Mengenal Apa itu Big Four Kantor Akuntan Publik

Mengenal Apa itu Big Four Kantor Akuntan Publik

Bagi Anda yang sedang atau sudah berkarier sebagai seorang akuntan atau konsultan keuangan, pasti sudah tidak asing dengan big four kantor akuntan publik. Atau, mungkin big 4 kantor akuntan publik menjadi tempat impian Anda dalam berkarier?

Ya, tidak heran jika empat firma akuntansi terbesar di dunia ini telah menjadi impan banyak akuntan atau orang yang berkarier dalam bidang ekonomi. Pasalnya, keempat kantor akuntan publik tersebut telah miliki revenue yang besar serta reputasi perusahaan yang baik.

Dengan tingkat revenue dan reputasi perusahaan yang tinggi, tentunya tidak mudah untuk berkarier di perusahaan tersebut. Diperlukan kemampuan khusus yang dapat mengantarkan Anda bisa diterima perusahaan akuntan terbesar itu.

Nah, pada artikel ini akan dijelaskan apa itu big 4 kantor akuntan publik dan beberapa hal yang harus Anda ketahui agar bisa menjadi konsultan di sana. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Apa itu Big Four Kantor Akuntan Publik

Sudahkah Anda tahu apa itu kantor akuntan publik? Kantor akuntan publik merupakan badan usaha yang berizin dari Menteri Keuangan sebagai wadah untuk para akuntan publik dalam memberikan jasanya. Jasa akuntan publik pada umumnya digunakan oleh perusahaan besar untuk melakukan beberapa tugas, seperti melakukan analisis laporan keuangan, mengaudit laporan keuangan, mengaudit pajak dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, telah banyak kantor akuntan publik yang beroperasi di Indonesia. Empat di antaranya adalah kantor akuntan terpopuler yang banyak diminati orang untuk bekerja si sana.

Adapun layanan jasa yang dilakukan oleh kantor akuntan, di antaranya: jasa estetis yang melakukan rangkaian kegiatan berupa audit laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan prospektif dan pemeriksaan pelaporan informasi keuangan.

Perlu Anda ketahui, pada tahun 1979, kantor akuntan publik terbesar berjumlah delapan perusahaan.  Namun, seiring jalannya waktu, beberapa merger dan masalah bisnis telah menyebabkan hanya ada empat kantor akuntan publik yang masih beroperasi. Nah, deretan empat kantor akuntan tersbut adalah Ernest dan Young, Deloitte, Prcewaterhouse Coopers dan KPMG.

Perlu Anda kwtahui, keempat kantor akuntan publik yang masuk dalam jajaran  big four itu didasarkan pada beberapa faktor yakni pada besaran penetrasi pasar yang dilakukan, tingkat revenue yang diperoleh dan reputasi perusahaan yang dimiliki. Kantor akuntan publik ini menjadi besar juga karena mereka menggaet beberapa firma, yang bernaung pada bendera yang sama.

Layanan Konsultasi Big Four Kantor Akuntan Publik

Setelah mengetahui sedikit banyak terkait big 4 akuntan publik dan sejarah singkatnya. Kini, ketahui pula bagaimana cara kerja konsultasi dari keempat kantor akuntan terbesar itu. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Layanan Konsultasi PwC

PricewaterhouseCoopers atau PwC adalah salah satu kantor akuntan publik terbesar di dunia. Perusahaan ini merupakan hasil merger dari dua entitas usaha Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand. Layanan konsultasi PwC fokus pada tiga hal yakni, konsultasi, kesepakatan dan forensik.

Adapun layanan yang diberikan meliputi hospitality dan leisure, manajemen aset, produk ritel dan konsumen, transportasi dan logistik, kemanan cyber, layanan keuangan, otomotif, kedirgantaraan dan pertahanan, bidang rekayasa dan konstruksi, bidang kesehatan, farmasi dan ilmu kehidupan, layanan perbankan dan pasar modal, produk industri, insurance hingga teknologi, media dan komunikasi.

2. Layanan Konsultasi Deloitte

Perusahaan selanjutnya yang termasuk dalam big 4 kantor akuntan publik adalah Deloitte. Perusahaan yang memiliki nama panjang Deloitte Touche Tohmatsu Limited ini dapat dikatakan sebagai perusahaan yang menyediakan jasa akuntasi yang cukup tua di dunia.

big four kantor akuntan publik

Layanan konsultasi Deloitte yang diberikan berfokus pada tiga hal utama, diantaranya adalah: layanan strategi dan operasi. Pada jenis layanan ini, konsultan beserta eksekutif senior bekerjasama untuk menghasilkan sebuah strategi dan memecahkan masalah yang kompleks terkait bidang keuangan.

Selanjutnya, layanan human capital. Pada layanan konsultasi ini, seorang konsultan melakukan penelitian, bekerja secara analitik dan memberikan layanan konsultasi industri untuk membantu para klien dalam usaha membangun dan menjalankan operasi bisnis yang dijalankan.

Yang terakhir adalah layanan teknologi. Konsultan akan bekerja bersama klien untuk membantu beradaptasi dengan pesatnya pertumbuhan bisnis mereka. Konsultan juga bisa memberikan bantuan dalam hal meningkatkan produktivitas perusahaan dan mengembangkan strategi agar tercipta proses operasi bisnis yang lebih lancar.

3. Layanan Konsultasi EY

Ernst & Young atau EY adalah kantor akuntan yang berasal dari Inggris. EY merupakan hasil merger sejumlah entitas usaha. Tahun 2014, EY bermitra dengan Parthenon, sebuah perusahaan yang memiliki basis dalam hal strategi. Kedua firma tersebut menawarkan beberapa layanan konsultasi berbasis teknologi di seluruh dunia.

big four kantor akuntan publik

Berikut layanan konsultasi yang ditawarkan EY: layanan konsultasi strategi, pengalaman dan keterlibatan pelanggan, rantai pasokan dan operasi, transformasi risiko, layanan konsultasi IoT, konsultasi keuangan, konsultasi analitik, konsultasi blockchain dan layanan konsultasi manajemen program.

4. Layanan Konsultasi KPMG

Deretan terakhir pada empat basar kantor akuntan publik adalah KPMG. Kantor akuntan ini berpusat di Belanda. Layanan konsultasi yang diberikan oleh KPMG adalah layanan investigasi, penasihat proyek besar, manajemen risiko penipuan, penegakan dan kepatuhan terhadap peraturan, layanan kepatuhan kontrak, teknologi forensik, layanan anti pencucian uang dan sanksi perdagangan, konsultasi sengketa, konsultasi manajemen, saran kesepakatan dan konsultasi risiko.

Cara Menjadi Konsultan di Big Four Kantor Akuntan Publik

Berkarier sebagai konsultan pada salah satu perusahaan big 4 kantor akuntan adalah hal yang sangat membanggakan juga menantang.  Agar impian Anda terwujud menjadi konsultan di salah satu perusahaan tersebut, sebaiknya Anda memulai proses di awal, yakni pada saat Anda duduk di bangku kuliah. Siapkan beberapa hal seperti IPK tinggi, lulusan universitas ternama, hingga keterampilan wawancara yang sangat mengesankan.

Anda bisa berkarier di perusahaan tersebut dengan melalui program internship yang diadakan oleh kantor akuntan itu. Di samping menjalani internship, Anda dapat sekaligus mempelajari budaya kerja serta mempelajari hal lain terkait karier konsultan di perusahaan tersebut. Agar proses pencapaian karier Anda sebagai konsultan di big 4 kantor akuntan sukses, akan lebih baik jika Anda memiliki sertifikasi dalam bidang akuntansi.

Itulah pembahasan tentang big 4 kantor akuntan. Bagaimana, tertarik untuk berkarier di sana? Atau, ingin memiliki perusahaan akuntan publik sendiri? Jika demikian, Anda membutuhkan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Apa itu aplikasi JojoTimes?

Aplikasi JojoTimes dilengkapi dengan fitur mobile check in & check out, accurate GPS location via Geotagging, biometric face recognition dan lainnya, yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen. Selain itu, JojoTimes juga dapat memonitor kinerja karyawan baik saat di dalam maupun luar perusahaan. Selain itu, ada banyak benefit yang dapat diperoleh perusahaan saat menggunakan JojoTimes.

big four kantor akuntan publik

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.