Multiple Intelligences : Definisi dan Kenali Jenis-jenisnya

Menyadari bahwa Multiple Intelligences pada anak dapat membantu orang tua menstimulasi dan meningkatkan perkembangan diri anak. Anda bisa lebih mengasah satu atau beberapa jenis kecerdasan majemuk yang lebih dominan pada anak Anda agar ia bisa mencapai potensi maksimalnya.

Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh Howard Gardner dengan mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi dalam kondisi sebenarnya. Gardner menemukan delapan jenis kecerdasan, yaitu kinesthesia, interpersonal, bahasa dan bahasa, matematika logika, naturalis, interpersonal, ruang visual, dan musik.

Apa itu Multiple Intelligences (kecerdasan ganda)?

multiple intelligences

Kecerdasan majemuk merupakan kecerdasan majemuk yang dapat dijelaskan sebagai kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Kecerdasan meliputi kemampuan berpikir dan perkembangan kognitif. Jean Piaget memicu 4 macam perkembangan kognitif, yaitu

  • (1) sensorimotor untuk anak usia 0-2 tahun;
  • (2) pra operasi untuk anak usia 2-7 tahun;
  • (3) anak usia 7-12 tahun Operasi khusus,
  • (4) dan operasi formal di anak di atas 12 tahun.

Angka dalam kecerdasan majemuk ini dipimpin oleh Profesor Howard Gardner (Howard Gardner), seorang psikolog dan pakar pendidikan di Universitas Harvard di Amerika Serikat. Ini diperkenalkan melalui karya Gardner berjudul “Kerangka Pikir”.

Jenis Multiple Intelligences

multiple intelligences

Pada awalnya kecerdasan majemuk hanya dipicu oleh 8 jenis kecerdasan, namun seiring dengan perkembangan waktu dan pengetahuan, kecerdasan majemuk menjadi 9 jenis kecerdasan, yaitu:

Kecerdasan linguistik

Ini berarti mampu menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tertulis. Linguistik tertulis dapat dicontohkan dengan keterampilan menulis puisi, cerpen, dan karya lainnya. Pada saat yang sama, linguistik lisan muncul dalam bentuk keterampilan mendongeng dan mendongeng.

Kecerdasan Logika-Matematis

Ini berarti kemampuan yang terkait dengan penggunaan angka dan logika. Anak-anak dengan kecerdasan logis dan matematis biasanya mampu mengenali dan mengamati konsep kuantitas, waktu dan kausalitas, dapat mengamati objek dan memahami fungsi dari objek tersebut, serta pandai memecahkan masalah yang memerlukan pemikiran logis.

Kecerdasan luar angkasa

Yakni, kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual dengan benar dan mengenali bentuk dan objek dengan benar. Anak-anak dengan kecerdasan spasial biasanya suka membuat coretan, menggambar, menggambar, dll.

Kecerdasan Kinestetik Tubuh

Artinya, kemampuan mengekspresikan pikiran dan perasaan menggunakan tubuh dan gerak tubuh. Anak-anak dengan kecerdasan motorik biasanya dapat mengontrol gerakan keseimbangan, kelincahan dan gerakan anggun, dan menikmati pengalaman belajar yang nyata melalui latihan fisik, menari, latihan dan pemahaman tentang hidup sehat, dan suka menyentuh, memegang dan bermain dengan apa yang telah mereka pelajari. Ketahui siapa yang suka berpartisipasi secara langsung.

Kecerdasan musikal

Yakni, kemampuan mengembangkan, mengekspresikan dan mengapresiasi musik dan bentuk suara, kepekaan terhadap ritme, melodi dan intonasi, serta kemampuan memainkan alat musik. Anak-anak dengan kecerdasan musik biasanya menyukai banyak alat musik, dan selalu tertarik memainkan alat musik, seperti bernyanyi dan lain-lain.

Kecerdasan Interpersonal

Yakni, kemampuan memahami dan peka terhadap perasaan orang lain, kuat, termotivasi, berkarakter, dan bertemperamen. Anak dengan keterampilan interpersonal biasanya memahami emosi diri sendiri dan orang lain, dapat menyampaikan pikiran dan perasaan, dapat bekerja secara mandiri dan mengembangkan konsep diri yang baik.

Kecerdasan interpersonal

Yakni kemampuan yang berhubungan dengan pengetahuan seseorang, kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasarkan pengalaman, kemampuan untuk merefleksikan dan menyeimbangkan diri, dan kemampuan untuk memiliki pemahaman pemikiran yang tinggi. Anak-anak dengan kecerdasan inheren biasanya memelihara hubungan baik dengan orang lain, pandai membangun hubungan sosial, dapat memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, serta dapat beradaptasi dengan kelompok yang berbeda.

Kecerdasan Lingkungan / Naturalis (Naturalis)

Ini adalah kemampuan untuk memahami dan mendapatkan manfaat dari klorin dengan baik, menikmati alam, dan memahami hewan dan tumbuhan dengan baik. Anak-anak dengan naturalis biasanya suka mengamati, mengenali, berinteraksi dan peduli terhadap benda-benda alam, tumbuhan atau hewan, dan juga suka melakukan aktivitas luar ruangan, seperti berjalan kaki.

Kecerdasan eksistensial

Kemampuan yang berkaitan dengan kepekaan dan kemampuan seseorang. Jawab pertanyaan terdalam tentang kelangsungan hidup atau kelangsungan hidup manusia. Orang dengan survival intelligence biasanya memiliki rasa yang tinggi dalam memenuhi kewajibannya kepada Tuhan dan akan berusaha untuk menjadi lebih baik.

Prinsip Multiple Intelligences

multiple intelligences

Jelas, setiap orang memiliki kombinasi cerdas yang berbeda. Sekalipun ada dua kembar identik, tingkat kecerdasan masing-masing tipe mungkin berbeda.

Hanya beberapa anak istimewa yang menjadi korban sistem sekolah yang hanya mengukur kecerdasan verbal dan logika matematika. Ini seperti menyuruh gajah, kelinci, buaya, burung, dan monyet untuk memanjat pohon. Mereka yang sukses diberi gelar “hebat”, sedangkan yang gagal dianggap tidak kompeten. Tentu saja, hanya monyet yang lulus ujian. Sebagian lainnya dinilai lemah karena tidak melakukan tes di bidang kompetensinya masing-masing.

Teori Gardner juga mengajak pendidik dan orang tua untuk lebih memperhatikan anak berdasarkan kekuatan uniknya. Tidak ada lagi anak-anak bodoh, karena satu atau dua orang dengan kecerdasan yang lebih lemah mungkin istimewa bagi orang lain. Kisah Michael Ifianto adalah contohnya.

Teori kecerdasan majemuk telah melahirkan banyak tes psikologi, mulai dari pertanyaan sederhana (seperti tes di majalah hingga pertanyaan mahal). Hal yang perlu diingat adalah jangan memikirkan tes psikologi seperti meramal. Tes kecerdasan majemuk hanya memberikan gambaran umum tentang peta kecerdasan seseorang.

Kombinasi cerdas yang luar biasa dari berbagai jenis perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Misalnya, seseorang menonjol dalam bahasa, komunikasi interpersonal, dan kecerdasan interpersonal, tetapi lemah dalam musik, ruang, kinesthesia, dan logika matematika. Sekilas, anak ini tidak memiliki keistimewaan karena jenis kecerdasan yang luar biasa tidak muncul di rapor sekolah. Bahkan individu dengan kombinasi kecerdasan seperti itu sebenarnya bisa sangat sukses di bidang yang tidak dapat dibayangkan oleh sekolah (seperti penjualan atau bisnis).

Kesimpulan Multiple Intelligences

Kecerdasan diartikan sebagai kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan pengetahuan untuk beradaptasi dan beradaptasi dengan lingkungan. Tolok ukur kecerdasan tidak hanya dapat dinilai dari keterampilan logisnya, tetapi juga oleh delapan kemampuan lainnya. Kesembilan kemampuan ini disebut kecerdasan ganda.

Profesor dan psikolog Universitas Harvard Howard Gardner (Howard Gardner) mengemukakan teori kecerdasan majemuk untuk pertama kalinya dalam buku berjudul “The Frame of Mind: The Theory of Multiple Intelligences”.

Dalam bukunya, Gardner percaya bahwa setiap orang memiliki delapan kecerdasan berbeda, yang mencerminkan cara berbeda dalam berinteraksi dengan dunia. Belakangan semacam kecerdasan ditambahkan. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang sembilan kecerdasan majemuk dan cara merangsang berbagai keterampilan bayi Anda.

Mendigitalkan manajemen keuangan Anda tanpa mencetak bukti transaksi. Situasi keuangan perusahaan Anda juga akan menjadi lebih teratur dan lebih efisien. JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun.

Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda. Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen marjinal ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!