Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang Beroperasi pada 2022

Penyelesaian proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung dipastikan mundur menjadi 2022. Proyek ini dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang merupakan konsorsium BUMN Indonesia dengan konsorsium China Railways.

Jika sudah beroperasi, moda transportasi baru itu diyakini dapat mengurangi kemacetan sepanjang perjalanan Jakarta-Bandung yang mencapai 140 ribu orang per hari, dan dapat menyerap 87 ribu tenaga kerja langsung (data KCIC).

Berikut Jojonomic telah merangkum fakta-fakta menarik seputar kereta cepat jakarta-bandung:

Pendanaan dari China

Total nilai investasi proyek ini mencapai USD 6,07 miliar, di mana 75 persen pendanaannya berasal dari pinjaman China Development Bank (CDB), sedangkan 25 persen sisanya berasal dari ekuitas KCIC. Adapun China dipilih sebagai partner lantaran bersedia menjalankan proyek tanpa penjaminan pemerintah. Artinya, tak ada uang dari APBN yang dikucurkan dalam proyek perkeretaapian tersebut.

Kereta Cepat Generasi Terbaru

Shinkansen - Wikipedia

Kereta cepat Jakarta-Bandung menggunakan kereta CR400AF hasil pengembangan CRRC (China Railway Rolling Stock Corporation) Qingdao Sifang. Ini merupakan generasi terbaru, didesain dengan teknologi yang memungkinkan kereta beroperasi di 4 iklim, salah satunya iklim tropis dengan kondisi suhu dan kelembapan tinggi seperti di Indonesia. CR400AF ini juga didesain lebih hemat energi, lebih andal, dan memiliki masa penggunaan yang lebih lama (lebih dari 30 tahun) serta biaya perawatan yang lebih rendah.

Fasilitas yang Lengkap dan Mewah

Satu rangkaian terdiri dari 8 gerbong. Dengan kecepatan yang tinggi, kereta ini juga dilengkapi dengan fitur cabin noise yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe sebelumnya. CR400AF juga dilengkapi 2 Lightning Arrester di setiap rangkaiannya sehingga meningkatkan keamanan tdari sambaran petir.

Waktu Tempuh 36 Menit

Riding the Shinkansen - What you need to know | Japan Travel by NAVITIME -  Japan Travel Guides, Transit Search and Itinerary Planner

Berdasarkan informasi yang dihimpun, waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya akan memakan waktu selama 36 menit. Waktu tempuh Kereta Cepat Jakarta Bandung tersebut bila tidak melakukan pemberhentian di stasiun. Namun, bila melakukan pemberhentian di setiap stasiunnya akan memakan waktu 46 menit.

350 KM per Jam

Kereta cepat nantinya akan memiliki kecepatan 350 km per jam. Frekuensi perjalanan sebanyak 100 kereta per hari, rinciannya 92 kereta untuk rute Halim-Karawang-Walini-Tegalluar (pulang pergi), dan 8 kereta rute Halim-Karawang (pulang pergi). Dengan headway antar-kereta hanya 20 menit, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat menampung 109 ribu penumpang per hari.

Jakarta-Karawang Cuma 15 Menit

Kereta cepat Jakarta-Bandung akan melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat. Dengan menggunakan kereta cepat, jarak antara Jakarta menuju Karawang bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 15 menit.

Harga Terjangkau

Tokyo-central Japan bullet train services fully resume after typhoon

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan tarif akan dibanderol mulai dari USD 16 atau Rp 228.800 (kurs: Rp 14.300). Hal itu berdasarkan studi kelayakan perusahaan.

Sesuai rencana, tersebut nantinya akan terbagi beberapa kelas tarif, yakni kelas 2, kelas 1, dan kelas bisnis. Namun, KCIC masih enggan membeberkan bocoran tarif detail tiap kelas.

Dana

Dana proyek kereta cepat Jakarta Bandung awalnya dihitung sebesar US$ 5,988 miliar. Namun, saat ini dana tersebut membengkak menjadi US$ 6,071 miliar atau sekitar Rp 81,96 triliun (kurs Rp 13.500).

Namun hingga saat ini pembangunan masih dilakukan karena sempat terkendala pembebasan lahan. Hanya saja, per Desember 2019 pembebasan lahan telah mencapai 99% dan pembangunan rampung lebih 30% per November.

Tembus Bawah Tanah

Tunnel boring Machine (TBM) Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan bekerja dengan menggunakan Metode Shield Tunneling melewati jalan tol Cikampek dan overpass jalan arteri Jatiwaringin yang saat ini kondisinya sangat padat.

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!