Hal Yang Perlu Dilakukan Perusahaan Saat Karyawan Minta Naik Gaji

Hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta naik gaji
hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta kenaikan gaji
Sumber : www.reallylist.com

Hal yang seringkali menjadi pemikiran dan membuat kepikiran para pemilik perusahaan yaitu ketika karyawannya meminta kenaikan gaji. Pasalnya hal ini tidak dapat ditolak begitu saa, karena dapat mneyebabkan konflik yang tidak diinginkan nantinya. Tentu saja anda sebagai atasan harus melakukan hal yang tepat sehingga dapat menjadi jalan tengah yang baik untuk anda dan juga karyawan. Berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta naik gaji :

Dengarkan Dengan Baik Dan Jangan Anggap Sepele

Ketika karyawan anda meminta adanya kenaikan gaji yang pertama anda lakukan agar tidak salah langkah adalah dengan mendengarkan permintaan mereka. Jangan sekali – kali anda menganggap sepele hal ini hingga memunculkan kesan bahwa anda tutup kuping dan tidak peduli. Dengarkan dengan baik permintaan mereka bahwasannya karena mungkin saja dalam permintaan tersenut terdapat hal cukup logis didalamnya.

Misalnya ketika UMR tahunan mengalami kenaikan, atau karena hal lainnya yang belum anda lihat dalam proposal yang mereka ajukan. Jangan langsung memberikan penolakan terhadap permintaan mereka karena bisa saja terdapat kelogisan dibalik permintaan kenaikan gaji mereka.

Jangan Langsung Memberikan Keputusan, Mintalah Waktu Evaluasi

Akaan salah dan berakibat fatal ketika anda langsung memberikan keputusan seketika tanpa memikirkan dengan matang keputusan yang akan berikan. Karena itu akan lebih baik untuk anda meminta waktu terlebih dahulu melakukan evaluasi terkait permintaan mereka untuk kemudian baru bisa memberikan keputusan. Anda dapat mengevaluasi proposal yang sudah mereka buat terlebih dahulu.

Ingatkan diri anda untuk tidak terlalu lama dalam melakukan evaluasi dan memberikan keputusan. Karena ketika anda memutuskan atau melakukan evaluasi dengan terlalu lama hanya akan membuat karyawan anda merasa anda mengacuhkan permintaan mereka. Maksimalkan batas waktu yang anda lakukan untuk mengevaluasi selama satu minggu misalnya. Hal ini akan menghindarkan karyawan anda untuk mengatakan bahwa anda mengulur waktu.

Cermati Proposal Dengan Baik, Pertimbangkan Keputusan Layak Atau Tidak

Hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta naik gaji selanjutnya yaitu mencermati proposal yang sudahdiberikan karyawan. Perhatikan poin per poin isi dari proposal tersebut apakah karyawan tersebut layak untuk mendapatkannya atau tidak. Anda dapat dengan mencoba membandingkan kinerja mereka dengan teman sejabatan lainnya yang sekiranya memiliki tanggung jawab yang sama. Bagaimana performa mereka ? lebih baik atau lebih buruk ?.

Perhitungkan seberapa baik atau seberapa buruk merek dengan karyawan yang punya tanggung jawab sama. Dengan melakukan ini, anda semakin mudah untuk menentukan layak tidaknya mereka mendapatkan kenaikan gaji. Namun ketika karyawan anda meminta kenaikan gai tanpa membuat proposal maka anda dapat menolak hal ini dan juga bisa pula meminta mereka untuk membuat proposal terlebih dahulu. Pasalnya kenaikan gaji bukan hal yang sepele untuk dilakukan.

hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta kenaikan gaji
Sumber : emakemoneynews.com

Minta Informasi Lebih Lanjut

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu meminta informasi atau data lebih lanjut. Namun yang perlu anda lakukan dalam memintanya jangan katakan untuk keperluan bahan pertimbangan, namun sebagai bahan evaluasi. Karena ketika anda mengatakan untuk bahan pertimbangan, dapat membuat mereka merasa kurang dihargai.

Perlu anda ketahui bahwa kata evaluasi dan pertimbangan memiliki arti yang berbeda. Ingatkan diri anda untuk tidak meminta informasi yang terlalu personal misalnya seperti masalah keluarga atau hutang yang dimiliki. Hal ini mungkin saja dapat dipertanyakan, namun ketika karyawan tersebut mengungkapkannya terlebih dahulu.

Namun bila hal tersebut tidak diperlukan dengan sangat, akan lebih baik untuk anda tidak menanyakannya. Pasalnya ketika anda sudah mengetahui faktor personal karaywan tersebut. Hal ini mampu membuat sudut pandang anda tidak menjadi netral kembali dalam emnentukan keputusan.

Konsultasi Dengan Atasan

Dengan memeberikan perimbangan mengapa karyawan sebaiknya diberi kenaikan gaji dapat anda konsultasikan dengan atasan anda. Sebelumnya anda perlu memastikan waktu atasan anda terlebih dahulu apakah sekiranya mempunyai waktu yang tepat untuk anda ajak konsultasi atau tidak. Ketika menemukan waktu yang cocok untuk mengkonsultasikan hal ini, jangan anda langsung memberikan proposal terlebih dahulu. Akan lebih baik untuk mengajak bicara terlebih dahulu.

Berikan pertimbangan kepada atasan anda mengapa karyawan tersebut sebaiknya mendapatkan kenaikan gaji, atau sebaiknya tidak mendapat kenaikan gaji. Akan juga bisa memberikan kesimpulan langsung dariu proposal tersebut kepada atasan anda. Ingatkan diri anda untuk tetap memberikan kesimpulan yang netral dari pegawai tersebut sebaiknya mendapat kenaikan atau tidak.

Review Performa Karyawan Tersebut

Dalam membuat perimbangan berdasarkan proposal, masukan atasan, anda juga dapat melakukan pertimbangan dari performa karyawan tersebut. Apakah dari awal karyawan tersebut apakah dia termasuk orang yang mendapatkan banyak prestasi. Bagaimana karyawan tersebut menyelesaikan tugasnya. Dan apakah karyawan tersebut menyelesaikan tugasnya dnegan cepat atau tidak ?.

Terlebih dari itu anda dapat melihat dari hubungan karyawan tersebut dengan karyawan lainnya. apakah dia termasuk orang yang sering membantu rekan kerjanya atau tidak. Kemampuan dan performa karyawan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagus dalam memutuskan permintaan kenaikan gajinya.

Keterbukaan Saat Menolak

Memberikan penolakan secara terbuka merupakan hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta naik gaji. Anda tidak perlu memberikan penolakan dengan manis. Pasalnya dengan anda terbuka dengan alasan yang masuk akal dan dapat diterima dengan baik oleh karyawan merupakan hal yang tepat. Anda tidak perlu menutup nutupi alasan sebenernya mengapa anda melakukan penolakan permintaan karyawan tersebut.

hal yang perlu dilakukan perusahaan saat karyawan minta kenaikan gaji
Sumber : www.anantvastu.com

Pasalnya dengan adanya ke-transparan-an anda dapat memberikan alasan penolakan membuat kepercayaan karyawan lebih besar kepada anda dan dapat menerimanya. Apabila dalam suatu kasus karyawan tersebut mengancam akan keluar ketika gajinya tidak dinaikkan. Maka anda harus menyiapkan alasan sebaik mungkin alasan mengapa anda tidak menyetujui kenaikan gaji tersebut.

Alasan yang dapat anda berikan juga bisa berupa membandingkan performa karyawan tersebut dengan karyawan lain yang memiliki tugas yang sama. Dengan hal ini bisa membuat karyawan tersbut mengerti dan menerima keputusan dengan kepala dingin.

Bila Tak Menemukan Titik Terang, Berikan Alternatif

Jika memang perusahaan tidak bisa menaikkan gaji karyawan. Maka perusahaan dapat mengganti kenaikan gaji karyawan ini dengan memberikan alternatif lain. Misalnya dengan memberikan fasilitas tambahan sebagai kompensasi karena tidak adanya kenaikan gaji. Namun dalam hal ini tetap saja perusahaan harus memberikan alasan sebaik mungkin dalam memberikan penjelasan kepada karayawan.

Fasilitas yang dimaksudkan dapat berupa  fasilitas kendaraan atau perangkat komputer yang lebih baik dan lain sebagainya.

Dalam urusan gaji menggaji karyawan bukanlah hal yang sepele untuk dilakukan. Pasalnya gaji karyawan juga mempengaruhi kinerja atau performa karyawan tersebut. Karena itu butuh adanya pemikiran yang mendalam bagi perusahaan dalam menghadapi permintaan kenaikan gaji. hal ini sama susahnya dalam mendistribusikan gaji karyawan.

Karena otiu anda membutuhkan aplikasi atau software yang mampu mempermudah anda dalam proses rumitnya penggajian yaitu JojoPayroll dari Jojonomic.

Aplikasi JojoPayroll digunakan untuk memudahkan sistem penggajian karyawan anda. Fitur pembuatan slip gaji secara online akan menghemat waktu Anda lebih banyak ketimbang dengan cara yang konvensional. Fitur kalkulasi BPJS dan PPH 21 yangmembantu Anda dalam operasional sebuah bisnis juga tersedia disini.

Bahkan transfer gaji karyawan dengan mudah dapat dilakukan dengan software ini. Jdi tunggu apa lagi ? ayo segera gunakan JojoPayroll !! Nikmati kemudahannya !!