Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Singkat Tapi Efektif

contoh surat pengalaman kerja

Contoh surat pengalaman kerja mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda sekalian yang akan melama pekerjaan baru di perusahaan yang baru. Biasanya untuk melamar pekerjaan yang baru dibutuhkan sebuah surat yang menyatakan penagalaman pelamar saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Berkas ini memang haruslah disiapkan mengingat bahwa hampir setiap perusahaan mengajukan syarat berupa dokumen tersebut terhadap para pelamarnya. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam informasi mengenai kinerja pelamar serta bidang pekerjaan pelamar yang telah dilalui di perusahaan sebelumnya.

Oleh karena itu surat keterangan ini perlu dimiliki oleh setiap pegawai yang keluar dan tidak bekerja lagi di perusahaan tertentu. Tentunya surat yang menyatakan pengalaman kerja seseorang di setiap perusahaan adalah berbada. Yang membedakan tentu saja nama perusahaan serta jabatan pegawai. Sedangkan untuk bagian lainnya umumnya sama sebab isi dari surat tersebut pada dasarnya adalah sama.

Namun berbagai hal perlu dipahami dalam membuat surat pengalaman kerja seseorang. Surat pengalaman kerja sendiri terkadang disebut pula dengan istilah surat keterangan kerja. Biasanya surat ini dijadikan sebagai bahan atau sumber referensi bagi sebuah perusahaan untuk menerima pegawai baru.

Unsur Dalam Contoh Surat Pengalaman Kerja

Jenis pekerjaan

Di setiap surat keterangan yang menyatakan pengalaman kerja dari seseorang tentunya di dalamnya terdapat jenis pekerjaan dari pegawai. Dengan kata lain jabatan dari pegawai tersebut akan dicantumkan pada surat yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu perlu dicantumkan pula deskripsi kerja yang telah dilakukan oleh pegawai selama ia memagang jabatannya di perusahaan sehingga profesi dan apa yang dilakukannya tersebut bisa diketahui oleh orang lain serta perusahaan yang akan dilamar.

Lamanya hubungan kerja

Selain jenis pekerjaan rupanya ada hal lain yang juga perlu dicantumkan pada sebuah surat keterangan atau pengalaman kerja. Misalnya saja lamanya hubungan kerja yaitu sejak pekerja mulai bekerja di perusahaan sampai akhirnya ia resign atau sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Lamanya masa kerja ini bisa saja menunjukkan tingkat loyalitas karyawan terhadap tempat kerjanya. Selain itu lama masa kerja ini juga menggambarkan rasa betah karyawan selama bekerja di perusahaan tesebut.

Integritas pekerja

Dalam sebuah surat yang menyatakan pengalaman kerja seseorang rupanya bukan hanya jenis pekerjaan dan jabatan serta lama masa kerja saja yang perlu dicantumkan. Tetapi integritas pekerja selama berada di perusahaan juga perlu dicantumkan agar bisa menjadi informasi tersendiri bagi orang lain. Terutama bagi perusahaan yang akan mempekerjakan orang tersebut sebagai pegawai baru.

Penyebab berakhirnya hubungan kerja

Berakhirnya hubungan kerja antara seorang pegawai dengan sebuah perusahaan sudah tentu disebabkan karena berbagai hal. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk resign dan memutuskan hubungan kerjanya dengan sebuah perusahaan. dalam pembuatan surat yang menyatakan pengalaman kerja seseorang maka faktor penyebab tersebut perlu dicantumkan.

Membuat Surat Pengalaman Kerja

Data diri lengkap

Membuat sebuah surat pengalaman kerja tentu saja tidak sembarangan. Berbagai hal rupanya perlu dicantumkan dalam proses pembuatannya. Salah satunya adalah data diri karyawan yang telah resign atau keluar dari perusahaan. Data diri karyawan ini haruslah dibuat secara lengkap sehingga nantinya bisa memberikan informasi yang lengkap pula kepada perusahaan baru yang hendak menerimanya. Oleh akrena itu pastikan bahwa data diri pegawai yang dicantumkan dalam surat tersebut tepat dan benar.

Informasi masa kerja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lama masa kerja karyawan sangatlah penting dan perlu untuk dicantumkan di dalam sebuah surat keterangan kerja. Sebab lamanya masa kerja ini akan turut menentukan seberapa besar pengalaman seorang karyawan selama bekerja di sebuah perusahaan.

Jika ternyata masa kerja yang dialaminya barulah sebentar maka berarti pengalaman kerjanya belum begitu banyak. Namun bila seorang karyawan telah bekerja selama dua tahun lebih maka biasanya pengalaman kerjanya bisa dipertimbangkan.

Prestasi kerja

Berbagai pencapaian kerja yang memang telah diraih oleh seorang karawan di sebuah perusahaan juga perlu dicantumkan pada surat keterangan kerja. Prestasi kerja yang telah dicapai oleh karyawan menjadi suatu hal yang patut untuk diapreiasi sehingga perlu pula untuk dicantumkan pada surat keterangan kerja.

Struktur Contoh Surat Pengalaman Kerja

Kepala surat

Sebuah surat keterangan kerja atau surat pengalaman kerja umumnya dibuat dengan beberapa sub bagian. Bagian pertama adalah bagian kepala surat atau yang biasa disebut dengan istilah kop surat. Di bagian kepala surat ini terdapat identitas perusahaan mulai dari logo dan nama perusahaan serta alamat perusahaan dan juga nomer telepon perusahaan yang bisa dihubungi sewaktu-waktu.

Badan surat

Bagian yang selanjutnya adalah bagian badan surat. Di bagian badan surat ini terdapat beberapa hal yang perlu dicantumkan. Misalnya saja seperti judul dan nomer surat serta identitas pihak yang emmberikan pernyataan atau keterangan. Selain itu pada bagian ini tercantum pula identitas karyawan yang membutuhkan surat tersebut utnuk berbagai kepentingan. Selain itu perlu dicantumkan pula penjelasan mengenai pengalaman kerja karyawan. 

Penutup

Di bagian terakhir terdapat bagian penutup. Umumnya bagian ini mencantumkan tanda tangan dan stempel serta nama jelas dari pihak pemberi keterangan. Atau bisa juga disebut sebagai pihak atasan atau pimpinan perusahaan yang mengeluarkan surat pengalaman kerja tersebut.

Berbagai Jenis Surat Pengalaman Kerja

Contoh surat pengalaman kerja sebenarnya ada berbagai macam. Penulisan surat pengalaman kerja ini umumnya dilakukan dengan disesuaikan pada lembaga tempat kerja karyawan. Misalnya saja seorang guru akan mendapatkan surat pengalaman kerja dengan kop nama lembaga sekolah.

Seorang pegawai bank akan mendapatkan surat pengalaman kerja dengan logo dan nama bank. Sedangkan bidan ataupun tenaga kesehatan lainnya akan mendapatkan surat pengalaman kerja dari rumah sakit atau mungkin klini dan sejenisnya.

Demikian setiap karyawan juga akan mendapatkannya dengan kop berupa logo dan nama perusahaan tempatnya bekerja. Sedangkan format dari surat tersebut umumnya adalah sama. Yang membedakan hanyalah kop dan juga format atau model surat serta jabatan dari pihak yang mengeluarkan surat tersebut.

Tentu saja ada banyak macam contoh surat pengalaman kerja, seperti juga berbagai sistem payroll yang bisa digunakan perusahaan. Namun sejauh ini yang paling baik yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Karena dengan produk tersebut maka tentu saja pembayaran payroll dapat terlaksana secara akurat dan otomatis.

Semua manfaat ini berkat fitur-fitur yang bisa ditemukan saat menggunakan JojoPayroll. Sebut saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, hingga integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini dan basis data komprehensif untuk analisis. Karena itu jangan tunggu lagi, segera gunakan aplikasi payroll dari Jojonomic dan dapatkan coba gratisnya.