Pengertian Dana Pensiun dan Manfaatnya

Tahukah kamu bahwa pemberian pensiun kepada para karyawan bukan saja hanya memberikan kepastian penghasilan dimasa depan, tetapi juga ikut memberikan motivasi  bagi karyawan  untuk lebih giat bekerja. Dengan memberikan program jasa pensiun para karyawan merasa aman, terutama bagi mereka yang menganggap pada usia pensiun sudah tidak produktif lagi. Sedangkan bagi sebagian masyarakat yang masih produktif  juga akan memberikan motivasi bahwa jasa  jasa mereka masih dihargai perusahaannya.

Apa itu Dana Pensiun?

Dana pensiun adalah hak seseorang untuk memperoleh penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan sudah memasuki usia pensiun atau ada sebab-sebab lain sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan. Penghasilan dalam hal ini biasanya diberikan dalam bentuk uang dan besarnya tergantung dari peraturan yang ditetapkan.

Oops! We could not locate your form.

Pengertian perusahaan dana pensiun secara umum dapat merupakan perusahaan yang memungut dana dari masyarakat  kepada peserta pensiun sesuai perjanjian. Artinya dana ini dikelola oleh  suatu lembaga dan pemungutan dana diperoleh dari pendapatan para karyawan suatu perusahaan, kemudian membayarkan kembali dana tersebut dalam bentuk pensiun setelah jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.

Pengertian sesuai perjanjian disni adalah diberikanya dana pada saat karyawan  tersebut sudah memasuki usia pensiun atau ada sebab-sebab lain, sehingga memperoleh hak untuk mendapatkan dana tersebut

Jadi kegiatan perusahaan dana pensiun adalah memungut  dana dari iuran yang dipotong dari pendapatan karyawan suatu perusahaan. Iuran ini kemudian di investasikan lagi kedalam berbagai kegiatan usaha yang memberikan keuntungan

pensiun
Manfaat Dana Pensiun

Setelah kita membahas tentang pengertian dari dana satu ini, sekarang kita akan membahas manfaat dari dana pensiun bagi karyawan maupun lembaga pengelola. Manfaat atau tujuan penyelenggaraan dana penerima pensiun dapat dilihat dari dua atau tiga pihak yang terlibat. Jika hanya dua pihak berarti antara pemberi kerja dengan karyawannya sendiri. Sedangkan jika tiga pihak , yaitu pemberi kerja, karyawan dan lembaga pengelola dana pensiun, dimana kemudian masing-masing pihak memiliki tujuan tersendiri.

Bagi pemberi kerja tujuan atau manfaat penyelenggaraan dana pensiun bagai karyawan adalah sebagai berikut:

  • Memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah mengabdi diperusahaan tersebut.
  • Agar dimasa usia pensiun karyawan tersebut tetap dapat menikmati hasil yang diperoleh setelah bekerja diperusahaannya.
  • Memberikan rasa aman dari segi batiniah sehingga dapat menurunkan turn over karyawan.
  • Meningkatkan motivasi karyawan dalam melaksanakan tugas sehari – sehari
  • Meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah

Sedangkan, bagi karyawan yang menerima pensiun, manfaat yang diperoleh dengan adanya dana pensiun yaitu:

  • Kepastian memperoleh penghasilan dimasa yang akan datang setelah memasuki masa pensiun
  • Memberikan rasa aman dan dapat meningkatkan motivasi untuk bekerja.

Selanjutnya, bagi lembaga pengelola dana pensiun tujuan penyelenggaraan dana pension yaitu:

  • Mengelola dan pensiun untuk memperoleh keuntungan dengan melakukan berbagai kegiatan investasi
  • Turut membantu dan mendukung program pemerintah.

Jenis-Jenis Pensiun

Pensiun juga memiliki macam-macam jenis loh. Secara umum jenis pensiun yang dapat dipilih oleh karyawan yang akan menghadapi pensiun sebagai berikut:

  1. Pensiun Normal. Pensiun normal yaitu pensiun yang diberikan untuk karyawan yang usianya telah mencapai masa pensiun seperti yang ditetapkan perusahaan. Sebagai contoh, rata rata usia pensiun di Indonesia adalah telah berusia 55 tahun dan 60 tahun untuk profesi tertentu.
  2. Pensiun Dipercepat. Jenis pensiun ini untuk kondisi tertentu, misalnya karena adanya pengurangan pegawai di perusahaan tertentu.
  3. Pensiun Ditunda. Pensiun ditunda merupakan pensiuan yang diberikan kepada para karyawan yang meminta pensiun sendiri, namun usia pensiun belum memenuhi syarat untuk pensiun. Dalam hal tersebut karyawan yang mengajukan tetap keluarnya dan pensiunnya baru dibayar pada saat usia pensiun tercapai.
  4. Pensiun Cacat. Pensiun yang diberikan bukan karena usia, tetapi lebih disebabkan peserta mengalami kecelakaan sehingga dianggap tidak mampu lagi untuk dipekerjakan. Pembayaran pensiun biasanya dihitung berdasarkan formula manfaat pensiun normal dimana masa kerja diakui seolah-olah sampai usia pensiun normal.

Jenis Dana Pensiun

Selain jenis pensiun, ternyata dana pensiun juga dibagi dari beberapa jenis. Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 1992, dana pensiun dapat digolongkan kedalam beberapa jenis yaitu:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  • Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)
  • Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Jadi, pengelolaan dana pensiun dapat dilakukan oleh pemberi kerja (DPPK)) atau lembaga keuangan (DPLK). Perusahaan mempunyai beberapa alternatif. Altenatif ini disesuaikan dengan tujuan perusahaan, tanpa menghilangkan hak karyawan. Alternatif yang dapat dipilih, antara lain:

  • Mendirikan sendiri dana pensiun bagi karyawannya
  • Mengikuti program pensiun yang diselenggarakan oleh dana pensiun lembaga keuangan lain
  • Mendirikan dana pensiun secara bersama sama dengan pemberi kerja.

Menurut ketentuan diatas program pensiun yang dapat dijalankan adalah sebagai berikut:

  1. Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP). Program pensiun manfaat pasti merupakan program pensiun yang besar manfaat pensiun ditetapkan dalam peraturan dana pensiun. Seluruh iuran merupakan beban karyawan yang dipotong dari gajinya. Program ini dikaitkan dengan masa kerja dan besar penghasilan kita untuk menentukan besaran uang pensiun.
  2. Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). Pensiun iuran pasti, besarnya manfaat pensiun tergantung dari hasil pengembangan kekayaan dana pensiun. Iuran ditanggung bersama oleh karyawan dan perusahaan pemberi kerja. Program pensiun ini terdiri dari money purchase plan, profit sharing dan saving plan dimana besarnya uang pensiun didasarkan pada iuran dibayarkan pekerja dan perusahaan (pemberi kerja).

dana-pensiun

Kelebihan Program Pensiun Manfaat Pasti

Berikut kelebihan dari program pensiun manfaat pasti, yaitu:

  • Uang pensiun ditentukan terlebih dahulu sesuai dengan gaji karyawan, sehingga pekerja dapat menentukan besarnya uang yang akan diterima pada saat mencapai usia pensiun.
  • Berlaku surut, artinya dapat mengakomodasi masa kerja yang telah dilalui pekerja apabila, program pensiun dibentuk jauh setelah perusahaan berjalan.

Kelemahan Program Pensiun Manfaat Pasti

Berikut kelemahan dari program pensiun manfaat pasti, yaitu:

  • Perusahaan menanggung resiko atas kekurangan dana apabila hasil investasi tidak mencukupi
  • Program ini relatif lebih sulit untuk dikelola dari sisi administrasinya.

Kelebihan Program Pensiun Iuran Pasti

Berikut kelebihan dari program pensiun iuran pasti, yaitu:

  • Iuran dari perusahaan dapat diperhitungkan secara pasti
  • Lebih mudah memperhitungkan besarnya iuran bagi pekerja sehingga proses administrasinya juga lebih gampang dikelola.

Kelemahan Program Pensiun Iuran Pasti

Berikut kelemahan dari program pensiun iuran pasti, yaitu:

  • Susah memprediksi penghasilan pada saat mencapai usia pensiun karena karyawan menanggung resiko atas ketidakberhasilan investasi
  • Tidak berlaku surut, artinya tidak dapat mengakomodasikan masa kerja yang telah dilalui karyawan.

Manfaat Jaminan Pensiun bagi Keluarga Pekerja

Tahukah kamu, selain pekerja yang pensiun, keluarga pekerja tersebut juga membutuhkan jaminan hidup sehingga jaminan pensiun ini dibuat dalam bentuk program yang memberikan jaminan pendapatan bulanan seumur hidup untuk pekerja yang pensiun atau berhenti kerja karena cacat, dan  untuk ahli warisnya. Besarnya manfaat pensiun untuk setiap tahun iuran dapat berupa persentase dari rata-rata gaji atau nominal tertentu. Peserta jaminan pensiun adalah pekerja yang telah membayar iuran.

Manfaat jaminan pensiun dalam bentuk uang tunai yang diterima setiap bulan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pensiun hari tua, diterima peserta setelah pensiun sampai meninggal dunia
  • Pensiun cacat, diterima peserta yang cacat akibat kecelakaan atau akibat penyakit sampai meninggal dunia
  • Janda/duda, diterima janda/duda ahli waris peserta sampai meninggal dunia atau menikah lagi
  • Pensiun anak, diterima anak ahli waris peserta sampai mencapai 23 (dua puluh tiga) tahun, bekerja, atau menikah
  • Pensiun orang tua, diterima orang tua ahli waris peserta lajang sampai batas waktu tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Manfaat jaminan pensiun ini berlaku jika memenuhi kondisi sebagai berikut:

  • Peserta jaminan pensiun atau ahli warisnya berhak mendapatkan pembayaran uang pensiun berkala setiap bulan setelah memenuhi masa iuran minimal 15 (lima belas) tahun
  • Jika peserta meninggal dunia pada masa pembayaran iuran  selama 15 (lima belas) tahun tersebut, ahli warisnya tetap berhak mendapatkan manfaat jaminan pensiun.

Dana pensiun bisa saja mnejadi penghasilan yang pasti bagi karyawan di hari tuanya. jadi dana ini bisa digunakan sebagai jaminan untuk hari tua. Jaminan ini bisa dijadikan sebagai jaminan masa depan. Dana pensiun sebenarnya merupakan hak seseorang untuk mendapatkan penghasilan terutama saat ia telah memasuki usia atau masa pensiun. Hak untuk mendapatkan dana ini tentunya bisa diperoleh setelah karyawan tersebut bekerja selama beberapa tahun di perusahaan tertentu. Atau bisa juga karyawan dan perusahaan telah memiliki beberapa perjanjian yang ditetapkan sehinggakaryawan berhak mendapatkan dana di masa tuanya atau di masa pensiun yang kemudian harus dihadapinya.

Tentunya jumlah dana yang diterima karyawan di masa pensiunnya ini telah ditetapkan besarnya sejak semula. Dengan kata lain besarnya dana untuk masa pensiun karyawan ini telah ditetapkan oleh perusahaan sejak awal. Tentunya adanya dana ini sangat membantu kehidupan setiap orang yang tadinya bekerja namun sekrang sudah tidak bekerja lagi karena masuk ke masa pensiun. Dana ini akan membantu seseorang tetap sejahtera di masa pensiunnya.

Mempersiapkan Dana Pensiun

Cari tahu kebutuhan di masa pensiun

Jika saat ini Anda masih sedang bekerja dan masih memasuki usia produktif maka tak ada salahnya melakukan perkiraan untuk masa pensiun. Jadi And abisa mencari tahu apa saja sekiranya yang akan menjadi kebutuhan di masa tua atau masa pensiun atau masa depan. dengan mencari tahu kebutuhanapa saja yang diperlukan maka nantinya bisa dipastikan berapa dana pensiun yang harus diperoleh atau didapatkan di masa tua. Kebutuhanbisa menjadi acuan untuk mempersiapkan dana tersebut.

Tentukan kapan tepatnya pensiun akan dimulai

memang tidak ada satu orang pun yang dapat memastikan masa depan. Namun memperkirakan apa saja yang harus dilakukan di masa depan haruslah terpikirkan oleh setiap orang. Pemikiran mengenai masa depan bisa dimulai dari kapan Anda mulai pensiun. Artinya pensiun akan dimulai di usia berapa. Melalui pertimbangan ini maka Anda sudah tentu bisa mempersiapkan dana pensiun semakin awal. Besarnya dana ini uga tentunya sudah turut diperhitungkan sejak awal sehingga bisa lebih tepat.

Mengumpulkan Dana Pensiun

Menabung

Pada dasarnya menabung merupakan cara paling efektif yang bisa dilakukan Anda sekalian untukbisa memiliki uang di masa tua. Jadi seseorang yang tadinya bekerja kemudian menjadi tua sudah tidak perlu lagi kerja dan dapat menikmati uang hasil dari apa yang telah ditabungnya selama masih bekerja atau selama masih muda. Menabung juga pada dasarnya merupakan suatu hal yang sangat sederhana dan sangat mudah. hampir semua orang pasti pernah melakukannya untuk digunakan di masa depan.

Namun sebenarnya menabung juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Misalnya dengan menabung di bank dan kemudian diivestasikan dalam bentuk deposito berjangka sehingga bunga yang diperoleh dari tabungan ini cukup besar.  Sebab menabung dengan caratradisional mungkin saja masih kurang efektif bisa dipersiapkan sebagai dana jaminan di masa tua.

Investasi

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk memperoleh dana pensiun selain dengan menabung adalah dengan melakukan investasi. Melakukan investasi saat ini juga sudah hampir banyak dilakukan oleh semua orang. Investasi biasanya hadir ke tengah masyarakat dalam beberapa bentuk. Mulai dari investasi dalam bentuk saham atau reksa dana atau mungkin dalambentuk lainnya yang berkaitan dengan dunia pasar modal.

Ada pula investasi dallam bentuk emas yang kini juga semakin banyak dilakukan. Investasi dalam bentuk emasini tampaknya sangat banyak  dipilih karena kemudahaannya. Ada pula investasi yang dilakukan dalam bentuk properti misalnya dalam bentuk rumah atau gedung tertentu. Bahkan ada pula seseorang yang menginvestasikannya dalambentuk tanah. Terakhir ada pula investasi dalambentuk deposito yaitu dalam bentuk uang.

Berhemat

Kegiatan lain yang juga perlu dilakukan untuk bisa mengumpulkan dan mendapatkan dana pensiun adalah dengan kegiatan berhemat. Yang dimaksud dengan berhemat dalamhal ini adalah menekan jumlah pengeluaran sehingga sisa uang bisa disimpan atau dikumpulkan dan ditabung. berhemat mmang harus dilakukan oleh siapa saja baik di masa muda maupun di masa tua. Saat masih bekerja hendaknya Anda juga sudah mulai berhemat. Hingga di masa pensiun hendaknya juga menggunakan uang atau dana yang ada sambil berhemat. Dengan berhemat maka pengeluaran semakin irit sehingga dana bisa dipersiapkan untuk kebutuhan lainnya yang bersifat mendadak.

Alokasi

Berikan alokasi dana yang tepat terutama di masa pensiun. Alokasi dana harus dilakukan sejak awal agar setiap ornag dapat menentukan berapa uang yang dibutuhkan secara lebih tepat. Tidakhanya pemasukan saja yang nantinya bisa diperkirakan tetapi pada akhirnya alokasi juga akan membantu mempermudah penentuan kesejahteraan hidup di masa pensiun. jadi alokasikan apa saja yang dibutuhkan Anda pada masa tua sehingga bisa memperkirakan penghasilan atau pemasukan yang sekiranya bsia diperoleh. Selain itu alokasi kebutuhan juga bisa membantu mempermudah seseorang untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai apa saja yang menjadi kebutuhannya menjelang lanjut usia.

Menghitung Dana Pensiun

Hitung berdasarkan usia

Langkah pertamauntuk menghitung dana pensiun adalah dengan memperkirkan usia pensiun. jadi selama bekerja Anda bisa menabung ataupun investasi hingga bisa digunakan di masa pensiun. Melakukan penghitungan dana untukmasa pensiun dengan cara inijuga dapat membuat siapa saja dapat bekerja lebih giat terutama di masa-masa tertentu. Bekerja secara lebih giat ini dilakukan tentunya dnegan tujuan untuk memenuhi target dana yang dibutuhkan di masa tua nanti.

Turut mempertimbangkan inflasi

Tidak lupa pula turut pertimbangkan inflasi saat melakukan penghitungan dana untuk masa pensiun. Sebab inflasi bisa saja terjadi di negara ini. Mata uang yang tadinya bernilai besar saat Anda masih kerja bisas aja nantinya mengalami kemerosotan nilai. Dengan memperhitungkan adanya inflasi maka di masa tua nanti kesejahteraan hidup dapat lebih diupayakan.

Ketentuan besar dana pensiun

Selanjutnya jangan lupa untuk menetapkan apa saja yang dibutuhkan di masa pensiun serta kisaran biayanya. Rincian pengeluaran di masa pensiun nantinya akan membantu Anda untuk bisa menetapkan berapa sekiranya biaya yang dibutuhkan di masa pensiun.

Penggunaan Dana Pensiun

Dana pensiun tentu saja sangat bermanfaat bagi seseorang terlebih lagi saat orang tersebut telah memasuki masa tua atau masa pensiun. Dengan adanya dana ini maka nantinya masa tua seseorang akan dijamin. Maka karyawan yang tadinya bekerja di masa mudanya dan memperoleh dana untuk masa pensiun di masa tuanya akan tetap bisa mendapatkan penghasilan. Tentunya penghasilannya ini berasal dari sumber dana tersebut.

Dana yang diperoleh di masa tuan atau masapensiun ini pada dasarnya bisa berguna untuk keperluan apa saja. Yang terpenting adalah dana ini bisa digunakan untuk tetap mendapatkan kesejahteraan hidup terutama bagi karyawan yang sudah tidak bekerja lagi.

jojonomic

Masa pensiun harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Intinya kamu harus melakukan investasi untuk mengembangkan aset kamu agar bisa menutup biaya hidup jika sudah pensiun kelak. Caranya, bisa ikut program dana pensiun seperti pembahasan diatas, atau investasi mandiri melalui reksadana, deposito, emas atau bahkan menanam saham. Pastikan kamu menyiapkan pensiun kamu dengan baik supaya kelak bisa menikmati masa pensiun dengan bahagia.

JojoPayroll membantu kamu mengelola penggajian dimana saja dan kapan saja. Singkirkan waktu proses payroll manual yang berhari-hari menjadi hitungan menit. Akses slip gaji dengan mudah dan karyawan mudah untuk mendapatkan detail gaji dengan tunjangan, pengurangan, dan detail pendapatan lainnya menggunakan dashboard JojoPayroll. Karyawan dapat melakukan dokumentasi secara otomatis untuk kebutuhan mailing tertentu.