6 Contoh Tagline Perusahaan Ternama di Dunia

6 Contoh Tagline Perusahaan Ternama di Dunia

Tahukah Anda tagline perusahaan merupakan unsur penting yang tidak boleh diabaikan dalam membangun brand awareness? meskipun terlihat sederhana, nyatanya sebuah tagline dapat membawa dampak besar bagi brand ternama.

Dengan tagline perusahaan yang menarik, pastinya, fungsi branding akan bekerja secara maksimal dan brand bisnis Anda akan mudah diingat banyak orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang lebih mengenal dan hafal tagline yang diusung perusahaan daripada nama perusahaan itu sendiri.

Sudakhah Anda memiliki tagline yang menarik untuk perusahaan Anda? jika belum, Anda bisa melihat beberapa contoh tagline perusahaan ternama di dunia yang akan disajikan berikut ini. Sebelum itu, yuk simak definisi dari tagline itu sendiri.

Apa itu Tagline?

Sekilas tagline hampir sama dengan slogan, tapi secara konsep dan penerapannya kedua elemen yang berguna untuk meningkatkan brand awareness itu memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Slogan pada umumnya berbentuk kalimat singkat sebagai represantasi dari sebuah produk atau perusahaan. Sedangkan tagline adalah sebuah deskripsi singkat yang ditujukan untuk menyampaikan value proposition dari sebuah brand.

Dari definisi tersebut Anda sudah paham kan seperti apa perbedaan slogan dan tagline perusahaan. Tagline dibuat untuk merepresentasikan brand secara keseluruhan, sementara slogan dibuat untuk campaign atau pemasaran produk.

Adapun ciri-ciri dari slogan yang patut Anda ketahui yakni dibuat untuk jangka pendek sesuai campaign yang berjalan, kata-kata yang digunakan lebih fleksibel dan slogan biasanya digunakan hanya untuk satu produk atau campaign tertentu.

Sementara itu, ciri-ciri tagline adalah diciptakan untuk menggambarkan produk atau brand dan bersifat permanen selama brand itu hidup, merepresentasikan nilai brand yang ditujukan kepada target pasar dan pada umumnya tagline selalu hadir berdampingan dengan logo brand.

Contoh Tagline Perusahaan Ternama

Setelah mengetahui definisi tagline dan perbedaannya dengan slogan, selanjutnya Anda perlu mengetahui contoh tagline perusahaan ternama di dunia. Yuk, intip bentuk tagline menarik yang diusung oleh brand kawakan di dunia.

1. Just Do It – Nike

Pastinya kalimat tagline di atas sudah tidak asing lagi dalam benak Anda. Ya, tagline dari salah satu brand sportwear tersebut memang sudah melekat pada produk Nike sejak tahun 1972.

tagline perusahaan

Tagline berbunyi “Just Do It” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Lakuin Aja Lah” merupakan tagline yang tak lekang oleh waktu dan tertambat dalam benak para pelanggan setia Nike.  Bahkan bisa jadi, para pelanggannya lebih hafal dengan tagline tersebut dibanding nama brand Nike itu sendiri.

Tidak hanya mudah diingat, tagline yang diusung Nike juga mengandung pesan nilai positif untuk memberikan motivasi kepada orang-orang yang ragu dalam mengambil keputusan.

Beriringan dengan tagline yang menggugah jiwa, citra sederhana dari brand Nike juga tergambar dari logo yang hanya berupa simbol tanda centang. Meskipun tagline dan logo yang diciptakan terlihat sederhana, tapi mampu memberikan kesan yang mendalam terhadap banyak orang.

2. Moving Forward – Toyota

Tagline perusahaan berikutnya yang dapat menginspirasi Anda berasal dari produk otomotif dari Jepang yakni Toyota. Salah satu brand mobil ternama itu memiliki tagline “Moving Forward” yang berarti jalan terus atau melangkah ke depan.

Melalui tagline tersebut, Toyota ingin menciptakan citra perusahaan yang memiliki visi dan misi terdepan. Toyota, dengan ide-idenya yang cemerlang dan terus berkembang ingin menjadi perusahaan mobil yang terdepan dan maju.

Tagline perusahaan yang disematkan pun tidak sebatas deskripsi perusahaan. Lebih dari itu, tagline Moving Forward juga dapat dijadikan sebagai pengingat yang baik untuk kita agar selalu melihat ke depan.

Dalam menjalani hidup, kita tidak boleh terus menoleh kebelakang. Agar dapat mencapai masa depan yang lebih maju dan gemilang, kita dituntut untuk terus bersemangat dan melihat ke depan.

3. Connecting People – Tagline Perusahaan Nokia

Meskipun kini Nokia bukanlah brand handphone terbesar satu-satunya, namun tagline ‘Connecting People’ masih teringat dengan baik dibenak kita.

Sejatinya, tagline yang digunakan oleh Nokia hanya mendeskripsikan produknya berupa handphone untuk menghubungkan satu dengan lainnya.

Secara lebih dalam, tagline Connecting People juga dapat memberikan kesan bahwa sebagai makhluk sosial kita harus tetap menjaga hubungan baik bersama orang-orang terdekat. Hubungan yang baik tidak harus terjalin secara langsung, melalui produk Nokia, kita dapat menjalin sebuah hubungan tali silaturahmi dengan tanpa mengenal batas wilayah, jarak maupun waktu.

4. Because You’re Worth It – L’oreal

Sejarah mencatat, di tahun 1973 telah terjadi kontroversi makeup dan wanita. Pada waktu itu, wanita dengan riasan makeup akan mendapat cap ‘palsu’. Kemudian L’oreal sebagai salah satu brand makeup artistik menciptakan tagline tersebut untuk menyampaikan bahwa wanita layak untuk menggunakan makeup dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

tagline perusahaan

Seiring berjalannya waktu, tagline simpel ilik L’oreal tersebut tidak hanya berbicara tentang makeup. Lebih dari itu, ‘Because You’re Worth It’ menjadi kata-kata motivasi bagi para kaum hawa yang sedang berada dalam posisi down dan terpuruk.

Terdapat nilai yang ingin disampaikan melalui tagline itu yakni sebaiknya para wanita tidak usah merasa tidak berharga. Sebab, mereka worth it atau layak melakukan apa pun sesuai batas kemampuan mereka.

5. Impossible is Nothing – Tagline Perusahaan Adidas

Di awal kemunculannya, Adidas merupakan brand di balik produk olahraga yang dikenakan para atlet Jerman. Dari sepak terjangnya di dunia perolahragaan Jerman, akhirnya brand tersebut menciptakan tagline yang menarik, yakni ‘Impossible is Nothing’.

Semangat kuat, tidak mudah menyerah dan mampu melewati limitasi diri sendiri merupakan tiga unsur utama yang identik dengan gambaran brand ini.

Nilai yang terkandung dalam tagline yang diciptakan juga mengalir pada sendi-sendi campaign yang sering dibuat. Campaign yang menarik berusaha menyampaikan pesan bahwa semua hal dapat dilakukan dengan tekad yang kuat dan semangat untuk mewujudkannya.

6. Think Different – Apple

Selalu berpikir out of the box dan kreatif, dua hal tersebut menjadi nilai positif yang ingin disampaikan oleh brand Apple melalui tagline ‘Think Different’.

Brand ini sendiri telah berhasil membuktikan bahwa berpikir out of the box telah sukses menjadikan sebagai salah satu perusaahaan yang memiliki produk berbeda dari yang lainnya.

Dengan tagline dan nilai positif yang disebarkan oleh Apple, dapat diambil pelajaran bahwa dalam menjalani hidup, kita harus terus berpikir kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Itulah enam contoh tagline perusahaan ternama di dunia. Anda bisa menjadikan contoh di atas sebagai acuan untuk menciptakan tagline baru untuk perusahaan Anda.

Menciptakan tagline yang menarik untuk perusahaan sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Dengan fitur unggulan yang tersedia, seperti mobile check in & check out, accurate GPS location via geotagging, fake ID detection dan lainnya, aplikasi JojoTimes dapat membantu perusahaan Anda dalam hal meningkatkan produktivitas. Selain itu, aplikasi dari Jojonomic ini juga membantu meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen dan memantau kerja karyawan baik di dalam maupun luar kantor.

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.