Waspada Bisnis Investasi Tipuan, Kenali Tanda-Tandanya

Siapa yang tidak mau meraup keuntungan dari berinvestasi? Tentu tidak akan ada yang menolak terlebih bagi pelaku awam. Investasi sering digambarkan dengan perolehan keuntungan besar hanya dengan duduk manis. Mulai dengan bungkus multi level marketing (MLM) hingga sektor properti. Dengan mengandalkan pengurusan di tangan yang kompeten, investasi anda dijanjikan meraih keuntungan berlipat. Nah, strategi inilah yang menjadi pemikat bisnis investasi di kalangan awam.

Tertarik dengan tawaran bisnis investasi yang menguntungkan memang tidak ada salahnya. Namun, akan merugikan bagi anda jika tak teliti sebelum bergabung. Demi menjaring banyak nasabah, tidak jarang para pelaku bisnis investasi menjual penawaran yang menggiurkan. Di sinilah kejelian dan rasionalitas anda diperlukan saat mempertimbangkan penawaran-penawaran tersebut.

Jangan sampai, anda sendiri menjadi salah satu korbannya. Maka kali ini, Jojonomic akan mengajak anda untuk lebih berhati-hati memilih model bisnis investasi. Mengenali ciri-ciri dan memahami profilnya akan membantu anda sebelum terlanjur terjebak. Atau jika sedang berada di dalamnya, selalu ambil tindakan dengan berhati-hati agar tidak lebih merugi.

Bisnis Investasi Dengan Izin Yang Tak Jelas

Bisnis Investasi

Indikasi paling pertama yang harus diketahui adalah izin sebab inilah dasar yang melegalkan sebuah usaha melakukan kegiatannya. Jika entitas bisnis investasi yang dituju hanya menunjukkan izin berupa SIUP, anda patut berhati-hati. Karena sebenarnya izin tersebut bukanlah dokumen wajib bagi perusahaan penghimpun dan pengelola dana investasi. Melainkan diperuntukkan bagi usaha sektor produksi dan perdagangan.

Yang perlu anda cari tahu tentang keabsahan perusahaan adalah apakah mereka memiliki izin resmi yang dikeluarkan oleh OJK. Izin usaha sekadar pendirian PT (Perseroan Terbatas) saja tidak cukup memberikan alasan kuat bisnis tersebut aman dari segi operasional. Perlu ada izin lainnya yang memberikan legalitas kegiatan usaha khusus dalam bidang keuangan dari pemerintah.

Jadi, jangan percaya begitu saja dengan janji lisan, kalimat, atau pencantuman logo pengawas pemerintah di website perusahaan. Sebaiknya cari tahu langsung kebenarannya di situs resmi OJK sebelum mendaftar.

Informasi Yang Gelap Soal Pengelolaan

Bisnis Investasi

Salah satu tanda lainnya bisa ditemukan dari penjelasan sales yang cenderung gelap soal pengelolaan dana. Dengan kata lain mereka tidak transparan saat menjelaskan pola pengelolaan dana investasi. Biasanya informasi seputar masalah ini cukup terbatas diberikan, seperti pihak mana saja yang terlibat sampai kemana dana akan diinvestasikan.

Namun, jangan heran jika anda akan mudah yakin dengan kevalidan penjelasan mereka. Bisnis investasi seperti ini memiliki teknik yang dirancang sedemikian rupa agar mampu meyakinkan calon nasabah bahwa proses operasionalnya sangat aman.

Jika dalam penawarannya sudah ditunjukkan bagaimana mekanisme mereka, sebaiknya jangan langsung yakin. Cobalah untuk analisis lebih lanjut dan bisa jadi anda menemukan proses yang ternyata berdampak buruk bagi investasi anda.

Indikasi bisnis investasi secara tipuan akan lebih mudah terlihat saat anda mencoba menanyakan beberapa hal. Di sinilah waktunya perhatikan bagaimana sales mereka menjawab. Umumnya, penjelasan tidak akan langsung mengarah tepat pada jawaban yang seharusnya. Sebaliknya, anda akan dibawa pada jawaban yang berputar-putar demi menghindari pertanyaan anda. Atau kemungkinan lainnya adalah dengan memberikan jawaban yang terdengar tidak pasti dan meragukan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tawaran Keuntungan Tinggi Dalam Waktu Singkat

Bisnis Investasi

Tak wajar bukan? Idealnya segala sesuatu yang bernilai tinggi akan mampu dicapai dalam waktu yang juga sepadan. Namun, pola pikir masyarakat awam yang masih senang dengan proses instan dan untung besar justru menjadi titik yang dimanfaatkan.

Bahanyanya lagi, bisnis investasi seperti ini berani memberikan prosentase keuntungan yang pasti anda dapatkan. Padahal sebetulnya dalam investasi, keuntungan masih bersifat prospek perkiraan yang bisa dicapai. Pada beberapa kasus, mereka bahkan tak tanggung-tanggung menjamin perolehan keuntungan yang konsisten setiap periodenya.

Perlu diingat, hal tersebut adalah salah satu strategi perangkap yang mudah menarik minat anda. Investasi yang wajar pada dasarnya sangat bergantung pada berbagai faktor. Terlebih tingkat inflasi yang mengakibatkan perubahan suku bunga akan berdampak langsung pada investasi anda. Maka jika perusahaan yang anda tuju menawarkan angka yang pasti seperti demikian, baiknya segera mundur dan pilih alternatif lainnya.

Bisnis Investasi Dengan Potensi Risiko Tertutup

Bisnis Investasi

Investasi dengan imbal hasil keuntungan yang besar semestinya juga diikuti risiko yang serupa. Jika anda belum paham, dalam investasi hal ini lebih dikenal dengan konsep high risk high return. Artinya, semakin tinggi risiko yang diambil, semakin tinggi pula hasil keuntungan yang didapat. Nah, pada masyarakat awam prinsip inilah yang cenderung kurang diketahui.

Di sisi lain, kekurangan informasi tersebut menjadi celah strategis bagi pelaku bisnis investasi tipuan. Dengan demikian mereka akan terus menekankan nominal keuntungan tanpa potensi risiko apapun. Atau jika memang terdapat pemaparan risiko, besar kemungkinan anda hanya akan dijelaskan beberapa risiko berskala rendah. Dan jika kembali ditanyakan bagaimana potensi risiko besar lainnya, maka jangan heran jika jawaban yang disuguhkan kembali berputar-putar.

Ketidakterbukaan terhadap informasi risiko seperti ini setidaknya cukup bagi pertimbangan anda untuk tidak memilih bisnis tersebut. Jika tidak ingin mengalami kerugian, jangan sampai informasi risiko yang sekadarnya membuat anda yakin memilih jasa mereka.

Hindari Menandatangani Dokumen Apapun Sebelum Terima Tawaran

Bisnis Investasi

Perhatikan dengan baik intruksi yang mereka berikan setiap step-nya. Jika anda masih berada pada fase penawaran, wajarnya hanya dipaparkan bagaimana bisnis investasi mereka dengan segala output yang anda dapatkan. Akan tetapi, ada saja beberapa diantaranya telah menyodorkan dokumen yang perlu anda tandatangani. Meski dalihnya bukanlah dokumen yang penting atau bukan terkait dengan ketergabungan anda, bisa jadi isinya berkata lain.

Kapanpun diberikan suatu dokumen, wajib untuk periksa terlebih dahulu. Pahami setiap kalimat atau ketentuannya dengan teliti. Lebih penting lagi untuk tidak mengabaikan kalimat-kalimat yang tidak jelas atau multitafsir. Sebab sangat mungkin hal tersebut akan dieksekusi menurut perspektif mereka dan berujung merugikan anda. Efeknya, apabila suatu saat complaint, protes anda bersifat lemah karena bukti persetujuan tanda tangan sudah mereka dapatkan.

Penutup

Intinya saat mulai tertarik bergabung dengan bisnis investasi sektor apapun, sikap hati-hati menjadi modal utama. Selalu perhatikan kewajaran setiap penawaran menggunakan informasi-informasi di atas dan lakukan analisis mendalam yang rasional. Kendalikan niat menghasilkan keuntungan besar dengan cara-cara yang juga tepat. Ikuti selalu perkembangan bisnis investasi di Indonesia karena tidak menutup kemungkinan tak-tik yang diterapkan juga semakin canggih. Bungkus yang meyakinkan jangan mudah membuat anda terpengaruh, ya.

Sebegitu pentingnya sikap hati-hati bahkan tidak hanya diperlukan saat anda menjadi calon investor, tetapi juga saat mengelola bisnis sendiri. Utamanya mengatur keuangan bisnis, ketelitian tinggi dan kehati-hatian dalam mengambil keputusan sangat penting. Inilah mengapa anda perlu asisten kompeten dari Jojo Expense yang mengefektifkan semua kerja keuangan.

Jojo Expense

Bayangkan seluruh bukti transaksi atau laporan keuangan yang masih harus menggunakan sistem print out. Bagaimana jika hilang atau justru menjadi double? Tentu hal semacam ini tidak akan terjadi jika bisnis anda terorganisir dengan layanan Jojo Expense. Cukup dalam platform all-in-one dengan fitur Real-Time Reporting, anda tidak perlu lagi khawatir dokumen keuangan hilang atau malah berganda. Kesalahan manual pun jadi lebih minim dengan OCR (Auto Read Receipt) yang otomatis membaca bukti transaksi.

Hubungan baik dengan rekanan pihak ketiga pun juga tetap terjamin dengan pembayaran yang tepat waktu. Manfaatkan fitur Real-Time Direct Transfer yang sudah terintegrasi di dalamnya, seluruh transaksi selesai seketika. Dengan demikian operasional bisnis berjalan lebih optimal, bukan? Lalu saatnya siap-siap reputasi bisnis anda menjadi salah satu yang diperhitungkan.

Sekarang waktunya anda buktikan sendiri akuratnya layanan Jojo Expense bagi bisnis anda. Yuk daftar sekarang untuk dapatkan gratis service 14 hari!