Komunisme Adalah Paham Politik Ekonomi sesuai dengan Pemerintah

Komunisme adalah ideologi politik dan ekonomi yang memposisikan dirinya berlawanan dengan demokrasi liberal dan kapitalisme, sebaliknya menganjurkan sistem tanpa kelas di mana alat produksi dimiliki secara komunal dan kepemilikan pribadi tidak ada atau sangat dibatasi.

POIN PENTING

  • Komunisme adalah ideologi ekonomi yang mendukung masyarakat tanpa kelas di mana semua properti dan kekayaan dimiliki secara komunal, bukan oleh individu.
  • Ideologi komunis dikembangkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels dan merupakan kebalikan dari ideologi kapitalis, yang mengandalkan demokrasi dan produksi modal untuk membentuk masyarakat.
  • Contoh komunisme yang menonjol adalah Uni Soviet dan Cina. Sementara yang pertama runtuh pada tahun 1991, yang terakhir telah secara drastis merevisi sistem ekonominya dengan memasukkan unsur-unsur kapitalisme.

Memahami Komunisme

“Komunisme” adalah istilah umum yang mencakup berbagai ideologi. Penggunaan istilah modern berasal dari Victor d’Hupay, seorang bangsawan Prancis abad ke-18 yang menganjurkan untuk tinggal di “komune” di mana semua properti akan dibagi, dan “semua dapat memperoleh manfaat dari pekerjaan semua orang.” Namun, idenya bukanlah hal baru bahkan pada saat itu: Kitab Kisah Para Rasul menggambarkan komunitas Kristen abad pertama yang memiliki harta bersama menurut sistem yang dikenal sebagai  koinonia , yang menginspirasi kelompok-kelompok agama kemudian seperti “Penggali” Inggris abad ke-17 untuk menolak kepemilikan pribadi.

10 Karakteristik Komunisme dalam Teori

Dalam Communist Manifesto, Marx dan rekan penulisnya, Friedrich Engels, menguraikan 10 poin berikut.

  1. Penghapusan properti di tanah dan penerapan semua sewa tanah untuk tujuan umum
  2. Pajak penghasilan progresif atau lulus yang berat
  3. Penghapusan semua hak warisan
  4. Penyitaan properti semua imigran dan pemberontak
  5. Tanggung jawab yang sama dari semua untuk tenaga kerja dan pembentukan tentara industri (terutama untuk pertanian)
  6. Penghapusan bertahap antara kota dan desa
  7. Pendidikan gratis untuk semua anak di sekolah umum dan penghapusan pekerja pabrik anak
  8. Sentralisasi kredit di tangan negara
  9. Negara akan mengontrol komunikasi dan transportasi
  10. Pabrik dan alat produksi negara akan mengolah tanah terlantar dan memperbaiki tanah

Keuntungan Komunisme

Komunisme memiliki ekonomi terencana terpusat; ia dapat dengan cepat memobilisasi sumber daya ekonomi dalam skala besar, melaksanakan proyek besar, dan menciptakan kekuatan industri. Ia dapat bergerak begitu efektif karena mengalahkan kepentingan pribadi individu dan menundukkan kesejahteraan masyarakat umum untuk mencapai tujuan sosial yang kritis.

Contohnya termasuk Rusia Stalinis  , Cina Maois  , dan Kuba Castro. Ekonomi komando Rusia membangun kekuatan militer untuk mengalahkan Nazi, dan kemudian dengan cepat membangun kembali ekonomi setelah Perang Dunia II.

Beberapa orang mengatakan keunggulan komunisme berarti itu adalah langkah jelas berikutnya bagi masyarakat kapitalistik mana pun. Mereka melihat ketidaksetaraan pendapatan sebagai tanda  kapitalisme tahap akhir  dan percaya bahwa kekurangan kapitalisme berarti kapitalisme telah berkembang melewati kegunaannya bagi masyarakat. Mereka tidak menyadari bahwa kelemahan kapitalisme adalah endemik sistem, terlepas dari fase dimana sistem itu berada.

Para Bapak Pendiri Amerika memasukkan promosi kesejahteraan umum dalam Konstitusi untuk menyeimbangkan kekurangan ini. Ini menginstruksikan pemerintah untuk melindungi hak semua orang untuk mengejar ide kebahagiaan mereka, seperti yang diuraikan dalam  American Dream . Ini adalah peran pemerintah untuk menciptakan lapangan bermain yang setara untuk memungkinkan hal itu terjadi.

Kekurangan Komunisme

Kerugian paling signifikan dari komunisme berasal dari penghapusan  pasar bebas . Hukum  penawaran  dan  permintaan  tidak menetapkan harga pemerintah yang menentukan. Para perencana kehilangan umpan balik berharga yang diberikan harga-harga ini tentang apa yang diinginkan masyarakat. Mereka tidak bisa mendapatkan informasi terkini tentang kebutuhan konsumen, dan akibatnya, sering terjadi kelebihan satu hal dan kekurangan hal lainnya.

Sebagai kompensasi, warga negara menciptakan pasar gelap untuk memperdagangkan barang-barang yang tidak disediakan oleh para perencana, yang menghancurkan kepercayaan pada komunisme murni Marx. Orang tidak lagi merasa pemerintah dapat memberi “kepada masing-masing sesuai dengan kebutuhannya”.

Negara Komunis

Lima negara Komunis terakhir yang tersisa adalah  Cina , Kuba, Laos, Korea Utara, dan Vietnam. Mereka bukan komunisme murni tetapi sedang dalam transisi dari sosialisme, di mana negara memiliki komponen  pasokan . Menurut Marx, itu adalah titik tengah yang diperlukan antara kapitalisme dan ekonomi komunis yang ideal. Masyarakat komunis modern bergantung pada  ekonomi campuran .

Cina

Pada Oktober 1949, Mao Tse Tung mendirikan Partai Komunis Tiongkok.  Pada akhir 1970-an, Cina mulai bergerak menuju ekonomi campuran. Ini menghapus pertanian kolektif secara bertahap dan mengizinkan bisnis swasta, tetapi masih secara ketat mengikuti rencana ekonomi lima tahun. Kebijakan pemerintah berpihak pada badan usaha milik negara di sektor-sektor penting untuk mencapai tujuannya. Pada 2009, China menjadi eksportir terbesar di dunia.  Pada tahun 2014, menjadi  ekonomi terbesar di dunia .

Kuba

Pada Oktober 1965, Partido Communista de Cuba menjadi partai penguasa resmi negara itu.  Uni Soviet memberikan dukungan ekonomi kepada negara miskin tersebut, dan sebagai gantinya, Kuba mendukung pelindungnya dalam Perang Dingin melawan tetangganya, Amerika Serikat. Setelah jatuhnya Uni Soviet, Kuba menderita, dan pada April 2011, ia mulai mengizinkan reformasi ekonomi. Orang Kuba sekarang dapat membeli peralatan, telepon seluler, real estate, dan mobil, dan lebih dari 500.000 orang Kuba terdaftar sebagai wiraswasta. Misalnya, petani sekarang bisa menjual barang ke hotel.

Laos

Pada tahun 1949, negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Prancis. Pada 1986, ia mulai mendesentralisasikan kendali dan mendorong bisnis swasta.

 Ini menciptakan insentif pajak untuk mendorong investasi asing langsung karena ingin memperluas ekonominya di luar mengekspor sumber daya alamnya.

Korea Utara

Pada tahun 1953, sekutunya China dan Rusia membantu menciptakan Korea Utara untuk mengakhiri  Perang Korea . Negara itu mengikuti perencanaan pusat yang ketat dengan pertanian komunal. Ini menderita kelaparan dan kondisi hidup yang buruk pada 1990-an dan 2000-an, dan pada 2002, memungkinkan pasar semi-swasta untuk menjual beberapa barang.

Vietnam

Pada tahun 1945, pemimpin komunis Ho Chi Minh mendeklarasikan kemerdekaan negaranya dari Prancis. Prancis, didukung oleh Amerika Serikat, merebut Vietnam selatan. Ho, didukung oleh China, mengambil bagian utara. Pada tahun 1954, Prancis setuju untuk membagi Vietnam pada paralel ke-17, tetapi pada tahun 1964, Ho memimpin tentara Viet Cong untuk menyatukan kembali negara tersebut.

Pada tahun 1975, komunis berhasil, dan pada tahun 1986, Vietnam mulai melakukan transisi menuju ekonomi yang lebih berbasis pasar. Masih perlu mereformasi perusahaan milik negara, mengurangi birokrasi, dan meningkatkan transparansi sektor keuangan.

Contoh Lain dalam Sejarah

Pada tahun 1922, Uni Republik Sosialis Soviet didirikan dengan enam negara komunis. Antara lain Rusia, Belorusia, Ukraina, dan Federasi Transkaukasia. Pada tahun 1936, Federasi menjadi Georgia, Azerbaijan, dan Armenia.

Pada tahun 1991, ketika dibubarkan, Uni Soviet terdiri dari 15 negara. Tambahan sembilan yang Estonia, Latvia, Lithuania, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Pada tahun 1955, Uni Soviet membuat Pakta Warsawa dengan sekutu militer komunis lainnya. Mereka termasuk Albania, Bulgaria, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania.  

Uni Soviet memiliki banyak sekutu komunis lainnya. Banyak yang menjadi komunis pada tahun 1970-an tetapi beralih ke bentuk pemerintahan lain setelah Uni Soviet runtuh. Mereka termasuk Afghanistan, Angola, Benin, Kongo, Ethiopia, Mongolia, Mozambik, Somalia, Yaman Selatan, dan Yugoslavia. Kamboja adalah negara komunis dari tahun 1975–1979

chauvinisme

Aplikasi JojoPayroll memiliki fitur yang populer

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Buktikan kinerjanya dengan klik memakai trial demo cukup klik Coba Gratis Sekarang