Strategi, Keuntungan, dan Contoh Market Leader

Strategi, Keuntungan dan Contoh Market Leader

Indomie dan coca cola adalah contoh market leader yang ada di Indonesia, yang mana menjadi brand sukses dengan jangkauan pasarnya hingga level global. Menjadi market leader pastinya adalah mimpi terbesar setiap pelaku bisnis dalam memasarkan produk, sebagaimana indomie dan coca cola.

Untuk menjadi market leader dibutuhkan usaha yang sangat besar. Tidak sedikit pebisnis yang rela mengeluarkan bujet besar untuk biaya pemasaran yang luar biasa dengan tujuan untuk menguasai pasar dapat tercapai.

Market leader merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang pemimpin bisnis guna memengaruhi atau mengarahkan pasar. Contoh market leader di atas tentunya tidak dilakukan dengan ‘berleha-leha’. Butuh kerja keras dan cerdas untuk mencapai level market leader. Dan, kerja keras dan cerdas tersebut terbayar dengan tercapainya impian sebagai perusahaan besar yang menjadi panutan pesaing.

Ingin tahu lebih banyak tentang market leader, strategi atau cara sukses yang dapat Anda terapkan? Simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Strategi Market Leader

Kesuksesan dalam bisnis tidak terlepas dari karakter seorang pemimpin pasar atau market leader. Agar lebih mudah dalam mewujudkan kesuksesan tersebut juga dibutuhkan strategi. Adapun strategi market leader yang dapat Anda adopsi untuk bisnis Anda antara lain:

1. Menawarkan Solusi Terbaik untuk Konsumen

Untuk menjadi market leader, sebaiknya Anda menawarkan keunggulan yang menjadi solusi bagi para konsumen. Anda harus tahu kebutuhan konsumen dan menentukan apa saja solusi yang dapat menjawab kebutuhan mereka.

Selanjutnya, fokuskan pada kegiatan pengembangan produk hingga produk tersebut dapat digunakan secara terus-menerus oleh konsumen dan menjadi solusi terbaik bagi mereka. Pasalnya, menjadi market leader harus selalu memerhatikan kepuasan konsumen ketika menggunakan produk bisnis.

Jika konsumen merasa puas dan mendapatkan solusi terbaik ketika menggunakan produk yang Anda tawarkan, maka mereka sangat mungkin menjadi konsumen tetap dan selalu akan melakukan pembelian lagi dan lagi.

Hal tersebut akan menambah daftar konsumen loyal pada bisnis Anda, sehingga omzet bisnis akan semakin bertambah dan memudahkan bisnis Anda berkembang.

2. Membuat Produk yang Inovatif

Perlu Anda ketahui, mayoritas produk market leader adalah jenis produk yang terselipkan ‘inovasi teranyar’  Inovasi yang ditawarkan berupa jenis produk, proses produksi, atau inovasi strategi pemasaran.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mewujudkan mimpi sebagai market leader, jadilah inovator bagi produk bisnis Anda. Semakin inovatif jenis produk yang Anda tawarkan, maka kemungkinan besar peluang untuk menjadi market leader menjadi makin besar.

3. Menambah Nilai Lebih Bisnis

Market lader yang baik memiliki kewajiban dalam meningkatkan serta menjaga kualitas pelayanan terhadap jonsumen. Jika produk yang Anda tawarkan berhasil menciptakan peluang pasar pastinya akan mudah menguasai pasar.

Sebagai market leader, perusahaan akan dihadapkan dengan banyaknya risiko yang menghampiri dalam menapaki proses perkembangannya. Persaingan pasar adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi. Anda akan lebih sering menghadapi para pesaing merk leader yang berusaha meniru atau yang membuat produk yang sama dengan produk Anda.

Agar mimpi sebagai market leader tidak pupus begitu saja, sebaiknya Anda memberikan tambahan nilai lebih pada produk Anda secara berkala. Hal tersebut untuk menjaga agar para konsumen terus menyukai produk yang Anda tawarkan, serta meminimalisir pesaing mengikuti jejak pertumbuhan produk Anda.

4. Strategi Market Leader Berikutnya: Meningkatkan Pemasaran Produk

Kelancaran dalam pemasaran produk menjadi poin penting untuk menjadi penguasa pasar. Upayakan dengan baik produk yang Anda miliki dapat dipasarkan hingga berbagai wilayah.

contoh market leader

Sebagai market leader, Anda harus bisa mengupayakan produk yang ditawarkan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat baik di kota maupun pedesaan.

5. Meningkatkan Strategi Pemasaran Produk Bisnis

Gunakan strategi pemasaran yang tepat, yang lebih menyentuh konsumen secara langsung. Misalnya, Anda dapat melakukan demonstrasi produk atau pemberian tester kepada calon konsumen. Hal itu pastinya akan menambah erat ikatan yang terjadi dan juga dapat menjaga loyalitas konsumen.

Keuntungan Market Leader

Sebagai penguasa pasar, Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk meraup keuntungan lebih besar. Tapi, apakah hanya itu saja keuntungan yang dapat Anda peroleh sebagai market leader? Tentu tidak! Masih ada beberapa keuntungan nyata yang dapat Anda terima. Di antaranya sebagai berikut:

1. Mendapatkan Penawaran Terbaik dari Suplier

Suplier akan bekerja sama dengan market leader agar mendapatkan input penjualan pada volume yang lebih banyak. Untuk mempertahankan kerja sama tersebut, suplier akan menawarkan potongan harga maupun kredit setiap produk yang ditawarkan.

Penawaran yang diberikan suplier tentu akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

2. Meningkatkan Distribusi

Menjadi market leader akan berdampak pada produk perusahaan yang lebih memiliki posisi baik dalam saluran distribusi. Mayoritas distributor atau pengecer memiliki permintaan yang besar terhadap hal ini.

contoh market leader

Oleh karena itu, suplier akan lebih tertarik untuk meningkatkan produk market leader pada posisi utama dan bersedia mempromosikannya secara sukarela.

3. Menjadi Materi Utama Promosi

Anda dan perusahaan yang sedang Anda pimpin dapat mengajukan klaim sebagai market leader dalam melakukan kampanye iklan dan strategi promosi lainnya.

Dengan menggunakan klaim sebagai market leader akan lebih meyakinkan calon konsumen untuk menggunakan produk Anda. Sehingga, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap peningkatan permintaan.

Contoh Market Leader

Bisnis keaungan di Indonesia kini telah berkembang pesat terutama dengan kehadiran perusahaan startup. Namun, nama besar beberapa perusahaan juga masih memiliki porsi tersendiri dalam pasar bisnis keuangan.

Adapun contoh market leader dalam industri keungan yang kini tetap eksis yakni, Lippo Group.

Nama Lippo Group telah melekat pada produk keuangan digital yang paling sukses dan dikenal masyarakat yakni OVO. Produk keuangan besutan Lippo Group ini telah menjadi market leader dalam industri keuangan Indonesia.

Perkemabangannya pun tercatat terus mengalami kenaikan secara signifikan. Kini, OVO juga telah memiliki fitur pinjaman online dan layanan kartu digital atau OVO Paylater. Pengguna platform keuangan ini pun kian hari kian naik.

Layanan fintech payment tersebut dirilis melalui PT Visionet Internasional. Lippo juga memiliki banyak bisnis keuangan lainnya mulai dari bank, asuransi, serta modal ventura. Sebagai market leader dalam bisnis keuangan. Lippo Group mampu meyakinkan para konsumennya akan profesinalitas dan kredibilitasnya.

contoh market leader

Menjadi market leader menjadi harapan setiap pelaku bisnis. Untuk menunjang tercapainya cita-cita itu, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti mobile check in & check out, accurate GPS location via Geotagging, fingerprint feature dan lainnya ini dapat membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen. Perusahaan pun akan mencapai tingkat produktivitas yang optimal sehingga terbantukan mencapai level market leader.

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.