Mengenal Manajer Lini dan Perannya Terhadap Karyawan

Manajer Lini

Manajer lini pertama ialah orang yang paling bertanggung jawab atas para karyawan, bukan hanya mengenai nasib namun juga bertanggung jawab terhadap pengembangan pribadi serta peningkatan kompetensi dari para karyawan. Karena karyawan adalah aset utama yang tidak dapat diukur dengan uang, oleh karena itu peran manajer lini pertama dalam sebuah perusahaan sangatlah penting. 

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai manajer lini pertama, ada baiknya jika kita mengetahui apa itu manajer, fungsi serta tingkatannya dalam sebuah organisasi atau perusahaan. 

Apa itu Manajer?

Ilustrasi Manajer Lini

Manajer merupakan orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan juga keterampilan yang baik untuk memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur, dan juga mengembangkan organisasi dengan orientasi untuk mewujudkan tujuan perusahaan

Fungsi Manajer

Seorang manajer memiliki beberapa fungsi dalam sebuah organisasi atau perusahaan, fungsi tersebut diantaranya meliputi:

  1. Memimpin organisasi.
  2. Mengatur dan mengendalikan organisasi.
  3. Mengembangkan organisasi.
  4. Mengawasi berjalannya organisasi.
  5. Mengatasi berbagai masalah yang dihadapi organisasi.
  6. Menumbuhkan kepercayaan.
  7. Meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap organisasi.
  8. Mengevaluasi kegiatan dan aktivitas organisasi.
  9. Menggali serta mengembangkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.

Pada umumnya seorang manajer memiliki tanggung jawab dan tugas yang sama, akan tetapi manajer memiliki sisi level atau tingkatan manajemen yang dibagi dalam tiga jenjang sesuai fungsi dan tugasnya.

Memahami Apa itu Manajer

Apakah kamu lelah terus-menerus menerima pesanan? Apakah kamu suka membantu orang untuk mencapai tujuan mereka? Jika jawaban kamu adalah ya, maka kamu sangat cocok untuk menjadi seorang manajer. Untuk menjadi manajer yang baik, penting untuk mempelajari teknik manajemen yang akan membuat kamu sukses di tempat kerja.

Seorang manajer adalah seorang ahli di bidangnya dan merupakan sistem pendukung bagi karyawan. Manajer bekerja dalam bisnis dan bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan perusahaan.

Seorang manajer bukanlah orang yang melakukan jutaan hal sekaligus sementara karyawan mengambil kursi belakang. Sangat penting bagi manajer untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada karyawan dan membantu mereka jika mereka membutuhkan bantuan.

Sebagai seorang manajer, kamu harus memiliki banyak jabatan dan fleksibel. Bayangkan kamu ditutup matanya dan berjalan melewati hutan. Dapatkah kamu membayangkan berapa kali kamu akan menabrak pohon atau tersandung karena kamu tidak memiliki arah? Tugas kamu adalah membantu karyawan menavigasi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jika mereka tersandung, adalah tugas manajer untuk membantu mereka berdiri dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan mereka. Seorang manajer yang mengawasi perjalanan karyawannya dan gagal tanpa membantu mereka bukanlah jenis manajer yang kamu inginkan. Karyawan akan memberi makan energi manajer mereka, dan energi positif itu akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang sukses.

Manajer adalah jabatan yang digunakan dalam organisasi untuk menunjuk karyawan yang memimpin fungsi atau departemen, dan seringkali juga karyawan. Seorang manajer ditugaskan ke tingkat tertentu pada bagan organisasi. Peran manajer dan deskripsi pekerjaan berada pada tingkat gaji atau klasifikasi pekerjaan yang mengintegrasikan fungsi dan departemen untuk implementasi kesuksesan.

Manajer lini, terkadang disebut manajer langsung, bertanggung jawab atas sebuah departemen dan memiliki karyawan yang menjadi tanggung jawab kepemimpinan mereka. Organisasi yang lebih besar juga dapat mempekerjakan manajer senior, manajer umum, atau manajer manajer lain, yang melapor ke tingkat direktur atau tingkat wakil presiden.

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer

Pekerjaan setiap manajer bisa sedikit berbeda, tetapi pada umumnya mereka semua memiliki tanggung jawab ini. Secara tradisional, uraian tugas dan tugas manajer membutuhkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan berikut:

  • Rencanakan operasi dan fungsi area di mana mereka ditugaskan dengan cara yang mencapai tujuan yang menjadi tanggung jawab mereka dalam cara kerja keseluruhan organisasi.
  • Atur produksi pekerjaan, serta tenaga kerja, pelatihan, dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu.
  • Memberi karyawan dan sumber daya mereka panduan, arahan, kepemimpinan, dan dukungan yang diperlukan untuk memastikan bahwa mereka dapat mencapai tujuan mereka.
  • Tindak lanjuti untuk memastikan bahwa rencana tersebut dilaksanakan sedemikian rupa sehingga pencapaiannya terjamin.
  • Tinjau dan nilai keberhasilan tujuan, rencana, dan alokasi karyawan dan sumber daya mereka menggunakan pengukuran yang solid dan andal.
  • Melaksanakan tanggung jawab lain seperti yang ditugaskan oleh presiden, wakil presiden, atau direktur yang menjadi bawahan manajer. Tanggung jawab ini dapat beragam dan menjangkau jauh di sebagian besar organisasi dan bergantung pada tujuan dan sasaran organisasi.

Deskripsi pekerjaan seorang manajer bervariasi dari satu organisasi ke organisasi dan tergantung pada tanggung jawab khusus yang ditugaskan ke fungsi pekerjaan.

Di beberapa organisasi, jabatan manajer diberikan kepada karyawan yang memiliki karyawan lain yang melapor kepada mereka seperti yang terlihat pada bagan organisasi. Selain itu, gelar juga diberikan kepada karyawan yang mengelola area fungsional.

Pendidikan, Pelatihan, dan Sertifikasi

Mereka yang mencari karir sebagai manajer idealnya memiliki gelar sarjana dan pengalaman terkait.

  • Pendidikan: Sebagian besar pengusaha mencari kandidat dengan setidaknya gelar sarjana dengan konsentrasi kursus di bidang ekonomi, manajemen, keuangan, atau pemasaran.
  • Pengalaman: Pengalaman di bidang terkait biasanya diperlukan, dan setidaknya beberapa pengalaman dalam kapasitas pengawasan lebih disukai.

Keterampilan dan Kompetensi Manajemen

Kamu harus memiliki beberapa kualitas penting untuk berhasil menjadi seorang manajer.

  • Keterampilan komunikasi dan layanan pelanggan

Pekerjaan ini memerlukan interaksi dengan rekan kerja, dan dapat membutuhkan kontak pelanggan dan klien di beberapa bidang juga.

  • Keterampilan kepemimpinan

Seorang manajer sering kali memimpin operasi di industri apa pun dan harus dapat membimbing, menilai, dan mengevaluasi karyawan dan staf.

  • Keterampilan analitis

Bergantung pada bidangnya, manajer yang baik mungkin bertanggung jawab untuk menganalisis dan menyimpan sejumlah besar data untuk menilai tujuan dan langkah selanjutnya dalam berbagai proyek.

Prospek pekerjaan

Statistik Biro Tenaga Kerja AS mengantisipasi pertumbuhan pekerjaan untuk manajer penjualan di area 7% hingga 2026. Ini adalah rata-rata untuk semua pekerjaan, tetapi dapat bergantung pada industri atau sektor.

Lingkungan kerja

Ini bisa menjadi posisi stres dengan banyak tanggung jawab. Bergantung pada industrinya, kamu mungkin menemukan diri kamu berada di parit dengan karyawan lain atau di kantor, atau bahkan sering bepergian ke cabang dan toko lain.

Jadwal kerja

Ini hampir selalu merupakan posisi penuh waktu yang dapat melibatkan malam tambahan dan akhir pekan di beberapa sektor.

Tujuan Manajemen

Tujuan absolut manajemen adalah agar manajer mencapai kinerja tinggi dari diri mereka sendiri dan juga dari karyawan. Kinerja tinggi biasanya didorong oleh lingkungan kerja yang positif. Karyawan harus memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah dan kekhawatiran yang harus diperbaiki oleh manajemen. Penting bagi manajer untuk menciptakan lingkungan yang profesional.

Manajer harus memastikan karyawan melakukan apa yang diperlukan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Manajer yang baik tidak harus membentak karyawan, tetapi memiliki kemampuan untuk berbicara dengan mereka dan memotivasi mereka untuk sukses. Memotivasi karyawan membantu memberi mereka kepercayaan diri untuk sukses dalam perusahaan.

Sebagai seorang manajer, kamu harus siap untuk melakukan tugas apa pun yang diserahkan kepada kamu. Misalkan kamu adalah seorang manajer di sebuah biro iklan. Dua karyawan dinyatakan sakit dan ada presentasi besar di kemudian hari. Apa yang harus kamu lakukan? Haruskah kamu lari ke bukit dan berteriak?

Tentu saja tidak! Sebagai seorang manajer, kamu harus menemukan opsi terbaik berikutnya. kamu mungkin harus mengisi posisi karyawan, mempelajari informasi dengan cepat, dan mempresentasikan rapat. Seorang manajer melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuannya.

Pentingnya Manajemen Belajar

Manajer adalah pemimpin di bidangnya, dan penting untuk mempelajari cara menjadi manajer yang sukses. Mempelajari manajemen memberi siswa gambaran tentang bagaimana menghadapi manajer dan rekan kerja di masa depan.

Mempelajari manajemen harus mengajari kamu sebagai manajer untuk menjadi jelas saat memberikan arahan, dan ketika seorang karyawan membutuhkan bantuan, tugas kamu adalah terjun dan membantu mereka.

Tingkatan Manajemen

Tingkatan Manajer Lini

1. Manajemen Puncak (Top Level of Management)

Manajemen puncak atau top level management adalah tingkat manajemen teratas dan memiliki otoritas yang tentunya juga tertinggi pada sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab secara langsung terhadap pemilik perusahaan. Pada umumnya, manajemen puncak hanya bekerja pada tatanan secara konseptual serta pemikiran, dan bukan pada hal-hal teknis.

Manajemen puncak memiliki kewenangan terbesar di antara tingkatan manajemen lainnya. Mereka yang berada pada divisi manajemen puncak memiliki hak untuk memilih, mengangkat ataupun memberhentikan manajemen yang berada dibawah otoritasnya. Beberapa contoh dari manajer puncak adalah Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), Chief Information Officer (CIO), General Manager (GM) dan Presiden Direktur.

Manajemen puncak biasanya terdiri dari eksekutif dan direksi. Dimana direksi merupakan perwakilan dari pemilik perusahaan atau pemegang saham yang dipilih oleh para pemegang saham, sedangkan eksekutif dipilih oleh dewan direksi perusahaan.

2. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Level of Management)

Manajemen tingkat menengah berada pada tengah tengah hierarki manajemen pada sebuah organisasi atau perusahaan. Tingkat manajemen yang satuu ini dipilih oleh manajemen puncak dan memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan rencana yang telah ditentukan oleh manajemen puncak.

Manajemen pada tingkat menengah ini cenderung bekerja dengan mengandalkan kemampuan manajerial dan hal-hal teknis lainnya dan kurang membutuhkan keterampilan yang sifatnya konseptual.

Manajemen pada tingkat ini bertanggung jawab kegiatan yang dilakukan oleh manajemen pada tingkatan di bawahnya dan bahkan bertanggung jawab langsung terhadap beberapa karyawan operasionalnya.

Beberapa contoh dari manajemen tingkat menengah yaitu:

  • Kepala Departemen (Head of Department). Seperti manajer keuangan, manajer pembelian, manajer produksi, dll.
  • Manajer cabang.
  • Junior executive. Seperti asisten manajer pembelian, asisten manajer keuangan, asisten manajer produksi, dll.

Nah, kini telah memasuki bahasan utama yaitu manajer lini yang termasuk ke dalam manajemen lini pertama atau first line management. Mari simak penjelasannya lebih lanjut.

3. Manajemen Lini Pertama (First Line Management)

First line management atau manajer lini pertama merupakan tingkatan manajemen paling rendah pada sebuah sebuah perusahaan. Manajemen pada tingkatan ini bertugas untuk memimpin dan juga mengawasi kinerja dari tenaga operasional.

Karena mengawasi karyawan merupakan salah satu tugasnya, maka manajer lini pertama bekerja menggunakan keterampilan teknikal serta kemampuan komunikasi dan tidak terlalu membutuhkan kemampuan konseptual. 

Manajer lini pertama tidak membawahi manajer lain. Manajer lini pertama dipilih oleh manajemen tingkat menengah Beberapa contoh dari manajer lini pertama adalah mandor atau pengawas atau juga sering disebut dengan supervisor.

Para manajer lini pertama adalah termasuk bagian dari manajemen operasional yang terlibat secara langsung dalam proses produksi dan juga bertanggung jawab untuk menyelesaikan rencana dan tugas yang diberikan oleh manajemen yang lebih tinggi.

Adapun beberapa contoh kegiatan yang dilakukan oleh manajemen pada lini pertama meliputi:

  • Mengarahkan dan mengendalikan karyawan atau pekerja.
  • Mengembangkan moral para karyawan.
  • Menjaga hubungan baik antara manajemen tingkat menengah dengan para pekerja.
  • Menginformasikan keputusan yang diambil oleh manajemen kepada para karyawan. Selain itu manajer lini manajer tingkat pertama ini juga memberi informasi mengenai kinerja, hambatan atau kesulitan, perasaan, tuntutan, maupun hal lainnya dari para karyawan kepada manajemen.
  • Menyusun rencana harian, mingguan, serta bulanan. Manajer lini pertama tidak menyusun rencana jangka panjang.

Peran Manajer Terhadap Karyawan

Peran Manajer

Berikut adalah beberapa peran yang harus dijalankan oleh seorang manajer lini:

  • Peran antarpribadi. Berperan sebagai pemimpin, memberikan panduan dan motivasi, serta menjaga jaringan hubungan dengan banyak individu ataupun kelompok.
  • Peran informasional. Secara berkesinambungan mencari dan menerima informasi sebagai dasar tindakan, meneruskan atau mengedarkan informasi secara faktual, dan menyebarkan pedoman atau petunjuk kepada bawahannya dalam membuat keputusan.
  • Peran alokasi sumber daya. Membuat berbagai pilihan mengenai penjadwalan, mengalokasikan berbagai tugas kepada karyawan, serta memberikan wewenang untuk bertindak.
  • Peran untuk menangani gangguan. Menangani situasi tidak terduga serta perubahan yang berada diluar kendali karyawan.

Yang Harus Dilakukan Seorang Manajer

Dalam hubungannya dengan karyawan, manajer lini akan melakukan hal-hal berikut:

  1. Mengatur dan mengalokasikan pekerjaan.
  2. Mendapatkan karyawan yang tepat untuk pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan.
  3. Memastikan bahwa para karyawan mengerti apa yang dilakukan, mampu mengerjakan pekerjaannya dan kemudian memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.
  4. Mengembangkan keterampilan dan kemampuan.
  5. Memberi penghargaan pada karyawan dengan menggunakan material maupun nonmaterial.
  6. Melibatkan karyawan serta berkomunikasi dengan baik.
  7. Menangani berbagai isu dan masalah karyawan yang muncul.

 

Kontrol Kinerja Karyawan Lebih Mudah dengan JojoTimes

Menjadi seorang manajer lini membuatnya memiliki tanggung jawab yang besar mengenai kinerja karyawan, namun kini ada cara yang lebih mudah untuk memantau kehadiran karyawan yang dapat dilakukan secara otomatis dengan adanya JojoTimes.

Perangkat lunak ini dapat membantu Anda memonitor aktivitas karyawan Anda. Fitur pengenalan wajah dan GPS yang akurat pada JojoTimes akan membuat Anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan karyawan Anda dimana pun mereka berada. Jadi Anda dapat mengetahui apakah karyawan Anda sedang berada di kantor, pergi ke pertemuan ataupun melakukan perjalanan dinas.

Selain itu dengan JojoTimes, Anda juga dapat menyimpan database karyawan Anda secara aman dengan perangkat lunak berbasis cloud sehingga proses impor dan ekspornya pun mudah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan JojoTimes, kontrol kinerja karyawan secara terpadu dalam satu perangkat lunak saja!