Manfaat dan Bentuk Kreativitas Karyawan Bagi Perusahaan

kreatifitas

Di dalam suatu perusahaan, seorang karyawan umumnya dituntut tidak hanya cerdas, tetapi juga inovatif. Sehingga sering kali kreativitas karyawan dalam hal ini menjadi salah satu poin penting yang ingin dilihat oleh perusahaan. Seorang karyawan yang memiliki dedikasi cukup tinggi pada perusahaannya, umumnya akan lebih kreatif memastikan pekerjaannya berjalan lancar. Bahkan, bila perlu berpikir lebih untuk memastikan semua tugas yang menjadi tanggung jawabnya selesai dengan cara yang luar biasa. Oleh karena itu kreativitas karyawan cukup penting dilakukan. Tanpa adanya pola yang kreatif, akan sulit untuk menemukan ide-ide baru yang menarik, yang pada dasarnya dikembalikan pada karyawan itu sendiri. Supaya lebih jelasnya, yuk simak lebih lanjut tentang kreativitas karyawan di lingkungan kantor.

Manfaat Kreativitas Karyawan

Yang pertama sebaiknya ketahui lebih dulu apa saja yang bisa didapatkan dari karyawan yang lebih kreatif. Dibandingkan dengan karyawan yang biasa saja, tentunya karyawan dengan pola pikir kreatif akan memberikan lebih banyak keuntungan untuk perusahaan. Antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Kinerja Optimal

Melalui adanya tingkat kreativitas yang cukup tinggi dan baik, maka tentu saja hal ini membuat pekerjaan karyawan akan jauh lebih optimal. Terutama dalam menyelesaikan beban pekerjaan yang ada. Langkah-langkah dan terobosan baru yang lebih baik umumnya membawa penyelesaian yang lebih cepat, sehingga pekerjaan secara tidak langsung juga bisa lebih cepat diselesaikan.

  • Menghindari Stress

Kreativitas karyawan dan ide yang baru memberikan pencerahan dan pemikiran yang segar tersendiri. Sehingga di satu sisi hal ini juga menjadi langkah untuk menghindarkan kebosanan dan rasa stress dari pekerjaan yang menumpuk. Oleh sebab itu berpikir untuk mencari ide-ide baru ini cukup penting. Karena dari situ muncul langkah baru yang tidak monoton dan dapat memberikan beragam solusi pada masalah yang dihadapi.

  • Menemukan Inovasi Terbaru

Berkat adanya kreativitas, maka ide dan inovasi yang baru juga akan dapat bermunculan dengan mudah. Oleh sebab itu mengasah kreativitas ini adalah langkah yang cukup baik. Karyawan bisa mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak digunakan untuk memastikan apakah hal tersebut berhasil atau tidak.

  • Membenahi Sistem Yang Ada

Kreativitas bisa jadi salah satu jalan untuk memperbaiki sistem yang ada saat itu. Bahkan ada kalanya melalui ide-ide cemerlang karyawan timbul pembenahan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Hal ini membuat perusahaan juga bisa makin optimal hasilnya.

Bentuk Kreativitas Karyawan

Tentu saja dalam menuangkan kreativitasnya, maka seluruh karyawan yang ada di dalam perusahaan dapat berperan serta untuk memberikan sumbangsihnya. Dalam hal ini pastinya tidak ada batasan akan apa dan bagaimana kreativitas itu dilakukan. Sepanjang berlaku baik seperti jujur dan penuh pertimbangan, maka bisa saja hasilnya sebaik yang diinginkan. Berikut ini beberapa contoh bentuk kreativitas karyawan yang bisa diberikan untuk kemajuan perusahaan.

  • Inovasi untuk proses kerja yang optimal

Kreativitas karyawan bisa saja disalurkan melalui inovasi-inovasi baru dalam melakukan proses kerja yang ada. Sehingga hal ini nantinya akan mendorong pekerjaan yang dilakukan bisa selesai secara lebih efektif dan efisien.

  • Terobosan baru dalam lingkungan kerja yang sehat

Tidak hanya dalam pekerjaan yang dihadapi, kreativitas terhadap suasana kerja yang ada di seputar kantor juga bisa menjadi salah satu wujud nyata. Sehingga pada akhirnya bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman pada karyawan.

  • Mencari solusi terbaik untuk persoalan yang dihadapi

Ada kalanya dalam melakukan bentuk pekerjaan terhadap kendala dan masalah. Disini peran kreativitas karyawan diuji secara tidak langsung. Karyawan bisa saja mengajukan idenya untuk memberikan solusi terhadap kendala yang sedang dihadapi. Sehingga pekerjaan tidak terhambat dan bisa selesai tepat waktu.

  • Melakukan kolaborasi satu dan yang lain

Menggabungkan pemikiran satu dengan yang lain umumnya akan menghasilkan bentuk ide yang jauh lebih efektif dan lebih baik. Sehingga dengan demikian bila mendiskusikan ide yang ingin dimunculkan, maka hal ini bisa jadi merupakan cara yang tepat. Dengan kolaborasi bersama, maka tercipta solusi terbaik yang lebih optimal.

  • Memberi masukan

Beragam ide bisa saja dituangkan dalam bentuk masukan kepada perusahaan. Hal ini umum dilakukan saat karyawan melihat ada hal-hal di dalam perusahaan itu sendiri yang masih bisa dioptimalkan. Sehingga nantinya dapat memberikan hasil yang maksimal.

Meningkatkan Kreativitas Karyawan Yang Optimum

Tentu saja keberhasilan karyawan dalam hal ini tergantung juga pada dukungan perusahaannya. Seseorang tidak bisa lebih maju apabila dihambat dan tidak mendapat dukungan. Sehingga sebagai perusahaan yang memikirkan perkembangan yang lebih baik, ada baiknya diberikan dukungan serta langkah nyata untuk memastikan kreativitas karyawan terpenuhi semaksimal mungkin. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memberi ruang gerak

Sebaiknya perusahaan memberikan kesempatan pada tiap karyawannya tanpa kecuali untuk bisa bergerak lebih leluasa dalam menyampaikan ide-idenya. Sehingga tidak ada rasa tertekan dan ketakutan saat ingin menunjukkan kreativitas yang dimiliki.

  • Menyediakan fasilitas

Ada baiknya juga jika sebuah perusahaan berusaha mendukung langkah kreativitas yang dimiliki oleh karyawannya dengan jalan menyediakan fasilitas yang sesuai. Sehingga bukan hanya terjadi di dalam bayangan saja, tetapi ide yang muncul bisa diterapkan dengan baik dan bisa berhasil bila memungkinkan.

  • Mengumpulkan ide

Supaya muncul kreativitas karyawan yang diinginkan, bisa saja perusahaan mengambil langkah lebih dulu untuk mencari ide-ide baru dari para karyawannya. Misalnya melalui email atau kuisioner yang meminta karyawan dalam menuangkan ide-ide terbaiknya untuk kemajuan perusahaan. Bisa juga mencari tahu ide terbaik yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pekerjaan.

  • Memberikan apresiasi

Salah satu wujud dukungan perusahaan terhadap karyawan bisa melalui apresiasi terhadap usaha yang telah dilakukan oleh para karyawan tersebut. Sehingga dengan demikian secara tidak langsung hal ini memicu semangat para karyawan untuk terus berkarya dan berinovasi.

Dalam sebuah kantor atau juga perusahaan pasti setiap karyawannya bisa saja mendapatkan pelatihan yang diadakan oleh perusahaan tersebut untuk melatih para karyawannya. Pelatihan kreativitas ini juga sangat bermanfaat untuk para karyawan mereka dilatih untuk lebih baik lagi dan berkembang. Ada dua macam pelatihan kreativitas karyawan yaitu pelatihan internal di kantor dan pelatihan eksternal di luar kantor.

Contoh Pelatihan Internal Di Kantor

Program Pelatihan Sumber Daya

Untuk yang dilakukan di dalam kantor atau internal biasanya perusahaan akan menyelenggaran pelatihan yang diuntukan bagi para karyawan pada bidangnya masing- masing sesuai yang mereka minati, seperti pelatihan untuk menjalankan alat-alat yang ada.

Program Magang untuk Para Trainee

Untuk yang internal atau didalam kantor para karyawan yang mengikuti pelatihan ini akan bertugas diperusahaan mereka seniri dan tentunya pada bidang yang berbeda agar mereka juga mengetahui bidang lainnya juga agar pemikiran mereka luas dan tidak berpatok pada satu bidang saja.

Pelatihan Ulang

Pelatihan ulang bisa saja dilakukan untuk para karyawan trainee maupun karyawan yang sudah lama. Hal ini untuk para karyawan diberi tuntutan pekerjaan yang berpindah- pindah. Agar mereka atau para karyawan ini dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lancar dengan penuh rasa kepercayaan diri. Ini bagus dilaksanakan apalagi untuk perkembangan karyawan yang ada diperusahan, supaya produktif.

Contoh Pelatihan Eksternal Di Luar Kantor

Program Magang untuk Di Luar Kantor

Tidak hanya di dalam perusahaan saja, program magang ini juga dapat dilakukan diluar kantor. Biasanya dilakukan pada lintas departemen jadi para karyawan akan dipindahkan di departemen lain untuk mempelajari yang lainnya. Biasanya ini dilakukan di perusahaan induk.

Program Pendidikan

Jika ada karyawan yang berprestasi dengan semua usahanya ia bisa saja di sekolahkan lagi oleh perusahaan. Untuk mengembangkan lagi ilmu pengetahuannya, bagi mereka yang belum menuntaskan pendidikan mereka. Tentu saja ini tidak untuk semua karyawan hanya karyawan khusus yang terbaik di perusahaan tersebut untuk melanjutkan pendidikan agar mengembangkan bakat dan pengetahuannya.

Program Pelatihan untuk Karyawan Sumber Daya Manusia

Tak hanya di dalam kantor saja, ada juga program pelatihan karyawan yang di luar perusahaan. Para karyawan pelatihan tersebut mereka akan dikirimkan kepada lembaga pelatihan karyawan bisa pada pemerintahan atau juga pada swasta. Tergantung pada perusahaannya.

Perusahaan juga harus mengapresiasikan usaha yang diberikan oleh para karyawan untuk perusahaan. Dengan menghargai kreativitas yang diberikan karyawan pada perusahaan. Ada banyak cara untuk perusahaan untuk menghargai atau mengapresiasikan hasil kreativitas karyawan. Ada beberapa cara. Apa saja itu ? yuk simak penjelasan dibawah ini !

Menghargai Melalui Kenaikan Gaji

Perusahaan juga bisa menaikan gaji karyawannya mungkin karena satu hal ya salah satunya yaitu dengan usaha dan kreativitas yang diberikan karyawan pada perusahaan. Ini adalah bentuk pengapresiasian atau juga menghargai jerih payah karyawan. Dengan begini karyawan juga akan semangat untuk memunculkan ide- ide baru untuk perusahaan yang pastinya itu akan menguntungkan perusahaan juga. Mungkin dengan peningkatan gaji 10% atau juga bisa lebih. Pasti karena kreativitas yang diberikan oleh karyawan tersebut iperusahaan mendapatkan untung tersebut. Mungkin perusahaan memberikan untuk beberapa karyawan atau juga untuk semua karyawan yang terkesan adil. Tapi semua itu juga tergantung pada perusahaan. Berapa jumlah yang perusahaan bisa saja berbeda-beda.

Menghargai Melalui Pemberian Bonus

Untuk mengapresiasikan bentuk kreativitas yang diberikan karyawan pada perusahaan tak luput oleh pemberian bonus. Biasanya pemberian bonus ini dengan bentuk penambahan gaji pada aryawan. Atau juga hal yang lain dengan pemberian cuti yang ditambah. Hal itu juga terserah atau tergantung dengan perusahaan hendak memberikan bonus dengan bentuk apa. Atau juga bonus itu bisa berupa berlibur satu kantor. Hal ini juga bertujuan agar karyawan tidak penak dengan pekerjaan yang ada di kantor jadi mereka semua dapat beristirahat dan juga bersenang- senang bersama. Mungkin bisa untuk beberapa hari ke tempat wisata.

Menghargai Melalui Hadiah

Tentu saja untuk menghargai kreativitas karyawan tidak hanya dengan penambahan gaji dan pemberian bonus. Perusahaan juga dapat meemberikan hadiah untuk karyawannya yang berprestasi dan memberikan kreativitasnya pada perusahaan. Hal ini adalah bentuk apresiasi untuk usaha yang diberikan pada karyawan yang berprestasi tersebut. Bisa dengan melalui program pendidikan.

Mungkin karyawan tersebut belum menuntaskan pendidikannya atau hanya sampai D3 perusahaan bisa menyekolahkan karyawan tersebut untuk S1 melanjutkan. Hal itu juga akan menguntungkan perusahaan juga karena dengan begitu karywan tersebut dapt berkembang dan memberikan ide- ide yang semakin cemerlang. Atau juga bisa melalui hadiah dalam bentuk barang seperti kebutuhan yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Jadi perusahaan bdapat juga membantu karyawannya.

Kreativitas Karyawan Dalam Peningkatan Produksi

Kreativitas dari karyawan bisa dari apa saja. Ya salah satunya adalah peningkatan dalam produksi ini. Dalam proses produksi bisa saja karyawan memunculkan suatu ide agar jalannya produksi ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Atau juga dalam hal perancangan produk dari bahan- bahan yang digunakan bagaimana produknya. Lalu jika produk itu jadi dan laku dipasaran akan berbuah bagus bagi erusahaan banyak konsumen yang menyukai pendapatak perusahaan pun semakin bertambah. Tentu sja perusahaan harus banyak merekrut karyawan yang penuh kreativitas.

Kreativitas Karyawan Dalam Pemasaran

Tak hanya kreativitas dalam produksi saja tetapi juga ada kreativitas karyawan dalam pemasaran. Mungkin dengan karyawan membuat kemasan atau spanduk atau penjelasan yang menarik yang tentu saja harus sesuai dengan produk tersebut. Mereka juga harus mengetahui minat konsumen pada saat itu jadi andara departemen produksi dan departemen pemasaran juga harus bekerjasama untuk memenuhi produk yang mereka buat akan sesuai di pasaran. Departemen pemasaran juga harus melihat pasar dimana mereka akan meluncurkan produk mereka apakah itu akan sesuai dan laku dipasaran. Dengan ide- ide menarik tersebut yang mengundang para konsumen untuk membeli produk mereka dan menguntungkan bagi perusahaan.

Pentingnya Mendukung Kreativitas Karyawan

Mendukung kreativitas yang diberikan karyawan untuk perusahaan itu sangat bagus dan menguntungkan bagi perusahaan dan juga para karyawan. Dengan mendukung kreativitas mereka, para karyawan akan semakin giat untuk emunculkan dan memberikan ide- ide baru untuk perusahaan dengan hal- hal yang baru dan disukai para konsumen. Secara tidak langsung perusahaan juga mendukung kreativitas para karyawan yang ada diseiap departemen.

Dengan hal-hal atau menghargai jerih payah yang dilakukan para karyawan, karyawan juga akan bisa bersenang- senang atau juga beristirahat sebentar biasanya dengan berlibur bersama satu perusahaan. Mereka akan merasa senang dan melepaskan penat mereka, karena mereka sudah bekerja keras untuk perusahaan maka perusahaan juga harus menghargai jerih payah mereka.

Dengan penjelasan di atas, maka sebaiknya suatu perusahaan yang ingin supaya karyawannya lebih maju dan berkembang, sebaiknya gunakan saja JojoTimes. Dimana seluruh bakat dan minat karyawan bisa direkam dan didata dengan baik. Selain itu fitur yang tersedia pada software tersebut juga memudahkan tim HRD perusahaan untuk mengenal lebih jauh tentang sisi personality karyawannya yang bisa bersifat kreatif. Melalui beragam fitur menarik seperti misalnya penyimpanan database karyawan yang otomatis, maupun sistem kehadiran yang terintegrasi, tentu akan mudah untuk melihat sejauh mana dedikasi karyawan terhadap perusahaan. Belum lagi fitur impor dan ekspor data karyawan untuk melihat sejauh mana kreativitas karyawan bisa berkembang dengan baik.

Oleh karena itu sebaiknya cobalah fitur-fitur tersebut dan dapatkan coba gratis dari JojoTimes di perusahaan Anda. Biarkan kreativitas karyawan Anda makin maksimal dan lebih terarah melalui software tersebut. Tentunya hal ini akan membawa perusahaan menjadi jauh lebih optimal dan lebih baik.