Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kenapa Lama Menganggur?

Pertanyaan interview kenapa lama menganggur terkadang sulit untuk dijawab. Pekerjaan di luaran sana memang banyak, namun terkadang bisa saja hal tersebut enggak sesuai kriteria jurusan bahkan skill yang kamu tekuni. Eitss…memang kamu bisa mempelajari basic skill nya dari awal, namun bekerja itu sama halnya seperti mendapatkan jodoh. Kalau sudah klop akan ringan untuk dijalani, namun jika sebaliknya bisa-bisa kamu menyesal karena enggak sesuai passionmu.

Tapi kalau suka pilih-pilih pekerjaan itu enggak baik juga, Ladies? Ujung-ujungnya kamu akan semakin lama menganggur dan enggak bisa mendapatkan pengalaman apalagi penghasilan. Wah, sayang sekali bukan? Jangan putus asa dan patah semangat, coba lakukan tips ini agar lowongan kerja kamu cepat dibalas HRD, simak artikel ini, yuk!

Perbarui CV Kamu

Coba lihat kembali kenapa kamu lama sekali dipanggil untuk interview kerja, bukan karena belum rezekinya saja, namun coba perhatikan kembali susunan CV mu. Apakah ada data pribadi yang kurang lengkap atau CV mu kurang terlihat menarik? Nah, sebelum adanya panggilan untuk kerja kamu masih bisa memperbaharui CV dan memperbaikai kesalahan sebelumnya. Ingat! Di luar sana akan ada ribuan pelamar kerja yang juga akan bersaing denganmu. Jangan hanya karena CV mu terlihat monoton bahkan lupa mencantumkan data pribadi yang terlihat sepele, kesempatanmu jadi terbuang sia-sia, lho! Maka dari itu, perhatikan CV mu dan buatlah semenarik mungkin ya, Ladies?

Jangan Asal Melamar Pekerjaan

Yup! Memang ada banyak lamaran pekerjaan tersebar di internet maupun loker di sosial media Tak tanggung-tanggung, lamaran pekerjaan ini tak hanya di satu titik kota namun bisa ke seluruh pelosok negeri bahkan luar negeri. Tetapi, kenapa masih saja belum ada panggilan kerja ya? Pastikan hal ini sudah kamu pikirkan matang-matang ya Ladies? Jika kamu berniat untuk mengambil pekerjaan jauh dari domisili mu maka kamu juga harus siap secara fisik dan mental untuk berjauhan dari keluargamu, untuk itu jangan asal melamar pekerjaan.

Biasanya, lokasi kerja menjadi salah satu hal tolak ukur seorang jobseeker. Jika kamu mendapat panggilan interview kerja di tempat yang jauh jangan sampai ujung-ujungnya kamu tolak dan menyesal kemudian hanya karena alasannya “jauh”. Nah, siapa di sini yang salah apakah HRD yang sudah memberimu peluang atau dirimu yang salah apply lamaran kerja? Maka dari itu, cermati dahulu sebelum kamu berani untuk memutuskannya ya? Nanti jika muncul pertanyaan interview kenapa lama menganggur, pastikan punya alasan logis untuk menjawabnya.

Move On Ketika Kamu Gagal Diterima Kerja

Yup! Salah satu syarat kandidat calon pekerja diantaranya dapat sukses melewati tahapan interview, psikotest maupun test medical check-up. Tidak menutup kemungkinan ada hal-hal lain yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk merekrut dirimu, lho! Jika kamu gagal karena kurang menguasai pemahaman tentang perusahaan yang kamu lamar, maka jangan putus asa begitu saja. Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman bagimu untuk di interview kerja berikutnya bukan? Move on dan jangan stuck di satu lowongan pekerjaan saja, bisa saja kamu gagal di perusahaan tersebut namun berjaya di perusahaan yang lebih baik nantinya. Tetap semangat ya!

Latihan Wawancara

Baru pertama kali ingin bekerja? Tentunya perasaanmu akan campur aduk, perasaan tidak percaya diri, takut berbicara terbata-bata di depan petinggi perusahaan, takut tidak sesuai kriteria bahkan takut salah menyampaikan informasi terkait diri sendiri pun kerap dialami seorang jobseeker, lho! Tentunya mereka memiliki pengalaman dan keunikan tersendiri ketika hendak pertama kali mengikuti wawancara kerja. Daripada waktu luangmu terbuang sia-sia begitu saja dan belum adanya panggilan dari tempat kerja yang kamu lamar satupun menghubungimu, coba kamu mempelajari bagaimana tips interview kerja bahkan soal-soal tes baik itu psikotest dan lainnya.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan gambaran ketika berpapasan langsung dengan HRD maupun tes-tes yang menentukan apakah dirimu layak atau tidak menjadi calon anggota perusahaan. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan ini melalui buku-buku maupun informasi di channel YouTube maupun tips-tips jitu yang bertebaran di sosial media. Tentunya sangat membantu sekali bukan?

Alasan logis jika mendapat pertanyaan interview kenapa lama menganggur adalah:

  1. Belum sesuai dengan impian
  2. Masih fokus meningkatkan skill dan kemampuan
  3. Mencoba pilihan karir yang lebih baik lagi di periode seleksi perusahaan berikutnya

Selain itu, jika sudah bekerja lagi nanti , Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.