Ide Bisnis Lansia yang Menjanjikan untuk Masa Pensiun Anda

Ketika memasuki usia lanjut atau menjadi lansia, peluang bisnis yang bisa dilakukan tidak sebanyak untuk orang yang masih produktif. Beberapa faktor yang menjadi kendala diantara fleksibilitas, tenaga untuk bekerja, masalah kesehatan. Namun, masih ada beberapa ide bisnis lansia yang menjanjikan yang dapat dicoba dan mudah untuk dilakukan dalam usia senja sekalipun.

Ide Bisnis Lansia untuk Penyewaan Tempat

Pastinya ketika muda, ada banyak cara untuk mempersiapkan hari tua. Satu diantaranya adalah dengan membeli tanah. Tanah tersebut dibangun untuk dijadikan rumah atau pun kontrakan. Salah satu ide bisnis lansia ini cocok untuk siapa saja dan tidak memerlukan tenaga yang besar. Salah satu kewajiban dari pemilik kos adalah memperbaiki kos.

Jikapun orang tua Anda memiliki kos, lalu ada salah satu genting yang bocor, orang tua Anda tinggal meminta bantuan orang lain. Jadi orang tua Anda hanya perlu mengecek dan mengawasi. Pembayaran untuk penyewaan kos atau kontrakan juga bisa diterima per bulannya atau per 3 bulan atau per tahun. Dengan begitu, orang tua Anda tidak perlu membutuhkan tenaga ekstra namun tetap mendapatkan uang bulanan.

Ide Bisnis Lansia Menyediakan Jasa

Ide bisnis lansia yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menyediakan jasa. Apalagi untuk lansia yang memiliki keterampilan yang tinggi. Setidaknya, terdapat 4 ide bisnis yang cocok untuk orang tua Anda yang menawarkan jasa, diantaranya adalah:

1.     Memberikan Les

Les atau kursus sangat dicari terutama untuk kursus yang menyangkut pendidikan sekolah. Seperti SD, SMP atau pun SMA. Namun, selain kursus untuk pendidikan formal, Anda juga bisa menyediakan tempat les untuk pendidikan informal.

ide bisnis lansia

Misalnya saja menjahit. Les seperti ini akan sangat bermanfaat terutama untuk orang yang ingin mengasah keterampilannya. Atau pun juga untuk orang yang tidak mampu menyelesaikan pendidikan. Dengan memberikan les ini, Anda tidak perlu keluar rumah. Cukup sediakan tempat khusus yang dapat dijadikan untuk tempat belajar.

Keuntungannya membuka tempat kursus adalah, Anda juga bisa mempraktekkannya langsung, terutama untuk kursus yang menyangkut tentang keterampilan. Dengan begitu, Anda bisa tetap bergerak, berpikir dan sehat.

2.     Membuka Bisnis Konsultan

Ide bisnis lansia ini cocok untuk Anda yang sebelumnya sudah memiliki pekerjaan sebagai konsultan atau yang memungkinkan untuk menjadi konsultan. Misalnya, untuk bagian keuangan, pajak, marketing, pembangunan atau pun hukum. Akan tetapi, Anda juga bisa mencoba untuk membuat konsultan psikologis, terutama yang bersangkutan dengan lansia.

Usaha konseling cukup menjanjikan untuk lansia. Ini dikarenakan lansia sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak daripada yang usianya masih muda. Sehingga, lansia dianggap lebih bijaksana dan tidak menyudutkan dibandingkan konsultan yang usianya masih muda.

3.     Membuat Kerajinan

Bukan hal yang baru ketika orang yang berusia lanjut bisa membuat suatu kerajinan tangan yang lebih baik dari anak muda. Ini karena lansia sudah terbiasa membuat kerajinan tersebut dan sudah tahu triknya. Ada beberapa jenis kerajinan tangan yang dapat dilakukan yaitu membuat gelang dari tali, membuat origami, membatik, menyulam, membuat boneka kain, ukiran, patung, atau handycraft lain.

ide bisnis lansia

Ide bisnis lansia tersebut cukup menjanjikan. Apalagi saat ini sudah terdapat fasilitas media sosial. Medsos ini bisa dijadikan sebagai platform untuk berjualan. Karena hal tersebut, Anda hanya butuh seseorang untuk menjadi admin untuk membantu bisnis tersebut berjalan lancar.

4.     Membuat Bisnis Makanan

Lansia umumnya memiliki masakan yang berbeda dari biasanya. Ada rasa ‘rumah’ disetiap masakan yang dibuat. Sehingga tidak jarang hal tersebut menjadi rasa yang tidak akan pernah ada di tempat lain.

ide bisnis lansia

Karena itu, dengan membuat makanan seperti masakan untuk sarapan atau pun membuat roti sesuai dengan pesanan, dapat menjadi bisnis yang pas. Namun, dalam bisnis tersebut, tetap membutuhkan orang yang membantu. Ini karena untuk lansia, kekuatan dan fleksibilitas tetap terbatas.

Ide Bisnis Lansia Membuka Toko

Ide bisnis lansia yang lain yang cukup menguntungkan adalah membuka toko. Orang tua yang sudah berusia lanjut hanya perlu untuk menjaga toko tersebut. Sedangkan untuk masalah seperti penyediaan stok, mau tidak mau harus tetap ada yang membantunya. Ini karena untuk dalam membeli penyediaan barang harus perlu tenaga ekstra untuk memilih barang.

Akan lebih mudah ketika Anda sudah memiliki kontak penyedia barang untuk dijual. Jika sudah memiliki, Anda hanya perlu untuk menghubungi penyedia barang tersebut. Kemudian meminta pihak ketiga tersebut untuk diantarkan ke rumah. Cara ini akan sangat menghemat energy dan waktu terutama untuk Anda yang membeli dalam jumlah banyak. Beberapa jenis toko yang bisa dijadikan usaha untuk lansia, yaitu sebagai berikut.

·        Toko Kelontong

Di toko kelontong ini Anda bisa menjual barang atau produk yang dibutuhkan sehari-hari. Misalnya beras, snack, es krim, tisu, deterjen. Anda hanya perlu menunggu toko tersebut dan melayani pembeli sesuai dengan harga barang yang dibeli.

·        Toko Bunga

Menjadi florist memang kurang terkenal. Ide bisnis lansia ini cocok untuk lansia yang tahu mengenai bunga. Akan menjadi nilai tambah ketika Anda senang bercocok tanam dan merawat bunga. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa menjual bunga namun juga bibitnya. Bahkan Anda bisa memberikan jasa untuk membuat buket bunga, misalnya untuk pengantin.

Dalam melakukan bisnis tersebut, Anda tetap harus dibantu oleh orang lain. Entah yang akan membantu Anda di bidang administrasi, keuangan, atau pun tenaga bantuan mengajar. Jika Anda memiliki karyawan terutama jika sudah banyak karyawannya, Anda tetap harus melakukan penggajian dengan tepat waktu.

Mengelola Ide Bisnis Lansia dengan JojoPayroll

Akan menyusahkan jika Anda tidak dapat menghitung gaji tersebut dengan benar. Karena bisa saja terjadi kesenjangan seperti pemberian gaji yang tidak sesuai dengan apa yang sudah dikerjakan. Untuk mengatasinya, Anda butuh tool tambahan yaitu JojoPayroll.

ide bisnis lansia

Aplikasi JojoPayroll membantu Anda untuk melakukan penghitungan gaji yang sesuai dengan performa dari karyawan. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi absensi seperti JojoTimes sehingga gaji yang diberikan akan sesuai kinerja.

Dalam JojoPayroll terdapat juga pencetakan slip gaji secara otomatis atau pun digital. Dengan begitu, ketika Anda sudah melakukan transfer, akan ada slip gaji yang dapat dicetak kapan saja. Apalagi terdapat kemudahan untuk transfer ke lebih dari 150+ akun bank yang ada di Indonesia. Bedanya, jika menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu melakukan 1 kali klik saja.

Fitur JojoPayroll yang Mudah Diaplikasikan

Jika pun Anda sudah memberikan fasilitas BPJS untuk karyawan Anda, JojoPayroll juga memungkinkan Anda untuk melakukan penghitungan BPJS dengan akurat. Dengan begitu, anda hanya perlu memasukkan nominal, dan JojoPayroll yang akan menghitung besaran iuran.

Untuk data, Anda jangan terlalu khawatir. Karena JojoPayroll sudah dilengkapi dengan penyimpanan yang komprehensif di cloud. Jadi, Anda bisa menyimpan, mengambil atau pun mengolah data dengan lebih mudah, dimana saja dan kapan saja.

Untuk mencoba langsung Anda bisa langsung kunjungi https://jojonomic.com/produk/jojopayroll-penggajian-online/. Lalu Anda dapat mencoba demo gratisnya untuk tahu manfaatnya saat ini juga. Jadi install JojoPayroll sekarang dan ide bisnis lansia akan semakin menguntungkan!