Clickbait, Cara Unik Menarik Konsumen

Clickbait merupakan suatu cara atau teknik pembuatan judul agar menjadi lebih menarik. Fenomena ini sebenarnya sudah tidak jarang dan bahkan bisa ditemukan dengan mudah mosalnya di berbagai media sosial. Jika Anda dalah salah satu penggemar internet maka hal ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kenyataannya ada banyak judul yang sangat menarik di media sosial dan membuat Anda serta user lainnya merasa tertarik dan penasaran. Rasa tertarik dan penasaran ini tidak lain muncul karena judul yang menarik. Tentu saja setiap user yang membaca judul tersebut jadi ingin membaca kontennya hingga akhirnya judul tersebut diklik oleh user. Bahkan sekarang ini semakin banyak orang yang hanya dengan melihat judulnya saja maka ia memberikan like terhadap konten tersebut tanpa membacanya terlebih dahulu. Sebegitu menariknya sebuah judul hingga user sangat tertarik.

Rupanya sebuah judul bisa memberikan pengaruh yang sangat besar bagi para pembaca atau para pengguna internet. Namun saat ini banyak user internet yang mulai tidak tertarik lagi dengan adanya judul menarik. Beberapa judul yang menarik ternyata tidak sesuai dengan harapan para pengguna internet. Judul menarik yang tadinya diharapkan bisa memberikan berita atau informasi menarik ternyata justru sebaliknya. Judul menarik pada sebuah konten ternyata diikuti berita atau informasi yang biasa saja dan bahkan terkadang berita itu tidak menarik. Bahkan hal lain yang terjadi adalah adanya berita yang dianggap bohong oleh beberapa user internet.

Jika awalnya user melihat judul yang menarik tentu kemudian user ingin membaca konten tersebut. Namun ternyata tidka semua konten sesuai dengan judulnya. Fenomena baru yang seringkali dijumpai adalah adanya konten yang isi beritanya tidaklah sesuai dengan judulnya. Tentu saja para pembaca konten merasa bahwa konten ini seperti tipuan belaka. Maka dari itu secara lambat laun kepercayaan user pada konten dengan judul menarik semakin berkurang. Namun sebenarnya tidak semua konten bersifat menipu seperti yang dinilai oleh para user. Masih banyak pula konten dengan judul menarik yang ternyata mengandung berita yang sesuai dengan judul. Umumnya judul memang menjadi hal pertama yang dibaca oleh user. Bahkan hampir semua pengguna internet selalu mencari judul di kolom pencarian. Oleh karena itu membuat judul sebaiknya menarik dan mengandung kosakata yang sekiranya bisa menggoda user untuk mau membacanya. Biasanya seorang content creator atau content writer akan menuliskan judul yang menarik pada kontennya untuk mendorong user agar melihat konten tersebut.

Tips Membuat Clickbait

Membuat clickbait bisa jadi tidak mudah, oleh sebab itu jika baru pertama kali mencobanya, tidak ada salahnya untuk melihat bagaimana tips yang tepat berikut ini.

1. Membuat judul yang luar biasa.

Anda bisa membuat sebuah judul yang mungkin saja bisa menimbulkan kehebohan sehingga para user mau membaca konten Anda. Jangan pernah berpikiran untuk membuat judul yang biasa saja karena tidak akan tampak menarik bagi beberapa pengguna internet. Seperti yang telah kita ketahui bahwa judul menjadi hal pertama pada sebuah konten yang dilihat oleh user. Judul yang menarik akan memikat bagi para user sehingga user terpacu untuk melakukan klik pada konten tersebut. Namun yang harus diperhatikan juga adalah bahwa isi konten haruslah sesuai dengan judul. Selain itu berikan informasi atau berita yang berdasarkan pada kebenaran. Jangan sampai berita yang Anda tulis pada konten itu bersifat hoax.

2. Membuat judul yang kontroversial.

Sebuah judul juga bisa dituliskan secara kontoversial. Hal ini juga bisa menarik minat pengguna internet untuk membacanya. Namun sebaiknya kontroversial ini hanya terdapat pada judul saja. Anda tidak perlu memberikan berita yang juga bersifat kontroversial sebab hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari. Berita yang dibuat dan dipublikasikan melalui internet sebaiknya memang tidak mengundang kebencian atau rasa tidak suka. Justru sebaliknya sebaiknya konten dibuat dengan adanya unsur positif sehingga apa yang Anda buat ini bisa berguna bagi semua orang.

3. Gunakan angka pada judul.

Angka pada judul juga bisa menjadi suatu solusi bagi Anda. Adanya tambahan angka pada sebuah judul bisa saja membuat konten seolah lebih tegas. Tentu saja hal ini dapat membuat user menjadi semakin tertarik untuk membukanya dan membacanya. Namun menuliskan angka pada judul juga tidak boleh dilakukan secara ceroboh dan aembarangan. Penulisan angka pada judul ini setidaknya sesuai dengan isi konten Anda. Listicle sebaiknya sesuai dengan judul yang Anda berikan sehingga user tidak merasa kecewa dengan konten Anda.

4. Buatlah clickbait untuk judul yang terlalu singkat.

Jika memang judul Anda terlalu singkat maka Anda bisa menambahkan clickbait. Sebab sebuah judul yang menarik akan mengundang klik dari para pengguna internet. Selain itu dengan adanya tambahan judul yang menarik maka user akan semakin tertarik untuk membacanya. Namun hal yang penting dan perlu Anda ingat adalah berikan berita dan info yang sesuai dengan judul. Artikel yang dibuat dan dipublikasikan melalui website bisa saja menambah minat para user untuk terus dibaca jika isinya sesuai dengan judul.

Keuntungan Clickbait

Clickbait bisa saja menjadi salah satu strategi terbaik bagi Anda dalam menarik minat pembaca. Dengan adanya judul yang menari maka konten Anda bisa menjadi laris di dunia maya. Akan ada banyak user yang menekan klik pada konten Anda sehingga user bisa membuka konten berjudul unik atau menarik. Judul yang menarik dan mendorong user untuk membacanya juga membuat Anda sebagai pemilik konten mengalami beberapa keuntungan. Konten yang dibuat dengan judul menarik akan menjadi semakin laris di pasaran. Bahkan semakin banyak klik yang diperoleh di suatu website maka semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan. Website bahkan bisa memberikan penghasilan bagi Anda melalui para pembaca. Semakin banyak user internet yang membuka website Anda maka semakin besar keuntungan yang diperoleh.

Menggunakan judul dengan format clickbait bisa mengundang ketertarikan orang terhadap media promosi yang kita gunakan. Sehingga secara tidak langsung dapat memberikan banyak manfaat pada bisnis dan perusahaan. Sama halnya penggunaan JojoExpense yang dapat memberikan manfaat mulai dari pencatatan bukti keuangan yang akurat, hingga pengaturan kas dan reimburse yang mudah setiap saat.

Tentunya semua manfaat yang menarik tersebut bisa didapatkan berkat aneka macam fitur yang tersedia pada JojoExpense. Seperti misalnya fitur Cash Advanced with Flexible Verification Flow, Cash Advance Partial Reporting, Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, Direct Bank Transfer (Virtual Account), serta masih banyak fitur sejenis lainnya. Oleh sebab itu jangan berpikir lebih panjang lagi. Segera dapatkan coba gratis dan buktikan kehebatannya. Yuk, segera gunakan JojoExpense sekarang juga!