Definisi Multi Channel Marketing dan Manfaatnya

definisi multi channel marketing
Sumber : www.superadappt.com

Definisi Multi Channel Marketing merupakan kegiatan membentuk hubungan dengan kostumer menggunakan kombinasi strategi pemasaran secara direct (langsung) dan indirect (tidak langsung) melalui berbagai channel komunikasi. Channel atau media komunikasi yang dimaksut antara lain adalah website, toko retail, e – mail, katalog dan sebagainya. Dalam definisi multi channel marketing, perusahaan atau pebisnis juga memberikan kelonggaran bagi para kostumer untuk memberikan respon aksi yang mereka inginkan – dengan menggunakan medianya masing – masing. Dalam sitilah paling sederhanaanya, definisi multi channel marketing bisa dikatakan sebagai pilihan ‘media’ yang digunakan dalam dunia pemasaran.

Tujuan dari diadakannya multi channel marketing adalah untuk memberikan kostumer pilihan yang membuat mereka mampu membeli barang atau jasa yang ditawarkan kapanpun dan dimanapun yang mereka inginkan.

Sederhana bukan?

Tentu saja tidak.

Dalam menggarap yang namanya multi channel marketing tentu tidak semudah kelihatannya. Dimana proses tersebut nantinya akan dipecah – pecah menurut bagiannya masing – masing. Seperti apa keuntungan yang akan didapat pebisnis atau perusahaan ketika menerapkan multi channel marketing. Atau apa saja tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Pertanyaan – pertanyaan apa saja yang harus diselesaikan dalam membuat suatu rancangan multi channel marketing. Dari mana sumber dayanya dan masih banyak yang lainnya.

Definisi multi channel marketing juga bisa diartikan sebagai implementasi dari satu single strategi dari berbagai panel atau platform yang ada. Dimana hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kesempatan perusahaan untuk berinteraksi lebih dalam dengan kostumer.

Mengapa Multi Channel Marketing Sangat Penting?

Salah satu alasan yang paling mendasar dari pertanyaan tersebut adalah karna kostumer jaman sekarang tidak bisa dikotakkan dalam satu jenis platform atau channel saja. Orang sekarang memiliki pemikiran yang jauh lebih berkembang. Dimana mereka akan sangat berhati – hati dalam membeli suatu produk. Pelanggan tidak hanya akan membandingkan produk anda dalam satu jenis platform saja. Mereka bahkan bisa mencari dan membandingkannya melalui berbagai media mulai dari internet, tv hingga radio atau sosial media sekalipun. Pintar – pintarnya perusahaan atau pebisnis untuk mampu menginformasikan produk secara tepat melalui media – media tersebut.

definisi multi channel marketing
Sumber : tech.eu

Apa yang anda Dapatkan Dari Adanya Multi Channel Marketing?

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan (sebagai marketer) dengan menggunakan multi channel marketing, berikut adalah beberapa diantaranya :

Meningkatkan Pengetahuan atau Awarness Pembeli

Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan strategi multi channel marketing adalah dengan menyalurkan atau menyebarkan awarness bagi para calon kostumer untuk mendapatkan engagement yang maksimal. Namun di sisi lain, multi channel marketing hanya mendekati atau memperhitungkan sejumlah kecil titik kontak dengan pembeli itu sendiri. Padahal perusahaan atau pebisnis pasti menginginkan ‘kontak’ dengan calon pembeli yang mampu memberikan kesan yang mendalam dari masing – masing media.

Penyampaian Pesan yang Konsisten

Salah dua dari keuntungan penggunaan multi channel marketing adalah adanya sebuah proses penyampaian pesan branding yang bersifat konsisten atau terus menerus. Dimana titik ‘konsisten’ tersebut merupakan hal yang paling diidam – idamkan oleh pebisnis untuk memasarkan produknya. Namun terkadang hal ini bisa menjadi senjata makan tuan karna ketidakseimbangan antara pemasaran dengan strategi untuk menggaet pelanggan.

definisi multi channel marketing
Sumber : chinairangate.com

Preverensi Pemilihan Saluran Pemasaran

Mungkin anda beranggapan bahwa menggaet pembeli dengan media atau platform yang sering mereka gunakan merupakan strategi yang paling tepat, bukan?

Jawabannya bisa jadi ya bisa jadi tidak.

Perlu diketahui bahwa sebuah perusahaan yang memiliki siklus pembelian yang Panjang akan membutuhkan biaya lebih untuk menangkap kostumer potensial sebanyak – banyaknya. Yang mana strategi pemasaran yang harus diambil tidak boleh terkotakkan pada satu lingkup saja. Anda atau perusahaan harus mampu ‘menghajar’ pembeli dengan pesan branding yang tepat. Di saat yang tepat pula. Multi channel marketing mungkin emmang bisa membuat pembeli melirik produk anda di media yang mereka gunakan namun hal ini bukan berarti mampu menggerakkan hati untuk benar – benar membeli.

Gunakan Data Sebanyak Mungkin

Lebih banyak titik yang ingin anda sentuh berarti lebih banyak data pula yang harus anda gunakan. Terkadang, banyak strategi marketing yang salah kaprah karna mengira data yang disediakan benar – benar asli untuk pembeli. Hal ini cukup riskan karna bisa jadi, tempat anda mendapatkan data tersebut masih ‘belum’ benar – benar efektif untuk menggaet calon kostumer yang potensial.

Tantangan Dalam Menghadapi Multi Channel Marketing

Setiap strategi atau rencana yang akan anda lakukan pasti memiliki tantangannya masing – masing. Justru hal inilah yang bisa membuat perusahaan berkembang lebih baik lagi. Dimana tantangan yang diberikan hanya akan menambah ‘imunitas’ dari perusahaan hingga memiliki ‘kaki’ yang kuat. Berikut adalah tantangan – tantangan dalam Multi Channel Marketing, antara lain adalah :

Pesan yang Disampaikan Harus Tepat Sasaran

Memang benar bahwa kegunaan awal dari adanya multi channel marketing adalah emnyebar awarness pada para pembeli. Namun sekali lagi hal ini sama sekali tidak cukup untuk membuat roda perusahaan tetap berjalan. Selain hanya sekedar ‘memasarkan’, perusahaan juga harus mampu membentuk atau membuat pesan yang efektif. Dimana pesan yang anda kirimkan melalui multi channel marketing tidak hanya diterima oleh kostumer tapi juga harus membuat mereka lebih attentive atau perhatian, lebih mudah menerima serta mau bertindak untuk membeli. Tidak peduli jenis channel apa yang mereka gunakan.

Sumber : miro.medium.com

Perusahaan Harus Memiliki Kampanye Pemasaran yang Terorganisir

Mengharapkan seornag pelanggan untuk mengganti platform atau media channel kesayangan sesuai dengan tuntutan perusahaan adalah hal yang mustahil. Hal inilah yang membuat setiap marketer harus mau repot – repot berkembang dan berkoordinasi untuk membentuk sistem kampanye pemasaran yang mampu ‘mengalir’. Atau menghilangkan sumbatan dari masing – masing channel yang digunakan. Dimana nantinya, diharapkan dengan sistem ‘terencana’ tersebut akan menambah kepercayaan dan pengertian dari para kostumer.

Demi kenyamanan dan memudahkan anda atau perusahaan dalam mengontrol jam kerja dari tim pemasaran ini. Ada sebuah perangkat lunak yang sangat patut untuk dicoba dan diterapkan. Perkenalkan! JojoTimes dari Jojonomic, dengan software ini dijamin absensi karyawan ples jam lemburnya sekali akan tercatat dengan rapi dan baik.

anda tidak pelru pusing – pusing untuk menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila karyawan memang diperlukan lembur maka sistem JojoTimes akan secara otomatis mencatatnya. Ucapkan selamat tinggal pada pengisian form manual yang menyita waktu dan tenaga. Kelebihan – kelebihan tersebut bisa terjadi karena keunggulan dalam JojoTimes yang sudah terintegrasi dengan kecerdasan buatan.

Bisa dipastikan bahwa penyimpanan data absensi dari setiap pegawai akan tersimpan secara aman dan nyaman dalam JojoTimes. Hal ini tentu karna JojoTimes telah menggunakan cloud service. Dimana data itu akan disimpan secara baik dan berada dalam urutan yang benar didalam internet.

Ayo buruan permudah manajemen waktu perusahaan anda dengan mencoba demo gratis dari JojoTimes.