Data Governance Sebagai Sistem Tata Kelola Data Yang Maksimal

data governance

Data governance memiliki arti yang sama dengan tata kelola data. Istilah ini pada dasarnya mengacu pada sebuah sistem yang memang dirancang untuk menentukan personel di dalam sebuah perusahaan. Di dalam sistem ini turut ditentukan pula individu dan proses serta teknologi yang akan digunakan untuk melakukan pengelolaan serta perlindungan terhadap aset data perusahaan. Maka dengan adanya sistem ini tentunya perusahaan akan mendapatkan cara yang terbaik untukbisa meraih keuntungan.

Tujuan Data Governance

Adanya data governance ini pertama bertujuan untuk mengatasi kompetisi pasar. Sehingga tercipta kompetisi yang optimal dan sehat. Selain itu ada pula tujuan yang lainnya. Termasuk untuk membantu dalam menjadi relevan dengan kompetitor. Sehingga antara kompetitor yang satu dengan  yang lain jauh lebih terlindungi dan kembali lagi bersaing secara sehat.

Elemen Data Governance

Data mapping dan classification

Elemen pertama dalam data governanceadalah data mapping atau classificcation. Hal ini tentunya dapat membantu perusahaan untuk melakukan dokumentasi berbagai aset data. Selain itu dengan adanya data mapping dna classification maka akan muncul gambaran mengenai masuknya data ke dalam sistem dalam suatu organisasi. Kumpulan data tersebut kemudian akan diklasifikasikan dengan berdasar pada beberapa faktor tertentu.

Business glossary

Selanjutnya ada pula elemen business glossary. Business glossary ini merupakan suatu konsep bisnis yang nantinya bisa digunakan di dalam sebuah perusahaan. Konsep bisnis yang satu ini tentunya akan membantu sebuah bisnis dalam berkembang. Termasuk pula dalamhal peningkatan kualitas bisnis yang dilakukan dengan terlebih dulu melakukan pengelolaan data. Jadi sistem ini sangat berguna bagi sebuah perusahaan dan dapat membantu kemajuan atau perkembangan perusahaan.

Data catalog

Selain kedua elemen di atas rupanya masih ada pula elemen lainnya dalam data governance yaitu elemen data catalog. Data catalog ini dilakukan dengan cara mengumpulkan meta data dari suatu sistem. Kemudian pengumpulan meta data ini digunakan untuk membuat inventaris secara terindex terutama dari aset data yang telah tersedia. Umumnya data dalam katalog meliputi beberpa informasi mengenai peralatan yang digunakan oleh perusahaan. Selain itu terdapat pula di dalamnya informasi mengenai kebijakan dari data governance itu sendiri.

Fungsi Data Governance

Menerapkan peraturan data

Tata kelola data pada dasarnya merupakan bagian dari suatu kecerdasan bisnis yang sangat diperlukan olah sebuah perusahaan. Dengan adanya tata kelola data ini maka setiap data yang terkumpul di suatu perusahaan bisa dikelola untuk tujuan tertentu. Maka tentunya pengelolaan data ini akan dijalankan atau dilakukan dengan disesuaikan pada segala persyaratan atau peraturan yang berkaitan dengan data perusahaan itu sendiri.

Meningkatkan volume data

Volume data bisa saja mengalami peningkatan. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah karena semakin banyaknya data konsumen yang kemudian diterima dan ditangkap oleh web. Hal ini terjadi terutama pada saat user melakukan kunjungan web. tentu saja hal ini terjadi karena adanya faktor perkembangan teknologi yang cukup pesat sehingga volume data yang meningkat semakin berpeluang untuk terjadi.

Mengalami perbaikan data

Jika dilihat secara lebih lanjut rupanya saat ini literasi data memiliki peran yang cukup besar bagi sebuah perusahaan. Maka dari itu jumlah data yang semakin banyak tentu saja memerlukan pengelolaan yang semakin baik. Sebab berbagai data ini perlu untuk dikelola dan dianalisis. Apabila terdapat beberapa data yang kurang relevan maka bisa dilakukan perbaikan.

Meningkatkan efisiensi

Bisa saja sebuah perusahaan membuang banyak biaya untuk melakukan pengelolaan data. Tentu saja hal ini bersifat merugikan bagi perusahaan terkait. Maka dari itu diperlukan sistem tata kelola data yang baik. Dengan adanya tata kelola data yang baik ini maka perusahaan bisa melakukan efisiensi biaya.

Mewujudkan kepuasan pelanggan

manfaat akhir yang bisa diperoleh dariadanya tata kelola data yang baik adalah timbulnya kepuasan pelanggan. Strategi tata kelola data yang bekerja dengan baik tentu akan membuat masa depan bisnis Anda menjadi lebih terjamin. Sebab dengan adanya tata kelola data yang baik ini maka pengalaman digital pelanggan akan semakin meningkat.

Langkah Data Governance

Driver bisnis utama

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendukung tata kelola data adalah manajemen data. Sebaiknya manajemen data ini dilakukan dengan menggunakan driver bisnis utama sehingga proses bisnis bisa berjalan dengan lebih baik.

Kepemimpinan dalam bisnis

Selain itu sertakan pula beberapa pemimpin dalam bisnis Anda. Para pemimpin ini bisa didorong untuk selalu bersepakat dalam menjalankan bisnis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Data penting

Anda juga bisa memutuskan sata mana yang dijadikan sebagai prioritas dalam bisnis Anda. Data yang paling penting ini tentu harus benar-benar dijaga dan juga dikelola dengan cara yang baik.

Kebutuhan data

Tidak hanya data yang diprioritaskan saja tetapi juga Anda harus memutuskan data mana yang dibutuhkan. Maka Anda bisa melakukan peningkatan data setelah mengetahui dengan jelas mengenai data yang dibutuhkan.

Pemilihan pemilik data

Tentukan pula berbagai pihak yang berwenang yang sekiranya dapat melakukan pengelolaan data dengan tepat. Umumnya setiap data bisa dikelola dengan tepat oleh pihak yang memang memiliki wewenang atas data tersebut.

Indikator keberhasilan data

Indikator keberhasilan data pada dasarnya meliputi beberapa hal seperti kualitas data dan serta ketepatan waktu untuk melakukan laporan.

Pengelolaan data

Setelah melakukan indikator keberhasilan data maka tentukan pula tim yang akan mengelola data. Tentunya data bisa dikelola dengan tepat jika tim yang menanganinya melakukan pengelolaan secara tepat dan berkala.

Kebijakan dan aturan perusahaan

Pengelolaan data juga seharusnya dilakukan dengan didasarkan pada rumusan kebijakan yang telah ditetapkan.

Laporan pada manajer departemen

Tiap departemen juga perlu didorong untuk bertanggung jawab terhadap pengelolaan data yang dilakukannya. Hingga akhirnya pihak yang menjalankan tanggung jawab tersebutbsia memberikan laporan kepada manajer departemen.

Dana

Langkah terakhir adalah berikan pendanaan untuk melakukan proses manajemen dan pengolahan data hingag data menjadi berkualitas.

Pentingnya Data Governance

Data governance tampaknya saat ini menjadi suatu persyaratan yang kian perlu dimiliki oleh sebuah perusahaan. Terutama di masa sekarang ini yang ditandai dengan semakin maju dan berkembangnya dunia perindustrian dengan sangat cepat. Dengan adanya data governance maka pengelolaan data perusahaan bisa dilakukan secara lebih efektif sehingga perusahaan bisa mencapai target seperti yang diharapkan.

Sama seperti memilih sistem absen yang tepat di dalam perusahaan. Tentu harus dilakukan secara hati-hati. Salah satunya dengan memilih JojoTimes. Dimana produk ini membantu untuk mempermudah absensi bagi perusahaan. Tidak hanya itu saja, tetapi membantu perusahaan juga untuk lebih mudah dalam memonitor kehadiran karyawannya.

Semua berkat fitur-fitur yang ada di dalam JojoTimes. Sebut saja fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, maupun tarif lembur yang dapat disesuaikan. Oleh sebab itu jangan ragu, segera daftar dan dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda. Yuk, segera mencobanya!