Manfaat Pertukaran Pelajar Antara Lain Adalah . . .

contoh mindset
manfaat pertukaran pelajar
Sumber : www2.wi.fh-flensburg.de

Telah banyak universitas – universitas di dunia yang menawarkan kesempatan program pertukaran pelajar seluas – luasnya. Hal ini memungkinkan bagi setiap pelajar untuk mampu mengikuti satu atau dua semester kegiatan di universitas lain dalam suatu negara yang memiliki budaya sangat berbeda. Bahkan, beberapa program pertukaran pelajar tersebut telah memiliki funding – masing – masing sehingga pelajar atau mahasiswa tidak perlu repot mengurus biaya hidup di negara baru nantinya.

Bagi yang belum pernah mengalami pertukaran pelajar, banyak yang mengira bahwa program tersebut akan penuh dengan kesenangan namun juga kesulitan. Benarkah demikian?

Anda akan mengalami yang namanya sebuah pengalaman menjelajahi budaya yang baru. Bertemu dengan orang – orang yang baru pula serta tumbuh dari pengalaman yang baru tersebut.

Setiap orang akan mengalami pengalaman pertukaran pelajar yang berbeda – beda. Namun semuanya selalu memiliki satu persamaan, dimana kesempatan tersebut merupakan suatu pengalaman yang tidak akan pernah bisa mereka lupakan seumur hidup.

Berikut adalah beberapa daftar manfaat pertukaran pelajar yang harus anda ketahui, antara lain adalah :

Pertukaran Pelajar Bisa Membuat Anda Lebih Employable

Yang pertama – tama, mari mengenal bahwa sistem edukasi yang berbeda dan lebih praktikal biasanya akan menjadi keuntungan yang besar ketika anda masuk ke dalam dunia kerja.

Tidak hanya terbukti mampu menjadi bagian besar dalam meningkatkan peluang kerja bagi seorang pelajar, pertukaran pelajar juga membantu mereka untuk emmperoleh ketrampilan yang mungkin berguna untuk pekerjaan mereka di masa yang akan datang.

Sebuah penelitian yangd ilakukan di Eropa menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar secara internasional telah mampu meningkatkan persentase diterima kerja hingga sebesar 42%. Jauh lebih banyak daripada mereka yang tidak mengikuti pertukaran pelajar internasioal apapun.

Pertukaran pelajar selalu menjadi hal yang bermanfaat untuk masa depan. Pun hal ini akan terlihat snagat ciamik apabila dituliskan dalam CV anda. Dimana penghargaan atau pengalaman tersebut akan membuat anda terlihat lebih menonjol dari kandidat lainnya.

Perusahaan akan selalu menghargai mereka yang memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Atau pekerja yang memiliki pengetahuan kebudayaan yang lebih serta toleran. Hal ini biasanya disebut dengan ketrampilan transversal. Ketrampilan transversal bisa diartikan sebagai kepribadian diri seseorang yang selalu merasa ingin tahu – percaya diri dan umumnya mampu menyelesaikan atau memecahkan masalah dengan baik.

Globalisasi Bukan Hal yang Awam Bagi Siswa Pertukaran Pelajar

Contoh sederhananya, banyak negara di dunia yang sudah menganut sistem kebebasan. Dimana ketika mereka lulus dari suatu sekolah maka para siswa tersebut bisa memanggil mantan gurunya dengan nama depan. Sesuai dengan bagaimana mereka memanggil teman – temannya.

Tapi, di negara Timur, adat tersebut masih tidak bisa dilakukan. Perkataan tersebut dinilai tidak sopan dan tidak menghargai guru yang telah menolong mereka di masa lalu. Di kemudian hari, ketika anda sedang mencari kerja dan melakukan tes wawancara, jenis pengetahuan praktis tersebut bisa sangat bermanfaat karna setiap kesan pertama merupakan hal yang paling penting dalam suatu hubungan bisnis.

Siswa Pertukaran Pelajar Terbukti Lebih Mudah Beradaptasi

Manfaat pertukaran pelajar yang selanjutnya adalah peningkatan dalam kemampuan diri untuk beradaptasi. Komunitas atau susasana akademik yang berbeda bisa jadi sangat bagus bagi anda untuk meningkatkan ketrampilan akademik itu sendiri.

Universitas tempat pertukaran anda mungkin lebih menutut atau jauh kurang menuntut jika dibandingkan dengan universitas asal anda. Dimana secara sadar atau tidak, hal ini akan memaksa anda untuk mampu menyesuaikan diri dengan kinerja akademik di tempat tersebut. Apalagi yang berhubungan dengan berbagai tugas yang anda hadapi kedepan.

manfaat pertukaran pelajar
Sumber : en.via.dk

Pertukaran Pelajar Akan Memaksa Anda Untuk Keluar Dari Zona Nyaman

Meskipun mungkin anda sudah pernah berpikir telah keluar dari zona nyaman, tapi yang namanya pertukaran pelajar akan membuat anda fleksible dengan cara yang berbeda. Memang benar, bersantai dan menikmati kesenangan itu mudah untuk dilakukan, apalagi dnegan adanya teman serta keluarga yang sellau siap menerima anda kapan saja. Bukanlah suatu tantangan yang berarti.

Tapi, dalam waktu pertukaran pelajar nanti. Bisa jadi anda akan kehilangan sahabat dan teman – teman anda untuk digantikan sebuah lingkungan yang benar – benar baru. Di lingkungan baru itupun anda hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mengenal atau memperdalam hubungan. Paling lama satu tahun. Dimana hal ini secara tidak sadar akan memaksa anda untuk bersikap lebih proaktif. Dengan memanfaatkan waktu tersebut sebaik – baiknya. Mengenal orang lebih banyak. Menjelajah tempat lebih jauh. Belajar lebih dalam lagi tentang perbedaan budaya dari tempat tinggal asal anda.

Sumber ” www.media-marketing.com

Nantinya, anda akan melihat sendiri bahwa ternyata bisa beradaptasi dnegan baik. Anda bisa menjadi lebih toleran dan memiliki tingkat komunikasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan teman – teman anda.

Hidup dengan orang yang benar – benar asing juga membawa banyak keuntungan – biasanya. Anda akan mendengar banyak sekali logat atau bahkan Bahasa yang super berbeda dari Bahasa yang anda gunakan.

Intinya, anda mungkin tidak akan tahu dengan siapa anda akan menghabiskan waktu pertukaran tersebut. Yang justru disanalah letak kesenangannya. Dimana anda bisa mempelajari atau mengalami sesuatu yang baru tanpa repot – repot jauh mencarinya.

Terhubung Secara Global

Jika anda bercita – cita ingin hidup atau bekerja di suatu negara, maka pertukaran pelajar merupakan salah satu cara terbaik untuk proses mengenal negara itu sendiri.

Jika negara tempat tinggal anda sekarang Nampak kurang cocok dihati apalagi susah emncari kerja, anda mungkin lebih baik mengeksplorasi bagian lain di dunia yang mungkin akan lebih berguna bagi perkembangan hidup anda.

Pun ketika nanti telah kembali ke universitas asal, anda sudah memiliki banyak kontak dari teman atau kenalan negara pertukaran pelajar tersebut untuk ditanyai ketika suatu hari nanti berharap kembali kesana.

Pengalaman – pengalaman yang bisa membantu antara lain adalah mengenal bagaimana sistem mata uang yang dipakai di negara tersebut, atau bagaimana sistem birokrasi yang ada disana. Juga belajar budaya – budaya baru yang akan menghilangkan kesalah pahaman nantinya. Contohnya adalah ketika anda mengangguk, orang Bulgaria menganggap Gerakan tersebut bermakna ‘tidak’ dan sebagainya.

Selain itu, manfaat pertukaran pelajar juga dapat diterapkan pada bidang lingkungan dan kesehatan. Dan di beberapa waktu mendatang, , manfaat pertukaran pelajar mungkin akan digunakan pada lebih banyak bidang.

Tidak usah bingung apabila anda harus mengurus bisnis dan kuliah di saat yang bersamaan. JojoPayroll dari Jojonomic yang merupakan sebuah software Payroll Otomatis. Akan mampu membantu anda dalam mengeelola Penggajian Dimana Saja Kapan Saja. JojoPayroll dari Jojonomic memang telah dipercaya puluhan ribu karyawan di Indonesia. Semua perhitungan JojoPayroll memang telah disesuaikan dengan Kebijakan Perburuhan Indonesia, di mana basis data karyawan dapat diintegrasikan beserta pajak pribadi masing – masing, asuransi, tunjangan, dan reimbursement. Yuk pakai aplikasi payroll dari Jojonomic sekarang juga. Dapatkan demo gratisnya selama 14 hari pertama.