Analisis Pasar : Tujuan, Pentingnya, dan Langkah-langkah Melakukannya

Analisis Pasar

Analisis pasar adalah bagian yang sangat penting dari rencana pemasaran produk. Melalui analisis pasar, pendapatan penjualan dan keuntungan perusahaan dapat ditingkatkan. Selain itu, analisis pasar diperlukan untuk mengetahui peluang dan potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan.

Analisis pasar adalah hal terpenting untuk menentukan bahwa pasar baru tidak dapat ditoleransi. Hasil analisis pasar berguna untuk memahami potensi bisnis yang ada dan berapa lama bisnis tersebut bisa bertahan. Anda dapat mencoba langkah sederhana untuk melakukan analisis pasar.

Tujuan dan manfaat analisis pasar

Analisis Pasar

Analisis pasar memiliki beberapa tujuan utama, salah satunya adalah untuk menentukan kebutuhan konsumen yang ingin dipenuhi oleh perusahaan, dan untuk menentukan bagaimana merancang dan menentukan penawaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut ini adalah tujuan analisis pasar yang lebih rinci:

  • Agar lebih mengenal lingkungan pasar.
  • Pelajari lebih lanjut tentang jenis pasar.
  • Pemahaman yang lebih jelas tentang karakteristik pasar.
  • Siap menghadapi pesaing.
  • Dapat menerapkan kebijakan pemasaran.
  • Mampu membuat rencana pemasaran.
  • Dapat mempelajari lebih lanjut tentang karakteristik pasar.

Untuk meningkatkan penjualan, analisis pasar akan menguntungkan perusahaan yaitu dapat meningkatkan omset penjualan, memperoleh keuntungan yang diharapkan dan meningkatkan produksi. Selain itu, produk atau komoditas yang dijual oleh perusahaan akan semakin terkenal, dan produksi perusahaan akan meningkat, dipengaruhi oleh konsumen dan perusahaan bisa bertahan.

Pentingnya analisis pasar

Analisis Pasar

Salah satu faktor yang mempengaruhi analisis permintaan pasar adalah tingkat frekuensi pembelian barang oleh konsumen atau pembeli. Hal ini menunjukkan apakah konsumen sering membeli barang dan bergantung pada tingkat konsumsi barang tersebut.

Analisis pasar memang sangat penting terutama bagi para pemasar yang berpedoman pada ide-ide pemasaran. Untuk memilih dan menentukan keputusan pemasaran yang efektif atau tepat, penting untuk memahami pasar. Lima hal yang harus Anda ketahui dalam analisis pasar adalah:

  • Gambaran umum tentang struktur produk pasar, yaitu menentukan sekumpulan produk yang dapat diusulkan untuk memenuhi kebutuhan dasar, kemudian menganalisis tingkat kemampuan untuk mengganti atau mengganti produk tersebut.
  • Batasan pasar yang relevan, yaitu batas kelompok pesaing paling relevan yang dapat ditentukan, misalnya, antara merek atau pemasar lain yang memenuhi kebutuhan pangsa pasar yang sama.
  • Analisis permintaan industri, mempelajari siapa, mengapa dan bagaimana konsumen atau pelanggan membeli jenis produk yang dijual di pasar.
  • Analisis permintaan merek adalah untuk memahami bagaimana pembeli memilih antara merek atau penjual di pasar yang relevan.
  • Identifikasi, berdasarkan penelitian perusahaan tentang peluang pasar dan potensi pasar

Tentukan dengan mudah langkah-langkah analisis pasar

Analisis Pasar

Jika suatu perusahaan dapat mengembangkan usahanya dan dapat melakukan analisis pasar, maka dianggap berhasil. Analisis pasar adalah konsep pemasaran yang ditujukan untuk kepentingan konsumen atau pasar yang ditargetkan. Dalam melakukan analisa pasar akan dilakukan 6 tahapan atau tahapan yaitu:

Menentukan pasar bersangkutan (pasar relevan)

Langkah pertama atau langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi pasar bersangkutan. Pasar bersangkutan adalah rangkaian produk atau jasa di seluruh struktur pasar produk, yang menurut manajemen sangat penting dan strategis.

Mengidentifikasi pasar relevan melibatkan dua langkah utama. Pertama, manajemen mencoba mendeskripsikan dan mendefinisikan pasar terlebih dahulu. Kedua, manajemen menggambarkan struktur pasar produk dan batasan pasar terkait.

Identifikasi segmen pasar

Pada langkah ini, manajer harus memahami berbagai metode pengelompokan konsumen ke dalam segmen yang anggotanya memberikan tanggapan yang sama terhadap rencana pemasaran tertentu. Ada beberapa aturan untuk menentukan segmentasi pasar yang baik, seperti segmen pasar yang harus mudah dijangkau agar proses pemasaran bisa lebih efektif.

Segmentasi pasar harus mudah diukur dan cocok untuk pemasar. Menurut kelayakan pemasar, artinya mereka dapat mengukur segmentasi pasar berdasarkan kapabilitas pemasaran produk. Jika segmen pasar yang dipilih memiliki banyak kendala, proses pemasaran tidak akan berjalan mulus.

Evaluasi permainan

Manajemen harus mengevaluasi produk / mereknya berdasarkan kutipan pesaing. Salah satu cara paling efektif untuk memperoleh informasi penting tentang pesaing adalah melalui kecerdasan bersaing.

Mengidentifikasi pasar sasaran yang potensial

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisis pasar adalah menentukan pasar sasaran. Tujuan akhir dari tahap ini adalah menentukan peluang terbaik untuk menciptakan pelanggan yang puas dan setia.

Menganalisis kebutuhan utama pasar bersangkutan

Langkah kedua dari analisis pasar adalah menganalisis kebutuhan utama pasar bersangkutan. Persyaratan utama ini mencakup persyaratan di tingkat kategori produk. Pada langkah kedua, manajemen harus mencoba mendeskripsikan profil atau karakteristik pembeli dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelian semua merek dan produk di pasar bersangkutan. Dengan kata lain, manajemen harus bekerja keras untuk mendiagnosis siapa yang menjadi pembeli dan non-pembeli di pasar bersangkutan, dan mengapa mereka membeli atau tidak membeli produk.

Menganalisis permintaan selektif di pasar yang relevan

Saat melakukan langkah analisis pa-sar, permintaan selektif adalah permintaan merek atau pemasok tertentu di pasar bersangkutan. Saat menganalisis permintaan selektif, manajemen akan lebih fokus pada pemahaman pilihan merek atau pemasok di pasar yang relevan.

Untuk memeriksa perbedaan, kebiasaan pembeli dan metode pembelian mereka, manajer pemasaran harus menerapkan strategi segmentasi pasar. Ini termasuk menentukan jenis proses pengambilan keputusan dan menentukan atribut determinan.

Kesimpulan

Selama ini perusahaan bermunculan di masyarakat, sehingga banyak strategi khusus yang perlu diadopsi untuk bersaing dan meningkatkan penjualan. Anda tidak bisa membangun bisnis, dan kemudian segera mendapatkan penghasilan yang baik dengan segera.

Salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda adalah dengan melakukan analisis pa-sar. Dengan terlebih dahulu menganalisa potensi pasar, bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah berkembang.

Demikian beberapa pembahasan mengenai pentingnya analisis pa-sar yang tepat untuk kesuksesan bisnis Anda. Perlu diketahui bahwa ada faktor penting lain yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis yaitu masalah pengelolaan keuangan perusahaan. Tidak peduli seberapa baik dan tepat analisis pa-sar Anda tanpa pengelolaan keuangan yang baik, hasilnya tidak akan berhasil.

Gunakan software akuntansi jurnal online untuk mengelola laporan keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah. JojoExpense, software akuntansi dilengkapi dengan laporan keuangan yang lengkap, seperti neraca, arus kas, untung rugi, dll. Dengan cara ini, Anda akan lebih fokus mengembangkan bisnis yang lebih andal dan aman.

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!