Mengenal Apa Itu IDX30 BEI 2020, Penting untuk diketahui Investor!

Hampir semua investor sudah mengetahui apa itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun, bagi sebagian orang yang belum pernah berinvestasi saham masih asing dengan istilah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan apa itu idx30. Indeks saham merupakan suatu ukuran statistik yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada investor secara keseluruhan tentang pergerakan harga dari sejumlah saham yang terpilih. Saham yang terpilih telah didasarkan atas beberapa metodologi dan kritera tertentu, kemudian secara berkala di evaluasi oleh BEI. Setidaknya, saat ini BEI telah mengeluarkan 35 indeks saham yang resmi sebagai indikator dalam melihat kinerja dari saham-saham perusahaan. Salah satunya indeks IDX30.

Adapun tujuan indeks saham antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mengukur sentimen pasar,
  • Dijadikan produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunan,
  • Benchmark bagi portofolio aktif,
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, serta
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu idx30. Berikut ini akan kami informasikan lengkap untuk menambah wawasan Anda dalam bidang investasi saham.

Pengertian IDX30

Indeks IDX30 diluncurkan pada tahun 2012, dan idx30 ini berisi 30 saham terbaik dari indeks LQ45. Artinya, bahwa komponen saham di indeks IDX30 ini merupakan saham di LQ45, namun belum tentu saham LQ45 terdapat di indeks IDX30. Saham di IDX30 merupakan pilihan terbaik untuk melihat emiten terbaik, setelah menyisihkan 15 perusahaan emiten LQ45. Oleh karena itu indeks IDX30 ini banyak dijadikan oleh investor dalam acuan berinvestasi.

Serupa Dengan LQ45

Apa itu IDX 30 merupakan penyisihan 15 saham dari indeks LQ45, jadi bisa dikatakan bahwa indeks IDX30 ini saringan dari LQ45. Oleh karena itu, banyak analis yang pro dan kontra terhadap indeksi ini, karena baik itu indeks IDX30 maupun LQ45 serupa. Pendapat analis mengatakan Untuk apa membuat indeks yang baru lagi jika itu merupakan hasil yang hampir sama dengan indeks yang lama.

Seperti Dow30 Namun Berbeda

Pembuatan indeks IDX30 ini terinspirasi dari indeks saham Amerika Serikat yang bernama Dow30. Dow30 merupakan indeks legendaris dari saham-saham di Amerika Serikat karena Dow30 ini berupa 30 saham yang menjadi pemimpin pasar yang ada di Amerika Serikat. Indeks IDX30 memang terdapat banyak perusahaan yang juga menjadi pemimpin pasar di sektornya namun tidak seluruh saham di IDX30 merupakan market leader di sektornya dan memiliki fundamental yang bagus. Oleh karena itu IDX30 hanyalah serupa dengan LQ45 dan perlu adanya analisa fundamental lagi untuk menentukan apakah sahamnya layak investasi ataupun tidak karena terdapat saham-saham yang masuk ke dalam IDX30.

Hanya Acuan Saham Likuid

Sama seperti LQ45 saham-saham di IDX30 merupakan saham-saham yang diperdagangkan dengan volume yang besar, saham-saham ini merupakan saham yang likuid dan memiliki prospek yang bagus. Namun, tetap saja Anda perlu menganalisisnya lagi dengan analisa fundamental.

IDX30 merupakan kumpulan 30 saham terpilih dari 45 saham LQ45 yang ada di Bursa Efek Indonesia. Indeks ini hanyalah acuan untuk memilih saham yang likuid namun untuk prospek kedepannya anda harus menganalisa fundamental bisnisnya serta valuasinya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Indeks IDX30 yang terdiri dari 30 saham memiliki keunggulan lebih mudah dilakukan replika sebagai acuan portofolio. Selain itu, menurut teori portofolio, jumlah 30 merupakan jumlah diversifikasi aset yang ideal dalam sebuah portofolio.

Berikut Daftar Saham Indeks IDX30 Periode Agustus 2020 s.d. Januari 2021

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
No. Kode  Nama Emiten
1 ACES Ace Hardware Indonesia Tbk.
2 ADRO Adaro Energy Tbk.
3 ANTM Aneka Tambang Tbk.
4 ASII Astra International Tbk.
5 BBCA Bank Central Asia Tbk.
6 BBNI Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
7 BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
8 BBTN Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
9 BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk.
10 BTPS Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk. (BARU)
11 CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
12 ERAA Erajaya Swasembada Tbk.
13 EXCL XL Axiata Tbk. (BARU)
14 GGRM Gudang Garam Tbk.
15 HMSP H.M. Sampoerna Tbk.
16 ICBP Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
17 INCO Vale Indonesia Tbk.
18 INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
19 INKP Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.
20 INTP Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
21 JPFA Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
22 KLBF Kalbe Farma Tbk.
23 MNCN Media Nusantara Citra Tbk.
24 PGAS Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.
25 PTBA Bukit Asam (Persero) Tbk.
26 SMGR Semen Indonesia (Persero) Tbk.
27 TLKM Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
28 TOWR Sarana Menara Nusantara Tbk. (BARU)
29 UNTR United Tractors Tbk.
30 UNVR Unilever Indonesia Tbk.

Sumber: Bursa Efek Indonesia

Daftar Saham yang Keluar dari IDX30 BEI 2020

Berikut adalah daftar saham yang keluar dari IDX30 BEI periode Agustus 2020 – Januari 2021.

No. Kode  Nama Emiten
1 BRPT Barito Pacific Tbk.
2 PTPP PP (Persero) Tbk.
3 WSKT Waskita Karya Tbk.

Sumber: Bursa Efek Indonesia

Daftar Saham yang Keluar dari Penghitungan Indeks IDX30

No.      Kode   Nama Saham

1          BRPT Barito Pacific Tbk.

2          PTPP   PP (Persero) Tbk.

3          WSKT             Waskita Karya (Persero) Tbk.

Dasar pertimbangan dalam memilih indeks idx30 ini adalah faktor yang terkait dengan nilai, frekuensi, hari bertransaksi, dan juga kapitalisasi pasar. Selain faktor-faktor yang bersifat kuantitatif tersebut, BEI juga mempertimbangkan informasi kelangsungan usaha, laporan keuangan dan pertimbangan lain, misalnya sedang diberlakukan suspensi atau tidak.

Secara berkala, konstituen indeks IDX30 akan dikaji ulang setiap 6 bulan, yaitu setiap akhir bulan Januari dan Juli, dan hasilnya akan diumumkan pada awal bulan berikutnya.

Berdasarkan daftar istilah di atas, Anda dapat mengetahui bahwa pergerakan IHSG adalah patokan yang sanagat krusial untuk diketahui para investor saham, baik secara individual maupun perusahaan. Oleh karena itu, informasi akurat terkait pergerakan saham di pasar modal selalu dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia via media cetak serta elektronik.

Bagi dunia usaha, hasil investasi tentu akan sangat berguna bagi kemajuan dan pengembangan bisnis. Entah itu peningkatan kualitas, ekspansi produksi, atau bahkan peningkatan sumber daya manusia dengan penggajian yang lebih baik. Untuk penggajian karyawan yang tersistem, menggunakan Jojo Payrolladalah solusinya.

Jojo Payroll

Memanfaatkan sistem yang terotomatisasi lengkap dengan berbagai fitur di dalamnya, memenuhi hak karyawan menjadi lebih mudah. Sebelum mentransfer dana gaji, pastikan database karyawan lengkap tersimpan dalam aplikasi Jojo Payroll yang berbasis cloud. Pengelolaan secara terpusat dan mudah diakses dimanapun akan cepat memberikan informasi pada tim keuangan.