Meninjau Employee Experience Dalam Peningkatkan Perusahaan

employee experience

Employee experience mungkin saat ini menjadi sebuah konsep baru terutama di bidang human capital. Maka bisa saja masyarakat awam belum paham betul mengenai makna dari istilah tersebut. Namun tentunya sebuah organisasi bisa memahami makna yang terkandung dalam istilah employee experience. Istilah ini sebenarnya bisa digambarkan sebagai suatu proses membangun pengalaman kerja melalui kerja sama yang dilakukan oleh seluruh anggota di sebuah perusahaan.

Pengalaman bekerja sama ini nantinya akan menimbulkan kesan tersendiri bagi para anggota perusahaan. Bahkan pengalaman ini akan selalu membekas di benak para anggota perusahaan. Dengan adanya pengalaman kerja ini maka tiap individu dapat bekerja dengan penuh semangat. Sebab motivasi kerja itu timbul karena adanya pengalaman bekerja sama yang telah diperolehnya selama berada di perusahaan terkait.

Unsur Employee Experience

Lingkungan fisik

Di suatu perusahaan tentunya lingkungan fisik sangat berpengaruh pada suasana kerja. Oleh karena itu sebaiknya lingkungan fisik di sebuah perusahaan diciptakan hingga membuat karyawan bisa merasa betah berada di kantor. Sekalipun berlama-lama melakukan aktivitas di kantor maka karyawan akan tetap merasa betah melakukan pekerjaan atau segala aktivitasnya.

Lingkungan budaya

Budaya kerja yang ada di suatu perusahaan juga bisa saja berpengaruh pada kenyamanan pekerja. Jika budaya kerja yang ada di sebuah perusahaan bisa diterima oleh pegawai maka pegawai tentu dapat bekerja dengan baik. Namun bila pegawai tidak dapat beradaptasi dengan budaya kerja yang ada maka bisa jadi kinerja pegawai semakin hari akan semakin menurun.

Lingkungan teknologi

Teknologi yang ada di lingkungan kerja sudah seharusnya mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman. Sebab teknologi yang maju akan membantu mempermudah karyawna dalam melakukan segala pekerjaanya.

Manfaat Employee Experience

Mencapai adanya employee engagement

Employee engagement pada dasarnya merupakan suatu istilah dalamdunia bisnis atau dunia usaha. Istilah ini menggambarkan adanya suatu kondisi dan sikap serta perilaku karyawan terhadap pekerjaan yang dihadapinya. Tentu saja hal ini menyangkut adanya semangat dan dedikasi karyawan terhadap pekerjaannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Maka employee experience akan mendorong terciptanya employee engagement di suatu perusahaan.

Mengembangkan perusahaan

Terciptanya employee experience di sebuah perusahaan tentu merupakan suatu hal positif yang dapat mendukung kinerja karyawan. Sebab adanya pengalaman positif yang diperoleh karyawan akan menambah semangat kerjanya. Semangat kerja akan berpengaruh secara langsung pada hasil kinerja karyawan. Dalam hal ini hasil kinerja karyawan akan selalu baik. Kondisi kerja yang seperti ini pada akhirnya akan membantu perusahaan untuk bisa melakukan pengembangan secraa lebih cepat. Perusahaan akan semakin maju dan mampu berkompetisi di pasar.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengetahui kekurangan perusahaan

Adanya lingkungan dan suasana kerja yang baik akan membuat para karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan tenang. Maka sudah tentu hasil kerja karyawan juga akan baik seiring dengan meningkatnya kinerja dan produktivitas karyawan. Demikian pula para karyawan yang semakin ahli dalam mengerjakan tugasnya bisa dilibatkan dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan. Sebab dalam hal ini karyawna bisa mempelajari sistem perusahaan sehingga bisa tahu apa saja yang menjadi kekurangan bagi perusahaan Anda.

Meningkatkan Employee Experience

Komunikasi

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa karyawan merupakan bagian utama dalam sebuah perusahaan. Sebab karyawan adalah pelaku bagi jalannya bisnis. Karyawan menenttukan maju mundurnya sebuah bisnis dan turut berperan dalam pencapaian keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu tingkatkan komunikasi Anda dengan para karyawan Anda. Melalui komunikasi yang terbuka dan intens maka karyawan tentu akan betah bekerja di perusahaan Anda.tidak hanya itu saja tetapi karyawan tentu akan menjadi lebih loyal pada perusahaan Anda.

Reward

Adanya reward juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan karyawan bekerja semakin produktif di sebuah perusahaan. Karyawan yang mendapatkan reward tentu akan merasa bahwa hasil pekerjaannya tersebut dihargai oleh perusahaan. Selain itu seorang karyawan yang menerima reward dari perusahaan akan merasa bangga atas prestasinya. Maka karyawan tersebut akan selalu berusaha untuk mempertahankan kinerjanya dan prestasinya tersebut. Maka tentu saja tidak ada salahnya bila Anda memberikan penghargaan atau hadiah atau reward kepada karyawan Anda yang berprestasi.

Pelatihan

Mungkin saja seorang karyawan yang berkompeten tergolong sebagai karyawan baru di perusahaan. Maka Anda perlu melakukan pembinaan dan pelatihan padanya sekalipun mungkin ia merupakan seseorang yang telah ahli dalam bidangnya. Namun bagaimanapun juga pelatihan tetap perlu diberikan pada karyawan baru agar karyawan bisa memahami seluruh tugas dan tanggung jawabnya. Demikian pula dengan karyawan lama yang juga perlu mendapatkan pembinaan sebagai bentuk perhatian dari perusahaan. Maka nantinya seluruh karyawan akan dapat bekerja sama dengan baik dan saling memberikan pengalaman yang baik pula.

Perlindungan

Setiap karyawan tentu saja berhak memperoleh perlindungan baik dari atasan maupun dari senior ataupun rekan kerjanya. Perlindungan yang diberikan tentu akan mendukung terciptanya suatu kondisi kerja yang kondusif. Dengan adanya perlindungan baik dalam hal keselamatan kerja maupun perlindungan secara personal makatentunya karyawan akan mendapatkan pengalaman kerja yang baik selama berada di perusahaan Anda. Perlindungan ini juga akan menciptkan lingkungan kerja yang bersifat positif sehingga dapat mendukung kinerja karyawan.

Penerapan Employee Experience

Employee experience tampaknya menjadi sebuah konsep yang dirasa bisa menjadi upaya untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Terlebih lagi bila sebuah perusahaan ingin mempertahankan para pegawai yang berprestasi dan berbakat sehingga bisa tetap terus berkerja di perusahaan tersebut. Memang SDM yang berkompeten turut berperan penting bagi perkembangan perusahaan. Sebuah perusahaan tentu saja akan berjalan dengan baik dan lebih cepat mencapai target jika memang SDM yang mengelola bisnis bisa bekerja dengan sangat baik.

Oleh karena itu diperlukan suatu pengalaman kerja yang baik yang bisa membuatnya dapat bekerja dengan nyaman di perusahaan. Tentu kontribusi yang terbaik akan diberikan oleh pekerja Anda yang memiliki pengalaman kerja berkesan selama bekerja di perusahaan Anda. Oleh karena itu sebaiknya berikan keseimbangan hak dan kewajiban pegawai serta kondisi lingkungan kerja yang positif untuk pegawai.

Sama dengan saat memilih sistem keuangan yang paling efektif di dalam perusahaan. Misalnya yaitu dengan memilih untuk menggunakan JojoExpense. Berkat produk yang satu ini tentunya sistem keuangan perusahaan dapat diatur lebih baik dan lebih efisien. Bahkan seluruh catatan keuangan dapat tersimpan secara otomatis tanpa ada resiko penipuan.

Semua berkat beberapa fitur yang menarik untuk ditemukan di dalam produk yang satu ini. Mulai dari adanya fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, maupun peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance. Jadi, tidak perlu ragu jika ingin menggunakan JojoExpense. Segera daftar sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda.