Customer Service Telinga Perusahaan Untuk Konsumen

Berbagai perusahaan telah memakai customer service sebagai salah satu jalan untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Tahukah anda perjalanan sebuah produk tidak begitu saja selsai. Ketika produk dibeli oleh konsumen, melainkan saat berpindah tangan disinilah titik krusial yang sangat menentukan.

Mungkin untuk beberapa perusahaan start up masih sering tidak mementingkan pelayanan pelanggan ini. Sebab tujuan utama mereka hanya untuk meraup keuntungan dari penjualan produk. Padahal jika ditelusuri kepuasan pelanggan dengan layanan seperti ini sangat penting. Bisa saja produk yang diterima pelanggan tidak dalam kondisi baik.

Sehingga mereka harus mengadukan keluhannya kepada customer service. Mungkin pengaduan ini seperti sepele, tapi respon tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan terkait produknya. Menjadi perhitungan utama konsumen untuk kembali membeli produk tersebut. Berikut adalah manfaat yang diberikan jika perusahaan memberikan layanan pelanggan ini.

Testimoni Positif Dari Customer Service

customer serviceHandling complain dari customer service akan selalu membuahkan testimoni positif. Walaupun produk yang telah dibeli oleh konsumen mengecewakan. Tapi jika ternyata pelayanan konsumen yang diberikan oleh perusahaan membuat hati pelanggan bahagia. Tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut tetap memberikan ulasan positif.

Testimoni ini adalah sebuah hal yang sangat penting untuk memenangkan persaingan pada masa kini. Hampir setiap produk baru yang beredar di pasaran pasti akan dilihat ulasannya terlebih dahulu oleh konsumen. Jika banyak terdapat ulasan atau testimoni negatif, maka sulit produk tersebut untuk disukai oleh para konsumennya.

Satu saja testimoni negatif biasanya akan sangat mempengaruhi citra produk. Jadi kondisi customer service ini sangatlah krusial dalam perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan anda memang bergerak pada bidang Food and Beverage. Dimana akan selalu saja ada beberapa perbedaan pendapat rasa dan lain sebagainya. Akhirnya ketidak sesuaian tersebut bisa berbuah testimoni negatif.

Sebenarnya layanan konsumen ini tidak terfokus pada perusahaan yang bergerak di F and B saja. Melainkan hampir seluruh jenis perusahaan pasti memiiki layanan konsumennya. Mungkin maksudnya adalah untuk memperpanjang relasi antara konsumen dan perusahaan. Sehingga konsumen merasa nyaman membeli produk dari perusahaan.

Kenyamanan Karyawan Dalam Perusahaan

Dampak positif ini mungkin baru anda pikirkan. Sebab sebenarnya customer service juga memberikan kebahagian untuk karyawan. Ketika pegawai berhasil untuk mengatasi keluhan yang telah dibebani kepadanya. Maka anda secercah perasaan gembira, apalagi jika masalah yang dihadapinya cukup sulit. Kemudian konsumen tersebut berterimakasih dengan sepenuh hati.

Secara tidak langsung adanya layanan konsumen ini memberikan warna tersendiri dalam perusahaan. Sebab ketika suasana kantor yang begitu jenuh dan membosankan. Kemudian hadir telpon dari konsumen, maka seketika gairahnya langsung berubah. Konsep ini sendiri berdasarkan kepada kondisi dasar manusia sebagai mahluk sosial.

Ketika melakukan kebaikan untuk orang lain biasanya otak kita akan memproduksi hormon kebahagian lebih banyak. Maka customer service bukan saja baik untuk membangun hubungan dengan konsumen. Melainkan juga sebagai cara untuk mendapatkan lingkungan perusahaan yang lebih bahagia.

Membuat Konsumen Lebih Mandiri

customer serviceKetika sudah terbiasa untuk dilayani oleh customer service. Maka ini menjadi pendidikan tersendiri bagi konsumen. Perlahan mereka akan mulai terbiasa untuk menghandle masalahnya sendiri. Lambat laun mungkin layanan konsumen hanya akan digunakan saat mereka benar-benar dalam kondisi masalah yang sulit dipecahkan.

Tentu hal ini akan sedikit mempermudah pekerjaan layanan konsumen. Sebab mereka bisa menghandle masalah dari konsumen lainnya. Ataupun berfokus untuk menyelsaikan berbagai macam permasalahan lainnya dalam perusahaan. Lebih luas lagi layanan konsumen setelah mencapai tahap ini akan memberikan dampak yang begitu positif.

Ini berarti konsumen telah demikian sukanya terhadap produk perusahaan anda. Jika bukan karena customer service mungkin pencapaian tersebut tidak akan bisa dicapai. Jadi apabila perusahaan anda ingin lebih dekat terhadap konsumen maka memakai layanan konsumen adalah langkah yang harus diambil.

Perkembangan Layanan Konsumen

Dahulu customer service memang sangat terpaku oleh seseorang yang berkerja untuk menerima setiap keluh kesah pelanggan. Tapi sekarang pekerjaan ini sudah mulai diakusisi oleh beberapa perangkat lunak. Contohnya saja dengan kehadiran bot layanan chat pelanggan. Walaupun sejatinya memang kapasitas jawaban mereka tidak benar-benar banyak.

Bot atau mesin jawab otomatis dalam chat layanan konsumen ini adalah sebuah hal yang baru. Tapi tidak begitu baru sekali, mengingat penggunaannya telah beberapa tahun kebelakang. Mesin penjawab ini biasanya akan menjawab beberapa keluhan ringan yang mendasar. Pihak bank yang memiliki website pasti akan selalu menggunakannya.

Sebab nasabah mereka pasti sangat banyak sekali. Jika permasalahnnya cukup berat maka bot akan mengarahkan nasabah untuk berbicara langsung dengan customer service bersangkutan. Tapi beberapa perusahaan juga membuka layanan konsumen melalui email ataupun beberapa personal chat via media sosial.

Mengingat aktivitas masyarakat sekarang lebih banyak dilakukan pada internet. Jadi sangatlah wajar eksistensi layanan konsumen ini akan selalu dibutuhkan. Entah apapun bentuknya pegawai nyata ataupun dengan menggunakan mesin kecerdasan buatan. Terpenting adalah perusahaan anda telah membuka sebuah layanan pelanggan.

Keseriusan Dalam Hal Pelayanan

Sudah jelas bahwa customer service adalah bukti keseriusan perusahaan dalam memberikan pelayanan terhadap setiap konsumennya. Dengan adanya niatan baik untuk memberikan pelayanan yang sepenuh hati seperti ini. Maka konsumer regeneration akan lebih cepat terjadi dalam sebuah perusahaan.

Marketing didalamnya juga akan melonjak tinggi sekali. Mengikuti tingkat kepuasaan setiap pelanggan setelah dilayanan. Sekarang tinggal bagaimana perusahaan melayani karyawannya. Tentu saja dengan memberikan pembayaran gaji yang sesuai dan tidak ribet. Untuk melakukan hal tersebut perusahaan bisa menggunakan JojoPayroll.

JojoPayroll Pembayaran Gaji Bulanan Lebih Efisien

Bukan saja pelanggan yang harus dilayani tapi juga karyawan dalam perusahaan. Pelayanan terbaik untuknya adalah dengan memakai JojoPayroll. Dimana dengan memakai software ini pekerjaannya bisa sedikit terbantu. Tidak akan ada lagi pekerjaan yang dilakukan secara berulang seperti penyesuaian absensi dengan jumlah payroll. Karena software ini akan melakukan integrasi itu dengan otomatis.

Lalu untuk perihal transfer juga anda tidak perlu lagi menyicilnya satu persatu ke setiap akun bank karyawan. Dengan menggunakan JojoPayroll, anda bisa melakukan transfer ke lebih dari 150 akun bank dalam sekali klik saja. Sangat menghemat waktu serta tenaga milik anda.

Pencetakan slip elektronik adalah keuntungan yang begitu besar ketika perusahaan menggunakan perangkat lunak ini. Dengan slip yang sudah berbentuk file elektronik. Maka tidak akan ada lagi biaya yang mesti terbuang untuk sekedar pencetakan slip gaji.

Tunggu apalagi nikmati seluruh keuntungan yang dimiliki oleh perangkat lunak ini sekarang juga. Download versi demonya agar anda bisa merasakan betapa mudahnya setelah memanfaatkan perangkat lunak JojoPayroll. Trial demo ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis untuk anda download dan langsung gunakan.