Bahasa Pemrograman: Pengertian, Jenis serta Cara Penerapannya

bahasa pemrograman

Teknologi komputer saat ini sudah makin berkembang bahkan sudah menjadi adaptasi teknologi robotic. Semua ini tidak lepas dari bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer yaitu instruksi standar untuk memerintahkan sistem komputer.

Namun sejauh mana bahasa komputer ini mempengaruhi teknologi sistem komputer serta apa saja jenisnya, kita akan bahas dalam artikel dibawah ini.

Apa itu Bahasa Pemrograman ?

Pengertian dari bahasa pemrograman adalah merupakan barisan kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa komputer ini wajib dikuasai oleh seorang developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software.

Dengan memakai bahasa komputer ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Dalam dunia teknologi, bahasa komputer ini menjadi salah satu entitas penting dalam perkembangan dan kemajuannya. Pasalnya, hampir setiap program, aplikasi dan segala bentuk software disusun dengan bahasa ini dan kemudian memberikan tampilan yang dapat dimengerti oleh orang kebanyakan.

bahasa pemrograman

Sejarah Munculnya Bahasa Komputer

Sejarah ditemukannya bahasa pemrograman pertama kali pada tahun 1822, sebuah mesin bernama Difference Engine diciptakan oleh Charles Babbage, mahasiswa di universitas Cambridge Inggris.

Namun saat itu mesin buatan Babbage hanya bisa mengeluarkan satu jenis output. Barulah akhirnya 10 tahun kemudian Charles Babbage mengembangkan mesin pengolah data itu hingga mencapai versi kedua tahun 1849.

Lalu perjuangan Babbage diteruskan oleh anaknya, Henry Prevost. Prevost membuat kopian dari perhitungan algoritma mesinnya dan mengirim ke berbagai institusi di dunia.

Dengan tersebarnya algoritma mesin Prevost, perkembangan semakin terjadi. Di tahun 1854, George Boole menemukan sistem logika yang disebut logika Boole. Logika ini menyatakan hubungan hubungan lebih besar, lebih kecil, sama dengan dan tidak sama dengan.

Jenis – jenis Bahasa program komputer

Berikut beberapa jenis bahasa komputer yang sangat populer dan sering digunakan oleh developer :

Java

Jenis bahasa pemrograman ini merupakan bahasa program komputer yang paling populer karena bisa dijalankan pada berbagai macam platform seperti mobile maupun komputer.

Dengan fungsinya yang luas tersebut, Java telah dimanfaatkan oleh lebih dari 10 juta orang pengembang pada lebih dari 15 miliar perangkat yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Kelebihan yang bisa didapatkan adalah Java masuk dalam pemrograman orientasi objek sehingga lebih mudah untuk developer memberikan output maksimal.

bahasa pemrograman

Bahasa program C

Biasanya bahasa komputer ini digunakan sebagai bahasa umum yang diajarkan di perguruan tinggi atau tempat kursus karena merupakan bahasa dasar yang sangat aplikatif di berbagai konteks pemrograman. Idealnya, pemahaman pada bahasa ini diperlukan untuk dapat memudahkan proses belajar penggunaan bahasa yang lain.

Jenis bahasa program C++

C++ adalah bahasa yang dikembangkan dari bahasa C yang sebelumnya dibahas. Penulisannya hampir sama, namun terdapat perbedaan pada penyelesaian masalah.

Perbedaan C++ dari bahasa komputer C ada pada cara menyelesaikan sebuah masalah. Jika penyelesaian masalah pada C dilakukan dengan membagi masalah ke dalam sub-sub kecil, maka C++ menyelesaikan masalah secara lebih terpusat dengan pengelompokkan berdasarkan class.Beberapa perusahaan besar yang memanfaatkan C++ diantaranya yaitu Mozilla Firefox dan Adobe.

PHP

Hypertext Pre-Processor adalah bahasa yang juga populer di kalangan developer di Indonesia. Satu faktor yang menyebabkan bahasa ini populer adalah karena bahasa ini bisa digunakan secara gratis. Apabila Anda sedang mengembangkan website perusahaan dan mencari bahasa pemrograman yang tepat maka PHP bisa menjadi pilihan terbaik.

PHP kini juga lebih mudah dengan adanya CMS atau Content Management System. Contoh penggunaan bahasa pemrograman PHP dengan CMS adalah WordPress.

Visual Basic

Menjadi produk dari Microsoft, Visual Basic menawarkan IDE Visual dalam pembuatan software. Penggunaannya berorientasi pada pembuatan perangkat lunak yang digunakan pada basis sitem operasi WIndows dan merupakan ‘keturunan’ dari bahasa program BASIC. Survey menunjukkan bahwa bahasa ini sangat banyak digunakan dan memiliki komunitas tersendiri tempat developer bertukar informasi dan membahas isu terkini terkait dengan Visual Basic.

Phyton

Jenis bahasa program Phyton adalah bahasa komputer tingkat tinggi namun mudah dipahami oleh pemula. Phyton merupakan bahasa pemrograman yang juga populer seperti PHP maupun Java. Banyak perusahaan besar berbasis internet yang memanfaatkan Phyton untuk membuat aplikasi.

Tidak hanya perusahaan berbasis internet seperti Youtube, Google, Instagram, Yahoo, Pinterest, dan Reddit, bahkan perusahaan sebesar NASA ternyata juga memanfaatkan Phyton sebagai bahasa pemrograman. Hal tersebut karena bahasa pemrograman ini mudah dibaca dengan sintaks. Selain itu, Phyton juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan komputasi data mining, saintifik, dan machine learning.

Swift

Apakah Anda bekerja pada lingkungan perusahaan yang banyak menggunakan iOS sebagai sistem operasi? Jika iya, maka Anda perlu mempelajari bahasa komputer Swift dengan lebih mendalam. Swift sendiri merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis iOS dari Apple.

Perusahaan Apple mulai memperkenalkan Swift pada WWDC di tahun 2014. Swift menggunakan LLVM dan Xcode sebagai fondasinya. Selain untuk produk Apple, aplikasi fotografi seperti VSCO Cam juga menggunakan Swift sebagai bahasa pemrograman.

Ruby

Jenis bahasa program ini dirintis oleh Yukihiro Matsumoto, dimana konsepnya memiliki prinsip dinamis berbasis skrip serta berorientasi objek. Beberapa nama besar yang memanfaatkan bahasa Ruby diantaranya yaitu AirBnb, Groupon, dan Bloomberg.

Tidak hanya itu Ruby memiliki performa exception handling yang baik, sintaks sederhana, serta berkonsep open source sehingga perkembangannya sangat cepat. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa bahasa Ruby bisa membuat pengembang menyelesaikan aplikasi dalam waktu sekitar 10 menit.

bahasa pemrograman

Pentingnya Bahasa Pemrograman

Memakai bahasa program yang berbeda mungkin saja terjadi dalam pengembangan satu aplikasi atau program. Tujuannya sederhana, agar program yang dibuat dapat menjadi program yang mudah dioperasikan dan mudah dipahami oleh pengguna. Pengguna program sebagai konsumen akhir dari produk program berhak mendapatkan kemudahan sehingga program dapat membantu kehidupannya.

Tentu pemilihan bahasa program komputer yang digunakan tergantung beberapa faktor. Misalnya, seperti apa program yang ingin dibuat, apa yang diinginkan oleh konsumen atau klien yang bersangkutan, bagaimana pertimgbangan developer sebagai produsen program, serta untuk apa program tersebut dibuat (tujuan dan fungsi yang diinginkan). setiap faktor ini harus dipertimbangkan sehingga memberikan output yang terbaik.

Manfaat Belajar Bahasa Program Komputer

Bahasa program komputer dibutuhkan untuk membuat aplikasi pada berbagai macam platform. Setiap bahasa pemrograman memiliki fungsinya masing-masing dengan pemanfaatan yang berbeda. Anda perlu mempelajari semua bahasa pemrograman, agar Anda bisa menyelesaikan berbagai projek yang dijalankan perusahaan.

Biasanya perintah yang dituliskan dengan bahasa pemrograman digunakan untuk membuat perangkat lunak (software) atau aplikasi. Karena hal tersebut, bahasa pemrograman menjadi skill yang harus dikuasai oleh para pengembang yang sering membuat aplikasi baik untuk individu, perusahaan, maupun instansi. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengembangkan skill coding. Dengan begitu, hasilnya akan lebih baik dan maksimal.

bahasa pemrograman

Di dunia IT, ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Penggunaan bahasa-bahasa tersebut tergantung dari kebutuhan perusahaan maupun pengembang yang akan menggunakannya.

Seperti halnya penggunaan bahasa pemrograman untuk aplikasi keuangan perusahaan agar terintegrasi dengan laporan keuangan. Sehingga mampu menciptakan data yang akurat dan aman, seperti yang dikeluarkan oleh Jojonomic dengan aplikasinya JojoExpense.

Aplikasi JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Aplikasi Keuangan JojoExpense memiliki fitur yang populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Silahkan Anda klik link Coba Gratis Sekarang untuk mencoba kinerja aplikasi terbaik dari Jojonomic.