Diversifikasi Pendapatan Untuk Pemasukan Usaha Yang Maksimal

diversifikasi pendapatan

Diversifikasi pendapatan sebenarnya merupakan suatu hal penting yang tidak dapat disepelekan terutama dalam hal pengembangan bisnis. Mungkin hal ini belum pernah terpikirkan oleh Anda. Namun di suatu saat bisa saja langkah ini dapat mendukung anda dalam menjalankan bisnis. Terlebih lagi di masa seperti sekarang ini yang mana iklim usaha menjadi tak menentu. Diversifikasi pendapatan bisa disebut sebagai suatu metode yang dilakukan untuk menambah penghasilan secara lebih banyak. Perolehan penghasilan ini dilakukan dengan cara menjalani beraneka ragam area bisnis. Maka Anda akan mendapatkan semakin banyak aliran penghasilan dengan melakukan upaya ini.

Fungsi Diversifikasi Pendapatan

Menghindari ketergantungan

Menjalankan berbagai macam bisnis dapat membantu Anda menjadi semakin mandiri dalam melakukan pengelolaan bisnis. Hal ini pada akhirnya bisa membuat Anda menjadi tidak tergantung lagi pada satu jenis bisnis saja. Tetapi Anda nantinya akan semakin mampu dalam mengelola seluruh bisnis Anda.

Membuat rencana cadangan

Mungkin saja Anda telah terbiasa untuk melakukan satu perencanaan bagi pengembangan bisnis Anda. Namun dengan adanya diversifikasi pendapatan maka Anda bisa saja membuat rencana lain. Jadi Anda bisa memiliki rencana cadangan yang bisa diterapkan pada bisnis Anda yang lainnya. Rencana cadangan ini tentu akan sangat berguna bagi Anda terutama saat Anda harus memulai sebuah bisnis atau usaha yang baru.

Membuka peluang baru

Menjalani sebuah bisnis dalam jangka waktu yang lama memang bisa saja menjadi sumber pendapatan besar bagi Anda. Namun jika kondisi tiba-tiba tidak mendukung bisnis Anda tersebut maka Anda perlu melakukan hal tepat. Misalnya saja seperti mencoba untuk menjalani bisnis lainnya. Bisnis yang baru bisa saja menjadi peluang besar bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

Melakukan perubahan

Jika suatu kondisi dan situasi menjadi sulit bagi perkembangan bisnis Anda maka hal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan perubahan. Perubahan yang dimaksud disini adalah adanya bisnis lain yang mungkin saja memiliki aspek atau bidang yang berbeda dengan bisnis Anda sebelumnya.

Meningkatkan kreativitas

Menjalani bisnis yang baru dengan aspek atau bidang yang berbeda dari sebelumnya bisa mengasah keahlian dan kemampuan Anda. Dengan menjalani bisnis yang baru dan berbeda maka Anda akan merasa dituntut untuk menjadi lebih kreatif. Di samping itu Anda akan semakin melatih kemampuan serta menambah wawasan Anda agar dapat menjalankan bisnis baru yang mulai Anda geluti.

Strategi Diversifikasi Pendapatan

Melakukan penjualan di media digital

Selama ini mungkin bisnis hanya dijalankan di toko offline saja. Namun di era digital seperti sekarang ini Anda bisa melakukan penjualan melalui media digital. Penggunaan media digital tentu menjadi suatu pilihan alternatif yang tepat bagi Anda dalam menjalankan bisnis di masa sekarang ini yang diwarnai dengan kecanggihan IT.

Meningkatkan keahlian atau skill

Bagaimanapun juga dalam mengembangkan sebuah bisnis diperlukan suatu keahlian atau skill. Entah keahlian dalam hal manajemen ataupun dalam hal pengelolaan keuangan. Selain itu dibutuhkan pula keahlian dalam hal komunikasi serta masih banyak keahlian lain yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Maka Anda bisa mengembangkan seluruh skill atau keahlian Anda untuk dapat menjalankan bisnis dengan lebih baik.

Melakukan diversifikasi pendapatan melalui konsultasi

Mungkin dalam menjalankan sebuah bisnis yang baru Anda perlu melakukan konsultasi. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan orang yang memang ahli di bidang tersebut. Konsultasi tentu diharapkan untuk terjadi jika Adna memang membuka dan menjalankan suatu bisnis dengan bidang yang benar-benar baru bagi Anda.

Melonggarkan persyaratan

Untuk melakukan diversifikasi pendapatan dengan baik maka salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan bersikap terbuka terhadap berbagai peluang baru yang ada. Dalam menjalankan bisnis mungkin sebelumnya Anda menanamkan beberapa kriteria tertentu. Namun sebaiknya kriteria yang Anda berikan bisa semakin dilonggarkan agar Anda dapat mendiversifikasi penghasilan Anda. 

Mencari ide kreatif untuk diversifikasi pendapatan

Mengembangkan bisnis sudah seharusnya dilakukan dengan penuh ide kreatif. Ide yang kreatif bisa memunculkan adanya inovasi. Dari inovasi inilah maka Anda bisa mengembangkan berbagai metode dan strategi untuk mengembangkan bisnis Anda. Bahkan kreativitas Anda bisa membuat Anda bisa menjalankan beraneka ragam jenis bisnis sehingga Anda bisa mendiversifikasi pendapatan Anda.

Memanfaatkan media sosial

Media social tampaknya sekarang ini semakin banyak diminati. Bahkan media sosial menjadi bagian dari internet yang paling banyak diminati dan dicari oleh para pengguna internet. Untuk itu Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang ada. Pemanfaatan media social dengan bijak untuk menjalankan berbagai bisnis Anda tentu bisa mendukung proses diversifikasi penghasilan Anda.

Menawarkan nilai secara gratis

Berbagai penawaran mengenai nilai produk dari brand perusahaan Anda bisa dilakukan secara gratis. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengadakan penawaran nilai secara gratis. Misalnya saja dengan cara mengadakan seminar atau webinar secara gratis. Atau Anda juga bisa mengadakan sesi tanya jawab dan pemberian informasi melalui media internet.

Penerapan Diversifikasi Pendapatan

Diversifikasi pendapatan sebenarnya bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda untuk menambah penghasilan. Anda mungkin bisa mencoba bisnis lainnya untuk menambah pendapatan. Terlebih lagi jika datang masa sulit bagi Anda dan mengancam bisnis Anda. Tentu satu-satunya cara yang dapat menolong ekonomi Anda adalah dengan mencoba bisnis baru lainnya. Namun dalam menjalankan berbagai macam bisnis tentunya diperlukan tenaga ekstra.

Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga harus memiliki suatu sistem yang tepat dalam menjalankan setiap bisnis Anda tersebut. Media dan peralatan yang digunakan untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani juga tentunya perlu untuk lebih diperhatikan. Dengan adanya pola yang tepat dalam pengelolaan setiap bisnis Anda maka nantinya Anda bisa mengelola berbagai sumber aliran pendapatan Anda dengan tepat. Jika memang seluruh aliran pendapatan ini dapat dikelola dengan baik maka sudah tentu Anda akan semakin ahli dalam melakukan diversifikasi pendapatan. Pada akhirnya semua bisnis yang Anda jalankan ini akan mendatangkan keuntungan baik bagi pengembangan bisnis Anda maupun bagi peningkatan kualitas diri Anda.

diversifikasi pendapatan

Ide – ide Untuk Diversifikasi Arus Pendapatan Anda

Tahukah anda dengan semakin banyak diversifikasi pendapatan yang anda lakukan semakin banyak kebaikan yang akan anda dapatkan. Dimana diversifikasi pendapatan tidak hanya mampu membuat anda menemukan ide – ide baru dalam mengolah pendapatan namun juga menjadi sarana yang melegakan Ketika anda kehilangan salah satu sumber penghasilan itu sendiri. Anda tidak akan merasa terlalu jatuh karena memiliki sumber penghasilan lain yang siap menjadi back up paling terpercaya.

Anda harus ingat bahwa persamaan dasar dari sebuah situasi finansial adalah penghasilan dikurangi pengeluaran sama dengan tabungan. Perlu diketahui juga bahwa memang banyak cara untuk memotong pengeluaran tapi jarang ada yang berpikir untuk memperluas pendapatan yang potensial. Sehingga alih – alih mencari pendapatan lain, banyak orang yang lebih memilih untuk memotong sekecil mungkin pengeluaran yang mereka perlukan demi mendapatkan sisa tabungan yang lumayan.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama mungkin untuk menerapkan ide diversifikasi pendapatan itu sendiri, namun Ketika anda telah terjun kedalamnya anda akan melihat berbagai kesempatan yang tidak terbatas.

Pernahkah anda mendengar bahwa seorang bangsawan atau millioner biasanya memilki lebih dari satu sumber pendapatan bahkan ada yang memiliki hingga 6 income sources. Bisa dibandingkan dengan bagaimana anda melakukan tahapan diversitas itu sendiri.

Jika anda sudah berencana untuk memulai mendiversifikasikan pendapatan anda berikut adalah beberapa ide yang bisa anda gunakan untuk mendiversifikasi arus pendapatan, antara lain adalah :

Mengubah Pola Pikir Tentang Pekerjaan Anda

Berbicara tentang diversifikasi pendapatan tentu tidak lepas dari darimana sumber pendapatan utama itu sendiri. Sudah seharusnya bahwa setiap orang memiliki pekerjaan tetap yang dijadikan sebagai sumber pendapatan utama untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari serta menyediakan makanan di atas meja.

Tapi pernahkah anda berpikir untuk mengubah pekerjaan tersebut ahnya sebagai salah satu kegiatan freelance yang anda lakukan setiap hari. Sehingga pendapatan yang anda dapatkan dari pekerjaan anda sekarang hanyalah pendapatan dari pekerjaan freelance.

Anda bisa membedakan jenis – jenis pengeluaran anda seperti uang dari hasil pekerjaan utama untuk hobi atau kesenangan saja sementara uang untuk kebutuhan hidup bisa dari pekerjaan lain.

Tentu sulit untuk menjalani dua atau tiga pekerjaan sekaligus bukan? Jika hal ini tidak bisa dilakukan anda bisa mengambil kerja lembur atau paruh waktu dengan penghasilan yang akan anda masukkan kedalam uang jajan atau uang hobi.

diversifikasi pendapatan

Investasi Dalam Real Estate

Menginvestasikan Sebagian pendapatan anda dalam real estate hanyalah Sebagian contoh dari hal – hal lain yang bisa anda lakukan. Setelah sumber pendapatan anda cukup bervariasi anda bisa mulai melakukan investasi dalam hal apapun yang anda kuasai.

Investasi dalam real estate mungkin tidak akan menghasilkan pendapatan secara langsung bahkan mungkin membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun jika dilakukan dengan benar hal ini akan sangat membantu anda dimasa depan.

Memeiliki Properti yang Bisa Disewakan

Memilki sebuah property dan menyewakannya terkadang tidak untuk sembarang orang. Hanya orang – orang berhati kuatlah yang mampu melakukannya. Mengapa dmeikian?

Hal ini dikarenakan oleh kewajiban – kewajiban yang harus anda jalankan selama menjadi pemilik sewaan seperti biaya perbaikan, biaya kebersihan dan lain – lain.

Selain itu anda juga harus bisa ‘mengkondisikan’ penyewa sesuai dengan peraturan yang ada. Dimana tidak semua penyewa memiliki perilaku atau karakter yang cocok dengan anda. Namun yakinlah bahwa memiliki property untuk disewakan merupakan salah satu sumber pendapatan lain yang menggiurkan.

Keuntungan dari memiliki property untuk disewakan adalah anda tidak perlu bekerja untuk mendapatkan uang. Uang akan mengalir dengan sendirinya tanpa harus melakukan apa – apa.

diversifikasi pendapatan

Menawarkan Jasa

Setelah anda bekerja di suatu perusahaan atau tempat usaha, anda bisa menambah sumber penghasilan dengan menjual jasa apapun yang anda kuasai. Jasa yang ditawarkan harus sesuai dengan ketrampilan anda, waktu luang yang anda miliki serta hobi anda.

Beberapa jasa yang bisa anda tawarkan jika mempunyai kemampuan didalamnya adalah :

  • Mengajar atau menjadi guru les
  • Menulis
  • Menolong membuat resume
  • Coaching atau menjadi pelatih
  • Menjaga bayi atau menjadi babysitter
  • Pekerjaan – pekerjaan seperti admin sosial media dan sebagainya

Perlu diketahui bahwa dalam menawarkan jasapun terdapat kelebihan serta kekurangannya masing – masing. Keuntungan yang bisa anda dapatkan antara lain adalah anda dapat mengatur jadwal sesuai waktu luang anda, anda juga bisa mengatur harga untuk setiap jasa yang anda tawarkan.

Kekurangan dari pekerjaan – pekerjaan tersebut adalah bahwa jasa – jasa seperti mengajar atau yang lainnya biasanya memerlukan yang waktu lama untuk mendapatkan klien. Hal ini bisa menjadi masalah apabila anda tidak memiliki penghasilan dari sumber yang lainnya serta belum memiliki klien yang sesuai.

Menjual Produk

Ide ketiga ini mungkin akan memerlukan modal awal yang tidak sedikit tergantung barang atau produk yang anda jual. Namun setelah berjalan, pendapatan dari hasil penjualan bisa menambah sumber penghasilan anda secara pasif. Tidak kelihatan tapi selalu berjalan. Atau pendapatan yang bersifat lambat namun menjanjikan.

Menulis E-Book

Semua orang memiliki hak untuk menulis. Bahkan beberapa platform berita online di Indonesia juga membuka lowongan untuk menjadi penulis lepas. Bayaran yang diberikan juga lumayan. Anda bisa mulai menulis dengan tema yang diminta oleh perusahaan atau klien kemudian emngembangkannya dengan lebih jauh lagi.

Bahkan situs Amazon memberikan kesempatan pada setiap orang untuk menjadi penulis Ebook yang dibayar. Dimana yang perlu anda lakukan hanyalah menulis Ebook pada word dokumen kemudian meng – uploadnya di amazon kindle direct publishing program.

Proses yang sangat simple serta menguntungkan. Namun di sisi lain, untuk mampu emmbuat tulisan anda mendapatkan cukup uang diperlukan kerja keras yang tidak sedikit.

diversifikasi pendapatan

Menjadi Fotografer

Menjadi seorang freelance fotographer bisa menjadi salah stau sumber pendapatan sampingan yang menguntungkan. Banyak tempat atau kompetisi yang bisa anda ikuti untuk menjual hasil jepretan kamera anda.

Jika merasa yakin bahwa poto yang anda hasilkan cukup untuk memenangi sebuah perlombaan tidak ada salahnya untuk dicoba. Beberapa situs di internet juga menerima poto – poto untuk dibeli dengan tingkat harganya sendiri – sendiri.

Mendirikan Usaha Sablon

Kaos atau baju hasil sablon yang anda temui mungkin tidak membutuhkan biaya modal yang banyak seperti yang anda bayangkan. Sablon bisa dilakukan di rumah dan menjadi sumber pendapatan sampingan yang menguntungkan.

Ide gambar sablon bisa didapat dari internet secara gratis, anda juga bisa mengerjakan proses sablon dengan bahan – bahan seadanya yang tidak mahal. Hal yang perlu diantisipasi dari pembuatan sablon adalah prosesnya yang memerlukan tenaga ekstra.

Mulai dari mencuci cetakan sablon yang butuh tenaga besar hingga proses pembuatannya sendiri yang harus dilakukan dengan manual apabila tidak memiliki alat untuk mempercepat pekerjaan sablon itu sendiri.

Pentingnya hal ini sama pentingnya dengan sistem pengelolaan keuangan perusahaan yang tepat. Salah satunya dengan jalan mempercayakan pada JojoExpense. Dimana produk yang satu ini dapat membantu untuk melakukan pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan secara otomatis dan efektif. Selain itu juga membantu pelaporan yang akurat maupun penyediaan sistem keuangan yang optimal.

Hal tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoExpense. Sebut saja fitur pengelolaan reimbursement dan cash advance yang akurat. Selain itu ada pula fitur pengaturan budget dan fitur persetujuan reimbursement yang efektif. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menggunakan produk tersebut. Dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan manfaat JojoExpense di perusahaan Anda sekarang juga.