Maksut dan Contoh Critical Path Adalah?

Critical Path Adalah – Apa sebenarnya arti dari yang namanya Critical Path dalam sebuah management proyek?

Critical path adalah urutan kegiatan yang terpanjang dari suatu proses produksi atau yang lainnya. Dari awal sampai akhir proyek tersebut harus diselesaikan untuk memastikan bahwa proyek tersebut telah mampu selesai dalam waktu tertentu. Tugas atau proyek ‘kunci’ tersebut dikenal sebagai critical path atau aktifitas kritis karna jika tidak terlaksana dengan baik dan tepat waktu maka semua proses lainnya akan tertunda. Dengan melihat atau mengidentifikasi sebuah critical path, anda atau perusahaan akan mampu untuk menentukan berapa durasi waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Menghitung critical path adalah kunsi keberhasilan suatu fase perencanaan karna critical path itu sendiri mampu mengidentifikasi mana kegiatan yang penting dan memiliki deadline paling ketat. Selain itu, aktivitas atau proyek tersebut yang menjadi critical point harus mampu diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kegunaan lain dari pengidentifikasian critical path adalah anda atau perusahaan bisa melihat dengan jelas jadwal produksi yang ada. Apakah sudah sesuai atau belum.

Untuk menentukan nilai waktu cirtical paoint dalam critical path, perusahaan harus mampu menggunakan algoritma critical path method untuk mengidentifikasi total waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan sedikit mungkin delay.

Dahulu, para manager proyek memang masih menggunakan perhitungan critical poiunt dan critical path dengan menggunakan sistem manual. Sekarang, sudah banyak aplikasi atau software yang menawarkan kemudahan untuk perhitungan waktu kritis itu sendiri.

Apa Itu Critial Path Method Dalam Management Proyek?

Critical path method atau yang biasa dikenal dengan critical path analysis merupakan prosedur penjadwalan yang menggunakan diagram network untuk menampilkan sebuah proyek dan urutan -urutan tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Yang kemudian dikenal dengan istilah ‘path’ atau jalan. Dimana ketika ‘path’ tersebut telah diketahui, maka anda bisa menghitung total durasi waktu pengerjaan dari proyek itu sendiri.

critical path adalah
Sumber : www.fsc-intl.com

Penjelasan singkatnya, anda bisa menggunakan Critical Path Method untuk membentuk sebuah jadwal atau schedule anti ‘bottleneck’ yang nantinya akan membantu perusahaan dalam menciptakan timeline terbaik dari suatu proyek. Komponen – komponen yang ada dalam sebuah critical path method itu sendiri antara lain adalah :

  • Mengidentifikasi setiap proses atau tugas yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu proyek. Dan bagaimana ketergantungan antar masing – maisng tugas tersebut.
  • Mengestimasi atau merencanakan / mengira – ngira berapa lama waktu penyelesaian sebuah tugas mampu diselesaikan.
  • Menghitung critical path dari masing – masing durasi tugas yang ada dengan mengikut sertakan ketergantungan antar masing – masing tugas untuk melihat mana yang termasuk aktifitas kritis atau critical point.
  • Fokus pada perencanaan, penjadwalan dan pengontrolan aktivitas kritis tersebut.
  • Mengatur atau menetapkan tonggak dan hasil akhir proyek yang diinginkan.
  • Mengatur agar critical point mampu memenuhi ekspektasi durasi waktu yang ditentukan.

Dengan pertimbangan – pertimbangan komponen yang telah disebutkan sebelumnya, anda bisa melihat mana aktivitas atau tugas yang harus anda optimalkan untuk diprioritaskan.anda juga bisa menggunakan berbagai sumber daya yang ada untuk membuat critical point tersebut dapat bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Semua tugas – tugas lain dalam critical path yang ada tidak perlu dioptimasi seluruhnya. Fokus saja pada jenis pekerjaan yang menjadi titik tumpu critical point.

Belajar Mendapatkan Wawasan yang Lebih Luas Dalam Merencanakan Sebuah Tugas atau Proyek

critical path adalah
Sumber : www.reallylist.com

Sebuah proyek pasti terdiri dari masing – masing komponen tugas yang harus diselesaikan atau dijadwalkan sesuai dengan deadline pengerjaan yang ada. Meski terdengar sederhana, namun memetakan tugas tersebut bisa jadi sangat merepotkan dan membingungkan. Tidak sedikit perusahaan yang kocar – kacir karna salah menentukan perencanaan operasi management yang salah.

Ketika anda menganalisa sbeuah critical path, anda bisa dnegan mudah melihat waktu pengerjaan dari masing – masing komponen tugas untuk dinyatakan selesai. Anda juga bisa melihat dengan jelas bagaimana suatu komponen tugas bisa jauh lebih berpengaruh dari komponen tugas lainnya.

Anda juga akan menemukan bahwa suatu komponen tugas bisa jadi sangat bergantung dari pengerjaan atau penyelesaian komponen tugas sebelumnya. Tugas yang bukan merupakan critical point pun penting dan tidak bisa ditinggalkan. Namun mereka bukanlah hal mendesak yang harus anda selesaikan sekarang demi mendapatkan sebuah proses produksi yang lebih baik.

Menggunakan Critical Path Method Dalam Suatu Proyek

Sekarang mari sedikit mendemonstrasikan yang namanya metode kritikal path dalam suatu proyek. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melihat ruang lingkup dari proyek itu sendiri. Anda harus mampu mengidentifikasi seluruh kompenne tugas yang ada untuk menyelesaikan suatu proyek.

Ambil contoh komponen – komponen kerja dalam Proyek Pengadaan Pesta sebagai berikut :

  • Memilih tanggal dan tempat pesta
  • Merencanakan siapa saja tamu yang akan diundang
  • Memasang sound sistem
  • Mengundang teman – teman anda
  • Membeli makanan dan minuman untuk pesta
  • Membuat menu mie ayam kesukaan anda untuk dibagikan pada saat pesta
  • Menyelenggarakan pesta
Sumber : paydayloansitn.com

Ketika anda melihat serangkaian komponen tugas diatas, anda tentu menyadari bahwa beberapa komponen tugas tidak bisa dilakukan apabila tugas sebelumnya belum selesai dikerjakan. Hal itulah yang dinamakan dengan ketergantungan antar komponen dalam perhitungan critical path method. Berikut adalah tabel relasi ketergantungan antar masing – masing komponen tugas.

Nama Komponen TugasKetergantungan
Memilih tanggal dan tempat pesta
Merencanakan siapa saja tamu yang akan diundang
Memasang sound sistem
Mengundang teman – teman andaMemilih tanggal dan tempat pesta
Membeli makanan dan minuman untuk pestaMengundang teman – teman anda
Membuat menu mie ayam kesukaan anda untuk dibagikan pada saat pestaMembeli makanan dan minuman untuk pesta
Menyelenggarakan pestaMembuat menu mie ayam kesukaan anda untuk dibagikan pada saat pesta

Contoh beberapa komponen yang bergantung pada komponen tugas lain adalah mengundang teman – teman, membeli makanan dan minuman untuk pesta, memasak mie ayam serta menyelenggarakan pesta itu sendiri.

Apabila terdapat jenis komponen kerja yang tidak bisa selesai ketika proses lainnya belum dilakukan. Hal inilah yang membuat anda harus mengetahui mana jenis ‘path’ yang memiliki proses terpanjang yang nantinya akan disebut sebagai critical path.

Kesimpulan

Memastikan pelaksanaan manajemen proyek dalam penentuan critical path yang tepat dan sesuai memang terbukti sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, hal ini dapat menentukan keberhasilan sebuah proyek yang dilaksanakan dalam perusahaan itu sendiri.

Hal ini sama pentingnya dengan pengaturan absensi dan kehadiran karyawan. Perusahaan perlu menerapkan absesnsi karyawan secara optimal termasuk dengan dilakukannya pengawasan yang efektif. Salah satu cara termudah yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Dimana dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka sistem absensi karyawan di suatu perusahaan dapat direkam secara optimal serta dapat mengetahui kehadiran karyawan dimana saja dan kapan saja tanpa kesusahan. Ayo Segera Dapatkan Free Trialnya sekarang!