Intellectual Property : Teori, Cakupan, dan Sifat Hukumnya

intellectual property

Kekayaan intelektual (Intellectual Property) adalah hak untuk menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi manusia karena berfikir. Hak atas kekayaan intelektual pada hakikatnya adalah hak untuk menikmati buah dari kecerdasan yang diciptakan secara ekonomis. Objek yang dikendalikan kekayaan intelektual adalah bentuk-bentuk karya yang dihasilkan atau lahir karena kecerdasan manusia.

Teori Intellectual Property

intellectual property

Pemikiran John Locke tentang hak milik telah mempengaruhi teori kekayaan intelektual secara luas. Locke mengatakan dalam bukunya bahwa sejak kelahiran umat manusia, umat manusia memiliki hak milik atas apa yang dihasilkannya. Dalam pengertian ini, benda bukan hanya benda berwujud, tetapi juga benda abstrak, disebut sebagai hak milik atas benda tak berwujud, dan benda tak berwujud merupakan hasil kebijaksanaan manusia.

Istilah atau istilah kekayaan intelektual pertama kali digunakan pada tahun 1790. Fichte berbicara tentang hak milik pencipta dalam bukunya pada tahun 1793. Hak milik disini bukanlah buku sebagai obyek, tapi buku dari segi isinya. Istilah kekayaan intelektual terdiri dari tiga kata kunci, yaitu hak, kekayaan, dan kekayaan intelektual.

Kekayaan adalah konsep abstrak yang dapat dimiliki, dialihkan, dibeli atau dijual. Kekayaan intelektual adalah kekayaan dari semua produk kekayaan intelektual yang berguna bagi umat manusia, seperti teknologi, pengetahuan, seni, sastra, karya lagu, karya tulis, komik, dll.

Objek hak kekayaan intelektual adalah karya yang dihasilkan atau lahir karena kecerdasan manusia. Sistem kekayaan intelektual adalah hak pribadi. Seseorang bebas untuk melamar atau mendaftarkan karya intelektualnya. Hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada individu pelaku kekayaan intelektual (penemu, pencipta, desainer, dll.) Merupakan bentuk apresiasi atas karya atau kreativitasnya, dan oleh karena itu mendorong orang lain untuk berkembang lebih jauh, sehingga diperoleh keputusan sistem kekayaan intelektual.

Selain itu, sistem kekayaan intelektual juga mendukung terwujudnya sistem dokumentasi yang baik untuk berbagai bentuk kreativitas manusia, sehingga kemungkinan untuk menghasilkan teknologi atau karya lain yang sama dapat dihindari atau dihindari. Harapannya dengan dukungan pendokumentasian yang baik, masyarakat dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau lebih mengembangkannya untuk memberikan nilai tambah yang lebih tinggi.

Cakupan Intellectual Property

intellectual property

Secara garis besar kekayaan intelektual dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :

Hak Cipta

Adalah hak eksklusif pencipta atau penerima hak untuk mempublikasikan atau memperbanyak karya mereka atau memberikan izin kepada mereka tanpa mengurangi batasan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Hak milik industri

  1. Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada Inventor di bidang teknis, dan Inventor akan melaksanakan Invensi tersebut kepada pihak lain untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.
  2. Desain industri mengacu pada penciptaan bentuk, konfigurasi atau komposisi garis atau warna, atau kombinasinya. Merupakan sosok tiga dimensi atau dua dimensi yang memiliki rasa keindahan, dapat diwujudkan dalam bentuk tiga dimensi. atau mode dua dimensi dan dapat digunakan untuk menghasilkan produk, komoditas, barang industri atau kerajinan tangan.
  3. Merek dagang adalah lambang berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki kekuatan unik dan digunakan dalam kegiatan perdagangan atau jasa.
  4. Indikasi geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan tempat asal suatu barang, karena faktor lingkungan geografis (termasuk faktor alam, faktor manusia atau gabungan dari kedua faktor tersebut) dapat menyebabkan barang yang dihasilkan mempunyai sifat dan kualitas tertentu.
  5. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara Republik Indonesia kepada desainer atau penciptanya untuk melakukan pekerjaannya sendiri dalam jangka waktu tertentu atau menyetujui pihak lain untuk menggunakan hak tersebut.
  6. Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui publik di bidang teknis dan / atau komersial serta memiliki nilai ekonomis karena berguna dalam kegiatan komersial dan dirahasiakan oleh pemilik Rahasia Dagang.
  7. Perlindungan varietas tanaman baru merupakan perlindungan khusus yang diberikan oleh negara, dalam hal ini dilaksanakan oleh Dinas Perlindungan Varietas Baru Tanaman atas nama pemerintah untuk melindungi varietas tanaman baru yang dihasilkan oleh pemulia tanaman melalui kegiatan pemuliaan tanaman.

Sifat hukum Intellectual Property

intellectual property

Undang-undang yang mengatur kekayaan intelektual, pendaftaran atau penegakan kekayaan intelektual harus diterapkan secara terpisah di setiap yurisdiksi yang relevan. Hak kekayaan intelektual yang dilindungi di Indonesia adalah yang telah terdaftar di Indonesia.

Peraturan kekayaan intelektual diatur oleh Administrasi Umum Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang mencakup Dewan Banding Paten, Dewan Banding Merek, dan Asosiasi Manajemen Kolektif Nasional. Khusus untuk perlindungan varietas tanaman baru dikelola oleh Kementerian Pertanian melalui Pusat Perlindungan Varietas Baru Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Konsultan Intellectual Property

Itu adalah orang dengan keahlian di bidang kekayaan intelektual, yang mengkhususkan diri dalam memberikan layanan di bidang aplikasi dan pemrosesan di bidang kekayaan intelektual yang dikelola oleh Kantor Kekayaan Intelektual Negara dan terdaftar sebagai konsultan kekayaan intelektual di lokasi berikut: Negara Kantor Kekayaan Intelektual. Persyaratan untuk menjadi konsultan kekayaan intelektual :

  • Warga negara Indonesia
  • Bertempat tinggal tetap di Republik Indonesia
  • Gelar sarjana terakreditasi
  • fasih berbahasa Inggris
  • Tidak ada status pegawai negeri
  • Melalui pelatihan konsultan kekayaan intelektual

Kesimpulan

Kekayaan intelektual adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sekumpulan hak eksklusif. Setiap hak eksklusif diberikan kepada seseorang yang menghasilkan karya berdasarkan ide-idenya, dan orang tersebut memiliki bentuk, karakteristik, atau kepatuhan tertentu terhadap standar tertentu dari undang-undang yang berlaku dan regulasi. Istilah kekayaan intelektual juga sering disingkat dengan IPR.

Singkatan dari “Kekayaan Intelektual” dan “HKI” adalah standar dan resmi bahasa Indonesia yang setara dengan istilah “Kekayaan Intelektual” atau “HAKI” yang digunakan dalam berbagai peraturan perundang-undangan dan nama unit teknisnya. Negara / wilayah tempat tanggung jawab diberikan. Tanggung jawab penyelenggaraan sistem pemberian dan pengelolaan hak atas kekayaan intelektual yaitu Kantor Kekayaan Intelektual Negara.

Hak Kekayaan Intelektual atau Hak Kekayaan Intelektual tidak hanya mengacu pada satu jenis hak eksklusif. Tetapi merupakan “payung” yang mencakup berbagai jenis hak eksklusif.Setiap jenis hak eksklusif memiliki karakteristik, ruang lingkup dan sejarah perkembangannya masing-masing.

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Akses mudah ke pendanaan memungkinkan karyawan Anda bekerja dengan mudah saat prosesnya sendiri masih berlangsung. Tidak ada lagi waktu menunggu antara mengirimkan permintaan dan melanjutkan proyek.

Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti. Misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen manual ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!