Idle Money Serta Pengelolaannya Di Masa Kini

idle money

Idle money merupakan salah satu asset yang dimiliki oleh para pebisnis namun dalam hal ini tidak dapat menghasilkan apapun. Hal ini banyak terjadi di masa pandemi dimana ada banyak aset yang beku dan tidak dapat memberikan keuntungan, namun di satu pihak juga tidak dapat dialihkan sebagai dana modal. Sehingga ini merupakan bentuk dana yang tidak menguntungkan dari sisi manapun. Oleh sebab itu jenis dana seperti ini membutuhkan pengelolaan yang khusus supaya dapat jauh lebih optimal. Supaya lebih jelasnya, berikut ini beberapa tips pengelolaan dan pengalihan idle money terutama di masa-masa pandemi sekarang ini.

Mencari Bentuk Ivestasi Untuk Idle Money

Pertama supaya bentuk dana yang satu ini dapat berkembang secara optimal, sebaiknya carilah apa  bentuk investasi yang paling sesuai. Ada banyak pilihan instrument investasi di pasaran sekarang ini. Mulai dari saham, reksadana, ORI, maupun bentuk mata uang cryptocurrency. Tentu saja diperlukan analisa pasar mana yang terlihat paling menguntungkan dan menjanjikan. Termasuk analisa resiko yang bisa terjadi apabila memilih intrumentasi investasi tersebut. Supaya nantinya harapan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bisa tercapai.

Hal terpenting berikutnya yang memastikan mana dana yang termasuk idle money dan mana yang bukan. Sering kali ada banyak orang yang sulit dalam menentukan dan membuat skala prioritas jenis dana tersebut sehingga tidak dapat memilih mana yang dapat digunakan sebagai bagian dari invetasi karena posisi dana yang tidak digunakan. Padahal yang harus diketahui bahwa setiap orang tetap membutuhkan dana cadangan yang memang harus dalam status tidak digunakan untuk apapun supaya saat dibutuhkan dalam kondisi darurat masih tersedia.

Oleh sebab itu sebaiknya pastikan untuk memilih jenis dana yang dimiliki lebih dulu. Setelah yakin betul mana bentuk dana yang idle dan kurang memiliki manfaat, barulah mencoba untuk menentukan jenis investasi yang sesuai. Yang paling penting yaitu menyesuaikan dana investasi tersebut dengan kemampuan keuangan yang memang dimiliki dan bukan bersifat dipaksakan.

Bentuk Ivestasi Idle Money

Adapun beberapa bentuk investasi untuk idle money seperti yang disebutkan di atas. Supaya ada gambaran yang lebih jelas, tentu ada baiknya melihat sisi positif dan negatif dari instrument investasi yang paling cocok dialihkan menjadi investasi produktif. Adapun beberapa jenisnya yaitu termasuk yang ada berikut di bawah ini.

Investasi Saham

Salah satu bentuk yang paling mudah untuk mengalihkan idle money yaitu melalui investasi berupa saham. Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menaruh sebagian dana modal pada instrument yang satu ini. Apalagi banyak yang menjanjikan keuntungan singkat dalam jumlah besar. Namun sayangnya ada pula faktor resiko yang mungkin bisa terjadi apabila memilih bentuk investasi yang satu ini. Seperti resiko kehilangan modal dalam jumlah banyak saat terjadi penurunan nilai saham. Atau resiko penipuan saat melakukan investasi saham pada pihak yang tidak terjamin. Namun demikian dengan membandingkan nilai manfaat dan resiko tersebut, dari sisi yang paling positif ini adalah aset yang mudah dicairkan saat diperlukan sewaktu-waktu.

Investasi Properti

Idle money sering kali menjadi bentuk dana yang tidak banyak digunakan atau dalam kata lain jarang diperlukan untuk kebutuhan utama. Sehingga mereka yang memilki dana idle tersebut umumnya memiliki penghasilan yang lebih dari cukup. Oleh sebab itu sebagian besar dari dana tersebut cocok sekali jika dialihkan untuk menjadi investasi dalam bentuk properti. Apalagi jika memiliki sejumlah dana yang cukup besar untuk membeli properti yang kemudian dialihkan untuk disewakan. Setidaknya idle money akhirnya menjadi bagian dari passive income yang bisa memberikan keuntungan lebih maksimal pada finansial kalian. Belum lagi nilai investasi ini cenderung mengalami kenaikan yang signifikan dari waktu ke waktu. Sehingga tentunya dari banyak sisi terlihat sangat menguntungkan. Namun demikian yang perlu diperhatikan yaitu bentuk investasi ini bukan sebuah investasi liquid atau tidak mudah untuk dicairkan sewaktu-waktu. Karena menjual properti umumnya membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sehingga sebaiknya pastikan bahwa dana yang digunakan memang bukan untuk kondisi keadaan terdesak.

Investasi Emas

Jenis instrument investasi berikutnya yang patut dipertimbangkan yaitu memilih untuk berinvestasi pada emas atau logam mulia. Di Indonesia sendiri salah satu bentuk investasi logam mulai yaitu melalui pembelian emas Antam. Apabila dilihat akhir-akhir ini tren perkembangan investasi emas menukik tajam dari waktu ke waktu. Sehingga tentunya sangat cocok jika ingin dijadikan sebagai bentuk investasi yang bersifat idle namun nantinya dari waktu ke waktu mengalami kenaikan dari sisi investasi dan keuntungan.

Investasi ORI

Salah satu bentuk investasi yang jauh lebih aman yaitu bisa juga memilih bentuk investasi ORI. Saat ini investasi tersebut juga mulai tersedia di berbagai bank. ORI sendiri merupakan obligasi yang diperjual belikan secara resmi. Sehingga mudah untuk didapatkan dan nilai investasinya juga lumayan menguntungkan. Dari sisi positif yang lain modal yang dibutuhkan juga minim, sama halnya saat melakukan pembelian instrument saham, maka pembelian instrument investasi yang satu ini tidak jauh berbeda.

Pentingnya Berinvestasi Menggunakan Idle Money

Tentu saja investasi selalu merupakan pilihan yang tepat untuk mengembangkan dana yang dimiliki oleh seseorang. Demikian halnya jika memiliki idle money yang tidak bisa digunakan secara maksimal. Alangkah baiknya membuat dana tersebut bekerja untuk memberikan keuntungan lebih pada kita. Sehingga tentu saja memikirkan pengelolaan idle money merupakan hal yang penting untuk dipikirkan. Jangan sampai dana yang dimiliki tergerus inflasi lalu tidak bermanfaat seperti sebagaimana mestinya. Dengan memilih dan menyisihkan dana mana yang cocok dijadikan sebagai instrument investasi sama juga halnya menyiapkan masa depan yang lebih baik untuk kondisi finansial yang kita miliki.

Menyisihkan dana untuk melakukan investasi pada dana idle money bisa merupakan pilihan tepat yang terbaik. Sama halnya saat memilih sistem payroll perusahaan yang paling optimal. Misalnya dengan menjatuhkan pilihan menggunakan JojoPayroll. Dimana produk yang satu ini terbukti sanggup membantu sistem payroll perusahaan untuk berjalan otomatis. Selain itu cara kerjanya juga efisien sehingga tidak mengganggu sistem kerja tim keuangan perusahaan.

Tentu saja berbagai manfaat tersebut dapat diperoleh berkat beberapa fitur andalan yang terselip di dalam JojoPayroll. Sebut saja misalnya yaitu fitur-fitur berikut ini:

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoPayroll. Percayakan sistem payroll Anda pada produk tersebut. Dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga dan rasakan seluruh manfaat yang ditawarkan dalam sistem payroll perusahaan Anda. Selamat mencobanya!