Seperti Ini Peran dan Tugas Auditor Eksternal

Seperti Ini Peran dan Tugas Auditor Eksternal

Auditor eksternal memiliki peran dan tugas yang berbeda dari auditor lainnya.  Auditor eksternal adalah orang yang bertugas dalam memeriksa laporan keuangan dan memastikannya sudah benar dan layak dari kinerja keuangan pada periode sebelumnya. Serta, memastikan kondisi keuangan saat ini.

Selain itu, seorang auditor eksternal juga bertugas mengevaluasi kinerja perusahaan yang menjadi kliennya, ia pun dimintai untuk memberikan opini pada sesi akhir laporan.

Sebelum mengetahui lebih jauh terkait peran dan tugas auditor eksternal. Penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian dan jenis-jenis auditor secara umum. Selain untuk mengetahui lebih gamblang, Anda pun akan lebih mudah memahami peran dan tugas auditor eksternal dibanding auditor lainnya. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Pengertian Auditor

Sebenarnya, siapa sih aktor yang bertanggung jawab dalam memeriksa keseluruhan data pendapatan, tabungan dan investasi sebuah perusahaan? Ya, jawabannya adalah seorang auditor.

Seorang auditor berwenang untuk meninjau dan memverifikasi keakuratan catatan keuangan dan memastikan bahwa sebuah perusahaan telah melakukan pelaporan keuangan sesuai dengan amanat Undang-Undang Perpajakan.

Auditor berperan  melindungi bisnis dari berbagai bentuk penipuan dan menunjukan perbedaan dalam metode akuntansi. Selain itu, seorang auditor juga dapat memberikan konsultasi tentang trik pemeriksaan finansial.

Pada tahap akhir prosedur audit atau pemeriksaan catatan keuangan, auditor memiliki tugas untuk menulis laporan sebagai penentu tingkat akurasi dan kejelasan yang diperhitungkan perusahaan.

Misalnya, ketika perusahaan telah menyelesaikan semua langkah akuntansi yang termuat dalam pembukaan, dan semua data yang ada dalam catatan telah sesuai dengan strategi bisnis perusahaan, auditor akan memberikan laporan akhir bahwa tidak ada kesalahan di dalamnya.

Auditor juga berperan membantu perusahaan menemukan cara agar bisa meningkatkan efisiensi operasional, seperti mengurangi biaya yang kurang esensial. Secara umum, auditor bekerja dalam berbagai kapasitas pada tiap-tiap industri yang berbeda.

Misalnya, pada perusahaan publik, seorang auditor memiliki tugas utama dalam menentukan apakah laporan keuangan sudah mengutip prinsip akuntansi yang diterapkan perbankan atau belum.

Agar persyaratan tersebut terpenuhi, auditor harus memeriksa secara hati-hati data akuntansi, semua catatan keuangan hingga aspek operasional bisnis. Kemudian, dibuatlah catatan terperinci pada setiap langkah proses, yang disebut jejak audit.

Setelah semuanya selesai, hasil penelitian para auditor akan disajikan dalam laporan yang ditampilkan dalam pernyataan laporan keuangan. Bentuk laporan lain, seperti laporan pribadi yang terpisah juga dapat diberikan untuk manajemen perusahaan maupun pihak yang berwenang.

Jenis-jenis Auditor

Secara umum, auditor terbagi menjadi empat jenis, yakni auditor eksternal, auditor internal, auditor pemerintahan serta auditor forensik. Sebenarnya apa sih yang membedakan keempatnya?

Nah, berikut ini kami berikan ulasan tentang jenis-jenis auditor selengkapnya:

1. Auditor Internal

Profesi ini dibutuhkan perusahaan untuk memberikan evaluasi dalam lingkup internal, independen dan berpandangan secara objektif pada seluruh kegiatan bisnis. Tugas auditor internal dapat dijalankan dengan mengacu pada proses keuangan dan biaya operasional perusahaan, termasuk tata kelolanya.

Seorang auditor internal akan membuat laporan hasil pemeriksaan mereka, termasuk memberikan tips terkait cara mengoperasikan bisnis dengan lebih baik.

2. Auditor Eksternal

Auditor eksternal dibutuhkan perusahaan untuk tanggung jawab tertentu. Berbeda dengan auditor internal, auditor eksternal bisa berupa lembaga akuntansi atau audit independen yang bekerja pada sebuah perusahaan untuk melakukan pemeriksaan keuangan.

tugas auditor eksternal

Tugas auditor eksternal adalah untuk  memberikan opini secara objektif terkait laporan keuangan sebuah perusahaan dan menentukan laporan keuangan tersebut telah bersih dari jejek aktivitas kriminal.

Sebagai keutamaan tugas auditor eksternal, mereka juga diwajibkan untuk menelaah keakuratan sebuah laporan keuangan. Maka, tidak heran jika auditor ekternal juga akan mengamati income dan tabungan yang dimiliki oleh beberapa staf tertentu. Biasanya, auditor eksternal akan melakukan pemeriksaan terkait laporan keuangan perusahaan secara mandiri.

3. Auditor Pemerintahan

Sesuai dengan namanya, auditor pemerintahan bertugas memelihara dan memeriksa catatan keuangan perusahaan pemerintah serta bisnis-bisnis swasta. Auditor pemerintahan akan melakukan evaluasi kegiatan dan menentukan apakah perusahaan patuh pada undang-undang perpajakan atau tidak.

Seorang auditor pemerintahan harus mampu memastikan bahwa pendapatan yang diterima dan dibelanjakan perusahaan sudah sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku. Di sini, auditor juga akan mendeteksi intrik-intrik terkait penggelapan uang, skema penipuan hingga menganalisis kontrol akuntansi agensi.

4. Auditor Forensik

Jenis auditor ini lebih berfokus pada pemeriksaaan pada sebuah lembaga atau perusahaan yang dicurigai oleh pihak berwenang. Auditor forensik bekerja di bawah naungan lembaga auditing atau kepolisian guna memimpin sebuah investigasi terhadap aktivitas kriminal seperti money laundering, penipuan serta tindak korupsi.

tugas auditor eksternal

Berbeda dengan yang lain, auditor ini sudah terlatih agar mampu mengetahui hal-hal yang dirasa mencurigakan dalam sebuah kegiatan operasional.

Peran Auditor Eksternal

Peran auditor eksternal secara umum dapat dibagi menjadi dua. Di antaranya sebagai berikut:

  • Seorang auditor eksternal memiliki peran yang cukup vital untuk kepentingan bersama dalam efektivitas perusahaan.
  • Membagikan pengetahuan terkait bisnis, industri serta risiko yang bisa dihadapi oleh perusahaan.

Tugas Auditor Eksternal

Selain memiiliki peran yang cukup vital, tugas auditor ekternal juga cukup beragam, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tugas auditor eksternal memberikan opini atas laporan yang telah berhasil dikerjakan.
  • Bertugas melakukan review secara periodik atau tahunan.
  • Memberikan penilaian apakah sudah sesuai dengan prinsip yang berlaku atau belum
  • Bertanggung jawab secara profesional kepada perusahaan dalam melakukan audit.

Syarat Menjadi Seorang Auditor Eksternal

Karier auditor memang bisa dikatakan menjanjikan, jika Anda berminat dan memiliki impian menjadi seorang auditor eksternal, ketahui syarat-syarat yang harus Anda penuhi:

  • Lantar belakang pendidikan di bidang akuntansi
  • Mempunyai keahlian teknis yang cukup baik sebagai auditor eksternal
  • Mempunyai karakter independen dalam setiap kerja sama yang dilakukan bersama dengan klien
  • Mampu memanfaatkan keahlian yang dimiliki secara profesional dengan cermat sebagai auditor eksternal

Fungsi Auditor Eksternal

tugas auditor eksternal

Seorang auditor eksternal memiliki akuntabilitas terhadap pemilik saham dan berkewajiban kepada perusahaan untuk melakukan pekerjaan audit secara profesional. Inilah beberapa fungsi auditor eksternal yang perlu Anda tahu:

  • Melakukan evaluasi secara objektif dari rasio dan kerangka pengendalian internal perusahaan
  • Melakukan analisis sistematis dan pengendalian terkait
  • Me-review keberadaan nilai aset
  • Sebagai sumber informasi berkaitan dengan major fraud dan irregularities

Itulah peran dan tugas auditor eksternal. Sekarang Anda sudah nih betapa pentingnya peran mereka untuk perusahaan. Selanjutnya, Anda juga perlu mengethui betapa pentingnya menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic untuk produktivitas perusahaan.

Aplikasi JojoTimes yang didukung dengan beragam fitur seperti mobile check in & check out, accurate GPS location via Geotagging, fingerprint feature dan lainnya ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen. Selain itu, JojoTimes juga dapat digunakan untuk mengontrol kinerja karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan.

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.