunjukan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya menunjukan jumlah penduduk perempuan dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan. Selain itu, di dalam piramida penduduk juga terdapat sumbu X atau horizontal dan sumbu Y atau vertikal.

Sensus Penduduk

Untuk mengetahui jumlah keseluruhan penduduk di suatu negara, dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan survei, registrasi dan sensus penduduk. Untuk sensus penduduk dilakukan secara de jure yaitu pencacahan dilakukan kepada setiap orang yang benar-benar berdiam atau tinggal di negara bersangkutan, dan secara de facto yaitu pencacahan dilakukan kepada setiap orang saat diadakan sensus berada di dalam negara yang bersangkutan.

Manfaat sensus penduduk tersebut dapat mengetahui jumlah penduduk secara keseluruhan, keadaan pertumbuhan penduduk, mengetahui golongan penduduk menurut jenis kelamin, umur serta kesempatan kerja. Sehingga perlu dilakukan susunan penduduk, karena dengan adanya susunan penduduk bisa mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi setiap tahunnya, sehingga akan mudah membuat kesimpulan yang nantinya bisa menjadi dasar kebijakan pada program-program pemerintah.

karakteristik piramida penduduk

Sumbu horizontal menggambarkan jumlah penduduk dalam skala tertentu sedangkan sumbu vertikal berupa usia penduduk dari 0 hingga 65 tahun lebih dengan interval 1 atau 5 tahun.

Bentuk piramida penduduk yang berbeda di tiap-tiap negara, hal ini tergantung dari jumlah penduduk, jenis kelamin dan juga usia penduduk di negara tersebut. Tingkatan penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin bisa dengan mudah digambarkan atau ditunjukan berdasarkan data – data dan juga fakta yang terdapat di piramida penduduk.

Pada diagram piramida penduduk bisa memuat atau dikelompokan berdasarkan biologis (jenis kelamin dan usia), tingkat pendidikan, pekerjaan atau mata pencaharian, pendapatan, dan status pernikahan. Dari piramida penduduk juga, dapat diketahui tingkat usia produktif dari wilayah ataupun negara yang bersangkutan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat Data berdasarkan Karakteristik Piramida Penduduk

Seperti yang sudah dibahas diatas, karakteristik Piramida penduduk adalah komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin. Ada dua diagram batang, pada satu sisi menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya bisa menunjukkan jumlah penduduk perempuan dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan.

Mempelajari masalah kependudukan tidak terlepas dari istilah antroposfer yaitu merupakan sebuah lingkungan yang juga bagian dari bumi di mana tempat tinggal manusia. Tidak heran jika dalam antroposfer sendiri tidak hanya membahas kependudukan saja namun juga masalah mengenai pemukiman dan lingkungan hidup.

Kependudukan berasal dari kata penduduk yang artinya seluruh orang yang memiliki domisili di wilayah geografis (dalam hal ini di Negara Kesatuan Republik Indonesia) selama 6 bulan atau lebih dan juga bagi mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan namun mempunyai tujuan untuk menetap.

karakteristik piramida penduduk

Apa itu Komposisi Penduduk?

Komposisi penduduk bisa digambarkan dengan piramida. Biasanya, piramida memuat pengelompokan penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin. Umur digambarkan dengan garis vertikal dan jenis kelamin dengan garis horizontal.

Komposisi penduduk merupakan pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria dan tujuan tertentu, misalnya suatu penduduk dikelompokan berdasarkan:

  1. Umur
  2. Jenis kelamin
  3. Tingkat pendidikan
  4. Pekerjaan

Tujuannya agar kita mengetahui komposisi data yang bagus untuk perencanaan atau kegiatan yang akan datang.

Jenis Karakteristik Piramida Penduduk

1. Piramida Penduduk Muda (Expansive)

Piramida ini hanya terjadi di suatu wilayah atau negara yang memiliki jumlah angka kelahiran lebih tinggi daripada angka kematian. Dengan kata lain, wilayah tersebut memiliki pertumbuhan jumlah penduduk lebih cepat. Gambar bentuk piramida ini yaitu berbentuk kerucut yang memiliki alas cukup lebar dengan puncak agak meruncing.

Jika diperhatikan bentuk diagram digambarkan mirip dengan bangun limas. Piramida ini dapat menjadi ciri bahwa sebagian besar penduduk berada pada kategori umur muda. Sederhananya jika di suatu wilayah mempunyai angka kematian lebih rendah dan angka kelahiran lebih tinggi, maka banyak penduduk yang berusia muda. Bentuk piramida ini bisa ditemukan di negara berkembang seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan lain sebagainya.

Ciri Piramida penduduk muda atau expansive yaitu:

Angka kelahiran sangat tinggi dibandingkan angka kematian.
Jumlah penduduk usia muda (0 tahun – 19 tahun) sangat besar dan usia tua sedikit jumlahnya.
Pertumbuhan penduduk tinggi.
Sebagian besar berada dikategori penduduk muda.
Terdapat di negara – negara berkembang.
Kelompok usia tua sedikit.

karakteristik piramida penduduk

2. Piramida Penduduk Stasioner (Granat)

Data yang digambarkan oleh piramida ini adalah jumlah kelahiran hampir sama atau seimbang dengan jumlah kematian. Oleh Karena itu piramida ini disebut juga piramida Stasioner. Selain itu wilayah atau negara ini memiliki pertumbuhan jumlah penduduk yang relatif stabil, sehingga dapat disimpulkan bahwa piramida ini menggambarkan jumlah penduduk antara kelompok muda sampai kelompok tua berada pada jumlah yang relatif sama.

Karena jumlah diagram batangnya hampir rata, sehingga bentuknya mendekati bentuk granat. Tingkat kelahiran dan juga tingkat kematian berada pada kondisi seimbang atau tetap. Piramida penduduk stasioner dapat ditemukan di negara maju seperti Amerika, Inggris, Prancis dan negara maju lainnya.

Ciri Piramida Penduduk Stasioner yaitu:

  1. Tingkat kelahiran cukup rendah.
  2. Jumlah penduduk pada setiap kategori atau kelompok hampir sama.
  3. Tingkat kematian hampir rendah.
  4. Terjadi beberapa negara maju.
  5. Pertumbuhan penduduk sangat kecil atau lambat.

3. Piramida Penduduk Tua (Constructive)

Piramida ini menunjukan jika jumlah kelahiran lebih rendah dibandingkan jumlah kematian atau dapat dikatakan jika piramida ini bersifat konstruktif. Berdasarkan diagramtersebut dapat dikatakan jika terjadi penurunan tingkat kelahiran sehingga wilayah atau negara ini mengalami perlambatan pertumbuhan penduduk.

Gambaran dari piramida ini yaitu grafik batang pada bagian tengah memiliki jumlah tertinggi. Piramida penduduk tua merupakan kebalikan dari piramida penduduk muda. Negara yang mengalami kondisi ini yaitu Jerman, Belgia dan Swedia.

Ciri – ciri piramida penduduk tua yaitu:

  1. Data penduduk kategori usia muda sangat sedikit.
  2. Jumlah penduduk tertinggi berada pada usia dewasa.
  3. Pertumbuhan penduduk mengalami penurunan.
  4. Data jumlah penduduk muda lebih kecil dari pada jumlah penduduk tua.
  5. Dari tahun ke tahun, jumlah penduduk berkurang.

Fungsi Piramida Penduduk

Fungsi Piramida Penduduk berdasarkan tingkatan jumlah penduduk dari beberapa negara yaitu :

  1. Menentukan kebijakan bagi pemerintah dalam meningkatkan kualitas masyarakatnya, yang tujuannya adalah masyarakat memperoleh kehidupan yang sejahtera.
  2. Menunjukan gambaran mengenai kondisi kependudukan di suatu negara atau wilayah.
  3. Mendapatkan data dan fakta sebenarnya mengenai jumlah penduduk di suatu wilayah atau negara.
  4. Menjadi data kependudukan yang paling penting untuk melakukan pembangunan negara atau wilayah.
  5. Memudahkan dalam mempelajari jumlah penduduk dalam suatu wilayah tertentu.

Semua data kependudukan tidak hanya bermanfaat untuk melihat perkembangan suatu wilayah atau negara tertentu, namun juga untuk mendata usia produktif dan non produktif.

Pendataan tersebut akan sangat merepotkan jika hanya dilakukan dengan cara manual. Sama halnya dengan proses pendataan keuangan Anda, cukup menggunakan Aplikasi finance Jojoexpense terbaik yang akan memudahkan pembuatan laporan keuangan tim Anda.

karakteristik piramida penduduk

Software Produk Finance & Expense kami siap digunakan, mudah dipakai dan memiliki ROI besar untuk semua jenis bisnis.

Dengan Finance & Expense Suites bisa pantau dan kelola keuangan serta budget secara mudah & real-time.

Aplikasi Finance JojoExpense : Atasi tantangan akuntansi bisnis menggunakan rangkaian aplikasi keuangan terbaik kami di cloud.

Software aplikasi JojoExpense

Sudah menjadi pilihan para pebisnis untuk menyimpan dan mengolah data keuangan. Solusi manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. JojoExpense hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Aplikasi dengan fitur yang sangat populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Silahkan kenali aplikasi kami dengan mencoba demo klik link berikut Coba Gratis Sekarang