Fungsi Maupun Peranan Emiten Adalah Penting Bagi Perekonomian

emiten

Emiten adalah istilah yang sebenarnya sudah sangat familiar di dunia investasi ataupun dunia pasar modal. Jadi sebenarnya istilah ini mengacu pada suatu pihak yang melakukan penawaran efek secara umum kepada publik. Pihak yang melakukan penawaran dalam hal ini bisa pihak awasta maupun pihak pemerintah. Sedangkan penawaran umumnya dilakukan dalam rangka memperoleh modal ataupun dana tambahan.

Fungsi Emiten Adalah Berikut Ini

Menawarkan surat berharga

Secara umum emiten merupakan pihak yang akan memberikan penawaran mengenai surat berharga yang dimilikinya kepada publik. Jadi dalam hal ini emiten memiliki fungsi sebagai pihak yang memang akan menawarkan surat berharga. Pada akhirnya surat berharga ini nantinya bisa beralih ke tangan pihak investor.

Mengelola dana publik

Selain menawarkan surat berharga rupanya emiten juga memiliki fungsi lain. Fungsi tersebut yaitu sebagai pengelola dana. Yang dimaksu dengan dana disini adalah dana publik yang menjadi tanggung jawab bagi dirinya. Maka sudah tentu pengelolaan dana publik ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Sebab pengelolaan dana ini menjadi tanggung jawab bagi pihak emiten.

Mendapat tambahan modal

Sebuah perusahaan bisa saja mengalami kekurangan modal. Kekurangan modal memang bisa terjadi pada perusahaan mana saja. Oleh karena itu kondisi iniharuslah segera diatasi. Salah satu upaya yangv dapat dilakukan adalah menjual saham perusahaan. Dengan menjual saham kepada publik  maka perusahaan bisa mendapatkan tambahan modal dari investor. Dalam hal inilah peran emiten begitu diperlukan.

Membuka peluang investasi

Emiten yang melakukan penjualan saham atau penawaran surat berharga rupanya tidak hanya memberi keuntungan bagi perusahaannya saja. Secara lebih jauh ternyata adanya penjualan saham ini bisa memberikan fungsi lainnya. Misalnya membuka peluang untuk terjadinya investasioleh beberapa investor. Maka hal ini tentu akan menambah peluang bagi investor untuk bisa memiliki saham atau suart berharga dari beberapa perusahaan.

Meningkatkan aspek finansial

Melalui adanya penawaran dan penjualan surat berharga atau saham maka kondisi finansial bisa semakin meningkat. Terutama untuk perusahaan yang sedang membutuhkan bantuan atau tambahan dana. Tentunya dalam hal ini emiten bisa berfungsi untuk meningkatkan aspek finansial dari suatu perusahaan.

Tujuan Emiten Adalah Berikut Ini

Memperluas usaha

Salah satu hal yang menjadi tujuan bagi emiten adalah untuk memperluas usaha. Mungkin saja emiten sedang membutuhkan dana atau modal yang lebih. Jadi modal yang nantinya diperoleh dari investor akan digunakan untuk mengadakan perluasan bidang usahanya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memperbaiki struktur modal

Mungkin saja struktur modal yang dialamioleh suatu perusahaan mengalami ketidakseimbangan. Hal ini kemudian menjadi latar belakang bagi emiten untuk menjual sahamnya. Maka dengan penjualan saham tersebut tentunya emiten dapat melakukan perbaikan terhadap stuktur modalnya. Hingga antara modal sendiri dengan modalasing menjadi semakin seimbang.

Melakukan pengalihan pemegang saham

Pada dasarnya emiten melakukan jual beli saham dengan tujaun untuk mengadakan pengalihan pemegang saham. Jadi saham yang semula dimilikinya kemudia dengan berbagai alasan dijual. Nantinya akan hadir pihak pembeli saham yang ditawarkan oleh emiten tersebut. Dalam hal ini akan terjadi pengalihan pemegang saham dari pihak yang lama ke pihak yang baru.

Syarat Emiten Adalah Seperti Ini

Menerbitkan efek

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh emiten adalah adanya penerbitan efek. Dalam hal emiten memang harus menawarkan efek yang diterbitkan tersebut kepada investor. Dengan adanya penerbitan efek tersebut maka emiten dapat memperolehmodal tepatnya dari penjualan efek tersebut.

Menjamin efek

Syarat lainnya ayang harus dilakukan oleh emiten adalah menjamin efek. Artinya disini emiten wajib memastikan bahwa efek yang diterbitkannya tersebut adalah sah. Efek tersebut haruslah sah secara hukum. Oleh karena itu emiten haruslah memiliki suatu prestasi. Selain itu emiten juga sudah seharusnya tidak memiliki cacat hukum. Ddengan demikian maka emiten pasti dapat menerbitkan efek sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Efek yang Diperjualbelikan Emiten

Saham

Saham atau right issue atau warrant merupakan sejenis alat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau bisa juga sebuah badan usaha. Maka dari itu sebuah saham bisa disebut juga sebagai surat berharga. Sebab saham sendiri merupakan bukti kepemilikan yang sah atas sebuah perusahaan. Jadi jika Anda memiliki saham maka Anda juga bisa disebut sebagi pemilik perusahaan.

Obligasi

Obligasi bisa disebut juga sebagai surat utang berjangka menengah hingga berjangka panjang,Surat utang ini bisa dipindahtangankan. isi dari obligasi ini antara lain berupa janji dari pihak yang mengadakan penerbitan obligasi untuk membayar imbalan. Dalam hal ini imbalan yang dibayar bisa berupa bunga pada perioode tertentu.

Reksa dana

Reksa dana merupakan salah satu alternatif bagi investor dalam melakukan investasi. Terlebih lagi bagi investor dengan dana yang bisa dibilang kecil. Selain itu investasi ini juga bisa menjadi alternatif bagi investor yang tidak memiliki banyak waktu sekaligus keahlian untuk melakukan perhitungan atas resiko yang bisa saja terjadi atas investasinya.

ETF

Efek lainnya yang juga diperjualbelikan adalah ETF. Pada dasarnya ETF ini merupakan singkatan dari Exchange Traded Fund. ETF ini merupakan mutual funds yang berbentuk kontrak investasi kolektif. Jadi unit penyertaanya diperdagangkan di bursa efek. ETF diperdagangkan sama seperti dengan saham yang juga diperdagangkan di bursa efek.

Derivatif

Ada pula efek yang dinamakan derivatif. Efek derivatif ini merupakan suatu kontrak atau perjanjian yang nilai atau peluang keuntungannya berkaitan dengan kinerja aset lainnya. Efek derivatif ini merupakan turunan dari efek utama baik efek yang bersifat penyertaan maupun yang bersifat utang. Yang dimaksud dengan efek turunan dalam hal ini adalah turunan langsung dari efek utama serta turunan selanjutnya.

Kehadiran Emiten Adalah Penting

Emiten adalah pihak yang kehadirannya sebenarnya berpengaruh pada dunia pasar modal. Emiten yang bisa berupa perusahaan swasta ataupun BUMN menjadi pihak yang memperjualbelikan saham atau obligasinya di bursa efek. namun dalam melakukan hal ini emiten wajib melakukan IPO atau Initial Public Offering atau melakukan go public sebelumnya. Hal inilah yang membedakan emiten dari perusahaan publik lainnya.

Hal ini sama seperti dalam memilih sistem payroll terbaik yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya dengan beralih pada JojoPayroll. Produk ini membantu untuk menghitungkan payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Demikian juga untuk sistem pembayaran maupun sistem cetak slip gaji yang juga otomatis dan sangat mudah.

Semua berkat fitur-fitur yang diberikan di dalam produk tersebut. Beberapa fitur ini termasuk di antaranya sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, maupun integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini dan Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Jadi jangan ragu lagi. Yuk, segera daftar hari ini juga dan dapatkan coba gratis JojoPayroll selama 14 hari. Dijamin bermanfaat serta lebih efektif dan efisien.