Berbagai Manfaat Kerjasama Dalam Aneka Macam Bidang

manfaat kerjasama

Manfaat kerjasama tentu sudah banyak diketahui oleh Anda sekalian. Berbagai manfaat dari kerjasama ini sebenarnya ada banyak dan hal ini sangatlah berguna bagi seluruh pihak yang sedang mengadakan kerjasama. Istilah kerjasama sendiri bisa digambarkan sebagai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih hingga terwujud apa yang menjadi tujuan bersama.

Aneka Macam Tindakan Dalam Meraih Manfaat Kerjasama

Bargaining

Istilah bargaining memiliki arti yang sama dengan tawar-menawar. Kerjasama dengan bentuk ini umumnya terjadi melalui adanya perdagangan produk baik produk barang maupun jasa. Tentunya proses tawar-menawar ini bisa dilakukan baik oleh dua orang ataupun lebih. Melalui proses bargaining diharapkan agar kedua belah pihak yang bekerja sama bisa sama-sama memperoleh keuntungan.

Koalisi

Istilah ini mungkin masih cukup asing di kalangan publik. Koalisi pada dasarnya merupakan bentuk kerjasama yang terjalin antara dua kelompok atau lebih. Umumnya kerjasama antara kedua kelompok ini bisa terjalin karena adanya tujuan sama yang ingin dicapai oleh berbagai kelompok yang saling bekerja sama tersebut.

Joint venture

Jenis selanjutnya dari kerjasama adalah joint venture. Istilah joint venture bisa menggambarkan kerjasama bisnis antara dua pihak atau lebih. Jadi kerjasama ini terjadi saat kedua nelah pihak atau lebih bersepakat untuk menyatukan sumber daya yang dimiliki masing-masing untuk menjalankan suatu tugas atau misi tertentu dan mencaapi tujuan atau visi bersama.

Cooptation

Ada pula jenis kerja sama lainnya yaitu cooptation. Jenis kerja sama yang satu jni biasanya dilakukan oleh dua kelompok sosial tertentu. Biasanya kerja sama inj dijalin dengan cara mengambil sejumlah jalan tertentu. Dalam bentuk kerjasama ini rupanya kelompok sosial yang saling bekerja sama akan menerima unsur yang baru pada organisasi.

Gotong royong

Kerjasama dengan jenis gotong royong sudah pasti familiar bagi semua orang. Terlebih lagi bagi warga negara Indonesia yang memang sudah memiliki budaya untuk meakukan kerjasama dalam bentuk gotong royong ini. Kerjasama jenis ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pekerjaan secara bersama-sama sejingga tercipta kerukunan dan semakin terbina persatuan. Biasanya kerjasama ini tidak mengharapkan upah atau imbalan sebab gotong royong dilakukan secara sukarela.

Bilateral

Kerjasama bilateral adalah bentuk kerjasama yang meibatkan dua negara. Kerjasama ini bisa dilakukan dalam bidang apa saja. Misalnya dalam bidang ekonomi ataubmungkin dalam bidang politik dan bisa juga dalam bidang budaya. Contoh dari kerjasama bentuk ini adalah adnaya pertukaran pelajar antara dua negara.

Multilateral

Selain bilateral ada pula kerjasama dalam bentuk multilateral. Jadi kerjasama ini dilakukan oleh beberapa negara dan umunya kerjasama ini berkaitan pula dengan organisasi international. Seperti misalnya PBB atau mungkin OPEC dan sebagainya. Dari kerjasama yang dilakukan oleh berbagai negara ini diharapkan agar masing-masing negara yang terlibat di dalmnya bisa saling menjaga kelangsungan hidup warganya.

Manfaat Kerjasama Secara Lengkap

Pekerjaan lebih cepat selesai

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari suatu kerjasama yang dijalin oleh dua belah pihak atau lebih. Salah satu manfaatnya adalah pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Pekerjaan yang mungkin saja banyak jadi terasa sedikit karena dikerjakan secara bersama-sama.

Munculnya ide menarik

Manfaat lain dari adanya kerjasama adalah munculnya berbagai ide menarik. Karena suatu interaksi antara dua orang atau lebih umumnya akan menimbulkan adanya berbagai pendapat. Tiap pendapat antara orang yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda sehingga masing-masing pendapat bisa dipadukan hingga tercipta suatu ide yang menarik. Maka ide akan penuh dengan kreasi dan bahkan juga bisa saja terdapat inovasi di dalamnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Meningkatkan persatuan

Perilaku kerjasama juga pada akhirnya akan mempererat persatuan antara masing-masingbpihak yang saling tergabung dalam kerjasama tersebut. Dengan adanya persatuan maka kerukunan hidup juga dapat terbina sehingga segala macam bentuk pertengkaran atau perselisihan dapat dihindari. Persatuan akan menimbulkan ketenangan hidup di antara berbagai pihak.

Membangun Manfaat Kerjasama

Komunikasi baik

Suatu bentuk kerjasama dapat dibangun dan diciptakan degan berbagai macma cara serta upaya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik. Komjnikasi ini sebaiknya dijalin dengan semua pihak. Maka nantinya semua pihak yang saling berkomunikasi bisa mengadakan kerjasama sesuai dengan apa yang diharapkan.

Komitmen kuat

Kerjasama juga dapat dibentuk dan dibina dengan adanya komitmen yang kuat. Bahkan kerjasama juga dapat diwujudkan di atas komitmen. Sebuah komitmen memang diperlukan dalam menjalani segala macam hal. Demikian pula kerjasama akan terbentuk dan terus terbina bila memang berbagai pihak yang saling bekerja sama ini memiliki komitmen yang kuat terhadap jalinan kerjasama tersebut.

Saling menghormati

Sikap saling menghormati antara orang yang satu dengan orang yang lain juga menjadi dasar dari terciptanya kerjasama yang baik. Sikap slaing menghormati cenderung mendorong setiap orang untuk bisa menerima kekurangan orang lain termasuk saat bekerja secara bersama-sama. Maka sikap saling menghormati ini akan menciptakan suatu hubungan kerjasama yang baik di antara berbagai pihak.

Saling percaya

Selain sikap saling menghormati rupanya setiap orang diharapkan pula memiliki sikap saling percaya. Sikap saling percaya ini dibutuhkan dengan tujuan untuk membangun adanya hubungan yang baik. Mulai dari hubungan kerjasama sampai dengan hubungan personal antara orang yang satu dengan yang lain tentu bisa dibina secara lebih baik karena adanya sikap saling percaya ini.

Melakukan musyawarah

Musyawarah merupakan salah satu kepribadian bangsa Indonesia yang tentunya seringkali dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam musyawarah tentu terdapat kebiasaan untuk menghargai pendapat orang lain dan kebiasaan untuk selalu mengemukakan ide yang mementingkan kepentingan bersama.

Pentingnya Manfaat Kerjasama

Manfaat kerjasama dalam kehidupan sehari-hari tentu saja sangat besar. Dengan bekerjasama maka nantinya pekerjaan yang awalnya terasa berat akan menjadi terasa lebih ringan. Di samoing itu kerjasama menjadi suatu upaya untuk bisa membina persatuan antarmanusia yang satu dengan lainnya. Oleh karena itu kerjasama ini bisa terus diterapkan dan dijadikan sebagai budaya dalam kehidupan kita.

Sama juga saat perusahaan berusaha bekerja sama membentuk sistem yang baik. Salah satunya yaitu dalam melaksanakan sistem absensi yang lebih efektif. Salah satu caranya dengan menggunakan JojoTimes. Dimana aplikasi ini membantu mempermudah absen karyawan serta mudah juga untuk dimonitor perusahaan.

Jojonomic
  • Hal ini karena fitur-fitur yang bisa didapatkan di dalam JojoTimes, contohnya yaitu fitur berikut.
  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan

Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Maka dari itu jangan ragu, beralih saja pada aplikasi absen buatan Jojonomic tersebut. Dapatkan demo gratis 14 hari dan rasakan manfaatnya.