Mempertahankan Pelanggan Melalui Customer Retention Yang Optimal

customer retention

Customer retention bisa menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya. Tindakan ini mengacu pada suatu upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempertahankan para pelanggannya agar tetap menggunakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Memang mempertahankan customer atau pelanggan tidak dapat dilakukan dengan mudah. Sebab untuk mempertahankan customer maka sebuah perusahaan harus selalu menjaga kualitas produk agar selalu dapat memuaskan para pelanggan. Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak hal lainnya yang juga harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk bisa mempertahankan pelanggannya. Misalnya dengan meningkatkan layanan pada para pelanggan dan lainnya. Maka pelanggan akan selalu loyal pada perusahaan.

Manfaat Customer Retention

Mempertahankan pelanggan

Setiap perusahaan tentu saja tidak ingin kehilangan pelanggan setianya. Terlebih lagi bila pelanggan tersebut telah lama membeli produk dari perusahaan yang sama. Tentu akan sangat disayangkan bila pelanggan kemudian beralih ke perusahaan pesaing. Oleh karena itu sebaiknya setiap perusahaan berupaya untuk meningkatkan customer retention agar pelanggan tidak sampai hilang. Mempertahankan pelanggan perlu dilakukan agar pelanggan tidak sampai beralih ke perusahaan lain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama Anda. Misalnya dengan menjaga kualitas produk atau mungkin menambah varian produk sehingga pelanggan semakin setia pada brand perusahaan Anda.  

Meningkatkan pemasaran

Pemasaran menjadi salah satu hal yang juga perlu diperhatikan oleh perusahaan. Pemasaran bahkan menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan. Sebab aktivitas pemasaran dapat menentukan maju mundurnya suatu perusahaan. Jika aktivitas pemasaran berhasil maka omset penjualan produk akan meningkat. Sebaliknya jika aktivitas pemasaran tidak berhasil maka bisa saja perusahaan mengalami penurunan omset penjualan. Produk jadi kurang laku sehingga omset penjualan bisa menurun. Aktivitas pemasaran pada dasarnya juga turut berpengaruh pada kesetiaan pelanggan dalam membeli produk Anda. Dengan adnaya beberapa strategi pemasaran yang efektif maka pelanggan akan selalu memberikan penilaian yang baik pada produk Anda. Maka customer retention bisa terus berjalan.  

Keuntungan Customer Retention

Menghemat biaya

Mempertahankan seluruh customer loyal sebenarnya bisa memberikan keuntungan besar pada perusahaan Anda. Bahkan perusahaan Anda tidak perlu menambah biaya pengeluaran untukmelakukan kegiatan pemasaran yang berlebihan dalam mempertahankan pelanggan lama. Bagaimanapun juga mempertahankan pelanggan lama merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan. Anda bisa lebih menghemat pengeluaran dan Anda hanya perlu meningkatkan kualitas produk serta layanan perusahaan saja. Mempertahankan pelanggan lama tentu berbeda dengan mencari pelanggan baru. Upaya untuk mencari pelanggan baru tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar dan lebih banyak. Terutama dalam hal pemasaran yang meliputi kegiatan promosi produk atau sejenisnya. Maka mencari pelanggan baru bisa saja lebih boros dibanding jika Anda harus mempertahankan customer loyal.

Meningkatkan omset

Yang dimaksud dengan omset disini adalah omset penjualan yang diterima oleh perusahaan Anda. Bila pelanggan lama Anda tetap setia pada brand perusahaan Anda maka berarti Anda tak perlu cemas dengan omset penjualan Anda. Artinya omset penjualan Anda setidaknya tidakakan menurun karena pelanggan lama tetap membeli produk yang Anda tawarkan di pasar. Maka sebaiknya upaya untuk mempertahankancustomer loyal segera dilakukan. Jangan sampai pelanggan setia Anda tertarik dengan produk perusahaan pesaing sehingga beralih kepada perusahaan lain. Sebab hal ini bisa saja membuat omset penjualan menurun. Bila seluruh pelanggan lama sudah tidakpercaya lagi pada brand Anda maka bisa saja perusahaan Anda mengalami kerugian.

Mengembangkan bisnis

Kebanyakan pelanggan memberikan pendapatnya mengenaiproduk yang telah digunakannya sejak lama. Hal ini sebenarnya bukanlah merupakan sesuatu yang buruk. Justru pendapat dari pelanggan lama bisa menjadi suatu masukan atau saran yang bersifat membangun bagi perusahaan Anda. Dengan adanya segala ide dan saran serta kritik dari pelanggan setia Anda maka Anda bisa mengembangkan bisnis. Segala pendapatkan yang dilontarkan oleh pelanggan lama mungkin saja bisa menjadi koreksi bagi produk Anda sehingga Anda bisa mengembangkan produk dari brand perusahaan Anda. Dalam hal ini customer retention bisa menjadi salah satu upaya bagi perusahaan Anda untuk tetap mempertahankan customer loyal sehingga akan selalu ada masukan dan saran darinya. Dengan demikian Anda bisa mengembangkan bisnis dengan disesuaikan pada keinginan dan kebutuhan pasar.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Membangun Customer Retention

Mendata customer

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membangun customer retention adalah dengan melakukan pendataan terhadap para customer atau pelanggan. Dengan mendata customer atau pelanggan maka Anda bisa mengetahui diapa saja yang menjadi customer loyal bagi perusahaan Anda. Atau mungkin Anda bisa menemukan pula siapa saja pelanggan perusahaan Anda yang mulai mundur dan telah beralih ke perusahaan kompetitor. Mungkinsaja Anda bisa melakukan upaya untuk bsia menarik kembali para pelanggan yang telah beralih ke perusahaan pesaing. Semua ini bsia dilakukan bila Anda mengawali langkah dengan melakukan pendataan customer. Pendataan ini pada akhirnya juga bisa berguna bagi Anda untuk menetapkan rencana yang matang dalam melakukan pengembangan bisnis Anda.

Memberikan layanan terbaik

Mempertahanakan adanya pemberian layanan yang baik kepada pelanggan juga bsia menjadi salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk membangun customer retention. Upaya ini bisa dilakukan melalui jasa customer service yang siap melayani seluruh pelanggan Anda. Dengan adanya customer service yang selalu siap melayani pelanggan maka tentunya pelanggan Anda akan merasa puas. Pelanggan akan merasa selalu dihargai sehingga tidak akan berpaling dari brand perusahaan Anda. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Pentingnya Customer Retention

Customer retention mungkin tidak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Sebab beberapa perusahaan mungkin saja lebih memusatkan fokus pada hal mencari dan mendapatkan pelanggan baru. Namun sebenarnya mempertahankan pelanggan lama juga tak kalah pentingnya dari mencari pelanggan baru. Mempertahankan pelanggan lama bagaimanapun juga bisa membuat sebuah perusahaan menjadi semakin berkembang. Sebab pelanggan lama bisa saja memberikan saran ataupun masukan kepada perusahaan Anda. Pada akhirnya perusahaan Anda akan semakin berkembang dan omset penjualan akan meningkat sehingga keuntungan semakin besar.

Strategi Meningkatkan Bisnis Dengan Costumer Retention

Membangun bisnis yang sukses lebih dari hanya sekedar menggaet banyak pembeli. Dimana selain mendapatkan costumer baru secara terus – menerus hal yang tidak boleh dilupakan adalah costumer retention.

Artikel kali ini akan berfokus pada pembahasan mengenai costumer retention beserta bagaimana cara atau strategi dalam membuat pelanggan tetap setia kepada produk yang anda jual.

Pelanggan atau kostumer baru memang merupakan hal yang penting dari sebuah perkembangan bisnis. Namun hal ini tidak akan berjalan maksimal apabila tidak dibarengi dengan loyalitas dari costumer itu sendiri.

Dimana loyalitas dari pembeli produk anda bisa menjadi cara tercepat dan terbaik bagi suatu bisnis untuk mencapai tujuan – tujuan yang diinginkannya.

Tahukah anda bahwa dengan meningkatkan costumer retention sebesar 5% saja sudah cukup dan mampu meningkatkan profit hingga 25 sampai 95% bagi sebuah perusahaan atau organisasi. Hal ini tentu akan sangat disayangkan apabila tidak digunakan secara maksimal.

Perbedaan Costumer Retention dan Costumer Acquisition

Costumer retention diartikan sebagai Tindakan yang dilakukan untuk membuat kostumer anda Kembali membeli produk yang dihasilkan perusahaan. Dimana tujuan utama dari dilakukannya costumer acquisition adalah untuk meningkatkan profit serta penjualan dari perusahaan atau vendor itu sendiri.

Sedangkan costumer acquisition bisa diartikan sebagai Tindakan yang dilakukan seorang pengusaha dalam menggaet pembeli baru yang mana hal terssbut wajib dilakukan untuk perkembangan bisnis itu sendiri.

Setelah mendapatkan pelanggan baru sangat penting membuat pelanggan betah hingga tidak pindah ke merek lain. Perusahaan harus menemukan caranya sendiri agar bisnis tersebut tetap berkembang setelah mendapatkan pelanggan.

costumer retention

Cara Meningkatkan Costumer Retention Dalam Bisnis

Berikut adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pelanggan serta mengubah kostumer menjadi salah satu pelanggan yang setia, antara lain adalah :

Fokus Pada Menciptakan Pengalaman yang Positif Bagi Pelanggan

Layanan serta pengalaman yang dialami oleh pembeli Ketika menggunakan produk anda merupakan syarat utama dalam menentukan apakah mereka akan membeli produk itu lagi atau tidak. Sehingga, opini untuk meningkatkan layanan pelanggan yang baik serta efisien merupakan Langkah yang tepat untuk diambil perusahaan.

Pastikan proses yang dilalui oleh pembeli dalam mendapatkan produk anda berjalan dengan lancar. Dengan begitu, dimungkinkan pelanggan akan menjadi pembeli setia dari produk anda.

Program Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Buatlah program – program yang menarik bagi pembeli. Program yang dimaksut bisa berupa promo atau kejutan berhadiah lainnya. Hal ini digunakan semata – mata demi meningkatkan frekuensi pembelian.

Pastikan pelanggan setia anda mendapatkan penghargaan atau imbalan Ketika menyelesaikan syarat – syarat tertentu. Anda bisa memulai Langkah tersebut dengan meminta pelanggan untuk membuat akun.

costumer retention

Melakukan Kontak yang Mendalam Dengan Pembeli

Menumbuhkan awareness bisa dilakukan dengan meningkatkan interaksi dengan pelangga. Anda bisa membuat pelanggan selalu mengingat produk anda dengan menawarkannya melalui internet. Atau dengan menggunakan email.

Email merupakan salah satu platform online yang sangat berguna dalam pemasaran serta retensi. Menggunakan email untuk membangun hubungan yang posistif dengan pelanggan merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan profit perusahaan.

Anda dapat mengirimkan email yang berisi penawaran khusus, atau sekedar menginfokan produk terbaru serta hal – hal yang mendalam seperti ucapan selamat ulang tahun, atau ucapan tahun baru.

Menghargai Pelanggan Tetap

Harap disadari bahwa dalam dunia bisnis selalu terdapat persaingan yang ketat. Banyak produk yang berlomba – lomba untuk menjadi yang paling dilirik pelanggan. Dan tentunya, bahkan pelanggan tetap anda sekalipun bisa goyah Ketika ditawari produk lain yang lebih mengundang.

Untuk menghindari hal tersebut gunakan apresiasi atau ungkapan terimakasih kepada pelanggan tetap tersebut. Tunjukkan bahwa anda menghormati mereka karna telah memilih produk yang anda jual.

Menunjukkan rasa ‘penghormatan’ tidak perlu dilakukan dengan wah, cukup dengan cara – cara sederhana seperti mengirimkan ucapan terimakasih setiap pembeli selesai membeli produk, atau memberikan reward Ketika telah emmenuhi syarat tertentu. Anda juga bisa memberikan diskon khusus serta penawaran – penawaran khusus lainnya.

Sapalah pelanggan di sosial media. Ajak komunikasi dua arah dan membangun iklim bersahabat yang menyenangkan sehingga komunikasi dua arah dapat berlangsung dengan baik.

costumer retention

Membangun Loyalitas Karyawan yang Kuat

Masalah internal yang terjadi dalam perusahaan atau organisasi anda ternyata berpengaruh besar terhadap pelayanan pelanggan itu sendiri. Dengan mempunyai karyawan yang loyal serta berkomitmen akan mampu emmbawa perusahaan ke tahap yang jauh lebih matang.

Loyalitas karyawan akan menentukan tingkat retensi palanggan. Semakin Bahagia karyawan anda semakin puas pula pelanggan terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan. Perusahaan diharuskan untuk memiliki ikatan yang baik dengan karyawannya.

Pastikan bahwa karyawan memiliki cukup peralatan dan kebutuhan dalam menjalankan bisnis perusahaan itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektifitas dari karyawan itu sendiri. Berilah pujian serta pengakuan terhadap karyawan yang telah melakukan pekerjaannya dengan baik.

Dimana pujian dan penghargaan yang diberikan perusahaan terhadap karyawannya akan menambah semangat dari karyawan tersebut untuk selalu memberikan hasil yang terbaik.

Mendapatkan pelanggan baru memang sesuatu yang penting bagi perusahaan, namun harus diingat bahwa retensi pelanggan jauh lebih penting dari hanya mendapatkan pelanggan baru. Dimana retensi pelanggan akan menentukan lama tidaknya usaha anda bisa berjalan.

Pentingnya Loyalitas Karyawan

Hal inilah yang dapat membuat anda mengetahui bagaimana pertimbangan antara pelanggan baru dan pelanggan lama menjadi loyal atau tidak dalam menjadi mitra setia usaha anda.

Perlu diketahui bahwa setiap pengusaha akan menghadapi dunia bisnis yang jauh dari kata menyenangkan. Banyak persaingan yang sangat – sangat ketat hingga akan membuat anda susah bahkan untuk bernafas.

costumer retention

Diperlukan keahlian yang luar biasa bagi seorang leader untuk mampu bersaing dengan lawan bisnis yang ada. Karna sampai kapanpun persaingan itu akan tetap ada dan anda diharuskan bisa menjadi kapten yang pintar untuk mampu mendayung diantara karang.

Seorang leader harus tahu bagaimana cara terbaik dalam membuat pelanggan setia dengan produk yang anda hasilkan dan merekalah garis terdepan dalam menghadapi persaingan dagang yang luar biasa. Bahkan terkadang kesuksesan dari bisnis itu sendiri ditentukan oleh jumlah pelanggan setia yang mengikuti bisnis anda.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendukung strategi bisnis yang ada adalah dengan membuat situs wesite yang handal. Website tersebut dapat mendukung trategi akuisisi yang anda jalankan serta retensi pelanggan itu sendiri.

Kesimpulan

Diharapkan dengan cara – cara strategi costumer retention yang telah disebutkan sebelumnya dapat membantu usaha anda untuk terus berkembang dan mampu bersaing dengan pasar bisnis yang ada. Diperlukan pemahaman yang mendalam untuk mengerti serta menemukan cara terbaik dalam costumer retention.

Situasi atau keadaan yang ada dalam tiap bisnis bisa jadi berbeda – beda dan mempunyai masalahnya masing – masing. Keputusan seorang leaderlah yang mampu membawa perusahaan untuk mampu melewati berbagai rintangan yang ada.

Hal ini sama halnya dengan memilih sistem keuangan perusahaan yang paling efektif. Salah satunya dengan beralih menggunakan JojoExpense. Sebagai produk keuangan, produk ini membantu mengatur pemasukan maupun pengeluaran keuangan perusahaan secara lebih optimal. Selain itu membantu juga untuk mencegah resiko penipuan di dalam keuangan perusahaan.

Tentu saja semua ini berkat beberapa fitur menarik yang terdapat di dalam JojoExpense. Beberapa fitur andalan dari produk tersebut termasuk fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Karena itu jangan ragu, segera saja daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Nikmati coba gratis selama 14 hari dan rasakan kemudahan dalam mengatur keuangan perusahaan Anda.