Semua Tentang Fungsi dan Kontroversi Google Calendar


Apa Itu Google Calendar?

Google calendar adalah sebuah aplikasi web yang berfungsi untuk mengatur waktu. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa yang populer, yaitu Google. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, dan sampai saat ini sudah didownload oleh lebih dari 18 juta orang. Dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan aplikasi ini membuat banyak orang mengandalkannya ketika harus mengatur jadwal.

Aplikasi Google Calendar memungkinkan Anda untuk membuat calendar pribadi ataupun publik setelah mendaftar ke Google. Membuat akun Google ini mudah dan tidak dipungut biaya. Lalu Google akan menyimpan atau memback-up kalender yang anda buat secara otomatis. Ini berarti bahwa Google menyimpan aplikasi dan informasi pengguna di servernya sendiri. Pengguna tidak perlu men-download software khusus untuk mengakses kalender, cukup dengan menggunakan browser saja.

Dengan adanya desktop software, Anda dapat menyimpan informasi ke dalam komputer karyawan Anda masing masing, namun jika ingin megakses informasi tersebut karyawan Anda harus menggunakan komputer yang sama. Google Calendar menyimpan informasi Anda melalui web, sehingga Anda bisa mengakses maupun mengubah kalender Anda di komputer mana saja asalkan terhubung ke internet.

Beri Akses Kepada Rekan Kerja Anda

Menyimpan calendar Anda di internet artinya memungkinkan pengguna lain dapat mengakses kalender Anda jika diizinkan, sehingga Anda dapat menyebarkan undangan menjadi lebih mudah. Google Calendar memiliki beberapa pilihan tampilan. Fitur lainnya yaitu Anda dapat memilih untuk melihat calendar berdasarkan hari, minggu, bulan atau hanya empat hari ke depan. Pilihannya juga dapat memilih tampilan agenda, yang hanya menampilkan tanggal yang ada acara saja.

Anda dapat mencatat perjanjian pada header subjek, dan dapat menambahkan rinciannya secara lebih jelas. Serta dapat menyertakan lokasi serta deskripsi singkat acara tersebut. Lalu Anda juga dapat menggunakan fungsi repeat untuk acara yang diadakan secara berkala, seperti rapat mingguan atau acara tahunan seperti ulang tahun karyawan perusahaan Anda.

Gambar latar belakang untuk google calendar juga dapat diatur sebagai tampilan calendar. Caranya dengan klik Menu, lalu Labs, kemudian aktifkan Background Imager terlebih dahulu. Kemudian klik Menu lagi, lalu setting, dan cari Calendar Background. Setelah Anda memilik gambarnya, tampilan google calendar Anda akan berubah.

Goal Pada Google Calendar

Fitur Goal pada google berguna saat Anda ingin meneruskan kerjaan yang belum selesai, melakukan aktivitas olahraga, atau istirahat pada waktu tertentu yang ingin ditentukan. Cara mengaktifkannya Anda tinggal klik tanda plus dikanan bawah, kemudian pilih ‘goal’. Selanjutnya Anda tinggal melengkapi pertanyaan-pertanyaannya yang berkaitan dengan goal Anda.

Google calendar Anda akan mencari dan membuat jadwal untuk kegiatan Anda secara otomatis. Hal yang menarik untuk fitur ini adalah jika Anda menjadwalkan sesuatu dan ternyata waktunya tidak sesuai karena ada acara lain, maka google calendar akan mencari waktu Anda yang luang. Kegiatan Anda akan dijadwalkan ulang  sesuai waktu yang telat ditentukan sehingga semua kegiatan Anda tidak ada yang terlewat dan telah diatur secara rapih.

Sistem Pencarian

Sebagian besar fungsi Google Calendar sama dengan calendar lainnya. Pembedanya adalah Google menciptakan fitur lain yang membuatnya agak berbeda yaitu fungsi pencarian nya. Di Google Calendar, Anda dapat menggunakan teknologi pencarian Google untuk mencari tidak hanya di kalender Anda sendiri, tetapi juga di setiap kalender publik pada sistem Google.

Jika Anda memiliki beberapa kalender, dan beberapa di antaranya adalah publik dan yang lainnya tidak. Anda dapat menggunakan fungsi pencarian untuk mencari acara tertentu dalam kalender Anda. Google Calendar akan mengirim SERP (Search Engine Results Page) yang akan menunjukkan di mana jadwal aktivitas tertentu yang tercatat pada masing-masing kalender Anda.

SMS

Kelebihan lainnya dari google calendar adalah layanan SMS yang dimiliki oleh Google Calendar. Pengguna dapat mengirim pesan untuk mengingatkan janji atau acara yang sudah direncanakan.

Undangan

Google Calendar juga bisa mengirim undangan ke pengguna Google calendar lain. Caranya adalah yang pertama, Anda harus membuat event dulu di kalender Anda dan mengisi detail informasi lainnya. Kemudian, Anda klik pilihan “add guests” lalu isi alamat email tamu yang Anda undang di tempat yang disediakan. Setelah Anda simpan calendar tersebut, Google Calendar akan mengirimkan e-mail ke daftar email yang Anda masukkan tadi.

Jika Anda memilih untuk berbagi atau mempublikasikan kalendernya, pengguna lain dapat meninggalkan komentar di halaman event tersebut. Hal ini memungkinkan orang untuk membahas rencana acara yang akan datang. Laman event tersebut menjadi forum untuk para tamu dan pengunjung kalender.

Kontroversi Google Calendar

Dibalik kecanggihan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google Calendar, ternyata aplikasi ini memiliki kontroversi dimasyarakat. Kelemahan dari Google Calendar bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi pribadi penggunanya. Kasus penipuan ini banyak terjadi sepanjang tahun 2018 dengan menyalahgunakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Google Calendar.

Memanfaatkan Google Calendar untuk Mencuri Uang

Aksi penipuan lewat internet ini dilakukan dengan teknik pishing. Caranya dengan penipu mengirim undangan ke kalender pengguna secara otomatis. Kemudian, didalam undangan itu ada URL yang meminta pengguna untuk membukanya. Setelah itu, link tersebut akan membuat pengguna masuk kedalam situs web yang menampilkan kuesioner yang menawarkan berbagai jenis hadiah.

Namun untuk menerima hadiah-hadian tersebut pengguna diharuskan memasukan rincian kartu kredit. Selain kartu kredit, pengguna juga harus memasukan data-data pribadinya, seperti nama, nomor telepon, dan alamat. Dari situlah para penipu memanfaatkan data pribadi pengguna untuk mencuri uang.

Tips Menghindari Penipuan Google Calendar

Tentunya Anda tidak mau menjadi korban penipuan di aplikasi Google Calendar ini. Beikut ini tips agar Anda terhindar dari penipuan Google Calendar

  1. Matikan fitur penambahan undangan otomatis agar Anda terhindar dari aksi pencurian lewat aplikasi Google Calendar. Dengan mematikan fitur otomatis ini membuat Anda tidak akan menerima berbagai macam undangan dari orang yang tidak Anda kenal.
  2. Jangan sembarangan memasukkan data pribadi di situs web yang tidak terpercaya, karena kemungkinan besar itu adalah modus penipuan.
  3. Pakai antivirus. Saat ini banyak sekali software anti virus dengan berbagai macam fitur dan kelebihannya masing-masing. Antivirus dapat memperlancar aktivitas Anda menggunakan internet. Komputer atau handphone Anda akan terlindung dari penyusup yang mencoba mencuri data Anda. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan antivirus yang terpercaya.

Selain Google Calendar, ada software lainnya yang dapat menunjang produktivitas perusahaan Anda. Salah satunya adalah JojoExpense dari Jojonomic. JojoExpense membuat karyawan klaim reimburse dengan lebih mudah. Lalu dapat mengontrol pengeluaran perusahaan. Menyimpan data-data pengeluaran perusahaan dengan aman dan rapih secara online.

Sistem JojoExpense juga dapat mendeteksi penipuan yang akan merugikan perusahaan. Semua kemudahan yang JojoExpense tawarkan ini semua dapat diakses melalui smartphone saja. Sehingga semuanya dapat dipantau secara real-time oleh perusahaan.