Kontraktor Adalah Kebutuhan Proyek Yang Utama


kontraktor adalah

Kontraktor adalah persamaan kata dari pemborong. Jadi kontraktor memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemborong. Lalu apa definisi sebenarnya dari kontraktor ini?. Apakah seorang yang sering mengontrak sehingga disebut sebagai kontraktor. Ternyata arti sebenarnya adalah seseorang yang menjalankan kontrak sesuai dengan kesepakatan.

Dalam istilah proyek akan dikenal yang namanya kontrak. Lalu kemudian orang yang berhasil memenangkan kontrak ini akan disebut sebagai kontraktor. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menyelsaikan kontrak dalam sebuah proyek. Jenis proyek ini sangat beragam, contohnya saja negara akan melelang sebuah proyek pembuatan jalan tol.

Kemudian yang menjadi kontraktor adalah tugasnya untuk menyelsaikannya. Kontraktor ini bisa perorangan maupun sebuah badan hukum seperti CV, PT dan lain sebagainya. Tidak ada perbedaan yang begitu mendasar dari kedua jenis kontraktor ini. Hanya saja utility yang mereka miliki memang akan berbeda. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang kontraktor?. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Relasi Kontraktor Adalah Kunci Kesuksesan

Membangun koneksi sebagai kontraktor adalah cara termudah untuk mendapatkan kesuksesan. Koneksi atau relasi ini adalah hal yang begitu krusial ketika anda ingin menjadi seorang kontraktor sukses. Menjalin sebuah hubungan yang saling menguntungkan memang tidak semudah membalikkan tangan. Sebab harus ada kepercayaan dari kedua belah pihak.

Banyak kontraktor yang mampu untuk berkembang karena mereka memiliki jumlah relasi memadai. Semakin banyak relasi yang bisa anda ajak kerjasama. Maka besar kemungkinannya untuk karir anda sebagai kontraktor akan semakin cemerlang. Tentu saja relasi yang anda miliki juga harus jelas, artinya relasi yang harus anda jalani ini kepada orangorang seperti arsitek ataupun penyedia lainnya.

Untuk menjadi kontraktor adalah hal yang tidak mudah. Tapi profit yang ditawarkan oleh pekerjaan ini memang sangat menjanjikan. Tergantung nilai kontrak yang telah disetujui selama masa lelang. Jika proyek tersebut adalah milik negara biasanya nilai kontrak yang dikenakan bisa mencapai triliunan rupiah. Dari sanalah kemudian sang kontraktor bisa mendapatkan profit.

Mulai Berkerja Di Badan Hukum Sebagai Kontraktor Adalah Jalan Awal

kontraktor adalah

Jika anda tergolong orang yang masih awam sekali dengan dunia proyek. Maka bergabung sebagai kontraktor adalah jalan awal yang baik. Sebenarnya badan hukum yang baik maupun tidak, sama-sama memberikan manfaat untuk anda ketika bergabung. Intinya adalah sebisa mungkin anda mendapatkan ilmu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang kontraktor.

Dari perusahaan atau badan hukum yang berhubungan dengan kontraktor inilah anda bisa mendapatkan dasar ilmu untuk melakukan kewajiban. Kemudian dari segi lain, jika memang anda ingin memulai pekerjaan kontraktor secara personal maka, membangun relasi mulai dari saat berkerja di perusahaan tersebut adalah langkah yang tepat.

Tentu saja kontraktor adalah impian bagi sebagian orang. Tapi kendati seperti itu pemahaman kontraktor sendiri masih sedikit dipahami oleh kebanyakan orang. Mereka lebih mengenal pemborong. Itupun hanya berkutat dari segi property, padahal pemborong ini sangatlah luas pengertiannya dan pekerjaan yang dimilikinya.

Piawai Dalam Membuat Rencana Bisnis

Setelah menerima kontrak, maka kewajiban kontraktor adalah menyelsaikannya sesuai deadline dan kriteria yang telah disepakai. Tindakan pertama yang perlu dilakukan oleh kontraktor adalah dengan membuat sebuah rencana bisnis. Serangkaian tahapan dan penyelsaian harus telah dimiliki oleh kontraktor. Sebab jika hasil akhir tidak memuaskan mereka akan terkena penalti.

Tentu saja penalti ini akan menjadi sebuah noda hitam didalam catatan karirnya. Jika didalam track record seorang kontraktor sudah tercatat terkena penalti maka persentase ia bisa mendapatkan kontrak proyek kembali bisa berkurang. Jadi sebisa mungkin seorang kontraktor diwajibkan memiliki visi dan rencana bisnis yang baik.

Kontraktor adalah pekerjaan yang bukan main-main sulitnya. Bukan saja berfokus kepada pemikiran tapi juga tenaga akan terkuras. Tentu saja seluruh jerih payah ini akan sebanding dengan profit yang telah ditawarkan oleh pekerjaan ini. Maka wajar banyak yang mengincar karir sebagai seorang kontraktor diluar sana.

Memiliki Legalitas Dari Segi Surat Izin Usaha

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah legalitas untuk menjadi seorang kontraktor adalah hal penting lainnya. Legalitas ini melalui kepemilikan surat izin usaha, tentu saja kontraktor jika ingin dipermudah untuk pembuatan surat izin ini maka harus telah memiliki NPWP. Pembahasan mengenai NPWP bisa anda simak dibeberapa artikel sebelumnya.

Surat izin usaha ini akan memperlancar setiap langkah yang akan diambil oleh seorang kontraktor. Tidak akan ada keraguan pihak penyedia proyek jika kontraktor sudah memiliki surat izin usaha ini. Sebab riskan bahwa dana sudah dikucurkan tapi pekerjaan tidak terselsaikan sebab kontraktor yang mangkir dari kewajiban.

Bentuk dari izini usaha kontraktor adalah sangat banyak, disesuaikan dengan fokus proyek yang akan diambil. Contohnya saja dengan kepemilikan surat izin pendirian bangunan. Maka berarti kontraktor tersebut akan mengerjakan proyek pembuatan properti.

Membangun Tim Yang Solid Dan Fokus

Seorang kontraktor tidak akan bisa bergerak secara sendirian. Ini berarti kontraktor adalah seorang yang harus sudah membangun tim. Walaupun banyak kontraktor yang baru membangun tim ketika setelah mendapatkan sebuah proyek. Tapi tetap saja jika ingin lebih cepat mendapatkan keuntungan maka kontraktor sebisa mungkin sudah memiliki tim dasar.

Ini berarti leadership adalah kemampuan wajib bagi seorang kontraktor. Sebab ia akan mengepalai sebuah tim dan membawa setiap anggota untuk menyelsaikan kontrak kerja yang telah disepakati. Untuk diakhir ia dan tim bisa mendapatkan profit yang sepadan. Sebenarnya sekarang sudah sangat mudah untuk membuat tim ini.

Kontraktor adalah suatu istilah yang sebearnya memiliki makna atau arti sama dengan pemborong. Maka tentu saja fungsi utamanya adalah sebagai pemborong. Seperti namanya maka kontraktor ini memiliki tugas untuk menjalankan kkontrak sesuai dengan kesepakatan. Menjalankan tugas ini haruslah disertai dengan adanya tanggung jawab secara penuh. Kontraktor sendiri juga bisa dipahami sebagai perorangan atau uatu badan hukum yang disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Dalam hal ini pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang berhubungan dengan proyek tertentu sesuai dengan kesepakatan kontrak. Seringkali pemborong ini berhubungan dengan duia konstruksi atau properti. Perannya dalam hal ini sangat dikenal oleh masyarakat secara umum. Namun sebenarnya ada banyak hal yang harus dilalui oleh pemborong atau kontraktor untuk bisa mendapatkan proyek dan sebagainya.

Tips Pemasaran Jasa Kontraktor Adalah Sebagai Berikut

Hasil gambar untuk unsplash contractor

Membangun kepercayaan konsumen

Konsumen pada dasarnya merupakan sumber pendapatan dan faktor penentu perkembangan suatu bisnis. Dalam hal ini termasuk pula bisnis kontraktor. Maka tak ada salahnya bila pemborong selalu berusaha untuk membangun kepercayaan konsumen. Pada dasarnya jasa borongan memang merupakan suatu jenis usaha yang cukup unik. Cara mencari konsumen bagi pemborong tidaklah semudah bisnis lainnya. Sebab prmborong haruslah meningkatkan promosi dan layanan jasanya agar bisa menarik konsumen.

Maka bila telah didapatkan konsumen sebaiknya hubungan yang baik harus tetap dipertahankan agar konsumen tetap percaya. Kepercayaan konsumen akan membuat pemborong dapat semakin mengembangkan layanannya dan memperluas jaringan. Sebaiknya setiap pemborong bisa melakukan tugasnya dengan dipenuhi rasa percaya diri akan kesuksesannya. Hingga akhirnya kepercayaan diri ini dapat membuat pemborong semakin yakin dalam menggaet konsumen.

Memperluas promosi oleh kontraktor adalah penting

Pada dasarnya strategi marketing terbaik bagi perluasan bisnis adalah dengan mengadakan promosi. Termasuk pula bagi bisnis pemborong yang ingin mendapatkan banyak konsumen. Maka dari itu mengadakan promosi bisa menjadi cara tepat bagi pemborong untuk bsia memperkenalkan layanan jasanya.

Terlebih lagi bila pemborong pemula yang belum memiliki pengalaman dan membutuhkan konsumen untuk menambah pengalaman kerjanya. Untuk itu siapa saja yang ingin menekuni dunia kontraktor perlu belajar untuk melakukan kegiatan promosi. misalnya dengan melakukan presentasi atas jasa yang ditawarkan pada konsumen. Jasa borongan bisa langsung ditawarkan pada konsumen sehingga konsumen bisa mengenalnnya dan mempercayainya sehingga konsumen memilih jasa borongan tersebut.

Mempertahankan kualitas kontraktor adalah esensial

Menjalankan bisnis tentu saja perlu disertai dengan adanya layanan baik dan jaminan kualitas dari pihak penjual. Termasuk pula dalam dunia bisnis borongan yang umumnya tidak terlalu mudah mencari konsumen. Oleh karena itu bila memang telah mendapatkan pelanggan maka upayakan sebisa mungkin agar dapat selalu mempertahankan pelanggan tersebut.

Cara mempertahankan pelanggan pun ada banyak misalnya dengan mempertahankan kualitas dari layanan jasa yang diberikan pada para pelanggan. Mempertahankan kualitas akan membuat bisnis borongan menjadi selalu terkesan baik di mata pelanggan. Hingga akhirnya akan muncul beberapa pelanggan baru karena hasil kerja yang baik. Jangan sampai layanan jasa borongan membuat pelanggan menjadi kecewa sehingga nama baik jasa pemborong akan selalu tetap ada.

Mengajukan rekomendasi

Setiap pebisnis sudah tentu tahu dengan jelas apa fungsi dan manfaat dari adanya rekomendasi yang diberikan oleh pelanggan. Rekomendasi inilah yang menyebabkan konsumen semakin bertambah banyak jumlahnya. Dengan adanya rekomendasi dari pelanggan maka ke depannya jasa pemborong akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Rekomendasi memang menjadi salah satu jenis strategi untuk melakukan promosi. Rekomendasi bisa menyebabkan nama baik pebisnis menjadi semakin meluas di tengah masyarakat. Oleh karena itu mintalah rekomendasi dari para pelanggan yang telah menggunakan jasa Anda. Dengan demikian maka nama baik usaha dan layanan jasa Anda akan semakin banyak didengar dan diketahui oleh masyarakat.

Menjalin kerja sama

Menjalankan suatu bisnis atau usaha tentu saja tidak bisa dilakukan secara sendiri. Tentu dalam menjalankan bisnis dibutuhkan peran dan bantuan dari pihak lain agar bisnnis bisa maju dan berkembang. Demikian pula dengan bisnis jasa pemborong yang bisa dipasarkan dan ditawarkan dengan bantuan dari pihak lain. Untuk itu tidak ada salahnya bila jasa pemborong yang sedang menawarkan jasanya bekerja sama dengan berbagai pihak. Misalnya bekerja sama dengan developer besar. Atau mungkin bisa bergabung dengan kontraktor yang lebih besar sehingga nama perusahaan bisa semakin besar. Untuk menjalin kerja sama ini maka buatlah proposal kerja sama sebagai sub-kontraktor.

Strategi Peningkatan Kualitas Kontraktor Adalah Dengan Seperti Ini

Gunakan mandor berpengalaman

Tenaga kerja yang membantu perusahaan dalam menjalankan operasional bisnis tentu sangat berpengaruh terhadap maju atau mundurnya perusahaan. Termasuk pula dalam mejalankan bisnis borongan. Dalam menjalankan bisnis kontraktor maka sebaiknya gunakan tenaga kerja yang berpengalaman sehingga dapat menjalanka tugasnya dengan baik. Misalnya saja carilah dan gunakan mandor yang berpengalaman agar bisa menjalankan tugas dengan baik. Semakin banyak pengalaman seorang pekerja maka akan semakin banyak pelajaran yang diperolehnya dari pengalamannya tersebut. Maka dari itu untuk memulai bisnis pemborong sebaikya gunakan tenaga mandor yang memang telah terbiasa melakukan pekerjaannya.

Menjalankan proyek kecil

Di samping memiliki mandor yang berpengalaman tentunya usaha atau bisnis kontraktor bisa berhasil bila setiap proyek yang diperoleh bisa dikerjakan dengan sangat baik. Jadi bila Anda merasa tidak mampu mengerjakan suatu proyek maka sebaiknya proyek yang ditawarkan tersebut tidaklah diterima. Sebab mengerjakan proyek tidak bsia dilakukan secara sembarangan dan seenaknya saja. tetapi pengerjaan proyek haruslah bagus dan berkualitas.

Terlebih lagi bila proyek yang diperoleh berkaitan dengan pembangunan gedung umum yang digunakanoleh banyak orang. Maka jangan samapai hasil kerja Anda nantinya tidak bagus dan bahkan bisa mengakibatkan kerugian tertentu pada masyarakat umum. Jika memang masih pemula maka pemborong bsia mengerjakan berbagai proyek kecil saja sehingga apa yang dikerjakan tersebut bsia sukses.

Usaha mendapatkan proyek

Kontraktor adalah pihak pemborong yang umumnya bekerja bilamendapatkan tender atau proyek dari konsumen. Apa yang menjadi tugas dari jasa pemborong juga bisa dikatakan cukup berat. Namun usaha di bidang jasa pemborong ini tampaknya cukup populer sehingga banyak diketahui oleh masyarakat umum. Untuk itu kontraktor perlu melakukan berbagai upaya untuk bisa mendapatkan proyek agar produktivitas bisa terus berjalan.

Mendapatkan proyek memang tidak mudah namun hal ini bisa dicapai jika pbisnis memahami tiap langkah yang bisa diambil dengan tepat. Pertama-tama Anda yang berbisnis di bdiang kontraktor bisa mencari developer atau kontraktor besar untuk bsia menjadi sub-kontraktor. Maka nantinya akan didapatkan pengalaman yang lebih besar dari pekerjaan yang dikerjakan bersama dengan kontraktor besar. Dari sinilah maka jasa Anda bisa dipromosikan secara lebih luas di tengah masyarakat. Setelah mendapatkan pelaggan maka berikan layanan terbaik agar pelanggan tidak meninggalkan Anda.

Dengan memanfaatkan software dari Jojonomic kontraktor adalah orang pertama yang akan terbantu. Sebab biasanya tim remote akan selalu terbentuk ketika kontraktor menerima sebuah kontrak kerja. Ingin tahu manfaat dari JojoTimes?. Simak saja keuntungannya dibawah ini.

JojoTimes Berikan Keuntungan Real Time

JojoTimes Permudah Kontraktor dalam memanaje dan monitoring teamnya. Sebab didalam perangkat lunak ini telah dilengkapi dengan GPS. Jadi kontraktor tidak perlu kerepotan lagi ketika hendak melakukan monitoring team. Setiap pekerjaan akan selesai sesuai deadline kontrak tidak akan ada lagi penalti yang menghantui.

Manfaatkan JojoTimes untuk pembuatan laporan absensi bulan. Ini benar-benar menghemat tenaga dan waktu yang perlu anda keluarkan. Tidak akan ada lagi hal-hal yang membuat anda kelelahan ataupun kehilangan waktu produktif. Cukup masukkan perintah untuk laporan bulanan absensi. Maka software ini akan menyediakannya untuk anda.

Penyimpanan data absensi akan sangat terorganisir berkat penggunaan basis penyimpanan cloud. Tidak usah takut lagi file absensi menyita perangkat keras anda. Sebab penyimpanan cloud ini akan menghandle semuanya untuk anda. Cukup koneksikan saja ke internet maka anda bisa mendayagunakan data didalam JojoTimes.

Cukup berkerja dengan repot gunakan demo JojoTimes sekarang juga. Untuk penggunaan waktu dan tenaga yang lebih efisien melalui download di website Jojonomic.