Mau Bisnis Kamu Cepat Berkembang? Lakukan Teknik Negosiasi Ini!

Kesuksesan bisnis pasti berakar dari negosiasi yang baik dan tepat. Negosiasi bisa dilakukan siapa saja dan untuk hal apa saja, di mana wirausaha akan bernegosiasi untuk meyakinkan para investor dan klien mereka.

Karena itu, bagi kamu pelaku bisnis, sangat penting untuk mengenal negosiasi ini, supaya kegiatan usaha kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan biaya atau material.

Nah, kira-kira apa saja pengertian, tujuan, dan manfaat dari negosiasi ini beserta teknik atau taktiknya supaya bisa sukses berunding dengan banyak orang? Yuk, kita baca selengkapnya di artikel ini!

Oops! We could not locate your form.

Pengertian Negosiasi dalam Berbisnis

Apa yang dimaksud dengan negosiasi ini? Negosiasi yaitu suatu bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama yang dianggap menguntungkan pihak-pihak yang bernegosiasi. Biasanya, orang yang melakukan kegiatan negosiasi disebut dengan negosiator.

Jadi, hal ini merupakan suatu cara yang dilakukan dalam upaya mencapai kesepakatan melalui diskusi formal. Perundingan ini juga dilakukan oleh dua pihak atau lebih dimana masing-masing pihak memiliki pendapat/ tujuan berbeda dan terjadi proses tawar-menawar untuk mencapai kesepakatan.

Kamu sudah tahu belum, kalau kegiatan negosiasi ini banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, dan biasanya menyangkut permasalahan banyak orang?

Contohnya, dalam dunia bisnis dan organisasi, aktivitas pada kedua bidang ini tidak pernah lepas dari proses negosiasi untuk kegiatan bisnisnya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan juga dalam bernegosiasi, yaitu tajam dalam berpikir, sabar dalam bertindak, dapat beradaptasi dengan baik, memiliki daya tahan, dan kemampuan sosialisasi yang baik dengan sesama.

Manfaat Melakukan Negosiasi

Pastinya, dengan melakukan perundingan atau negosiasi kamu bisa merasakan beberapa manfaat untuk kepentingan bisnis kamu, yaitu :

Adanya Kerjasama dengan Pihak Lain

Terciptanya suatu jalinan kerjasama antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk mencapai tujuan masing-masing.

Saling Mengenal dan Mengerti dalam Berbisnis

Adanya saling pengertian antara masing-masing pihak yang bernegosiasi mengenai kesepakatan yang akan diambil dan dampaknya bagi semua pihak.

Terciptanya Kesepakatan Bersama

Negosiasi bermanfaat bagi terciptanya suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.

Terciptanya Interaksi yang Positif dan Bermanfaat

Terciptanya suatu interaksi yang positif antara pihak-pihak yang bernegosiasi sehingga jalinan kerjasama akan menghasilkan dampak yang lebih luas bagi banyak orang.

Tujuan Melakukan Negosiasi

Setiap kegiatan negosiasi pasti ada tujuan yang ingin dicapai oleh pihak-pihak yang bernegosiasi, kan? Ini dia tujuan melakukan negosiasi dalam bisnis :

Mencapai Kesepakatan yang Menguntungkan

Untuk mencapai suatu kesepakatan yang dianggap menguntungkan semua pihak.

Menemukan Solusi dari Masalah

Untuk menyelesaikan suatu masalah dan menemukan solusi dari masalah yang tengah dihadapi pihak-pihak yang bernegosiasi.

Win-win Solution

Untuk mencapai suatu kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang bernegosiasi dimana semuanya mendapatkan manfaat (win-win solution).

Kamu mau tahu contoh dari negosiasi ini? contohnya, ketika produsen dan konsumen melakukan tawar-menawar harga suatu produk untuk menetapkan harga yang disepakati.

Dengan adanya kegiatan negosiasi maka penjual dan pembeli dapat menentukan harga yang dianggap setara dengan nilai suatu produk.

Teknik dalam Melakukan Negosiasi

Supaya proses perundingan kamu berjalan dengan lancar, kami akan membantu kamu dengan 5 teknik atau taktik negosiasi yang bisa berhasil saat akan berurusan dengan orang-orang.

Kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan supaya mendapat keuntungan dari negosiasi yang dilakukan? Yuk, baca caranya berikut ini!

Berikan Pertanyaan Pilihan

Saat kamu mau memberikan penawaran kepada seseorang atau investor, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan untuk ditawarkan kepada mereka.

Mengapa? Karena hal ini jauh lebih baik daripada harus mendapatkan jawaban tidak terbatas dari mereka. Kamu bisa menawarkan sejumlah pilihan tertentu yang semuanya bisa sangat menguntungkan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Misalnya, kamu bisa memberikan penawaran diskon 10% saat membayar hari ini atau membayar bulan depan, tetapi tidak mendapatkan diskon.

Kamu juga bisa menawarkan pilihan warna biru atau putih yang keduanya akan dikenakan biaya yang sama saat menawarkan produk kamu ke pelanggan.

Jangan Menerima Tawaran yang Pertama

Salah satu aturan praktis dalam bernegosiasi yang perlu kamu lakukan yaitu jangan pernah menerima tawaran yang pertama. Mengapa harus dihindari? Karena hal ini pasti akan mendukung pihak lawan.

Meskipun tawaran yang pertama terlihat sangat hebat dan membuat kamu enggan menolaknya, sebaiknya kamu menunggu tawaran yang kedua. Disinilah tujuan dari negosiasi yaitu menciptakan win-win solution kepada kedua belah pihak yang berunding.

Mengubah Cara Kamu Bertanya

Sebelumnya, coba kamu perhatikan 2 jenis pertanyaan di bawah ini terlebih dahulu,

Apakah Anda ingin datang ke acara tersebut?

Kapan kita akan datang ke acara tersebut?

Nah, bagaimana pendapat kamu? Pertanyaan yang pertama pasti memiliki potensi penolakan dan pertanyaan yang kedua akan memberitahu kamu kapan waktu untuk datang ke acara tersebut, kan?

Pertanyaan di atas bisa kamu ajukan kepada seseorang dengan tujuan mendapatkan keuntungan dengan jawaban yang positif.

Meninggalkan Topik Bahasan Tidak Sesuai

Kamu bisa meninggalkan beberapa topik bahasan dan tidak membahas hal tersebut, saat berpikir bahwa topik tersebut bisa merugikan kamu.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari negosiasi yang dilakukan. Kamu juga bisa menyempurnakan kemampuan negosiasi dengan melatih keterampilan berkomunikasi agar lebih baik.

Seperti contohnya, mengikuti pendidikan dan pelatihan non-formal yang banyak tersedia oleh berbagai lembaga pendidikan. Kamu bisa mendapatkan ilmu dan juga sertifikat setelah selesai mengikuti pelatihan tersebut.

Jangan Memutuskan Sesuatu Terlalu Cepat

Saat proses perundingan terjadi, maka lebih baik untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan dan memutuskan sesuatu.

Jangan lupa untuk memberikan ruang untuk orang-orang supaya mereka berpikir dan tidak menolak atas suatu kesepakatan. Cara seperti ini juga bisa memberikan kamu kesempatan untuk berpikir dan mempertimbangkan kesepakatan yang ditawarkan.

Selain itu, ada berapa hal penting yang harus kamu pahami sebagai negosiator saat melakukan proses negosiasi, yaitu:

  • Dalam menyampaikan pendapat harus disertai dengan alasan, fakta, atau contoh yang jelas agar mudah dimengerti oleh pihak lain.
  • Pendapat harus disampaikan dengan volume suara yang sesuai, intonasi dan pilihan kata yang tepat.
  • Penyampaian pendapat harus dilakukan dengan jelas, lancar, dan sopan.
  • Tidak mudah menerima atau menolak pendapat pihak lain tapi harus melalui berbagai pertimbangan.

JojoExpensePastikan kamu melakukan negosiasi dengan kesepakatan yang diambil menguntungkan semua pihak ya. Supaya, pelanggan atau investor mau bekerja-sama lagi dengan perusahaan kamu, dan perusahaan kamu bisa mendapat keuntungan dan kesuksesan yang  maksimal juga.

Tapi, kamu sudah tahu juga belum, kalau kesuksesan dan keuntungan perusahaan kamu juga dipengaruhi dengan laporan keuangan yang baik dan teratur?

Karena itu, supaya pencatatan laporan keuangan usaha kamu bisa lebih rapi, lengkap, dan akurat, kamu bisa menyerahkan semuanya di aplikasi JojoExpense dari Jojonomic!

Dengan sistem otomatisnya, kamu tidak perlu repot menghitung laporan keuangan, sehingga lebih produktif dan lebih cepat dan efisien dalam mengatur finansial perusahaan kamu.

Bisa kamu cek dan pantau kapan pun dan di mana pun, lho. Praktis, kan? Yuk, segera coba aplikasi keren JojoExpense ini sekarang juga! Jangan sampai ketinggalan ya!