Job Instruction Training, Langkah Awal Keberhasilan untuk Perusahaan

Job training instruction

Dalam dunia kerja kita sering mendengar istilah pelatihan kerja (job training). Hal ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan untuk memberikan pelatihan standar kerja yang berlaku dalam perusahaan serta meningkatkan kemampuan SDM yang dimiliki oleh perusahaan. Memiliki karyawan yang berpotensi saja tidak akan menjamin bahwa karyawan tersebut berhasil melakukan pekerjaan yang telah dibebankan serta membuat perusahaan berhasil mencapai tujuan perusahaannya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah mendapatkan keuntungan atau profit.

Karyawan dari perusahaan tersebut juga harus mengetahui serta memahami dan menguasai tugas yang telah diberikan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, guna meningkatkan potensi kerja dari karyawan maka perusahaan perlu mengadakan suatu pelatihan kerja bagi karyawan – karyawannya.

Apa itu Job Instruction Training?

Definisi Job instruction training

Dalam memberikan training pekerjaan terhadap karyawan perusahaan juga perlu menghitung, memperkirakan serta mempersiapkan kegiatan training tersebut dengan sebaik mungkin. Karenanya dibutuhkan Job Instruction Training yang baik dari perusahaan itu sendiri. Lantas, apa sih Job Instruction Training itu sendiri?

Job Instruction Training adalah sebuah pelatihan khusus yang dilakukan oleh perusahaan untuk para karyawannya yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempertahankan stabilitas dasar proses kerja dalam perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar tujuan dari perusahaan tetap tercapai dan setiap karyawan perusahaan memiliki bekal kemampuan yang sama untuk bekerja dalam bidangnya masing-masing.

Tujuan dari Diadakannya Job Instruction Training

Tujuan Job Instruction Training

1. Memahami tanggung jawab pekerjaan masing-masing karyawan

Para karyawan harus mengetahui tanggung jawab pekerjaan masing –masing yang harus ditanggung serta apa saja aturan yang harus mereka ikuti. Dalam hal ini Job Instruction Training akan memberikan para karyawan tersebut instruksi kerja yang jelas serta berbagai hal lain termasuk aturan dan larangan-larangan yang ada agar para karyawan nantinya bisa bekerja tanpa kebingungan dan bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

2. Pengembangan skill bagi karyawan perusahaan

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan utama memberikan pelatihan kerja bagi karyawan sebuah perusahaan. Pelatihan tersebut akan diberikan untuk para karyawan baru atau karyawan lama perusahaan yang biasanya harus menyesuaikan pekerjaan baru dari sebuah perusahaan. Pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh perusahaan melalui kegiatan Job Instruction Training itu tentu saja akan menambah skill dari karyawannya. 

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam pemberian Job Instruction Training di perusahaan?

Langkah pelatihan kerja

1. Get Ready to Instruct

Perusahaan harus siap dahulu untuk memberikan pelatihan kepada para karyawannya. Flow sampai dengan apa saja yang harus dipersiapkan harus dipikirkan dengan sebaik mungkin.

2. Prepare The Learner

Perusahaan sebelumnya tentunya harus sudah mempunyai list karyawan yang akan diberikan pelatihan Job Instruction Training ini. Biasanya, para karyawan baru lah yang nantinya akan mendapatkan pelatihan ini dengan tujuan mempelajari tentang pekerjaan yang akan mereka jalani nanti. Disisi lain, perusahaan tentunya juga harus mempersiapkan instruktur atau orang yang akan memberikan pelatihan kepada karyawan. Kedua hal ini harus dipersiapkan sebaik mungkin oleh perusahaan.

3. Present The Learning

Proses pemberian pelatihan ini adalah hal yang selanjutnya akan dilakukan oleh perusahaan. Sama seperti dua step sebelumnya, step ketiga ini juga tentunya harus dilakukan dengan serius dan penuh perhitungan. Mengapa? Karna pelatihan yang diberikan ini nantinya yang akan mempengaruhi pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh para karyawan perusahaan. Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi hasil hasil kerja atau output yang dihasilkan.

4. Try Out Learner Performance

Hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah mempraktikkan apa yang telah dipelajari dalam Job Instruction Training.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah training yang telah dilakukan telah menghasilkan hasil yang sesuai atau belum. Kekurangan-kekurangan yang nantinya terlihat dalam kegiatan ini nantinya akan disempurnakan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Follow Up

Setelah diterapkan, perusahaan juga perlu melakukan follow up kepada karyawannya atas hasil kerja yang telah mereka lakukan. Hal ini bisa dijadikan acuan perusahaan dalam melakukan evaluasi kerja serta perbaikan kedepannya. Harapannya, jika nantinya perusahaan melakukan kegiatan Job Instruction Training lagi, materi yang diberikan bisa semakin baik, karyawan yang dihasilkan pun juga bisa semakin sesuai dengan visi dari perusahaan.

Melihat hal di atas, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang satu ini adalah hal yang penting dilakukan oleh perusahaan. Tapi tentunya disisi lain, selain berbagai keuntungan yang bisa didapat dari diadakannya kegiatan Job Instruction Training ini pastinya akan ada sisi negatif juga yang akan didapat, apa saja itu? :

Keuntungan yang bisa didapat ketika perusahaan melakukan kegiatan Job Instruction Training 

Keuntungan Job Instruction Training

1. Memberikan insight karyawan tentang keselamatan kerja (resiko kerja) dalam perusahaan

Ketika karyawan baru ditraining dalam kegiatan Job Instruction Training ini, pasti perusahaan akan memberikan aturan, step kerja dan berbagai hal lain yang bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi kepada mereka. Perusahaan akan memberitahu hal apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan, peralatan apa saja yang harus mereka pakai serta hal lain.

2. Menciptakan level produktivitas yang tinggi bagi karyawan perusahaan

Dengan pemberian Job Instruction Training yang efektif, para pekerja baru tentunya nanti akan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik setelah kegiatan training berakhir. Pemberian Job Instruction Training yang efektif tentu saja juga akan menghasilkan karyawan yang bisa bekerja dengan efektif juga serta menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. Diharapkan nantinya para karyawan tersebut juga bisa mempelajari skill baru yang bisa menguntungkan perusahaan.

3. Menekan Pengaruh dari Luar Perusahaan

Dengan diadakan pelatihan kerja dari dalam perusahaan tentunya akan membantu karyawan dalam melakukan pekerjaannya, seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Bayangkan tanpa adanya pelatihan ini? Para karyawan akan kesusahan meraba dan mempelajari pekerjaan yang akan mereka lakukan. Hal ini pastinya juga akan berpengaruh pada produktivitas mereka.

4. Meningkatkan Tingkat Kepercayaan Diri dari Karyawan

Dengan pelatihan kerja yang diadakan oleh perusahaan tentu para karyawan akan lebih merasa percaya diri dengan pekerjaan yang mereka lakukan karna telah sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Lalu apa kekurangan dari Job Instruction Training yang dilakukan oleh perusahaan ini?

  1. Biaya kegiatan yang satu ini bisa terbilang cukup tinggi untuk ditanggung oleh perusahaan
  2. Hasil dari kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan ini tergantung oleh Trainernya. Jika trainernya bisa menjelaskan dengan baik apa saja yang harus dilakukan oleh para karyawan, termasuk step by step dan berbagai hal lain maka para karyawan pun pastinya juga akan bisa melakukan tugas yang telah dibebankan dengan sebaik mungkin.
  3. Untuk beberapa jenis pekerjaan, kegiatan pelatihan ini akan lebih efektif untuk dilakukan dengan cara langsung (bertatap muka). Hal ini bisa saja menghambat pekerjaan lain dalam perusahaan.

Penutup

Jojo Expense

Nah, dengan berbagai pembahasan tentang Job Instruction Training di atas. Kini Anda sudah mengetahui seberapa pentingnya kegiatan pelatihan yang dilakukan perusahaan ini, kan?

Salah satu kekurangan dari kegiatan Job Instruction Training adalah masih adanya biaya training yang cukup tinggi yang harus ditanggung oleh perusahaan. Oleh karena itu, mengantisipasi hal tersebut hadirlah JojoExpense. Sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menentukan besarnya budget yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dari manapun dan kapanpun.

Dengan JojoExpense, kamu bisa menentukan besarnya biaya kegiatan pelatihan yang harus dikeluarkan perusahaan dengan perhitungan yang matang serta penggunaan yang  mudah. Sangat membantu untuk perusahaan yang ingin melakukan segala hal dengan efektif dan efisien!