Cara Onboarding Karyawan Baru, Manfaat & Prosesnya

cara onboarding karyawan baru
cara onboarding karyawan baru

Apa Itu Onboarding ?

Cara Onboarding Karyawan Baru – Onboarding sendiri biasa diartikan dengan penyesuaian perusahaan karyawan baru pada tempatnya berkerja. Dalam keadan normal tentu saja perusahaan selalu berharap karyawan baru yang sudah direkrutnya merupakan karyawan berkualitas. Namun tak sedikit karyawan baru yang tentunya memerlukan adanya penyesuaian terlebih dahulu dengan tempat dan pekerjaannya.

Tentu saja perusahaan mengetahui hal ini, karena itu onboarding sendiri merupakan proses penting dimana karyawan baru memang membutuhkannya sehingga bisa bekerja lebih maksimal kedepannya. Karena tak terbatas dari tempat kerja yang baru, namun uga suasana dan juga interaksi dalam tempat pekerjaan terbarunya juga membutuhkan penyesuaian.

Pentingnya Proses Onboarding

Dalam keadaan pada dunia kerja tak sedkit kasus dimana karyawan baru yang tidak semangat. Tak sedikit karyawan baru yang hanya bertahan sebentar dlaam suatu perusahaan. Meski awalnya mereka saat diterima kerja merasa sangat senang. Namun tidak sedikit dari mereka yang merasakan bosan dan lain-lain sehingga memutuskan untuk berhenti berkerja pada perusahaan tersebut.

Kemungkin hal tersebut dapat terjadi karena kesalahan yang terjadi saat proses onboarding. Dimana tujuan dan manfaat utama dari proses onboarding sendiri yaitu agar karyawan dapat beradaptasi dengan baik terhadap perusahaan. Dan juga merasa semakin bersemangat untuk bekerja untuk perusahaan tersebut. Karena itulah proses onboarding ini sangatlah penting diterapkan pada perusahaan terutama untuk karyawan baru terutama agar lebih betah berkerja dan semangat menjalaninya.

Manfaat Proses Onboarding

Proses onboarding memiliki beberapa manfaat didalamnya. Berikut ini adalah manfaat dari proses onbording :

Meningkatkan Branding Perusahaan

Dengan adanya proses onboarding maka perusahaan akan mengalami kenaikan branding secara internal dan eksternal. Hal disebabakan dalam periode proses onboarding perusahaan mendapatkan kesempatan untuk melakukan promosi perusahaan tersebut sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk bekerja. Sekaligus hal ini juga menjadi ajanga yang tepay untuk perusahaan melakukan perkenalan dengan karayawan baru.

Peningkatan Produktifitas Kerja

Dalam memanfaatkan masa onboarding ini jika digunakan dengan tepat akan menimbulkan semangat atau motivasi tersendiri bagi para karyawan baru. Sehingga pada akhirnya kesuksesan dari masa penyesuaian atau onbearding ini menyebabkan peningkatan produktifitas kinerja karyawan. Dengan pemanfaatan yang baik akan menyebabkan karyawan merasa dihargai sehingga akan berdampak pada kinerja mereka yang semakin baik.

cara onboarding karyawan baru

Kualitas Karyawan Meningkat

Ketika seorang karyawan baru mejalani dan memahami masa onboarding ini dengan baik. Maka akan memperbesar kemungkinan karyawan – karyawan tersebut akan memiliki kualitas yang baik. Dengan masa onboarding yang baik akan menyebabkan setidaknya karyawan tersebut betah dan bertahan lebih lama di perusahaan tersebut.

Cara Onboarding Karyawan Baru Yang Baik

Pahami Kebutuhan Karyawan

Cara onboarding karyawan baru yang pertama yaitu dengan memahami kebutuhan karyawan. Salah satunya dengan paham bahwa sifat dan karakteristik setiap orang itu berbeda. Sehingga perusahaan haru lebih paham terkait dengan ketrampilan yang dimiliki karyawannya, kemampuan bekerjasama dengan timnya dan juga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karyawan tersebut.

Dengan perusahaan memahami karyawan dengan baik, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk menmpatkan karyawan baru tersebut dalam posisi yang tepat. Juga perusahaan akan lebih mudah dalam memberikan pelatihan yang sekiranya cocok dengan karyawan tersebut. Karena ketika perusahaan kurang paham bagaimana karyawannya dan menempatkan mereka dalam posisi yang salah. Bisa saja berdampak dengan karyawan yang tidak bertahan lama di perusahaan tersebut.

Buat Onboarding Yang Mudah Dipahami

Pada dasarnya proses onboarding dilakukan untuk memberikan proses penyesuaian untuk karyawan baru dan juga mendapatkan manfaat dari onboarding itu sendiri. namun apa adinya jika proses onboarding yang dilakukan justru terkesan rumit dan sehingga sulit di pahami oleh karyawan baru ?.

Hal ini tentu saa akan berdampak besar bagi karyawan baru tersebut. Karena itu membuat onboarding yang mudah dibahami dan sederhana sangatlah penting untuk dilakukan. Sehingga nantinya baik perusahaan dan juga karyawan baru sama-sama mendapatkan manfaat dari proses onboarding ini.

Meninjau Kemajuan Karyawan

Dalam pelaksanaan proses onboarding tentu saja tidak hanya seklai dilakukan selesai dan sudah begitu saja. Bahwasannya setelah proses ini dilakukan sebaiknya anda perlu melakukan evaluasi dari proses onboarding tersebut apakah sudah sesuai atau belum. Dengan adanya evaluasi ini, anda dapat membenahi kembali proses onboarding sebelumnya sehingga proses onboarding selanjunya dapat terjadi dengan lebih baik lagi.

Dimana evaluasi yang dilakukan dapat dengan memberikannya kepada karyawan yang sudah mengikuti proses onboarding tersebut. Apakah ada kemajuan setelah karyawan tersebut mengikuti proses onboarding. Hasil ini dapat digunakan untuk membuat onboarding yang lebih baik lagi kedepanya.

Melakukan Proses Onboarding Yang Berkualitas

cara onboarding karyawan baru

Tur Perusahaan

Hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalma proses onboarding yaitu tur perusahaan anda. Selain berisi dengan mengelilingi perusahaan atau kantor anda. Anda juga baik unutk memperkenalkan divisi yang ada dalam perusahaan anda. Hal ini bertuuan untuk mengenalkan karyawan baru tersebut dengan orang atau rekan yang nantinya akan bekerjasama dengan anda. Hal ini akan mempermudah karyawan tersebut dalam melakukan komunikasi dengan rekan kerjanya setelah adanya onboarding ini.

Buatlah Proses Onboarding Yang Interaktif

Suasan atau pelaksanaan dari onboarding sendiri merupakan hal yang penting disini. Sbebisa mungkin anda membuat onboarding yang dapat dinikmati oleh karyawan baru sehingga tidak merasa canggung dan pastikan proses onboarding ini interaktif. Sehingga karyawan tidak lagi merasa canggung dan dapat menunjukkan komunikasi timbal balik atau menjalin tanya jawab yang baik.

Pengetahuan Singkat Mengenai Perusahaan

Anda harus tidak lupa untuk memasukkan pengetahuan singkat terkait dengan perusahaan anda. Karna pasalnya karyawan baru juga perlu untuk mengetahui hal penting dalam perusahaan anda. Misalnya seperti visi misi dan juga kondisi kera pada perusahaan anda. Hal ini untuk menghindari agar karyawan tersebut tidak merasa kaget jika suatu saat ini diberikan kerja yang sebelumnya tidak ada dipikiran mereka. Pengetahuan singkat perusahaan anda ini diberikan sehingga karyawan baru sudah lebih bisa berjaga – jaga terkait kerjaannya nanti.

Tidak Terlalu Memberi Beban Kerja Yang Terlalu Berat.

Untuk karyawan baru alangkah baiknya anda tidak memberikan pekerjaan yang terlalu berat. Karena ketika karyawan masih dalam masa penyesuaiannya dan anda memberikan beban kerja yang berat hal ini akan menyebabkan karyawan tersebut merasa stress dan menjadi tidak bersemangat  bekerja.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.